Teks Biografi

Seorang pendiam dengan pikiran yang lantang. Suka ngopi dan baca buku. Finalis 100 besar Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2017.

Pernahkah kamu membaca teks tentang kisah hidup seseorang? Itulah yang disebut dengan teks biografi. Teks biografi bisa kamu temukan di berbagai media baik media cetak seperti koran dan buku maupun media daring seperti media sosial.

Membaca teks biografi akan membuat kamu mendapatkan banyak pengetahuan dan wawasan baru. Pikiran kamu juga akan lebih terbuka.

Materi teks biografi muncul di kelas X SMA/SMK pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pada artikel kali ini Pendidikanpedia akan memberikan materi teks biografi mulai dari pengertian, struktur, ciri-ciri, hingga kaidah kebahasaannya.

Pengertian Teks Biografi

Pengertian Teks Biografi
Baca buku

Teks biografi adalah teks yang berisi tentang kisah perjalanan dan riwayat hidup seorang tokoh, baik kelebihan maupun kekurangannya, masalahnya, dan juga segala keputusan yang ia ambil dalam hidupnya.

Teks biografi termasuk ke dalam jenis teks non-fiktif dan teks naratif. Dan ditulis agar tokoh yang diceritakan dapat menjadi teladan dan menginspirasi banyak orang.

Lalu apa arti dari biografi itu sendiri? Pengertian teks biografi di atas sejalan dengan pengertian biografi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berikut.

“Biografi adalah riwayat hidup (seseorang) yang ditulis oleh orang lain.”

KBBI daring

Sementara itu, secara etimologis biografi merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani, yakni “Bios” dan “Graphien“. Di mana bios bermakna hidup dan graphien berarti tulisan. Sehingga pengertian biografi secara harfiah adalah tulisan yang membahas tentang kehidupan seseorang.

Orang yang menjadi objek teks biografi biasanya seseorang yang memberikan pengaruh besar atau fenomenal di dalam masyarakat atau di lingkungan sekitarnya. Contohnya pahlawan nasional, penyanyi, penulis, penyair, pengusaha sukses, dan lain-lain.

Walaupun penulis menceritakan kisah hidup seseorang, namun penulis tetap menyampaikan seluruh informasinya secara netral dan tidak berpihak.

Tujuan teks biografi adalah untuk mengedukasi, menginspirasi, dan memotivasi masyarakat melalui cerita dari seorang tokoh.

Sebuah teks biografi tidak hanya berisi kehidupan seorang tokoh saja, melainkan juga perjalanan karirnya, tantangan hidupnya, bagaimana ia melalui lika-liku dalam hidupnya sehingga bisa menjadi seseorang yang seperti sekarang.

Kamu akan menemukan banyak sisi menarik dari seseorang ketika membaca biografinya. Kamu mungkin juga akan langsung tersinpirasi sesaat setelah membaca kisah suksesnya.

Pengertian Teks Biografi Menurut Ahli, Toyidin

Menurut Toyidin (2013:282) biografi merupakan riwayat hidup tokoh atau seseorang yang ditulis oleh orang lain.

Pembaca membaca biografi orang lain biasanya karena beberapa alasan, antara lain penasaran akan perjuangan, ideologi, kehidupan tokoh, dan lain-lainnya.

Hal-hal yang dianggap baik dari tokoh dapat menjadi teladan dan dijadikan sebagai tolak ukur bagi pembaca.

Uraian Teks Biografi

Dilansir dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), biografi memuat identitas dan juga peristiwa yang dialami oleh seseorang. Termasuk penghargaan yang diterima, karya, dan masalah-masalah yang dihadapinya.

Uraian mengenai identitas tokoh berisi beberapa informasi di antaranya nama, tempat dan tanggal lahir, riwayat pendidikan, riwayat organisasi dan kegiatan, dan latar belakang keluarga.

Uraian tentang peristiwa tokoh memuat kejadian-kejadian yang dialami tokoh dalam mengembangkan karir, mengarumkan nama bangsa, atau menjalani hidupnya.

Sedangkan uraian seputar masalah tokoh berisi tantangan, kendala, atau hambatan yang dihadapi semasa berjuang mencapai cita-cita dan tujuannya.

Dengan membaca teks biografi, selain bisa kenal lebih dekat dengan tokoh yang diceritakan. Kamu juga akan mendapatkan ilmu, motivasi baru, dan mengetahui sisi lain dari tokoh tersebut.

Struktur Teks Biografi

Struktur Teks Biografi
Baca buku sambil ngopi

Ada tiga struktur teks biografi yaitu orientasi, peristiwa dan masalah, dan yang terakhir reorientasi. Berikut masing-masing penjelasannya:

1. Orientasi

Teks biografi diawali oleh orientasi. Orientasi merupakan pengenalan dari tokoh. Bagian ini berisi gambaran awal atau perkenalan dari seorang tokoh yang akan diceritakan.

