Contoh Teks Eksposisi

Seorang pendiam dengan pikiran yang lantang. Lebih suka ngopi daripada ngeteh. Finalis 100 besar Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2017. Follow ig @manass12_

Teks eksposisi tergolong jenis teks Bahasa Indonesia yang mudah dipelajari. Setelah memberikan materi teks eksposisi di kelas, biasanya guru juga akan memberikan contoh teks eksposisi singkat.

Hal tersebut dilakukan agar siswa lebih memahami materinya dengan melihat contoh secara langsung. Mungkin guru juga akan memberikan tugas membuat teks eksposisi kepada siswa.

Kamu bisa menggunakan contoh-contoh teks eksposisi yang ada di artikel ini sebagai referensi atau acuan. Namun, sebelum melihatnya mari kita ulas lagi materi teks eksposisi secara singkat.

Penting! Lebih baik pelajari terlebih dahulu materi teks eksposisi lengkap.

Teks eksposisi merupakan teks yang berisi informasi dan gagasan pendapat penulis. Bersifat informatif dan persuasif. Dan ditulis dengan singkat, ringkas, padat, jelas, akurat.

Macam-Macam Teks Eksposisi

Struktur teks eksposisi
Buku klasik

Ada banyak macam teks eksposisi. Dari sekian banyaknya tema, yang paling sering dicari adalah teks eksposisi singkat dan teks eksposisi tentang pendidikan.

Berikut 2 macam contoh teks eksposisi singkat dan tentang pendidikan beserta strukturnya.

โญ Apa itu teks eksposisi singkat? Berikut penjelasan dan contoh teks eksposisi singkat lingkungan ๐ŸŒป kesehatan ๐Ÿš‘ hukum ๐Ÿ› lengkap…

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

Terdapat banyak hal seputar lingkungan di sekitar kita. Dari lingkungan dan alam kita bisa belajar banyak hal, termasuk membuat teks eksposisi.

Berikut disajikan 1 contoh teks eksposisi tentang lingkungan hidup.

Membuang Sampah di Sungai Membahayakan Lingkungan Sekitar

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan
Manusia dan sampah

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Di zaman globalisasi seperti sekarang ini, kegiatan membuang sampah sembarangan misalnya di sungai seolah-olah sudah menjadi hal yang lazim.

Semakin banyak juga orang-orang yang membuang sampah sembarangan di kota. Hal itu mengakibatkan aliran beberapa sungai terhalang oleh sampah-sampah tersebut.

Sehingga ketika hujan terjadi dengan intensitas yang terus-menerus, maka sungai akan meluap dan menimbulkan bencana banjir.

Argumentasi

Dari tahun ke tahun jumlah orang yang membuang sampah sembarangan di sungai terus meningkat, ini merupakan kesimpulan dari banyak pengamat.

Manusia masih belum juga kapok dengan membuang sampah di sungai yang bisa mengakibatkan banjir karena tingkah laku manusia itu sendiri.

Padahal korban karena bencana banjir tentu tidak sedikit. Tidak hanya korban luka-luka, yang meninggal dunia karena banjir juga sudah banyak.

Akan tetapi hal-hal tersebut masih belum cukup untuk memberi kesadaran kepada orang-orang yang masih membuang sampah sembarangan atau di sungai.

Penegasan Ulang

Seharusnya setelah mengetahui dampak yang terjadi karena ulah sendiri, orang-orang sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan lagi. Supaya tidak merugikan diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitar.

Jika tidak ada sampah di sungai, maka air sungai tidak akan tersumbat dan banjir bisa diminimalisir meskipun hujan deras terus menerpa.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Kesehatan merupakan salah satu bidang yang fatal dan sering kali dibicarakan. Oleh karena itu biasanya karangan eksposisi tentang kesehatan juga banyak ditemukan.

Berikut contoh teks eksposisi tentang kesehatan beserta strukturnya.

Olahraga yang Tepat Bagi Tubuh Masing-Masing

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan
Berolahraga

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Olahraga tentu memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Jika sering berolahraga maka tubuh akan kembali segar dan bugar.

Namun penting diketahui untuk memilih jenis olahraga yang tepat bagi tubuh masing-masing. Misalnya kita harus tahu kondisi jantung kita apakah kuat atau tidak untuk berolahraga dalam periode waktu yang lama.

Karena setiap orang mempunyai kekuatan jantung yang berbeda-beda. Jadi jenis olahraganya tidak bisa disamaratakan.

