Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Avatar untuk Muhammad Anas

Seorang pendiam dengan pikiran yang lantang. Lebih suka ngopi daripada ngeteh. Finalis 100 besar Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2017. Follow ig @manass12_

Di dalam kehidupan kita terdapat banyak sekali peristiwa dan fenomena alam. Misalnya seperti pelangi, hujan, banjir, tsunami dan lain sebagainya.

Lalu, mengapa dan bagaimana fenomena alam tersebut bisa terjadi? Pertanyaan ini bisa dijawab oleh teks eksplanasi fenomena alam.

Karena menjawab mengapa dan bagaimana proses terjadinya suatu peristiwa merupakan salah satu tujuan teks eksplanasi.

Masih ada lho tujuan teks eksplanasi yang lainnya. Penasaran? Baca tujuan teks eksplanasi.

Peristiwa alam merupakan salah satu hal yang selalu memiliki penjelasan logis dan ilmiah. Karena hal tersebut biasanya siswa diberikan tugas untuk membuat teks eksplanasi peristiwa alam.

Bagi kamu yang masih bingung bagaimana membuatnya dan perlu referensi, silahkan baca contoh teks eksplanasi fenomena alam beserta strukturnya versi Pendidikanpedia berikut ini.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Banjir

Contoh Teks Eksplanasi Banjir
Ilustrasi bencana banjir

Pernyataan Umum

Banjir adalah suatu fenomena alam berupa naiknya air sehingga menutupi permukaan tanah di wilayah tertentu. Banjir juga termasuk ke dalam bagian siklus hidrologi, yaitu siklus air di permukaan bumi yang mengalir menuju laut.

Melalui siklus hidrologi tersebut, dapat dipahami bahwa banyaknya kapasitas air di permukaan bumi dipengaruhi oleh penyerapan air ke dalam tanah dan juga curah hujan.

Urutan Sebab-Akibat

Proses terjadinya banjir dapat dibedakan menjadi 2, yaitu secara alamiah dan non-alamiah.

Secara alamiah banjir disebabkan oleh hujan lokal dan propagasi limpasan dari daerah hulu di satu daerah tangkapan. Sementara secara non-alamiah, banjir dapat terjadi dikarenakan ulah manusia.

Proses terjadinya banjir secara alamiah adalah mulai dari turunnya hujan. Air hujan yang jatuh ke permukaan bumi kemudian akan tertahan dan dikonsumsi oleh tumbuh-tumbuhan.

Setelah itu air akan masuk ke dalam tanah dan mengalir ke tempat yang lebih rendah. Kemudian terjadilah proses penguapan dan air mulai keluar ke permukaan.

Sementara itu, proses terjadinya banjir secara non-alamiah karena ulah manusia dimulai dari tindakan membuang sampah sembarangan. Sampah yang dibuang tidak pada tempatnya akan menyebabkan aliran air tersumbat.

Karena hal tersebut, air malah akan terapung di tempat pembuangan itu. Seiring waktu, air akan semakin menguap tinggi kemudian keluar ke permukaan dan menyebabkan terjadinya banjir.

Setidaknya ada 3 dampak bencana banjir, yaitu dampak primer, dampak sekunder dan dampak tersier (jangka panjang).

  • Dampak primer: kerusakan fisik seperti rusaknya jalan raya, jembatan, mobil atau bangunan.
  • Dampak sekunder: penyakit, gagal panen, kurangnya persediaan air bersih dan pangan, lumpuhnya transportasi.
  • Dampak tersier/jangka panjang: ekonomi runtuh akibat berkurangnya jumlah wisatawan, biaya pembangunan kembali dan juga kelangkaan bahan pangan.

Interpretasi

Oleh karena itu saya mengajak untuk kembali tertib membuang sampah. Jangan buang sampah sembarangan atau ke area sungai yang justru dapat menimbulkan banjir dan efeknya kembali ke diri kita sendiri.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Tsunami

Contoh Teks Eksplanasi Tsunami
Tsunami

Pernyataan Umum

Tsunami terdiri dari 2 suku kata, yaitu “tsu” yang berarti pelabuhan dan “nami” yang berarti gelombang dan berasal dari bahasa Jepang.

Para ahli biasa menyebutnya dengan seismic sea waves (gelombang laut akibat gempa) atau tidal wave (gelombang pasang).

