Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Seorang pendiam dengan pikiran yang lantang. Lebih suka ngopi daripada ngeteh. Finalis 100 besar Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2017. Follow ig @manass12_

Teks eksplanasi merupakan teks yang membahas secara jelas bagaimana dan mengapa suatu hal atau peristiwa bisa terjadi.

Hal atau tema yang dibahas bisa berupa peristiwa alam, fenomena sosial, atau bahkan kebudayaan. Soal materi dan jenis-jenis teks eksplanasi sudah dipelajari pada artikel sebelumnya.

Belum tahu apa saja jenis teks eksplanasi? Pelajari dulu jenis-jenis teks eksplanasi dan strukturnya.

Maka dari itu, pada artikel ini kita hanya akan fokus mempelajari beberapa contoh teks eksplanasi tentang budaya saja.

Berikut kumpulan contoh teks eksplanasi budaya beserta strukturnya yang sudah Pendidikanpedia buat.

Contoh Teks Eksplanasi Penyebab Lunturnya Budaya Indonesia

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Indonesia
Contoh budaya Indonesia

Pernyataan Umum

Kian hari kian luntur saja budaya Indonesia karena kurangnya pembelajaran budaya, komunikasi budaya dan kesadaran masyarakat.

Hal tersebut terus terjadi karena kebanyakan dari kita lebih memilih budaya asing sesuai perkembangan zaman.

Banyak yang beranggapan bahwa budaya asing lebih keren dan praktis. Padahal tidak selamanya hal itu benar.

Banyak budaya luar yang dinilai keren namun tidak sesuai dengan budaya dan jati diri bangsa Indonesia.

Urutan Sebab-Akibat

Alhasil sekarang banyak budaya kita yang tidak lagi diurus dan secara perlahan menghilang atau bahkan diklaim negara lain.

Oleh sebab itu, kemampuan berkomunikasi menjadi hal yang penting agar tidak terjadi kesalahpahaman mengenai budaya yang dianut.

Kurangnya komunikasi bisa menyebabkan pertikaian antar kelompok yang dapat berdampak pada kesatuan dan persatuan.

Kemudian, dengan tujuan agar budaya Indonesia tetap hidup, kita juga harus memperkenalkannya ke generasi penerus bangsa dan memperhatikan komunikasi antarmasyarakat.

Interpretasi

Pembelajaran mengenai budaya yang kurang, menyebabkan budaya kita menghilang sedikit demi sedikit. Jadi, akan lebih baik bila mempelajari budaya sejak dini.

Untungnya sekarang sudah ada mata pelajaran budaya di sekolah. Namun banyak yang menganggapnya tidak penting.

Padahal, melalui pembelajaran tersebut kita dapat membangun dan mempertahankan budaya bangsa di era globalisasi sekarang ini.

Sebenarnya budaya Indonesia bisa terjaga dengan berbagai cara, salah satunya adalah memberikan pengajaran mengenai budaya kepada anak-anak penerus bangsa.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tari

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Tari
wikipedia.org

Pernyataan Umum

Tari merupakan gerakan menari yang dilakukan secara perorangan atau berkelompok. Namun budaya tari adat biasanya berbeda dengan kegiatan menari seperti biasa.

Kebudayaan tari adat muncul bukan karena hal yang sembarangan. Biasanya masing-masing daerah atau suku mempunyai tarian adatnya masing-masing.

Urutan Sebab-Akibat

Budaya tari ini biasaya akan dilakukan dalam rangka merayakan atau memperingati sesuatu. Bisa jadi ritual kebudayaan, acara suku, atau peristiwa besar lainnya.

Sebagai contoh di antaranya ada tari Saman yang berasal dari Suku Gayo. Tari saman ditampilkan dalam rangka merayakan peristiwa yang dianggap penting.

Dan biasanya tari Saman juga digunakan untuk merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Interpretasi

Bagaimana pun juga, tari daerah sama seperti kebudayaan daerah yang lain. Sama-sama harus dilestarikan dan diwariskan ke generasi selanjutnya agar tak lekang oleh waktu.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Jawa Batik

Contoh Teks Eksplanasi Batik
Membatik

Pernyataan Umum

Batik adalah kain bergambar yang dibuat khusus dengan cara menuliskan atau menggambarnya secara langsung pada kain itu. Lalu proses pengolahannya juga dilakukan dengan cara tertentu yang khas.

Seluruh teknik, teknologi dan perkembangan motif serta budaya batik Indonesia telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-Bendawi (Masterpieces of The Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO sejak tanggal 02 Oktober 2009.

Batik merupakan kerajinan dengan nilai seni yang tinggi dan telah menjadi bagian budaya Indonesia sejak dulu kala, terutama di pulau Jawa.

Pada zaman dulu, perempuan-perempuan Jawa menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai pekerjaan.

Sehingga pada masa itu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif bagi perempuan.

Hingga ditemukannya “batik cap” yang memungkinkan kaum pria untuk masuk ke dalam pekejerjaan ini.

Urutan Sebab-Akibat

Masing-masing motif batik mempunyai kisahnya sendiri-sendiri. Misalnya motif batik “Mega Mendung” yang berasal dari daerah pesisir dan di sana pekerjaan membatik adalah hal yang lazim bagi laki-laki. Beragam warna dan corak batik lainnya juga dipengaruhi oleh asing.

Pada awalnya batik mempunyai warna dan corak yang terbatas, bahkan beberapa corak hanya boleh dipakai kalangan tertentu.

Namun, pada akhirnya batik menyerap pengaruh dari luar seperti penjajah dan pedagang asing.

Warna-warna batik cerah seperti merah diperkenalkan oleh Tionghoa, yang juga mempopulerkan motif phoenix.

