Contoh Teks Eksplanasi Singkat

Seorang pendiam dengan pikiran yang lantang. Lebih suka ngopi daripada ngeteh. Finalis 100 besar Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2017. Follow ig @manass12_

Teks eksplanasi itu ada yang panjang ada juga yang pendek. Ini tergantung pada isi dan banyaknya materi mengenai hal yang dijelaskan.

Teks eksplanasi yang pendek dengan isi materi yang tak terlalu banyak itu disebut dengan teks eksplanasi singkat

Jadi teks eksplanasi singkat adalah teks eksplanasi yang isinya tidak terlalu panjang dan jumlah paragrafnya juga sedikit.

Tidak masalah sesingkat apapun teksnya, kalau strukturnya benar dan sesuai dengan struktur teks eksplanasi, maka itu sudah merupakan teks eksplanasi yang utuh.

Penting! Kalau belum tahu apa itu teks eksplanasi dan strukturnya, baca dulu struktur teks eksplanasi dan materinya.

Rasanya agak sulit untuk mencari dan menemukan contoh teks eksplanasi singkat. Karena suatu peristiwa biasanya memerlukan penjelasan yang panjang.

Namun, jangan khawatir berikut kumpulan contoh teks eksplanasi singkat beserta strukturnya yang sudah Pendidikanpedia buat khusus untuk kamu.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Sosial Perundungan

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Perundungan
Contoh perundungan

Pernyataan Umum

Perundungan, penindasan atau yang akrab disebut bullying adalah tindakan sewenang-wenang yang dilakukan pihak yang lebih kuat terhadap pihak yang lemah.

Tindakan ini dapat berupa ancaman, kekerasan atau paksaan yang sifatnya mengintimidasi.

Tindakan perundungan bisa terjadi di mana saja, tidak memandang tempat dan dapat menimbulkan ketidakseimbangan struktur sosial.

Urutan Sebab-Akibat

Perilaku perundungan ini biasanya sudah muncul sejak masa sekolah. Pelakunya biasa mempunyai rasa tak kenal takut, kadang ada motif tertentu atau hanya iseng belaka.

Motif paling umum para pelaku perundungan adalah sikap agresifitasnya. Namun perasaan rendah diri juga bisa menyebabkannya.

Perilaku penindasan dijadikan pelaku sebagai bentuk pertahanan dirinya. Dan yang biasa terjadi, korban akan menyimpan dendam dan kelak membalaskannya kepada orang lain lagi. Seperti rantai yang tak pernah putus.

Interpretasi

Sebaiknya cobalah menjadi pendengar yang baik bagi orang lain. Karena rata-rata perundungan disebabkan kurang terbukanya seseorang tentang masalahnya, akibatnya ia melampiaskannya dengan cara yang salah.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Sosial Bahaya Rokok

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Sosial Bahaya Rokok
Merokok

Pernyataan Umum

Rokok merupakan gulungan yang terdiri dari tembakau dan dibungkus oleh kertas atau daun nipah.

Ukuran rokok bervariasi, ada yang 70 mm juga ada yang mencapai 120 mm, dengan diameter kurang lebih 10 mm.

Salah satu ujung rokok dibakar kemudian ujung lainnya dihisap supaya asapnya bisa dihirup melalui mulut.

Urutan Sebab-Akibat

Rokok mengandung kandungan yang berbahaya bagi manusia. Salah satunya adalah zat nikotin yang bisa menyebabkan kecanduan, darah cepat membeku, merusak jaringan otak dan mengeraskan dinding arteri.

Oleh sebab itu pemerintah juga semakin gencar menyuarakan bahaya rokok. Bahkan bahaya-bahaya rokok sudah jelas tertulis di bungkusnya.

Bahaya tersebut antara lain dapat menyebabkan gangguan pernapasan, kanker, penyakit jantung dan sangat berbahaya bagi ibu hamil.

Interpretasi

Kesadaran tentang bahaya rokok perlu ditingkatkan. Karena sekarang ini banyak sekali orang-orang yang tak mengindahkannya dan tidak memercayainya.