Tsunami adalah gelombang laut yang datang secara mendadak dengan kecepatan tinggi menuju daerah pantai. Tsunami bisa disebabkan oleh gempa di bawah laut atau aktivitas gunung berapi.

Urutan Sebab-Akibat

Saat terjadi gempa dan kemudian permukaan dasar laut naik dan turun di sepanjang patahan, maka pada saat itulah tsunami dapat terbentuk.

Patahan dari gempa tersebut mengakibatkan keseimbangan air terganggu. Patahan berukuran besar akan menghasilkan gelombang air yang besar juga.

Sesaat setelah gempa selesai, air laut akan surut. Dan kemudian kembali ke pesisir dalam wujud gelombang besar berupa tsunami.

Tsunami juga dapat terjadi karena letusan gunung berapi di dalam laut yang menyebabkan naiknya pergerakan air di sekitarnya.

Kecepatan gelombang tsunami jauh lebih besar dibandingkan gelombang biasa. Bahkan bisa sampai 700 km/jam atau hampir menyamai kecepatan pesawat.

Tinggi gelombang tsunami berkisar antara 50 sampai 100 meter dan menyebar ke segala arah. Ketinggian gelombang tersebut dipengaruhi oleh kedalaman dan bentuk pantai.

Oleh sebab itu, gempa bumi di dasar laut sangat mungkin menyebabkan tsunami.

Interpretasi

Karena dapat menyebabkan kerusakan besar atau bahkan merenggut ribuan nyawa sekaligus, tsunami menjadi salah satu bencana alam yang paling berbahaya bagi manusia.

Maka dari itu kita harus selalu waspada dan menyiapkan diri untuk menghadapi peristiwa alam tsunami. Meskipun tidak semua letusan gunung berapi dan gempa menyebabkan tsunami.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Gempa Bumi

Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam
Dampak gempa bumi

Pernyataan Umum

Gempa bumi adalah suatu guncangan yang disebabkan oleh pergerakan lempeng bumi. Guncangan tersebut berasal dari dasar bumi.

Ada beberapa daerah tertentu yang rentan mengalami bencana alam gempa bumi. Daerah tersebut merupakan daerah-daerah di sekitar gunung merapi aktif dan daerah di sekitar lautan luas.

Urutan Sebab-Akibat

Pergeseran atau gerakan lapisan dasar bumi dan letusan gunung merapi yang sangat kuat merupakan penyebab mengapa gempa bumi teradi.

Tidak hanya itu, gempa bumi juga berlangsung dalam waktu yang sangat singkat namun efeknya sangat besar terhadap lingkungan sekitar.

Getaran penyebab gempa bumi tersebut kemudian menyebar ke segala penjuru dan meruntuhkan banyak bangunan. Kejadian seperti ini juga banyak memakan korban jiwa.

Gempa bumi dibagi menjadi 2 bentuk, yaitu gempa bumi vulkanik dan tektonik. Gempa bumi vulkanik adalah gempa bumi yang disebabkan oleh letusan gunung berapi.

Sementara gempa bumi tektonik adalah gempa bumi yang disebabkan oleh pergerakan lapisan kerak bumi sehingga bumi mengalami pergeseran.

Berdasarkan teori tektonik Plate, terdapat beberapa lapisan buatan yang ada di dalam bumi. Kebanyakan kawasan yang berlapiskan kerak tersebut bisa hanyut sewaktu-waktu sampai mengapung ke sebuah lapisan yang mirip salju.

Lapisan itu kemudian mengalami pergerakan yang sangat pelan. Sehingga menyebabkan pecahan atau tabrakan antarlapisan. Inilah penyebab terjadinya gempa bumi.

Interpretasi

Bencana alam gempa bumi tidak mengenal musim. Bisa terjadi kapan saja. Walau demikian, bisanya gempa hanya terjadi di wilayah-wilayah tertentu saja.

Misalnya seperti di perbatasan plat pacific karena area tersebut sebagian besar dikelilingi gunung berapi. Sebab hal tersebut, area itu terkenal dengan sebutan “lingkaran api”.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Tanah Longsor

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Tanah Longsor
youtube.com

Pernyataan Umum

Tanah longsor adalah sebuah peristiwa alam geologi yang terjadi karena adanya pergerakan tanah atau batuan massa.

Tipe atau jenisnya bisa berbagai macam seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan tanah berukuran besar.