Oleh karena itu penting untuk mengetahui jenis olahraga yang tepat bagi tubuh masing-masing.

Argumentasi

Olahraga merupakan kegiatan mengolah tubuh yang menyenangkan dan semua orang bisa melakukannya.

Contoh olahraga antara lain lari, sepak bola, bulu tangkis, renang dan lain sebagainya.

Selain menyenangkan, olahraga juga membawa banyak sekali manfaat bagi tubuh dan bisa membuat tubuh lebih sehat.

Setelah berolahraga biasanya kita akan merasakan suasana tubuh yang segar dan bugar. Selain itu, olahraga juga bisa membuat suasana hati senang. Karena olahraga juga bisa menjadi media pelepas stres atau beban pikiran.

Manfaat olahraga salah satunya dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang berguna supaya tubuh terhindar dari penyakit kognitif. Seperti penurunan sistem kerja otak atau kepikunan.

Seseorang dengan tekanan darah yang tinggi sangat dianjurkan untuk rutin berolahraga. Karena tekanan darah tinggi bisa menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi tidak lancar.

Berolahraga secara rutin dapat membantu memperlancar peredaran aliran darah di dalam tubuh bagi penderita darah tinggi.

Rutin berolahraga juga bisa menyehatkan jantung. Namun harus dipahami juga apakah kondisi jantungnya kuat atau tidak jika melakukan olahraga-olahraga yang diinginkan.

Misalnya orang dengan penyakit jantung biasanya kurang kuat saat melakukan olahraga renang, lari atau olahraga berat lainnya.

Kasus seperti ini sering sekali kita temui. Kadang orang melakukan olahraga tapi tidak melihat kekuatan jantungnya terlebih dahulu.

Bukannya membuat tubuh lebih sehat, tapi malah membuat keadaan semakin buruk bagi jantungnya.

Sudah sering sekali terjadi kasus seseorang yang sedang berolahraga tiba-tiba jatuh pingsan dan harus segera dilarikan ke rumah sakit.

Hal tersebut terjadi bisa karena riwayat penyakit jantung yang pernah dideritanya. Sehingga tubuhnya tidak kuat dan malah menimbulkan serangan jantung mendadak karena aktivitas menguras tenaga yang sedang dilakukannya. Hasilnya ia jatuh pingsan.

Bila kondisi tubuh normal, maka olahraga sangat disarankan untuk dilakukan. Bahkan baiknya olahraga dilakukan minimal 1 kali dalam seminggu.

Jika dilakukan secara rutin maka tubuh akan lebih sehat dan kuat menahan serangan berbagai penyakit. Karena dengan berolahraga kekebalan tubuh juga semakin meningkat.

Tubuh orang yang sering berolahraga akan tetap sehat dan lebih kuat terhindar dari berbagai penyakit.

Jadi pastikan dan ketahui kondisi tubuh terlebih dahulu sebelum berolahraga, apakah sanggup atau tidak untuk melakukannya.

Kalau tubuh tidak kuat, bukan kesehatan yang didapat, melainkan penyakit baru yang akan memperburuk kondisi.

Penegasan Ulang

Olahraga mempunyai banyak manfaat bagi tubuh jika dilakukan secara teratur. Manfaat olahraga antara lain memperbaiki mood dan suasana hati, terhindar dari berbagai penyakit, melancarkan peredaran darah dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Meskipun begitu, tidak sedikit juga orang yang melakukan olahraga dengan salah hingga berakhir di ranjang rumah sakit. Hal tersebut terjadi karena ia tidak bisa memahami kondisi dan keadaan tubuhnya sendiri.

Maka dari itu, pastikan kondisi tubuh terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga berat yang menguras banyak tenaga. Dan pastikan kamu memilih jenis olahraga yang tepat dan sesuai dengan tubuh kamu.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Politik

Setiap orang biasanya mempunyai pandangannya masing-masing dalam hal politik. Oleh sebab itu biasanya teks eksposisi tentang politik juga mudah ditemukan.

Seperti contoh teks eksposisi tentang politik di bawah ini.

Jangan Pilih Calon Kepala Daerah yang Tidak Ramah Kepada Alam

Contoh Teks Eksposisi Tentang Politik
Alam

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Semakin hari alam semakin rusak. Eksploitasi yang dilakukan terhadap lingkungan alam Indonesia sudah tiba di tahap yang mengkhawatirkan.