Padahal sudah banyak bukti nyata mengenai bahaya rokok, salah satunya kondisi paru-paru yang perlahan-lahan akan menguning. Di samping itu rokok juga bisa mencemari lingkungan sekitar.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Bencana Alam Gempa Bumi

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Bencana Alam Gempa Bumi
Dampak gempa bumi

Pernyataan Umum

Gempa bumi adalah bencana alam berupa getaran atau gelombang pada kulit bumi. Bisa terjadi karena letusan gunung berapi atau pergerakan lempeng bumi.

Urutan Sebab-Akibat

Gempa dibagi 2, yaitu gempa tektonik dan gempa vulkanik. Gempa tektonik disebabkan oleh pergeseran lempeng bumi. Sementara gempa vulkanik adalah gempa yang disebabkan oleh letusan gunung api.

Kerugian akibat gempa di antaranya hancurnya bangunan-bangunan, trauma bagi korban, bahkan dapat menimbulkan korban jiwa.

Interpretasi

Karena penyebabnya yang memang tak bisa kita prediksi, sudah seharusnya kita selalu waspada dan berusaha mengantisipasinya.

Apabila gempa terjadi, segera berlari ke tanah lapang dan melindungi kepala supaya terhindar dari benturan.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Bencana Alam Kekeringan

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Bencana Alam Kekeringan
Kekeringan

Pernyataan Umum

Kekeringan merupakan bencana alam yang akan terjadi bila curah hujan rendah dan minimnya jumlah pohon di suatu daerah.

Hutan dan pohon bisa menyimpan air. Jadi ketika daerah kekurangan pohon maka kekeringan bisa juga terjadi.

Urutan Sebab-Akibat

Dampak kekeringan bisa mengganggu kegiatan masyarakat seperti memasak, mandi, mencuci dan sebagainya. Industri yang mengandalkan air juga akan dirugikan.

Beberapa masyarakat percaya dengan mitos bahwa membuat asap bisa mengundang hujan turun dan menanggulangi kekeringan.

Interpretasi

Pada dasarnya sebaiknya setiap rumah punya persediaan air masing-masing. Penggunaan air juga sebaiknya lebih dihemat lagi untuk jaga-jaga apabila nanti kekeringan datang melanda.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Bencana Alam Gunung Meletus

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Bencana Alam Gunung Meletus
Gunung meletus

Pernyataan Umum

Gunung meletus adalah sebuah bencana alam yang diakibatkan oleh meletusnya gunung berapi. Gunung berapi bisa meletus sewaktu-waktu.

Lahar yang dikeluarkan oleh gunung berapi berbeda-beda. Ada yang menyemburkan lahar panas ada juga yang mengeluarkan lahar dingin berupa lava dan material-material lainnya.

Urutan Sebab-Akibat

Gunung berapi yang masih aktif bisa meletus kapan saja. Penyebab terjadinya gunung meletus adalah eksterusi magma, yaitu kegiatan magma yang telah mencapai permukaan bumi.

Perlu contoh dalam tema-tema lainnya? Coba lihat contoh-contoh teks eksplanasi beserta strukturnya dalam berbagai peristiwa.

Gunung meletus biasa terjadi di daerah-daerah dataran tinggi di mana ada gunung berapi di sekitarnya. Gunung meletus juga bisa disebabkan oleh gempa bumi (seisme).

Interpretasi

Peristiwa alam gunung meletus ini tidak terjadi secara berulang-ulang. Jadi jangan takut atau khawatir berlebihan jika tinggal di daerah sekitar gunung berapi.

Kenali saja gejala-gejala bencana alam ini supaya bisa menyelamatkan diri sewaktu-waktu dan jangan lupa selalu meminta pertolongan Tuhan.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Bencana Alam Angin Puting Beliung

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Bencana Alam Angin Puting Beliung
Angin puting beliung

Pernyataan Umum

Angin puting beliung merupakan peristiwa alam berupa putaran angin yang sangat kencang serta membentuk suatu hubungan antara tanah dan awan Cumulonimbus.