Ada 2 faktor penyebab tanah longsor, yaitu faktor pemicu dan faktor pendorong. Faktor pemicu adalah faktor yang menyebabkan materi pembuat longsor bergerak.

Sementara faktor pendorong adalah faktor yang mempengaruhi kondisi materinya. Meski ada 2 faktor tersebut, penyebab tanah longsor yang paling utama tetap gravitasi yang mempengaruhi lereng curam.

Urutan Sebab-Akibat

Indonesia sering kali mengalami bencana alam tanah longsor ini. Kebanyakan disebabkan karena hujan deras dan juga gempa bumi.

Peristiwa alam gempa bumi mengakibatkan lempeng bawah tanah bergerak hingga tergeser. Akibatnya tanah menjadi longsor.

Proses terjadinya tanah longsor dimulai dari meresapnya air hujan ke dalam tanah. Kemudian beban di dalam terpengaruh karena hal tersebut dan berada di atas batas maksimalnya dalam mengandung air.

Selanjutnya tekstur tanah mulai berubah. Ketika air sudah memasuki ke bagian tanah yang kedap air, maka tanahnya akan menjadi licin. Oleh sebab itu, terjadilah pergerakan tanah yang cepat.

Akhirnya permukaan tanah mengalami pelapukan. Begitupun struktur lapisan tanahnya mulai dari bawah sampai yang ada di dasar.

Itulah yang mengakibatkan tanah bergerak hingga keluar lereng dan menyebabkan tanah longsor terjadi.

Interpretasi

Bencana tanah longsor tentu menyebabkan kerugian yang cukup besar, mulai dari hilangnya harta benda, kerusakan gedung yang terdampak, akses kendaraan terputus hingga korban jiwa.

Sulit untuk menyelamatkan diri dari kejadian tanah longsor ini. Karena kecepatan tanah longsor bisa mencapai 100 km/jam. Dan biasanya korban yang selamat juga akan mengalami trauma yang cukup parah.

Oleh karena itu, ketika mendengar suara gemuruh di dekat jurang atau tebing, segera bergerak menjauh dan pergi ke dataran yang stabil.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Hujan

Contoh Teks Eksplanasi Hujan
Terjadinya hujan

Pernyataan Umum

Jumlah air di dunia ini selalu mengikuti siklus yang namanya siklus hidrologi. Siklus hidrologi merupakan peredaran air yang akan selalu berlangsung dimulai dari atmosfer ke bumi, kemudian kembali lagi ke atmosfer.

Siklus tersebut berlangsung melalui beberapa proses, antara lain proses evaporasi, kondensasi dan presipitasi.

Dalam proses evaporasi, air yang ada di permukaan bumi berubah bentuk menjadi uap/gas akibat panasnya matahari. Evaporasi dapat terjadi pada air sungai, waduk, reservoir, laut dan juga air dari tanaman.

Urutan Sebab-Akibat

Tumbuh-tumbuhan menyerap air melalui akarnya. Sementara energi panas dari matahari mengakibatkan air dari dalam tanaman kembali keluar dalam bentuk uap.

Proses pengambilan air yang dilakukan akar tanaman kemudian kembali menguap tersebut merupakan proses transpirasi.

Karena perbedaan temperatur di atmosfer, uap akan berubah menjadi air lagi. Kemudian butiran-butiran air muncul akibat dari proses kondensasi yang membenturkan tetesan air kecil (tiny droplet) dengan tetesan air lainnya di udara.

Pastikan kamu juga membaca kumpulan contoh teks eksplanasi berbagai peristiwa lainnya.

Adanya gravitasi membuat butiran air tersebut turun ke bumi. Dan itulah yang kita sebut dengan hujan atau presipitasi. Apabila temperatur udara turun menyentuh angka di bawah 0 derajat Celcius, maka butiran air tadi akan berubah jadi salju.

Saat sampai ke bumi, air hujan bergerak dan mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Pergerakan air ini disebut aliran permukaan tanah sebab pergerakannya ada di atas permukaan tanah.

Aliran air ini akan masuk ke tempat tangkapan, yakni daerah menuju sistem jaringan sungai, danau atau waduk.

