Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Avatar untuk Muhammad Anas

Seorang pendiam dengan pikiran yang lantang. Lebih suka ngopi daripada ngeteh. Finalis 100 besar Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2017. Follow ig @manass12_

Selalu ada saja hal yang bisa dibahas ketika kita berbicara tentang pendidikan. Maka dari itu contoh teks eksposisi tentang pendidikan juga banyak ditemukan.

Teks eksposisi merupakan teks Bahasa Indonesia yang berisi gagasan pendapat penulis tentang suatu hal.

Berarti teks eksposisi pendidikan adalah teks eksposisi yang isinya pendapat penulis terhadap bidang pendidikan.

Sebaiknya kamu belajar dulu tentang struktur teks eksposisi.

Pendidikan sendiri merupakan salah satu bidang yang fatal dan mengundang banyak perhatian.

Hal tersebut membuat banyak orang ingin menuangkan pendapatnya seputar pendidikan dengan menulis teks eksposisi.

Bagi kamu yang sedang membutuhkan contoh teks eksposisi tentang pendidikan beserta strukturnya, berikut Pendidikanpedia sediakan lebih dari 5 contohnya.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Sistem Pendidikan di Indonesia

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan
Belajar biar pintar

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Sadar tidak sadar ternyata selama ini ada sesuatu yang salah dengan sistem pendidikan Indonesia.

Mata pelajaran dan waktu belajar di kelas yang telah diatur sedemikian rupa tidak efektif bagi para siswa.

Hal tersebut ditandai oleh perasaan para siswa yang merasa bosan karena terlalu lama menghabiskan waktu di kelas. Selama 6 sampai 8 jam di sekolah mereka hanya membaca buku dan mengerjakan tugas saja.

Padahal waktu efektif yang disarankan untuk belajar maksimal 1 jam saja. Karena setelah 1 jam berlalu, otak manusia tidak mampu lagi menangkap pembelajaran dengan baik.

Argumentasi

Ada seorang yang ilmuwan yang telah menyimpulkan bahwa manusia masa kini merupakan produk sekolah yang nantinya akan berubah menjadi buruh.

Aturan jam belajar mulai dari jam 7 pagi sampai jam 1 siang itu sama dengan aturan jam kerja buruh.

Padahal rata-rata kemampuan otak manusia hanya mampu menerima materi di 20 menit pertama jam pembelajaran dimulai.

Jika kita perhatikan bersama, sekolah-sekolah di negara berkembang seperti Indonesia ini hanya mampu menghasilkan orang yang dapat bekerja secara fisik saja.

Kecerdasan intelektual para siswa dibatasi karena harus mengikuti sistem pendidikan yang seperti ini.

Mereka tidak dibiarkan berkembang mengikuti minat, bakat dan kemampuan intelektual mereka sendiri.

Hal ini sangat berbanding terbalik dengan sistem pendidikan di negara maju. Bahkan rata-rata dari mereka mempunyai jam belajar yang hanya 3 – 4 jam saja.

Penegasan Ulang

Seharusnya kita dapat mencontoh sistem pendidikan di negara maju dengan mempertimbangkan segala aspek yang ada.

Tentu bukan hal mudah untuk memperbaiki sistem pendidikan kita yang menganggap bahwa semakin lama siswa belajar maka semakin baik. Meskipun demikian, kita masih punya waktu untuk ini semua.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kurikulum Pendidikan di Indonesia

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kurikulum Pendidikan di Indonesia
Papan tulis dan buku

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Beberapa waktu yang lalu, sistem pendidikan Indonesia mengalami perubahan yang cukup signifikan. Perubahan yang dimaksud adalah perubahan kurikulum yang digunakan.

Dari tadinya kurikulum 2006, sekarang sistem pendidikan Indonesia beralih ke kurikulum baru, kurikulum 2013.

Meskipun demikian, masih ada beberapa sekolah yang masih menggunakan kurikulum 2006 dan belum berganti ke kurikulum yang baru.

Argumentasi

Kemendikbud telah menjelaskan bahwa kurikulum baru ini diprioritaskan untuk sekolah dengan standar Internasional atau dengan akreditasi A.

Oleh karena itu, kurikulum 2013 masih belum bisa diterapkan oleh seluruh sekolah di Indonesia secara serentak.

Salah satu syarat menggunakan kurikulum 2013 adalah sekolah harus dapat dijangkau dengan mudah untuk pendistribusian buku.