Dalam beberapa kasus ada hubungan antara dasar awan cumulus dan permukaan tanah.

Urutan Sebab-Akibat

Angin puting beliung cenderung berbentuk corong kondensasi. Ujungnya menyempit dan menyentuh bumi serta dikeliling awan yang ikut membawa berbagai macam puing-puing.

Penyebab terjadinya bencana alam ini bisa karena bentrokan udaran yang panas dan dingin.

Di samping itu, arus udara yang naik dengan kuat ke atas di dalam awan juga bisa menjadi penyebab. Musim pancaroba merupakan waktu di mana angin puting beliung suka terjadi.

Interpretasi

Dampak bencana alam ini cukup parah, bisa merobohkan dan membawa apapun yang dilewatinya. Bahkan sering diiringi hujan deras dan petir.

Cukup susah untuk menghindari dan memprediksinya, namun angin puting beliung tergolong bencana alam yang jarang terjadi.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Budaya

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Budaya
Budaya Indonesia

Pernyataan Umum

Budaya adalah warisan leluhur turun temurun dari nenek moyang yang mesti dilestarikan.

Tak hanya identik dengan hal tradisional saja, budaya juga mencakup makanan, pakaian, bahasa, adat istiadat dan kesenian khas.

Apabila mendengar kata “budaya” biasanya yang terlintas pada pikiran kita adalah ciri khas suatu tempat atau daerah.

Urutan Sebab-Akibat

Hasil budaya terbagi menjadi 3 yakni kepercayaan, pengetahuan dan estetika. Budaya juga merupakan cara kehidupan berkembang.

Karena satu tempat dengan tempat yang lain bisa mempunyai budaya yang beda. Budaya ini diturunkan dan diwariskan dari generasi terus ke generasi selanjutnya.

Namun budaya juga bisa saja berubah mengikuti perkembangan zaman. Perkembangan teknologi dan informasi, perubahan lingkungan, cara hidup masyarakat juga merupakan faktor lainnya yang bisa memengaruhi budaya.

Perubahan budaya memiliki dampak positif dan negatif.

Interpretasi

Sejatinya budaya merupakan warisan leluhur. Oleh karena itu budaya sangat perlu dijaga dan dilestarikan sebagai sikap menghormati dan menghargainya.

Budaya juga merupakan salah satu kekayaan yang harus dijaga supaya tidak punah.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Alam

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Alam
Pelangi

Pernyataan Umum

Pelangi adalah salah satu fenomena alam berupa busur spektrum berukuran besar. Selain bisa melihat pelangi di langit, kamu juga bisa melihatnya di air terjun.

Fenomena alam yang satu ini dianggap sebagai gejala meteorologi dan optik yang muncul di langit atau medium lainnya. Bentuknya berupa cahaya dengan aneka ragam warna yang sejajar.

Urutan Sebab-Akibat

Penyebab terjadinya pelangi adalah penyimpangan dan pembiasan cahaya yang menjauhi partikelnya.

Hal ini juga merupakan faktor penyebab fenomena efek cahaya lainnya di langit. Misalnya warna kemerahan ketika langit sedang senja.

Karena merupakan hasil pembiasan cahaya, maka pelangi tidak dapat muncul ketika gelap atau di malam hari.

Interpretasi

Waktu yang tepat untuk menantikan pelangi adalah saat hujan selesai. Ini merupakan salah satu fenomena alam indah yang patut kita syukuri ketika menyaksikannya.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Banjir

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Banjir
Banjir

Pernyataan Umum

Banjir merupakan bencana alam berupa meluapnya air ke permukaan sehingga merendam dataran di suatu daerah. Dampak banjir meliputi kerusakan materi, moril dan fisik.

Jenis banjir ada 2, yaitu banjir bandang atau banjir besar dan banjir kecil. Banjir bandang ditandai dengan luapan air bervolume besar yang menerjang kemudian menggenangi daerah pemukiman.

