Tips Traveling untuk Pelajar dan Mahasiswa

Seorang pendiam dengan pikiran yang lantang. Suka ngopi dan baca buku. Finalis 100 besar Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2017.

Sebentar lagi libur akhir tahun dan semester akan segera tiba, sebagai pelajar tentu ini merupakan salah satu momen yang paling kamu nanti-nantikan, bukan? Setelah menghabiskan banyak waktu untuk belajar, sekarang saatnya kamu melepas penat.

Ada banyak sekali cara untuk mengisi waktu liburan, salah satunya adalah traveling. Tak hanya bermanfaat untuk mengembalikan mood, traveling juga bisa bikin kamu lebih kreatif, lho! Apalagi, kamu pasti sudah bosan traveling di media sosial saja, kan? hehe.

Jadi nggak ada salahnya bagi kamu yang masih pelajar untuk pergi traveling. Kendati demikian ada satu hal yang paling sering dikhawatirkan bagi pelajar untuk pergi traveling, yaitu masalah uang.

Akan tetapi, tenang saja karena pada kesempatan kali ini Pendidikanpedia akan memberitahu kamu 10 tips traveling untuk pelajar dan mahasiswa.

1. Buat Rencana Perjalanan dan Rincian Biaya

Tips Traveling
Traveling sendiri

Hal pertama yang paling penting dan harus kamu lakukan adalah membuat rencana perjalanan alias itinerary dan rincian biaya. Pertama, tentukan terlebih dahulu destinasi wisata seperti apa yang ingin kamu kunjungi dan di mana kotanya.

Setelah itu, kamu bisa membuat list tempat-tempat wisata yang ingin kamu kunjungi. Dan lakukan riset mendalam terhadap tempat-tempat tersebut.

Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat wisata yang ingin kamu kunjungi tersebut. Kamu bisa mencarinya dengan cara browsing di internet.

Dan kalau bisa, catat nomor kontak semua tempat wisata tujuan kamu itu, buat antisipasi aja kalau kamu membutuhkan info penting dan darurat.

Kemudian apabila kamu akan melakukan reservasi hotel, transportasi, atau apapun itu secara online, maka catat nomor kontak semua situs booking yang kamu gunakan tersebut. Pastikan namamu tercantum dan tanggal reservasinya nggak salah, ya!

Kamu juga perlu menyusun jadwal pemberangkatan sejak dini. Jam berapa kamu berangkat, kapan estimasi sampai di kota tujuan, transportasi apa yang akan digunakan. Semuanya harus kamu catat dan rencanakan.

Jangan lupakan juga soal biayanya. Buatlah rencana keuangan untuk liburanmu itu dan buat satu pos khusus untuk pengeluaran tidak terduga atau dana darurat selama melakukan perjalanan. Atau kamu juga bisa membawa budget sedikit lebih banyak daripada estimasi biaya yang dibutuhkan.

Terakhir, mencari tau soal cuaca di kota tujuan juga akan sangat membantu kamu dalam memilih jenis pakaian untuk dibawa. Jangan sampai kamu kedinginan hanya karena bawa satu jaket tipis saja.

2. Cari Penginapan Murah Meriah

Penginapan
Penginapan

Tips traveling untuk pelajar dan mahasiswa selanjutnya adalah mencari penginapan murah meriah. Jika kamu berencana menghabiskan beberapa hari untuk traveling, maka cari dan pilihlah penginapan yang murah meriah. Sekarang sudah ada banyak penginapan murah yang memang ditujukan untuk para backpacker.

Nggak harus yang muluk-muluk dan mewah, kok, yang penting bisa mengistirahatkan tubuh kamu supaya segar kembali saat melanjutkan perjalanan esok hari. Salah satu opsi penginapan yang bisa kamu pilih adalah hostel.

Menginap di hostel tentu akan jauh lebih murah dibandingkan menginap di hotel, apalagi kalau bintang lima yah, hehe. Walaupun biayanya murah, keamanan barang-barang pribadi kamu di hostel bisa dijamin, kok. Karena biasanya setiap hostel menyediakan loker untuk masing-masing tamunya.