Kemendikbud juga menuturkan bahwa kurikulum yang baru ini lebih fokus dalam pengembangan karakter, pembangunan sikap, keterampilan dan pengetahuan yang berdasarkan pada pendekatan ilmiah.

Selain itu, kurikulum 2013 juga lebih memfokuskan hubungan antara kegiatan belajar dengan bersyukur kepada Tuhan lewat pengamatan, percobaan dan penciptaan suatu karya.

Musliar Kasim, selaku wakil Kemendikbud, juga menuturkan bahwa kurikulum yang baru ini berisi lebih banyak praktik daripada teorinya.

Karena selama ini peserta didik dirasa terlalu dibebankan hafalan tapi masih minim kreativitas.

Salah satu anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Meutia Hatta juga beranggapan bahwa kurikulum 2013 bertujuan membentuk karakter generasi bangsa yang berkualitas dan mencintai tanah airnya.

Kurikulum 2013 menuntut para siswa supaya berperan aktif dalam proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), sehingga bisa membentuk generasi bangsa yang berkualitas.

Penegasan Ulang

Namun banyak orang yang menolak perubahan kurikulum baru ini. Mereka beranggapan bahwa hal ini terlalu mendadak dan terkesan dipaksakan.

Ada juga yang menilai bahwa kurtilas (kurikulum tiga belas) kurang fokus akibat menggabungkan 2 buah mata pelajaran yang memiliki substansi pokok berbeda.

Meskipun akan membuat jumlah mata pelajaran yang dipelajari berkurang, akan tetapi tingkat pengetahuan dan pemahaman peserta didik malah semakin berkurang karena materinya tidak dipelajari secara menyeluruh.

Melainkan terpisah-pisah, akibatnya tak menutup kemungkinan siswa malah akan merasa kebingungan.

Yang pasti, kurikulum 2013 juga masih terus dievaluasi dan belum 100% sekolah di Indonesia menggunakan kurikulum baru ini.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan Karakter

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan Karakter
Baca buku di perpustakaan

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Pendidikan atau edukasi merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan kita sebagai manusia.

Melalui pendidikan seseorang bisa banyak belajar bahkan menemukan jati dirinya. Jati diri itu terbentuk oleh karakter dan lingkungan yang dimiliki orang itu sendiri.

Dengan tujuan membentuk karakter pada anak didik, pemerintah mengubah kurikulum. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) diubah menjadi kurikulum 2013.

Perubahan ini membawa pendidikan karakter ke dalam sistem pendidikan Indonesia yang baru.

Argumentasi

Tujuan pendidikan karakter adalah menggali potensi diri siswa secara personal dan mengutamakan kemampuan dalam bersikap.

Pendidikan karakter ini sangat penting guna menggali bakat-bakat tersembungi pada masing-masing siswa.

Karena setiap siswa pasti punya potensi, bakat dan kecerdasan di bidang yang beda-beda dan tidak sama antara satu dengan yang lain.

Siswa yang tidak pandai dalam satu bidang pelajaran bukan berarti ia bodoh, dalam hal lain dia pasti punya kemampuan di atas rata-rata.

Melalui pendidikan karakter, kemampuan seseorang tidak ditentukan dari pintar atau tidaknya ketika dia berada di dalam kelas.

Guru juga tidak boleh memberi label bodoh kepada seorang siswa bila dia tidak pintar dalam mata pelajaran yang diajarkan oleh guru tersebut.

Melalui pembuatan kurikulum pendidikan terbaru, pemerintah berusaha mewujudkan pendidikan karakter ini.

Sikap dan karakter toleransi terhadap perbedaan agama, suku, kebudayaan, bahasa dan adat istiadat juga dimasukkan dalam pendidikan karakter.

Di samping itu, diharapkan pendidikan karakter juga bisa membekali siswa untuk masa depannya yang lebih baik.

Di zaman globalisasi sekarang, siswa harus mempunyai kemampuan atau skill khusus tertentu.

Penegasan Ulang

Pendidikan karakter merupakan salah satu bekal awal siswa untuk masa yang akan datang. Siswa harus punya sikap toleransi kepada sesama dan punya skill yang bisa dibanggakan. Supaya siap menghadapi kemajuan zaman dan menjadi penerus bangsa.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan di Indonesia

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan di Indonesia
Merayakan kelulusan sekolah

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Pendidikan bisa diibaratkan senjata yang ampuh guna mengubah dunia. Karena pendidikan adalah sarana yang berguna bagi kita untuk mempelajari banyak hal yang bermanfaat.