Secara umum, pengenalan tokoh yang dimaksud memuat nama, tempat dan tanggal lahir, riwayat pendidikan, dan latar belakang keluarganya. Orientasi akan membentuk kesan pertama pembaca terhadap sang tokoh.

Oleh karena itu, sebaiknya penulis dapat membuat bagian orientasi ini semenarik mungkin agar pembaca tertarik untuk membaca lebih lanjut dan tenggelam dalam petualangan hidup tokoh.

2. Peristiwa dan Masalah

Struktur teks biografi yang berikutnya adalah peristiwa dan masalah. Peristiwa dan masalah ini merupakan bagian isi dari sebuah teks biografi. Berisi peristiwa atau kejadian penting yang dialami oleh tokoh.

Biasanya diawali dengan cerita masa kecil tokoh sampai menjadi dewasa dan seperti dirinya sekarang ini. Bagian ini menjelaskan suka-duka tokoh, bagaimana ia menjalani hidupnya, memecahkan masalah, meniti karir, hingga meraih mimpi dan cita-citanya.

3. Reorientasi

Dan struktur teks biografi yang terakhir adalah reorientasi. Reorientasi merupakan penutup sebuah teks biografi. Berisi kesimpulan atau pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan. Bagian reorientasi ini bersifat opsional, artinya boleh ada dan boleh tidak ada.

Ciri-Ciri Teks Biografi

Ciri-Ciri Teks Biografi
Baca buku

Membedakan teks biografi dengan jenis teks yang lain itu nggak sulit, kok. Karena teks biografi memiliki ciri-ciri khususnya sendiri. Berikut ciri-ciri teks biografi.

  • Dibuat berdasarkan informasi dan fakta yang disajikan dalam bentuk narasi.
  • Memiliki struktur yang jelas. Struktur teks biografi adalah orientasi, peristiwa dan masalah, dan reorientasi. Struktur yang jelas ini tidak akan menimbulkan tanda tanya di pikiran pembaca. Biasanya menggunakan alur maju dan campuran dalam menceritakan kisah tokoh.
  • Menggunakan bahasa yang jelas dan lugas. Teks biografi harus menggunakan bahasa lugas dan tidak banyak menggunakan majas atau ungkapan. Bahasa yang jelas dan lugas akan mempermudah pembaca memahami cerita yang disampaikan dan tidak menimbulkan pemahaman yang berbeda-beda atau bias di benak pembaca.
  • Informasi dan fakta yang dimuat berdasarkan pada pengalaman hidup tokoh yang diceritakan.
  • Pengalaman hidup tokoh dalam menghadapi dan memecahkan masalah-masalah hingga akhirnya sukses dan menjadi seseorang yang seperti sekarang bisa dijadikan teladan bagi pembaca.
  • Menggunakan paragraf deskriptif dan naratif.
  • Karakter tokoh digambarkan secara langsung dan tidak langsung.
  • Pola pengembangannya bersifat kronologis.

Kaidah Kebahasaan Teks Biografi

Kaidah Kebahasaan Teks Biografi
Baca buku di kala senja

Dalam teks biografi, terdapat beberapa kaidah kebahasaan yang harus diikuti agar teks bisa dibaca dengan baik dan nyaman oleh pembaca. Berikut beberapa kaidah kebahasaan teks biografi.

  • Menggunakan kata ganti orang ketiga tunggal, yaitu dia, ia, atau beliau.
  • Banyak menggunakan kata sifat untuk menjelaskan sifat-sifat tokoh dengan rinci. Misalnya rajin, ulet, genius, pemberani, supel, tekun.
  • Banyak menggunakan kata kerja pasif supaya bisa menjelaskan kejadian yang dialami tokoh dengan baik.
  • Banyak menggunakan kata kerja tindakan supaya bisa menjelaskan peristiwa-peristiwa atau aktivitas fisik yang dilakukan tokoh.

Jenis-Jenis Teks Biografi

Jenis-Jenis Teks Biografi
Anak kecil baca buku

Kamu tahu nggak? Sebenarnya teks biografi itu nggak cuma satu, lho. Melainkan ada banyak jenisnya. Teks biografi dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan isi, sisi penulis, penerbit, dan persoalan yang dibahasnya. Penasaran? Berikut selengkapnya tentang jenis-jenis teks biografi.

1. Berdasarkan Sisi Penulisnya

  • Biografi. Teks tentang cerita atau kisah seorang tokoh dalam menjalani kehidupannya baik itu kelebihan, kekurangan, hingga masalah yang dihadapinya dan ditulis oleh orang lain.
  • Autobiografi. Teks biografi yang ditulis oleh tokoh itu sendiri.