Dalam jaringan sungai, air ini mengalir mulai dari sungai yang kecil ke sungai yang besar. Sampai akhirnya berada di mulut sungai atau yang juga disebut estuary, tempat bertemunya sungai dengan laut.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Hujan Es

Contoh Teks Eksplanasi Pendidikan
Terjadinya hujan es

Pernyataan Umum

Dalam ilmu meteorologi, hujan es disebut juga hail. Atau presipitasi yang terdiri atas bola-bola es.

Proses pembentukannya adalah melewati kondensasi uap air yang ada di atmosfer dengan lapisan berada di atas level beku.

Es yang tercipta karena proses ini biasanya mempunyai ukuran yang besar. Karena ukuran besarnya itu, meskipun sudah turun ke arah yang lebih rendah dengan suhu yang hangat, tidak semua esnya bisa mencair.

Tidak hanya di negara-negara subtropis saja, hujan es juga dapat terjadi di wilayah ekuator.

Urutan Sebab-Akibat

Proses lainnya yang bisa menciptakan hujan es adalah riming. Pada proses ini uap air tertarik ke pemukaan benih-benih es. Karena adanya pengembunan mendadak tersebut, maka terbuatlah es berukuran besar.

Ada juga hujan es yang disertai puting beliung, hal ini disebabkan oleh awan dengan jenis sel tunggal berlapis (CB) yang dekat dengan permukaan bumi. Tapi bisa juga berasal dari awan multi sel yang tumbuh vertikal.

Luas area hujan esnya secara horizontal sekitar 3 sampai 5 meter dan berlangsung singkat sekitar 3 sampai 5 menit. Jenis awan seperti ini biasanya berbentuk seperti bunga kol dan yang dikenal sebagai awan Cumulonimbus.

Awan dengan kandungan uap air yang tertiup angin ke tempat dingin, akan mencapai titik embun (dew point) kemudian mengembun. Dan karena terlalu berat akan jatuh sebagai hujan.

Setelah menjadi air, jika tertiup oleh angin thermis yang naik ke ketinggian dengan temperatur di bawah titik beku, maka air tersebut membeku menjadi es.

Kemudian karena ikatan antarmolekul es sebagai benda padat jauh lebih kuat dibandingkan air, maka es akan jatuh dalam bentuk yang tak beraturan, bahkan bisa seukuran kepalan tangan. Inilah yang disebut fenomena hujan es.

Interpretasi

Walaupun Indonesia terletak di daerah tropis, namun hujan es juga pernah terjadi di Indonesia. Hujan es dapat menimbulkan kerusakan serius, terutama kerusakan kaca dan jendela, penerbangan, dunia otomotif, bidang peternakan dan lainnya.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Pelangi

Contoh Teks Eksplanasi Pelangi
Pelangi yang indah

Pernyataan Umum

Pelangi adalah salah satu fenomena alam yang sangat indah. Fenomena ini tercipta karena pembiasan cahaya matahari oleh butiran-butiran air.

Berbagai macam warna indah saling berjajar di dalam pelangi yang tampak di langit. Secara umum bentuk pelangi adalah busur dengan masing-masing ujung yang mengarah pada titik berbeda.

Pelangi terlihat bagai busur cahaya dengan ujung yang mengarah ke horizon saat terjadi hujan ringan. Tak jarang juga pelangi muncul di sekitar air terjun.

Urutan Sebab-Akibat

Pelangi muncul disebabkan oleh cahaya yang menyimpang menjauhi partikelnya dan membias. Pelangi tidak akan dapat dilihat ketika malam hari atau saat mendung.

Hal ini menandakan dengan jelas bahwa pelangi adalah peristiwa alam yang terjadi karena pembiasan cahaya.

Pada awalnya, cahaya matahari akan melewati tetes air hujan, kemudian dibelokkan atau dibiaskan ke tengah tetes air hujan. Hingga cahaya putihnya berubah menjadi warna-warna spektrum.

Interpretasi

Kita bisa melihat pelangi ketika hujan saat matahari bersinar berlawanan arah dengan kita menghadap. Jadi posisi kita berdiri harus berada di antara tetesan air dan matahari di belakang kita.

Mudahnya, kita sebagai pengamat, lalu pusat busur pelangi dan matahari harus berada di satu garis lurus. Dengan begitu kita bisa menikmati indahnya warna-warni pelangi.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Petir

Contoh Teks Eksplanasi Petir
Petir

Pernyataan Umum

Petir merupakan salah satu fenomena yang bisa dijelaskan secara ilmiah. Petir terlihat dalam bentuk kilatan cahaya yang kemudian diikuti dengan suara gemuruh yang menggelegar. Ketika musim hujan tiba, biasanya petir muncul.