Argumentasi

Tingkat pendidikan di Indonesia sendiri termasuk cukup baik. Pemerintah telah mengeluarkan banyak dana demi pembangunan pendidikan, seperti pembangunan gedung dan layanan sekolah gratis.

Hal ini harus didukung oleh peserta didik yang mempunyai keinginan untuk belajar dan meraih prestasi.

Sehingga semangat belajar akan terbentuk dan mereka akan memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara. Mengingat pendidikan semakin mudah untuk diakses pada zaman sekarang.

Penegasan Ulang

Ketika fasilitas, sarana prasarana, dan peserta didik berperan aktif bersama-sama maka kemungkinan besar pendidikan Indonesia akan semakin diakui oleh dunia.

Tak menutup kemungkinan juga hal tersebut akan membawa banyak investor asing sehingga bisa meningkatkan perekonomian bangsa.

Sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompetensi juga akan sangat membantu dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia

Contoh Teks Eksposisi Pentingnya Kemampuan Bahasa Inggris

Contoh Teks Eksposisi Singkat
Kamus Bahasa Inggris

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang akan selalu digunakan orang ketika bertemu orang asing di luar negaranya.

Oleh karena itu, semua orang wajib untuk mempelajarinya. Di Indonesia sendiri, pembelajaran mengenai Bahasa Inggris sudah dipraktikan sedini mungkin, bahkan sejak masih berada di TK.

Argumentasi

Meskipun begitu, pada kenyataannya hanya sedikit siswa saja yang mampu mempraktikannya.

Fakta di lapangan mengatakan bahwa ketika diajak berbicara menggunakan Bahasa Inggris, jangankan bisa menjawab, memahaminya pun mereka masih kurang.

Penasaran sama contoh lainnya? Yuk baca contoh teks eksposisi berbagai tema.

Padahal, di masa yang akan datang Bahasa Inggris bisa mengambil peran yang lebih besar lagi. Sudah banyak pekerjaan yang mewajibkan kemampuan Bahasa Inggris.

Di samping itu, pekerjaan yang menggunakan Bahasa Inggris juga semakin sering bermunculan. Sebut saja translator atau penerjemah, dan customer service sebagai contohnya.

Penegasan Ulang

Sebaiknya jangan hanya mengandalkan pembelajaran Bahasa Inggris hanya dari sekolah saja. Cari juga referensi lain di luar atau di media internet, contohnya seperti di blog Pendidikanpedia.

Melihat potensi perkembangan zaman dan Bahasa Inggris yang semakin cepat dan besar, mari kita asah lagi kemampuan berbahasa Inggris kita.

Contoh Teks Eksposisi Pentingnya Akreditasi Sekolah

Contoh Teks Eksposisi Pentingnya Akreditasi Sekolah
Scrabble kata-kata belajar

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Di Indonesia terdapat banyak sekali sekolah yang tersebar di berbagai kota. Sekolah terus berkembang dan menawarkan banyak pilihan, ada yang formal dan juga non-formal.

Akan tetapi itu adalah pilihan yang tidak mudah, karena terdapat banyak faktor yang harus dipertimbangkan sebelum memilihnya.

Beberapa di antaranya adalah pengaruh teman dan jarak antara tempat tinggal ke sekolah. Namun ada penentu utama lain yang lebih penting, yaitu akreditasi sekolah itu sendiri.

Argumentasi

Mengapa penting memilih sekolah yang sudah terakreditasi? Karena sekolah dengan akreditasi mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan sekolah yang tak terakreditasi.

Label akreditasi ini sangat berpengaruh pada dunia kerja setelah lulus sekolah. Misalnya, siswa dari sekolah terakreditasi akan lebih dipilih daripada siswa dari sekolah yang tidak terakreditasi, walaupun kualifikasi lainnya sama.

Siswa dari sekolah yang mempunyai akreditasi mempunyai peluang yang sedikit lebih baik dan dapat membantunya di masa depan.

Banyak murid yang memilih sekolah tergantung pada faktor jangka pendek seperti jarak dari rumah ke sekolah dan pengaruh teman.