Aktivitas pertambangan merupakan penyebab utama dari kerusakan alam di Indonesia. Aktivitas ini tentu saja berkaitan dengan izin tambang yang telah dikeluarkan pemerintah daerah dan perusahaan tambang.

Dalam kasus ini, pemerintah daerah yang menentukan apakah suatu lokasi bisa ditambang atau tidak.

Argumentasi

Alam adalah salah satu bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Semua kebutuhan manusia diperoleh dari hasil alam seperti kebutuhan makan, minum dan lain sebagainya.

Akan tetapi, telah banyak terjadi kerusakan alam dan lingkungan di Indonesia. Aktivitas pertambangan yang sekarang tengah banyak terjadi merupakan salah satu penyebabnya.

Sebetulnya, aktivitas ini hanya bisa dilakukan jika perusahaan tambang yang bersangkutan mendapatkan izin dari pemerintah daerah.

Sebagian besar izin pertambangan diperoleh dengan cara-cara tidak semestinya yang melibatkan perusahaan dan kepala daerah.

Kerjasama yang hanya menguntungkan kedua pihak tersebut biasa terjadi saat pencalonan kepala daerah baru diadakan.

Karena besarnya biaya yang dibutuhkan untuk pencalonan kepala daerah, biasanya pihak perusahaan tambang akan menawarkan dana untuk kampanye.

Dengan catatan apabila terpilih menjadi kepala daerah, maka syaratnya perusahaan harus diizinkan untuk melakukan aktivitas pertambangan di daerah yang sudah ditargetkan sebelumnya.

Hal ini sudah menjadi rahasia umum di tengah masyarakat kita. Oleh sebab itu, jangan pilih calon kepala daerah yang tidak ramah dengan alam.

Selain dapat membahayakan ekosistem, calon kepala daerah tersebut juga bisa jadi menerima suap dari sebuah perusahaan tambang tertentu.

Penegasan Ulang

Kepala daerah merupakan orang yang mempunyai kontrol terhadap kelestarian lingkungan di daerahnya. Sebab izin ekspolaitasi alam seperti aktivitas pertambangan juga berasal dari kepala daerah.

Jadi jangan pilih kepala daerah yang tidak mengerti dengan alam dan hanya bisa memikirkan tujuannya sendiri saja.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Covid 19

Saat ini kita sedang mengalami masa krisis akibat dari virus Corona atau Covid 19. Kamu dapat membantu orang-orang melawan pandemi Covid 19 ini dengan cara membuat teks eksposisi yang bermanfaat seputar Covid 19.

Sebagai referensinya, berikut contoh teks eksposisi tentang Covid 19 beserta strukturnya.

Mencuci Tangan Dengan Sabun Efektif Cegah Covid 19

Contoh Teks Eksposisi Tentang Covid 19
Mencuci tangan cegah virus Covid 19

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Sabun memiliki kandungan yang efektif untuk membersihkan kemudian membunuh berbagai jenis bakteri dan virus penyebab penyakit.

Dengan hadirnya kandungan tersebut, maka sabun juga efektif untuk membunuh virus Corona (COVID-19).

Argumentasi

Salah satu gejala virus Covid 19 yang dialami para korban terinfeksi adalah sesak nafas.

Dengan mencuci tangan menggunakan sabun secara rutin, maka dapat meminimalisir masuknya virus ke dalam saluran pernapasan melalui tangan. Sehingga bisa mencegah virus masuk dan merusak saluran pernafasan.

Dilansir dari situs farmasetika.com, sabun terbuat dari susunan gabungan antarmolekul yang bentuknya pin.

Terdapat kepala hidrofilik yang mudah terikat dengan air pada masing-masing pin tersebut.

Dan juga ekor hidrofobik yang bersifat lebih menghindari air dan lebih terhubung dengan lemak atau minyak.

Susunan molekul-molekul ini akan mengapung secara bergantian sebagai unit soliter ketika mereka tersuspensi di dalam air.

Selanjutnya kumpulan molekul itu akan berinteraksi dengan molekul lain sehingga membentuk gelembung-gelembung kecil (misel).

Gelembung-gelembung tersebut mempunyai kepala yang mengarah ke luar dan ekor yang terselip di dalam.

Virus merupakan partikel berukuran nano yang mempunyai kelemahan berupa lipid bilayer (lemak).

Sabun mempunyai kemampuan untuk melarutkan membran lemak. Sehingga virus akan hancur dan mati atau lebih tepatnya tidak aktif karena kandungan lemak dalam sabun tersebut.