Biasanya ada selisih waktu antara cahaya kilat dan suara gemuruhnya. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya perbedaan kecepatan rambatan antara kilat dan suara, di mana kilatan cahayanya selalu jauh lebih cepat.

Urutan Sebab-Akibat

Perbedaan potensial antara bumi, awan dan awan lainnya merupakan penyebab adanya petir. Hasil gesekan antarawan menghasilkan muatan positif di satu sisi dan muatan negatif di sisi lain. Peristiwa tersebut terjadi sesaat sebelum hujan.

Kemudian karena adanya presipitasi air hujan, akan terjadi benturan antarair dan juga awan yang menyebabkan perpindahan elektron dalam kecepatan tinggi.

Kombinasi peristiwa tersebut merupakan pemicu munculnya petir. Hal ini menunjukan bahwa petir adalah suatu fenomena yang berupa arus listrik bertegangan tinggi dan sangat berbahaya.

Interpretasi

Sebaiknya jika terjadi hujan, berdiam dirilah di dalam rumah atau berteduh di tempat yang aman dari sengatan listrik.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Gerhana Bulan

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam
Fenomena alam gerhana bulan

Pernyataan Umum

Gerhana bulan menjadi salah satu fenomena alam yang sering dilihat oleh manusia. Peristiwa alam ini terjadi jika bulan beroposisi dengan matahari.

Tapi tidak selamanya oposisi bulan dengan matahari ini dapat menghasilkan fenomena gerhana bulan.

Sebab adanya kemiringan sebesar 5 derajat bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika. Ketika terjadi perpotongan antara bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika, maka akan menghasilkan dua titik yang disebut dengan istilah node.

Gerhana bulan hanya akan terjadi bila bulan beroposisi dengan titik node tersebut. Setidaknya bulan membutuhkan waktu sekitar 29,53 hari untuk bergerak dari satu titik ke titik oposisi yang lain.

Urutan Sebab-Akibat

Berdasarkan fakta, ketika terjadi gerhana bulan sebenarnya penampakan bulannya masih bisa dilihat. Hal tersebut diakibatkan oleh sinar matahari yang tersisa, dibelokkan ke arah bulan oleh atmosfer bumi.

Sinar matahari yang dibelokkan tersebut mempunyai spektrum cahaya berwarna kemerahan. Oleh sebab itulah, saat terjadi fenomena alam gerhana bulan, maka bulan terlihat lebih gelap, biasanya berwarna cokelat, jingga atau merah gelap.

Kamu bisa mengamati gerhana bulan dengan mata telanjang tanpa khawatir akan adanya bahaya.

Interpretasi

Saat bayangan bumi menutupi sebagian atau seluruh penampang bulan, maka saat itu terjadilah gerhana bulan.

Terutama pada saat bumi menempati posisi antara bulan dan matahari, berada di satu garis lurus yang sama. Akan membuat sinar matahari tidak bisa sampai ke bulan karena dihalangi oleh bumi.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Gerhana Matahari

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Gerhana Matahari
Gerhana matahari 2017

Pernyataan Umum

Gerhana matahari adalah satu fenomena alam yang biasa terjadi hanya 25 tahun sekali saja.

Gerhana ini merupakan fenomena yang disebabkan karena bayangan yang dibentuk oleh bulan atau bumi dan terletak dalam satu garis lurus. Cahaya matahari yang terhalang oleh bumi atau bulan akan membentuk gerhana.

Urutan Sebab-Akibat

Gerhana matahari mulai terjadi ketika bayangan bulan mengalami pergerakan hingga menutupi permukaan bumi.

Bayangan bulan mampu menutupi cahaya matahari secara sepenuhnya walaupun ukuran bulan lebih kecil daripada matahari.

Hal ini dikarenakan jarak bulan yang rata-rata 384.400 km lebih dekat dari bumi dibandingkan matahari yang jarak rata-ratanya 149.680.000 km.

Fenomena alam gerhana matahari terjadi pada saat bulan ada di antara bumi dan matahari ketika fase bulan baru.

Coba pelajari juga contoh teks eksplanasi budaya.