Tentu ini bukan pilihan yang buruk juga. Mengingat sekolah yang dekat dengan rumah bisa menghemat waktu, uang dan tenaga.

Tapi jika sekolah tersebut masih belum terakreditasi, rasanya segala waktu, usaha dan tenaga yang dihabiskan hanya akan sia-sia saja dalam jangka panjang.

Karena itu malah bisa menjadi penghalang dalam memperoleh peluang di masa yang akan datang.

Penegasan Ulang

Namun demikian, perlu diingat bahwa sekolah terakreditasi bukan hanya satu-satunya faktor penentu keberhasilan dan kesuksesan. Kepribadian dan karakter siswa juga berperan penting.

Yang jelas sekolah yang terakreditasi bisa lebih membantu kepribadian dan karakter untuk mendorong siswa menuju kesuksesan.

Contoh Teks Eksposisi Pentingnya Pendidikan

Contoh Teks Eksposisi Pentingnya Pendidikan
Mengerjakan tugas online

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Memperolah pengetahuan dan pelajaran adalah hal pertama yang paling penting dari sebuah pendidikan. Kita bisa mendapatkan pengetahuan tentang dunia sekitar melalui pendidikan.

Hal itu akan menjadikan perspektif kita semakin berkembang dalam memandang kehidupan ini.

Oleh sebab itu, kita akan terbantu dalam memandang dan membangun opini terhadap suatu hal terkait kehidupan.

Banyak yang berdebat apakah pendidikan hanya satu-satunya jalan dalam memperoleh pengetahuan?

Ada juga yang mengatakan bahwa pendidikan adalah proses mendapatkan informasi seputar dunia sekitar. Sementara pengetahuan adalah hal lain yang berbeda.

Argumentasi

Pendidikan membantu manusia mampu menafsirkan beragam macam hal yang dirasakannya.

Pendidikan tidak terbatas hanya dalam pantun di buku pelajaran atau hitung-hitungan matematika. Pendidikan lebih dari itu, pendidikan tentang pelajaran hidup.

Pendidikan penting karena mengajarkan manusia bagaimana berperilaku yang baik dan benar. Sehingga pendidikan membuat manusia menjalani kehidupan dengan lebih beradab.

Pendidikan merupakan dasar peradaban dan budaya. Pendidikan penting dalam mengembangkan nilai-nilai dan moral manusia.

Mengolah kita menjadi individu yang lebih dewasa lagi, individu yang mampu mengambil keputusan tepat dan merencanakan masa depan.

Pendidikan memberi manusia wawasan untuk belajar dari setiap pengalaman. Pendidikan juga sangat penting untuk pertumbuhan ekonomi.

Itu dapat memupuk prinsip-prinsip keadilan dan kesejahteraan. Sehingga masa depan bangsa akan cerah di tangan orang-orang berpendidikan.

Pendidikan penting karena membekali manusia dengan semua yang dibutuhkan untuk mewujudkan impian.

Pendidikan membuka pintu peluang karir yang cerah dan prospek yang lebih cemerlang dalam berkarir.

Bisa kita lihat contoh nyatanya, perusahaan membutuhkan calon karyawan dengan pendidikan yang baik, yang mempunyai keahlian.

Jadi, pendidikan sudah menjadi kriteria kelayakan dalam dunia kerja dan industri. Dalam bursa kerja, seseorang dinilai berdasarkan keterampilan pendidikannya dan sebaik apa dia dapat mengimplementasikannya.

Sekolah dan perguruan tinggi merupakan penentu kerangka dasar pendidikan. Sekolah mengajarkan manusia tentang dasar-dasar kehidupan dan memperkenalkan bidang spesifik yang diminati.

Namun pendidikan tak berakhir di sini. Ini adalah soal proses sepanjang hidup. Belajar mandiri merupakan titik awal yang menandai akhir dari pendidikan di sebuah institusi.

Penegasan Ulang

Dengan seperti itu, pendidikan adalah hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Karena pendidikan mampu memberikan berbagai macam pengetahuan yang bisa menuntun manusia menuju impian hidupnya.

Pendidikan tidak hanya diperoleh melalui sekolah formal saja, melainkan dari kehidupan itu sendiri seperti membangun moral yang baik dan kebudayaan.