Hal tersebut juga berlaku untuk virus Covid 19. Maka bisa disimpulkan bahwa cara kerja sabun ampuh untuk menonaktifkan virus Covid 19.

Penegasan Ulang

Dari penjelasan di atas kita tahu bahwa sabun berkemampuan mematikan (menonaktifkan) virus Covid 19 atau Corona.

Cukup cuci tangan menggunakan air mengalir dan gunakan sabun ke seluruh bagian tangan. Dan pastikan minimal cuci tangan selama 20 detik.

Cara tersebut sudah ampuh untuk menonaktifkan virus dan bakteri yang ada di tangan sehingga dapat mencegah masuknya virus Covid 19 ke dalam tubuh.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Hewan

Indonesia merupakan habitat dari beraneka ragam hewan. Keberadaan hewan bisa kita temukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Tak jarang banyak orang juga yang memelihara hewan.

Berikut contoh teks eksposisi tentang hewan beserta strukturnya.

Khasiat dan Manfaat Lebah

Contoh Teks Eksposisi Tentang Hewan
Lebah lagi terbang

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Lebah merupakan hewan yang termasuk ke dalam kelompok serangga dan berasal dari familia Apidae.

Meski lebah berbadan kecil, jangan pandang mereka sembarangan. Banyak khasiat dan manfaat yang bisa didapat dari seekor lebah.

Manfaat lebah bisa didapat dari sarang, dan cairan yang dihasilkannya, yaitu madu. Semua itu merupakan khasiat besar dengan nilai ekonomi yang tidak murah.

Argumentasi

Madu yang dihasilkan oleh lebah mengandung banyak khasiat bagi tubuh. Di dalamnya terdapat banyak vitamin yang bermacam-macam dan juga mineral. Ada juga kandungan enzim yang baik bagi kesehatan tubuh.

Tidak hanya menghasilkan madu, lebah juga memiliki bee pollen. Bee pollen ini juga mempunyai khasiat yang sangat baik bagi tubuh.

Sebut saja bisa menyembuhkan varises, radang sendi dan permasalahan kesehatan lainnya.

Karena aneka ragam khasiatnya tersebut, banyak orang yang mencari dan ingin mendapatkan bee pollen walaupun harganya sangat mahal di pasaran.

Selain itu ada lagi yang namanya royal jelly. Royal jelly ini merupakan makanan sehari-hari para ratu lebah.

Khasiatnya yaitu dapat memulihkan energi dan memenuhi kebutuhan mineral serta vitamin tubuh.

Manfaat-manfaat lebah di atas sangat cocok bagi kamu yang beraktivitas padat dan memiliki banyak pekerjaan.

Penegasan Ulang

Dengan berbagai kandungan mineral, vitamin dan enzim yang baik bagi tubuh, lebah mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan manusia.

Karena produk-produk yang dihasilkannya, kini lebah tidak lagi dianggap sebagai musuh manusia. Melainkan dijadikan sebagai salah satu sumber berbagai macam khasiat baik.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kabut Asap

Bencana kabut asap kerap kali melanda Indonesia pada beberapa tahun terakhir. Kamu juga bisa membuat teks eksposisi seputar topik ini. Berikut contoh teks eksposisi tentang kabut asap.

Dampak Kabut Asap Bagi Masyarakat

Contoh Teks Eksposisi Tentang Kabut Asap
Dampak kabut asap

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Bencana kabut asap dapat menimbulkan dampak yang berbahaya baik bagi kesehatan maupun ekonomi masyarakat. Hal tersebut dapat memicu ketidaknyamanan bagi masyarakat yang terdampak.

Argumentasi

Kabut asap dapat menimbulkan bakteri atau virus berbahaya yang bisa saja terhirup oleh manusia dan menyebabkan penyakit pernafasan.

Bahkan penyakit pernafasan dapat berujung kematian dan membuat ruang rumah sakit penuh karena orang-orang yang terdampak.

Kemudian aktivitas sehari-hari masyarakat juga akan terganggu. Akibat jarak pandang yang terbatas hanya 5 meter, mereka akan kesulitan berkegiatan. Hal ini akan mengganggu proses perekonomian mereka.

Penegasan Ulang

Jadi bencana kabut asap ini akan sangat berdampak negatif bagi warga. Selain mengganggu kesehatan juga dapat mengganggu proses perekonomian masyarakat.

Contoh Teks Eksposisi Definisi

Teks eksposisi definisi adalah jenis teks eksposisi yang menjelaskan dan mendefinisikan sesuatu. Berikut contoh teks eksposisi definisi.