2. Berdasarkan Izin Kepenulisannya

  • Authorized biography. Biografi yang sudah mendapatkan izin penulisan dan sepengetahuan tokoh yang akan diangkat cerita hidupnya.
  • Unauthorized biography. Biografi yang penulisannya tanpa izin dan sepengetahuan tokoh terkait. Biasanya penulisan unauthorized biography bisa terjadi karena tokoh yang bersangkutan sudah meninggal dunia.

3. Berdasarkan Persoalan yang Dibahas

  • Biografi politik. Biografi seorang tokoh negara yang cerita hidupnya ditulis dari sudut pandang politik. Jenis teks biografi ini membutuhkan bahan-bahan yang berasal dari kumpulan riset atau jurnal. Namun, biografi politik biasanya tidak lepas dari kepentingan tokoh yang minta ditulis atau kepentingan penulisnya itu sendiri.
  • Biografi jurnalistik. Biografi penulisannya berdasarkan hasil interview atau wawancara dengan seorang tokoh yang akan ditulis ceritanya atau dengan tokoh lain yang menjadi narasumber sebagai bahan pendukung dalam cerita.
  • Biografi intelektual. Hampir sama seperti jenis biografi politik, karena sama-sama membutuhkan bahan dari berbagai riset atau penelitian. Bedanya, biografi intelektual ditulis dengan gaya bahasa ilmiah.

4. Berdasarkan Isinya

  • Biografi perjalanan hidup. Biografi yang isinya menceritakan perjalanan hidup seorang tokoh atau bisa juga beberapa bagian dari perjalanan hidupnya yang berkesan.
  • Biografi perjalanan karir. Biografi yang isinya menceritakan perjalanan karir seorang tokoh mulai dari awal hingga karirnya saat ini atau hingga ia mencapai kesuksesannya.

5. Berdasarkan Penerbitnya

  • Buku sendiri. Biografi yang dijadikan buku oleh sebuah penerbit, namun dengan biaya produksi mulai dari penulisan, percetakan, hingga pemasaran ditanggung sendiri oleh tokoh. Biografi buku ini biasa dibuat dengan tujuan untuk personal branding, menjual nama di pasaran, dan mendapatkan perhatian publik.
  • Buku subsidi. Biografi yang dijadikan buku dengan seluruh biaya produksi ditanggung oleh sponsor. Biasanya jenis biografi yang satu ini tidak terlalu laku jika dilihat dari segi komersial, karena harga jualnya yang terlalu tinggi sehingga kurang terjangkau oleh masyarakat.

Cara Membuat Teks Biografi

Cara Membuat Teks Biografi
Baca buku

Ketika diberikan tugas untuk membuat teks biografi, mungkin kamu akan sedikit kebingungan karena tidak tahu bagaimana caranya.

Tenang saja, tidak terlalu susah, kok. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah membuat teks biografi versi Pendidikanpedia di bawah ini.

  1. Pertama-tama, kumpulkan informasi tokoh sebanyak-banyaknya. Carilah data sebanyak mungkin dari berbagai sumber yang kredibel. Contoh informasi dasar tokoh yang perlu diketahui adalah nama, nama gelar jika ada, tempat tanggal lahir, nama orang tua, dan riwayat singkatnya. Kamu juga bisa menggali informasi tentang latar belakang keluarga, pendidikan, hingga pekerjaannya.
  2. Kedua, menyusun poin-poin peristiwa penting. Dari sini kamu sudah mulai mengolah semua informasi dan data yang kamu dapatkan. Buatlah poin-poin peristiwa penting tokoh semasa hidupnya.
  3. Ketiga, mulai susun kerangka tulisan. Sekarang buat abstrak atau kerangka tulisan teks biografi yang ingin kamu buat. Pastikan kamu juga menulisnya berdasarkan unsur dan kaidah kebahasaan teks biografi yang benar.
  4. Dan terakhir, menyusun teks biografi sesuai strukturnya. Susunlah kerangka yang sudah kamu buat tadi sesuai dengan struktur teks biografi agar menjadi sebuah karya tulis biografi yang utuh.

Contoh Biografi

Untuk melihat contohnya, silakan buka halaman: contoh biografi.

Mengenai penjelasan teks biografi, kamu juga bisa menonton video singkatnya di bawah ini.


Nah itulah penjelasan lengkap materi teks biografi mulai dari pengertian, struktur, ciri-ciri, jenis, hingga contohnya. Semoga sekarang kamu sudah paham dan tertarik untuk membaca biografi seorang tokoh. Jangan lupa share artikel ini ke media sosial kamu juga, ya!

Tinggalkan komentar