Namun, untuk urusan kenyamanan dan privasi beda lagi, ya. Sebuah kamar hostel biasanya disii dengan enam hingga sepuluh tempat tidur yang artinya kamu akan berbagi kamar dengan tamu-tamu lainnya.

Kamar mandinya juga ada di luar dan tentu saja sharing dengan tamu-tamu lain. Tapi, untuk menekan biaya, hostel merupakan pilihan yang tepat.

3. Cari Promo-Promo untuk Pelajar dan Mahasiswa

Mencari Promo untuk Pelajar dan Mahasiswa
Mencari promo liburan

Biasanya beberapa tempat wisata atau transportasi publik memberikan promo atau diskon khusus bagi pelajar dan mahasiswa. Cari tahulah informasi tentang hal ini.

Kadang promo-promonya memberikan harga yang jauh lebih murah daripada harga biasa. Tentu sanga menguntungkan, bukan?

Untuk mendapatkan promo ini biasanya kamu hanya perlu menunjukkan identitas pelajar saja. Oleh sebab itu, pastikan kamu membawa kartu pelajar atau kartu mahasiswa ketika hendak traveling, okay?

Salah satu promo wisata yang akan datang dalam waktu dekat ini adalah EPIC sale dari Traveloka. Kamu akan menemukan banyak promo menarik, mulai dari tiket transportasi hingga penginapan di sana.

4. Jangan Pakai Tour Guide

Tour Guide Wisata
Menggunakan tour guide

Salah satu fasilitas wisata yang paling menguras kantong adalah tour guide atau pemandu wisata. Oleh karena itu, sebaiknya kamu nggak usah pakai tour guide.

Sering-sering berbaur dan berinteraksi dengan penduduk lokal atau pengunjung lain saja. Dengan begitu, kamu tetap akan mendapatkan cerita atau kisah tentang tempat-tempat yang kamu kunjungi.

Kadang perspektif orang lokal akan memberikan lebih banyak hal dan kesan yang menarik daripada informasi dari tour guide yang itu-itu doang, ditambah gratis juga!

5. Ajak Teman Ramai-Ramai

Tips Traveling Bareng Teman
Traveling bareng teman

Traveling sendirian memanglah menarik, tapi traveling bareng teman akan jauh lebih asyik. Setuju? Ajaklah teman dekat, teman sekelas, atau teman sekampus kamu untuk liburan bareng.

Dijamin deh perjalanan kamu akan terasa lebih seru dan mengasyikkan. Pulang-pulang, kamu juga bakal mempunyai cerita dan kenangan-kenangan baru yang takkan terlupakan.

Entah itu makan malam bersama, sama-sama pusing membuat rencana perjalanan, atau saling bertukar kisah di malam hari.

Selain itu, dengan mengajak teman ramai-ramai juga akan menghemat pengeluaran. Kamu bisa patungan untuk membayar transportasi dan penginapan. Tentunya semakin banyak orang yang ikut, maka akan semakin sedikit juga biaya untuk setiap orangnya.

Tips traveling untuk pelajar dan mahssiwa satu ini pastinya cocok banget buat kamu yang gemar berpetualang bersama teman-teman terdekat.

6. Gunakan Transportasi Umum

Menggunakan Transportasi Umum
Menggunakan transportasi umum

Menggunakan transportasi publik rasanya sudah menjadi tips traveling yang paling mendasar karena ini memang terbukti dapat menekan pengeluaran.

Daripada harus menyewa kendaraan pribadi untuk berhari-hari, akan lebih murah kalau kamu menggunakan transportasi umum seperti kereta.

Ketika sudah sampai di kota tujuan, maka kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan naik angkot atau bis kota.

Apalagi sekarang ojek online atau yang biasa disingkat ojol sudah tersebar di mana-mana, terutama di tempat-tempat destinasi wisata.