Pisang dan Manfaatnya Untuk kesehatan

Contoh Teks Eksposisi Definisi
Buah pisang di supermarket

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Pisang adalah buah yang berbentuk lonjong panjang meruncing pada ujungnya dengan warna kuning terang.

Buah pisang mengandung banyak khasiat sehingga sangat baik bagi kesehatan manusia.

Kandungan vitamin dan mineral dalam buah pisang di antaranya viramin A, B6, B, C, fosfor, kalium, magnesium, besi, kalsium dan karbohidrat.

Selain buahnya, ternyata daun, jantung, kulit, hati dan bonggol pisang juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Argumentasi

Masyarakat di pedesaan biasanya memanfaatkan jantung pisang yang sudah dipotong dari pohonnya untuk dimasak. Ini merupakan kebiasaan turun temurun.

Jantung pohon pisang ternyata mengandung kandungan flavonoid yang dapat menangkal radikal bebas pemicu kanker.

Di dalamnya terdapat kandungan zat besi, mineral, fosfor, serat, protein, vitamin B1 dan C. Kandungan tersebut juga bermanfaat untuk mencegah stroke, diabetes, gondok, anemia dan juga bisa menurunkan kadar kolesterol.

Sementara itu, daun pisang mengandung zat polifenol yang bisa berperan sebagai antioksidan. Kandungan antioksidan bisa berfungsi menangkal radikal bebas.

Biasanya masyarakat memanfaatkan daun pisang sebagai alat pembungkus makanan seperti tempe. Hal tersebut akan membuat makanan yang dibungkus daun pisang dapat ikut menyerap kandungan yang ada di dalamnya.

Penegasan Ulang

Baik dengan mengonsumsi buahnya secara langsung maupun dengan melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Ternyata pisang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan kita.

Dengan mengetahui aneka ragam manfaat buah pisang dan cara pengolahannya, masyarakat dapat memanfaatkannya dengan efektif baik untuk keperluan pribadi maupun untuk ladang usaha.

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan

Teks eksposisi perbandingan adalah jenis karangan eksposisi yang membandingkan suatu hal dengan hal lainnya. Berikut contoh teks eksposisi perbandingan.

Perbandingan Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan
Mempelajari ilmu pengetahuan

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Ilmu pengetahuan alam adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang bermacam-macam objek empiris yang berada pada alam semesta dan isinya.

Tak hanya mempelajari makhluk hidup, ilmu pengetahuan alam juga mempelajari komponen alam dan peristiwa-peristiwa yang berhubungan seperti perubahan musim, hujan dan proses perubahan siang-malam.

Sementara itu, ilmu pengetahuan sosial adalah cabang ilmu yang mempelajari hubungan, pola dan kehidupan manusia.

Ilmu ini mempelajari hubungan antarmanusia sebagai makhluk sosial yang membutuhkan orang lain.

Argumentasi

Kedua bidang ilmu pengetahuan ini mempunyai perbedaan masing-masing sehingga tak dapat disatupadukan. Hal tersebut disebabkan karena objek ilmu alam dan objek ilmu sosial tidak sama.

Material objek di dalam ilmu pengetahuan alam merupakan seluruh kehidupan dalam alam semesta beserta proses perkembangan dan pertumbuhan yang ada di dalamnya.

Sedangkan material objek ilmu sosial merupakan tingkah laku dan tindakan manusia yang khas, bebas dan tak deterministik.

Penegasan Ulang

Perbedaan antara ilmu pengetahuan alam dan sosial terletak pada bagian prosedur ilmiah.

Ilmu pengetahuan alam mempelajari hal-hal yang bersifat objektif, dunia fisik dan tidak hidup sehingga tidak akan mengalami perubahan dalam periode waktu tertentu.

Sementara ilmu pengetahuan sosial merupakan hasil pemikiran manusia, emotif dan subjektif.

Meski begitu kedua cabang ilmu tersebut sama-sama penting dan mempunyai manfaat untuk keberlangsungan hidup manusia.

Contoh Teks Eksposisi Pertentangan

Teks eksposisi pertentangan adalah paragraf eksposisi yang memuat pertentangan antara dua objek yang sejenis. Berikut contoh teks eksposisi pertentangan.

Orang Gemar Bersepeda dan Orang Tidak Suka Bersepeda

Contoh Teks Eksposisi Pertentangan
Orang bersepeda

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Pada umumnya orang yang gemar bersepeda merupakan orang yang mencintai alam dan lingkungan sekitar.