Contoh Teks Eksposisi Manfaat Pendidikan Boarding (Asrama)

Contoh Teks Eksposisi Manfaat Pendidikan Boarding (Asrama)
Aktivitas di sekolah

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Tentu mayoritas orang tua mengirimkan anaknya untuk bersekolah di sekolah umum. Namun ada juga yang memilih untuk menyekolahkan anaknya di pendidikan sekolah asrama.

Ada alasan-alasan tertentu yang membuat mereka lebih suka anaknya dididik di sana, misalnya mempunyai interaksi sosial yang lebih baik dan minatnya bisa terarahkan dengan baik.

Argumentasi

Pada usia dini berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang-orang merupakan hal yang penting bagi kehidupan anak-anak. Hal itu juga akan membantunya di masa depan.

Di sekolah asrama, anak-anak bisa berinteraksi melalui beraneka ragam aktivitas. Sekolah asrama juga menyediakan berbagai kegiatan seperti olahraga, seni dan musik yang memungkinkan siswa mengembangkan bakat yang diminatinya di waktu luang mereka.

Mau teks eksposisi yang lebih singkat dan sederhana? Lihat di artikel contoh teks eksposisi singkat beserta strukturnya.

Di samping itu, tata cara hidup yang terjadwal dengan disertai aturan di sekolah asrama juga membantu siswa terbiasa dengan hidup yang tertata baik.

Keterampilan sosial dan sikap yang baik akan membantu mereka menjadi pribadi yang lebih percaya diri, bertanggung jawab dan dapat memimpin.

Para pendidik yang sudah terlatih secara profesional di sana menawarkan pendidikan yang sangat baik tanpa orang tua perlu mengawasinya terus-menerus.

Penegasan Ulang

Sekolah asrama memungkinkan peserta didik untuk melakukan kegiatan yang positif dan berinteraksi dengan orang lain. Di sana karakter mereka juga akan dibangun dengan sangat baik.

Contoh Teks Eksposisi Manfaat Penggunaan Internet untuk Pendidikan

Contoh Teks Eksposisi Manfaat Penggunaan Internet untuk Pendidikan
Mengerjakan tugas online

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Internet membawa gaya hidup baru bagi manusia. Orang harus bisa menggunakan internet dalam kesehariannya. Dalam bidang pendidikan, internet juga membawa dampak besar.

Terdapat banyak hal positif yang bisa dimanfaatkan dari internet baik oleh siswa maupun guru di bidang pendidikan.

Argumentasi

Pertama, siswa bisa menggunakan internet untuk mencari materi tentang mata pelajaran yang mereka pelajari di sekolah.

Mereka juga bisa mencari banyak informasi secara mandiri. Sehingga siswa bisa belajar sendiri di rumah secara online.

Internet juga menawarkan banyak media pembelajaran gratis supaya siswa bisa tetap belajar kapanpun dan di manapun.

Kedua, pendidikan daring memberikan siswa kenyamanan untuk menyelesaikan tugas sesuai jadwal dan mendapatkan pembelajaran jarak jauh.

Hal ini akan sangat dirasakan oleh siswa yang sering bepergian jauh dan tetap bisa mengikuti kelas baik di kedai kopi, di kamar hotel maupun di rumah.

Internet membuat siswa mendapatkan pengetahuan lebih mudah dan menghemat uang juga waktu mereka.

Ketiga, internet juga bisa memberikan energi terhadap proses pembelajaran. Biasanya siswa akan lebih semangat dalam belajar kalau gurunya memberikan media yang menyenangkan bagi mereka.

Hal tersebut membuat siswa menjadi lebih mudah memahami materi yang diberikan karena pada saat itu mereka merasa senang mengikuti kelas.

Penegasan Ulang

Kesimpulannya, internet tentu sangat berguna untuk pendidikan. Siswa bisa mengaksesnya di mana saja dan kapan saja.

Dari sekian banyak manfaatnya, kita bisa ambil kesimpulan bahwa internet dapat membuat pendidikan menjadi lebih baik.

Video Pembelajaran Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Kalau kamu perlu contohnya dalam bentuk video, maka silahkan tonton video pembelajaran contoh teks eksposisi pendidikan berikut.

Video contoh teks eksposisi tentang pendidikan

Sekian dulu 9 contoh teks eksposisi pendidikan yang bisa dibagikan pada artikel kali ini. Apabila disuruh membuat teks eksposisi tentang pendidikan, hal seputar apa yang ingin kamu bicarakan?

Leave a Comment