Urutan Sebab-Akibat

Banjir dapat disebabkan oleh faktor alam dan manusia. Curah hujan tinggi, pasang naik air laut, letak geografis dan letak daerah yang ada di cekungan merupakan faktor alam.

Sementara membuang sampah sembarangan, penebangan hutan secara liar, tidak melaksanakan reboisasi merupakan faktor manusia penyebab banjir.

Dampak banjir antara lain rusaknya sarana dan prasarana, fasilitas umum, hilangnya barang berharga bahkan nyawa dan sulit mendapatkan air bersih.

Interpretasi

Bencana alam ini memang susah dihindari, tapi masih bisa dicegah. Cara mencegah banjir yang paling sederhana adalah membuang sampah pada tempatnya dan menanam kembali hutan yang sudah gundul.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Pendidikan

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Pendidikan
Lulus pendidikan

Pernyataan Umum

Pada era yang serba canggih dan globalisasi sekarang ini, pendidikan menjadi salah satu indikasi majunya suatu negeri. Indonesia sendiri mempunyai kualitas pendidikan yang masih terbilang rendah.

Padahal aspek pendidikan merupakan salah satu bidang fatal yang dapat memengaruhi bidang-bidang lainnya.

Untuk itu masih banyak yang harus dibenahi guna meningkatkan mutu pendidikan di sini.

Urutan Sebab-Akibat

Mutu pendidikan yang baik dapat membantu meningkatkan sumber daya manusia untuk membangun bangsa.

Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia bisa disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan itu sendiri.

Tingginya biaya pendidikan, kurangnya sarana dan prasarana, dan kemampuan pengajar yang kurang juga penyebab lainnya,

Perlu contoh spesifik tentang sosial? Lihat di artikel contoh teks eksplanasi sosial beserta strukturnya.

Itulah yang menyebabkan Indonesia masih tertinggal oleh negara-negara lain dalam hal pendidikan.

Akibat yang ditimbulkan oleh masalah pendidikan ini di antaranya tingginya angka kemiskinan, pengangguran, kriminalitas dan terhambatnya perkembangan teknologi.

Interpretasi

Perlu kemauan dan kesadaran untuk memperbaiki kualitas pendidikan kita guna mengatasi masalah ini. Baik itu dari pemerintah maupun masyarakatnya.

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Sejarah

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Tentang Sejarah
Salah satu bukti sejarah

Pernyataan Umum

Sejarah merupakan suatu peristiwa atau hal yang telah terjadi di masa lampau. Meski begitu, sejarah bisa terulang kembali jika peristiwa serupa terjadi lagi di masa sekarang.

Urutan Sebab-Akibat

Namun tidak semua hal bisa dinilai sebagai sejarah. Hanya hal-hal yang cukup bernilai dan berpengaruh besar yang bisa dianggap sebagai sejarah.

Suatu sejarah biasanya akan dikenang sangat baik oleh banyak orang. Akibat dari sejarah adalah pembelajaran yang bisa diambil. Baik agar hal serupa terulang maupun tidak.

Interpretasi

Banyak hal yang bisa kita petik hikmahnya dari sejarah. Dan sejarah tidak terjadi sembarangan atau kebetulan. Maka dari itu jangan sekali-kali melupakan sejarah.

Video Pembelajaran Contoh Teks Eksplanasi Singkat

Supaya lebih tahu dan paham lagi mengenai materi teks eksplanasi singkat ini, kamu bisa coba tonton video contoh teks eksplanasi singkat tentang gempa bumi di bawah ini.

Video contoh teks eksplanasi singkat

Nah cukup sudah semua contoh teks eksplanasi singkat beserta strukturnya pada artikel kali ini.

Setelah melihat contoh-contoh di atas, bisakah kamu membuat sebuah teks eksplanasi singkat? Coba sharing di kolom komentar, ya.

Tinggalkan komentar