Ciri-ciri umum karakteristiknya adalah mereka gemar berolahraga dan mengikuti aturan pola hidup sehat. Kadang mereka juga aktif dalam aktivitas pelestarian lingkungan.

Sementara itu, orang yang tak suka bersepeda biasanya merupakan orang “kota” yang terbiasa naik mobil di jalan raya. Sering kali mereka tidak terima ketika melewati jalan yang berbatu, sempit atau kasar.

Argumentasi

Sangat bertentangan dengan orang yang gemar bersepeda, orang tidak suka bersepeda biasanya tidak suka keluar ruangan yang dipenuhi dengan fasilitas lengkap.

Hal tersebut menyebabkan mereka menjadi tak acuh dan tidak peduli terhadap lingkungan.

Namun terkadang mereka bertingkah seolah-olah menjadi yang paling heboh dan peduli ketika ada masalah terkait lingkungan sekitar.

Penegasan Ulang

Perbedaan antara orang yang gemar bersepeda dan yang tidak cukup jelas bagai dua sisi uang koin. Walaupun begitu kita harus tetap mengerti konsep perbedaan dan menghormatinya.

Contoh Teks Eksposisi Proses

Teks eksposisi proses adalah teks eksposisi yang memaparkan tahapan dalam proses. Berikut contoh teks eksposisi proses.

Proses Hujan

Contoh Teks Eksposisi Proses
Hujan

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Hujan merupakan salah satu contoh proses presipitasi. Hujan juga termasuk ke dalam salah satu bentuk proses siklus hidrologi.

Argumentasi

Proses hujan terjadi dimulai dari proses evaporasi di mana sinar matahari membawa energi panas.

Kemudian dalam proses ini, air yang ada di bumi (sungai, danau, atau laut) menguap karena meningkatnya suhu dari sinar matahari.

Selanjutnya menghasilkan uap air. Melalui proses kondensasi, uap air akan terangkat ke udara.

Setelah proses kondensasi selesai, akibat suhu di sekitar uap air lebih rendah daripada titik embun air maka uap air tadi berubah menjadi embun.

Suhu udara yang semakin meningkat membuat titik embun semakin banyak hingga terbentuklah sebuah awan.

Penegasan Ulang

Begitulah proses terjadinya hujan mulai dari awal sampai menjadi awan dan kembali turun ke bumi sebagai air.

Saat musim kemarau tiba, air kembali menguap dan menjadi awan. Demikian siklus hujan.

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi

Teks eksposisi ilustrasi menggunakan penggambaran mengenai sesuatu untuk menyampaikan maksud penulis kepada pembaca. Berikut contoh teks eksposisi ilustrasi.

Efek Demam Panggung

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi
Berbicara di depan umum

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Setiap orang pasti pernah merasa grogi atau gugup ketika tampil di depan banyak orang. Hal tersebut kita kenal dengan sebutan demam panggung.

Fenomena demam panggung ini terjadi karena kita tak terbiasa tampil di depan publik. Akan muncul perasaaan bahwa apa yang disampaikan terasa salah dan malah membuat kita ditertawakan orang.

Perasaan takut tersebut muncul karena kurangnya rasa percaya diri. Oleh sebab itu, kamu harus bisa menguasai dan mengalahkan efek demam panggung.

Argumentasi

Efek yang diakibatkan demam panggung biasanya badan terasa lemas ketika berbicara atau melakukan pertunjukkan di depan umum.

Kemudian suasana hati berdebar-debar dan wajah terlihat pucat. Meski sebelumnya kita telah mempersiapkan ini semua dengan matang, karena demam panggung konsentrasi akan pecah dan terganggu.

Jika diilustrasikan dengan sederhana, apapun yang akan kita perbuat akan terasa salah karena efek demam panggung ini.

Solusinya adalah dengan membuat tubuh serileks mungkin. Tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan perlahan.

Hal ini akan membuat oksigen masuk ke otak dan membuatnya bekerja lebih baik sehingga konsentrasi akan tetap terjaga.

Bayangkan saja semua orang yang ada di depan itu teman kamu dan mereka akan senang mendengar kamu berbicara. Kalau kamu tidak berani menatap mereka, lihat saja pada bagian dahinya.

Penegasan Ulang

Dengan membuat tubuh serileks mungkin, akan mudah untuk menguasai dan mengelola efek demam panggung dengan baik.