Sebagian gerhana matahari terjadi pada saat penumbra bulan menutupi wilayah di permukaan bumi.

Akibatnya hanya sebagian cahaya matahari saja yang bisa sampai ke wilayah tersebut. Sehingga terjadi fenomena alam gelap sebagian.

Karena lintasan bulan yang tak bulat sempurna, bayang-bayangnya tidak bisa mencapai permukaan bumi. Kondisi seperti ini disebut gerhana matahari cincin.

Pada saat umbra bulan menutupi daerah di bumi. Maka terjadilah gerhana matahari total pada daerah tersebut sehingga keadaannya sangat gelap. Biasanya gerhana matahari total berlangsung selama 6 menit.

Interpretasi

Diperlukan pelindung mata khusus atau metode melihat gerhana matahari secara tidak langsung apabila ingin mengamati fenomena alam yang satu ini.

Jangan gunakan kacamata sun glasses karena tidak aman digunakan, tidak bisa menyaring radiasi inframerah yang bisa merusak retina mata.

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Pemanasan Global

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam Pemanasan Global
Es mencair dampak pemanasan global

Pernyataan Umum

Pemanasan global merupakan suatu kondisi di mana suhu bumi meningkat sehingga menjadi lebih panas. Pemanasan global juga biasa disebut dengan istilah global warming.

Dampak buruk pemanasan global yang paling utama adalah perubahan iklim yang sangat ekstrim. Naiknya suhu di udara mengakibatkan es di kutub utara dan selatan mencair.

Sehingga akan berdampak pada ekosistem dan lingkungan di kutub yang menjadi penyebab kepunahan beberapa makhluk hidup di sana.

Urutan Sebab-Akibat

Pemanasan global disebabkan oleh kurangnya kesadaran manusia dalam menjaga alam semesta.

Pemanasan global juga disebabkan oleh efek rumah kaca, peningkatan gas rumah kaca, polusi udara kendaraan bermotor dan industri, penggundulan hutan besar-besaran dan beberapa faktor lainnya.

Keinaikan suhu bumi membuat perubahan iklim yang esktrim sehingga ada perubahan curah hujan, terjadinya badai disertai angin, perubahan pola cuacu, bahkan bencana alam yang bisa merenggut korban jiwa.

Naiknya suhu bumi merupakan akibat radiasi yang dipancarkan sinar matahari menuju atmosfer bumi. Sebagian sinar ini berubah menjadi infra merah yang kemudian diserap udara dan bumi.

Dampak pemanasan global di antaranya es di kutub yang mencair sehingga air laut naik dan mengakibatkan banjir di beberapa wilayah.

Kemudian dampak lainnya adalah peningkatan curah hujan, sulit memprediksi cuaca, timbulnya penyakit yang berbahaya, peningkatan proses penguapan air dalam tanah hingga menyebabkan kekeringan.

Interpretasi

Pemanasan global menjadi masalah yang serius dan bisa berdampak pada seluruh makhluk hidup di bumi jika tidak ditanggapi dengan serius.

Diperlukan usaha untuk membangkitkan kesadaran para manusia untuk mengurangi faktor penyebab pemanasan global dan menjaga bumi.

Karena sesungguhnya akibat paling fatal pemanasan global adalah kepunahan makhluk hidup termasuk manusia karena bencana alam yang sangat besar.

Video Pembelajaran Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Bila contoh di atas dirasa kurang, kamu bisa menonton video contoh teks eksplanasi tentang fenomena alam aurora berikut ini.

Video contoh teks eksplanasi fenomena alam

Nah itulah beberapa contoh teks eksplanasi peristiwa alam yang sering kali terjadi di bumi kita.

Menurut kamu, teks eksplanasi fenomena alam mana yang paling menarik? Coba sharing di komentar dan bagikan artikel ini di media sosial kamu juga, ya!

8 thoughts on “Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam”

  1. satu titik jelaskan apa yang dimaksud dengan pelangi 2 bagaimana proses terjadinya sebuah pelangi 3 apa simpulan dari teks bacaan di atas 4 buatlah sebuah teks eksplanasi ilmiah tentang gempa bumi

    Reply
  2. Lengkap banget mas contoh teks eksplanasi tentang fenomena alam nya, lumayan buat tugas online akibat corona.

    Reply

Leave a Comment