Tapi, tentunya kamu harus ekstra teliti dan hati-hati dalam memilih transportasi publik. Berdasarkan pengalaman saya, naik bis kota jauh lebih hemat daripada menggunakan jasa ojol untuk mengelilingi kota.

7. Pesan Tiket dari Jauh-Jauh Hari

Booking Tiket Online
Booking tiket online

Kalau kamu berencana memakai transportasi umum untuk liburan kamu, maka memesan tiket dari jauh-jauh hari adalah hal yang harus dilakukan.

Pesanlah tiket transportasi setidaknya dua bulan sebelum tanggal keberangkatan supaya kamu mendapatkan harga yang jauh lebih murah.

Karena biasanya harga tiket transportasi akan naik seiring dengan mendekatnya waktu keberangkatan, terutama tiket pesawat dan tiket kereta.

Kamu bisa melakukan pencarian dan pemesanan tiket transportasi publik secara online baik di website-website resmi atau di aplikasi smartphone.

8. Hubungi Kenalan di Kota Tujuan Kalau Ada

Menghubungi Kenalan
Menghubungi kenalan

Kamu punya keluarga, saudara, teman, atau kenalan di kota tujuan traveling kamu? Jangan ragu untuk menghubungi mereka. Mintalah tips-tips traveling di destinasi wisata kamu. Mereka pasti lebih paham situasinya, deh.

Dengan kehadiran kenalan di kota tujuan juga akan sangat memudahkan kamu jika terjadi apa-apa. Siapa tau kamu juga ditawarin buat nginep, wah hitung-hitung hemat biaya penginapan juga, kan? hihi.

9. Bawa Bekal dari Rumah

Perbekalan
Perbekalan

Bawalah perbekalan dari rumah sebelum kamu memulai perjalanan. Tapi, pastikan kamu membawa makanan yang tepat, ya. Makanan yang cocok dibawa untuk traveling adalah makanan yang kering dan tahan lama seperti mi instan, roti, keripik, ikan teri, camilan, dan sebagainya.

Kamu juga bisa membawa makanan kaleng atau kemasan. Dengan membawa bekal dari rumah, kamu nggak akan kesulitan kalau-kalau kamu mendadak lapar di tengah perjalanan. Dengan begini kamu juga bisa mengurangi biaya harian selama traveling, pokoknya hemat, deh!

Sementara itu ketika harus makan di luar, sebaiknya hindari makan di restoran kalau budget kamu terbatas. Cobalah untuk makan di pinggir jalan, tentunya yang bersih dan higienis, ya. Di samping lebih murah harganya, kamu juga jadi bisa nyobain makanan khas daerah setempat, lho.

10. Beli Souvenir dan Oleh-Oleh di Pasar

Souvenir di Pasar
Souvenir di pasar

Dan tips traveling untuk pelajar yang terakhir adalah membeli souvenir di pasar. Mau beli oleh-oleh atau barang-barang untuk keluarga di rumah? Belilah di pasar.

Sebenarnya kalau budget kamu sudah pas-pasan, yah jangan dipaksakan juga buat beli oleh-oleh. Apalagi kalau kamu memang tidak menyiapkan dana untuk ini sejak awal.

Tapi jika memang berniat demikian, maka belilah di pasar, bukan di toko. Barang-barang yang dijual di pasar biasanya memiliki harga yang jauh lebih murah daripada di toko-toko.

Meskipun begitu, bukan berarti barangnya jelek yah. Kamu hanya perlu lebih teliti dan lihai dalam hal tawar-menawar. Yang pasti, tanyakan harga dulu dan lakukan riset sebelum membeli, ya.


Nah itulah 10 tips traveling untuk pelajar dan mahasiswa, dijamin hemat, deh! Apalagi dengan travel fair Traveloka yang akan segera hadir, kamu akan dimanjakan dengan berbagai diskon hingga 80%! Jadi, kamu mau raveling ke mana akhir tahun ini? Kasih tau di kolom komentar, ya!

Tinggalkan komentar