Contoh Teks Eksposisi Laporan

Teks eksposisi laporan adalah jenis teks eksposisi yang bertujuan melaporkan sesuatu. Berikut contoh teks eksposisi laporan.

Hutan Sumatera dan Kalimantan Terancam Punah

Contoh Teks Eksposisi Laporan
Kebakaran hutan

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Apabila masih tidak ada tindakan yang cepat dan tepat maka dalam kurun waktu sepuluh tahun ke depan hutan Sumatera akan punah. Hal ini juga akan diikuti oleh hutan Kalimantan.

Saat ini tidak terlihat adanya tanda-tanda perbaikan pengelolaan hutan dibandingkan tahun-tahun lalu.

Sebaliknya, justru malah cenderung memburuk. Penebangan liar semakin meningkat dan bencana alam kebakaran hutan malah terus terjadi.

Hal ini diperparah dengan dibukanya hutan lindung untuk lahan pertambangan. Jika terus begini maka nasib hutan Indonesia akan semakin suram.

Argumentasi

Di pulau Sumatera, berdasarkan titik kebakarannya sebanyak 49% hutan gambut, 13% alang-alang, 10% hutan dataran rendah, 10% pertanian/pemukiman masyarakat, 8% perkebunan dan sisa rawa (non-gambut) telah habis terbakar.

Kerugian yang dialami juga tidak main-main. Pada tahun 1997 lalu diperkirakan kerugian mencapai angka Rp2-4 triliun.

Kondisi hutan negara kita sungguh sangat memprihatinkan. Dalam kurun periode sekitar 50 tahun, hutan alam di Indonesia akan mengalami penurunan luas kurang lebih 64 juta hektare.

Keanekaragaman hayati di dataran rendah Sumatera juga telah musnah akibat pembukaan hutan alam di sana.

Pembukaan lahan dengan cara bakar hutan hanya akan menambah masalah kerusakan. Berjuta-juta spesies flora dan fauna punah dengan sia-sia. Munculnya kasus-kasus kebakaran hutan juga semakin memperburuk kondisi.

Penegasan Ulang

Kebijakan pembukaan kawasan hutan lindung untuk area pertambangan juga akan semakin memperparah kondisi.

Jika begini terus, jelas-jelas Indonesia akan kehilangan salah satu sumber daya alam terbaiknya.

Contoh Teks Eksposisi Berita

Teks eksposisi berita merupakan karangan eksposisi yang menyampaikan suatu informasi layaknya sebuah berita. Berikut contoh teks eksposisi berita.

Kemacetan Kota

Contoh Teks Eksposisi Berita
Kemacetan kota

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Menurut ahli (Morlock, 1985) transportasi adalah kebutuhan turunan dari beragam kegiatan baik kegiatan sosial maupun ekonomi.

Tipe-tipe kegiatan yang berbeda tentu akan mempunyai dampak transportasi yang beda pula.

Argumentasi

Kegiatan transportasi harian memicu pergerakan yang relatif berulang. Misalnya hal ini terjadi kepada para siswa dan pekerja.

Di Jakarta, kemacetan terjadi setiap harinya di titik-titik jalur pergerakan para siswa dan pekerja yang berangkat dari rumahnya menuju sekolah atau lokasi kerja.

Kemacetan berulang yang dapat berlangsung lebih panjang cenderung terjadi ketika masa liburan atau mudik tiba.

Pada masa kedatangan dan kepulangan warga, kemacetan parah tidak dapat dihindari lagi terutama pada jalan-jalan utama. Mengingat kota Jakarta juga menjadi pusat bisnis di Indonesia hingga saat ini.

Pada rentang masa liburan tersebut, kemacetan akan dirasakan mulai dari pusat kota Jakarta hingga pintu-pintu tol. Jalan menuju objek wisata juga biasanya akan terdampak.

Penegasan Ulang

Kemacetan harian dominan ditimbulkan oleh kegiatan masyarakat yang masih dalam lingkup internal.

Kemacetan yang biasa berulang setiap hari merupakan akibat dari pola tempat tinggal, sekolah dan tempat kerja.

Salah satu solusi yang bisa diupayakan adalah mendekatkan lokasi tempat tinggal dengan tempat berkegiatan.

Bentuknya bisa bermacam-macam, mulai dari pemberian intenstif tempat tinggal susun atau sewa.

Nampaknya belum ada upaya perbaikan pola kegiatan yang sistematis hingga saat ini.

Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi

Teks eksposisi klasifikasi menjelaskan tentang suatu hal disertai pembagian kelompok-kelompoknya. Berikut contoh teks eksposisi klasifikasi.

Bermacam-Macam Jenis Hewan

Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi
Contoh hewan herbivora

Pernyatan Pendapat (Tesis)

Berdasarkan jenis makanan yang dikonsumsinya, hewan bisa dibagi menjadi 3, yaitu hewan karnivora, herbivora dan omnivora.

Argumentasi

Hewan karnivora adalah jenis hewan yang memakan hewan lainnya. Jenis hewan karnivora juga biasanya menjadi predator bagi hewan herbivora.

Contoh hewan karnivora adalah serigala, harimau, dan musang.

Sedangkan hewan herbivora adalah jenis hewan yang memakan tumbuh-tumbuhan. Posisi hewan herbivora ini berada di tingkat konsumen pertama di dalam rantai makanan.

Contoh hewan herbivora di antaranya kambing, keledai, belalang, kuda, dan sapi.

Sementara itu, hewan omnivora adalah jenis hewan yang memakan baik hewan lain maupun tumbuh-tumbuhan.

Contoh hewan omnivora adalah beruang, bebek, ayam, dan orang utan.

Penegasan Ulang

Demikian 3 jenis hewan berdasarkan makanan yang dikonsumsi. Seharusnya sistem rantai makanan seperti ini tetap stabil untuk menjaga spesies satu sama lain agar tidak ada yang punah.

Contoh Teks Eksposisi Analisis

Teks eksposisi analisis memisahkan masalah dengan gagasan utamanya sehingga menjadi sub-sub bagian kecil. Untuk lebih jelasnya coba lihat contoh teks eksposisi analisis di bawah ini.

Pentingkah Musik Bagi Kehidupan Manusia?

Contoh Teks Eksposisi Analisis
Mendengarkan musik

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Apakah kamu semua setuju jika keberadaan musik di kehidupan kita itu penting?

Menurut penulis pribadi, musik mempunyai peranan penting yang mampu menyelesaikan masalah kita sehari-hari.

Argumentasi

Musik merupakan cara mengekspresikasn emosi dan perasaan. Ketika jatuh cinta, musik yang cenderung suka didengarkan adalah musik cinta.

Ketika sedih, kita akan lebih cenderung memutar musik melankolis dan terbenam di dalamnya. Sementara saat bahagia manusia akan memilih lagu bernada senang.

Alunan lagu juga dapat membantu mengingat-ingat pengalaman. Lagu favorit ibaratkan film dokumenter yang sangat kuat.

Orang dengan penyakit alzheimer atau gangguan otak lainnya dapat mengingat sesuatu secara detail yang berkaitan dengan lagu favoritnya.

Misanya seorang perempuan tua yang lupa nama suaminya, akan ingat dengan detail lagu favoritnya. Bagaimana perasaannya, pokoknya semua hal terkait lagu tersebut karena sangat berkesan untuknya.

Lebih jauh lagi, musik bisa menyatukan sekelompok orang untuk satu tujuan tertentu dan mengubah sesuatu.

Lagu dengan lirik dan nada yang demikian indah bisa menstimulasi perasaan orang yang mendengarnya.

Kita bisa mengetahuinya dari lagu legendaris karya Michael Jackson, Heal The World, yang mampu membangkitkan rasa kemanusiaan banyak orang di dunia.

Penegasan Ulang

Jadi musik memang punya peranan tertentu. Bagaimana jadinya dunia yang tanpa musik? Mungkin akan terasa sepi dan hampa.

Video Pembelajaran Contoh Teks Eksposisi

Agar kamu benar-benar paham dan mengerti materi teks eksposisi ini, video tentang contoh teks eksposisi berikut bisa membantu.

Video tentang contoh teks eksposisi

Nah cukup sekian contoh-contoh teks eksposisi beserta strukturnya yang sudah dibuat oleh Pendidikanpedia. Semoga contoh yang sudah ditulis di atas bisa memberikan manfaat sebaik mungkin.

Coba kasih tau yuk teks eksposisi mana yang jadi favorit kamu? Dan kenapa? Tulis di komentar ya!

4 pemikiran pada “Contoh Teks Eksposisi”

  1. Wah, ini toh teks eksposisi, contohnya lengkap dan mudah dipahami. Di sekolah entah mengapa nggak paham, mungkin karena ngantuk kali ya.

    Balas

Tinggalkan komentar