Bangsa Eropa juga berminat ke budaya ini, hasilnya mereka membuat corak bunga-bunga atau dari benda-benda yang dibawa seperti kereta kuda. Warna kesukaan mereka, seperti biru, juga ikut mempengaruhi.

Sementara itu, batik tradisional tetap mempertahankan motifnya. Dalam upacara adat batik tradisional juga masih sering dipakai karena perlambangannya masing-masing.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Jawa Wayang

Contoh Teks Eksplanasi Wayang
Wayang

Pernyataan Umum

Wayang adalah seni pertunjukan khas Indonesia yang berkembang pesat di daerah Bali dan Jawa.

Selain di kedua wilayah itu, wayang juga terkenal di Semenanjung Malaya dan Sumatera. Di mana pada daerah tersebut, wayang dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu dan Jawa.

Urutan Sebab-Akibat

Pada tanggal 07 November 2003, UNESCO menetapkan wayang dalam seni bertutur sebagai warisan maha karya dunia yang tidak ternilai.

Saat ini diketahui bahwa awal mula pertunjukan wayang berasal dari Prasasti Balitung abad ke 3 yang isinya menceritakan si Galigi yang sedang mewayang.

Pada saat agama Hindu mulai masuk ke Indonesia, wayang menjadi budaya sekaligus media yang efektif untuk menyebarkan ajaran Hindu.

Sehingga dulu pertunjukan wayang banyak menggunakan cerita Ramayana dan Mahabharata.

Saat agama Islam datang, boneka wayang yang terbuat dari kulit sapi juga mulai muncul.

Saat pertunjukan, yang terlihat hanya bayangannya saja yang berasal dari kulit sapi tersebut. Dan sampai saat ini, masyarakat mengenalnya dengan wayang kulit.

Di samping itu, ada juga wayang Sadat yang digunakan sebagai media penyebaran ajaran Islam dan memperkenalkan nilai-nilainya.

Kemudian saat misionaris Katolik bernama Bruder Timotheus L. Wignyosubroto, FIC datang pada tahun 1960, ia juga menyebarkan agama Katolik menggunakan wayang Wahyu. Cerita wayang Wahyu tersebut bersumber dari Alkitab.

Interpretasi

Seperti yang kita ketahui, nilai-nilai filosofi yang terdapat di dalam budaya wayang selalu mengajarkan masyarakat berbuat baik dan menghindari perbuatan jahat.

Dalam dunia wayang juga ada istilah “memayu hayuning bebrayan agung” atau semangat “amar ma’ruf nahi mungkar” atau yang sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

Bagaimana pun juga, kita harus sadar untuk membantu melestarikan budaya wayang ini. Berbagai cara sesuai dengan kemampuan masing-masing dapat dilakukan sehingga budaya wayang akan terus lestari.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Bali Ngaben

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Bali Ngaben
wikipedia.org

Pernyataan Umum

Ngaben merupakan tradisi khas pulau Bali yang berupa pengurusan jenazah seseorang yang telah tiada.

Tradisi ini mengkremasi orang yang sudah meninggal dengan adat dan istiadat setempat.

Urutan Sebab-Akibat

Sebagai pulau yang terkenal menjadi destinasi wisata, tentu Bali selalu didatangi oleh para turis baik lokal maupun mancanegara.

Namun tidak semua turis ini diizinkan untuk melihat upacara sakral yang satu ini. Mereka perlu mendapatkan izin dari keluarga yang bersangkutan.

Walaupun tradisi Ngaben ini diadakan seolah-olah begitu meriah, tetap saja ini merupakan acara berduka.

Tujuan Ngaben diadakan adalah agar keluarga yang ditinggalkan tak bersedih dan arwah yang meninggal diharapkan hidup bahagia di nirwana.

Perlu biaya yang cukup besar jika ingin mengadakan budaya Ngaben ini. Karena Ngaben dikenal sebagai tradisi mengurus jenazah termahal dan terlama.

Belum lagi berbagai atribut keagamaan dan upacara yang perlu disediakan oleh pihak keluarga.

Interpretasi

Walau demikian, tradisi ini harus dijaga dan dilestarikan. Alhasil tradisi ini tetap dipertahankan oleh umat Hindu dan menjadi salah satu budaya khas pulau Bali.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Lombok Bau Nyale

Contoh Teks Eksplanasi Budaya Lombok Bau Nyale
suarantb.com

Pernyataan Umum

Indonesia mempunyai beraneka ragam budaya. Di antara banyaknya budaya Indonesia, ada budaya yang bertentangan dengan norma sosial hingga norma agama.

Salah satu contoh budaya yang bertentangan dengan norma adalah budaya Bau Nyale yang merupakan budaya suku Sasak Core.

Bau Nyale berarti menangkap nyale. Nyale adalah cacing laut yang bisa dikonsumsi, namun hanya muncul satu kali dalam satu tahun.

Itu pun hanya di hari, bulan dan pantai tertentu. Hal tersebutlah yang membuatnya sangat spesial bagi suku Sasak.

Urutan Sebab-Akibat

Konon katanya cacing Nyale merupakaan jelmaan seorang putri bernama Mandalika. Putri ini melakukan aksi bunuh diri di laut karena masalah cinta.

Meski begitu tradisi Bau Nyale merupakan tradisi turun temurun yang selalu dilakukan masyarakat Lombok. Biasanya mereka melakukannya di akhir bulan Februari atau pertengahan bulan Maret.

Cacing Nyale biasanya muncul di sekitar jam 3 sampai 5 pagi hari, jadi para pemuda yang berburu terpaksa begadang untuk menunggu Nyalenya muncul di atas permukaan laut.

Mau contoh yang lebih singkat? Lihat di contoh teks eksplanasi singkat beserta strukturnya.

Pada saat ini biasanya para pemuda-pemudi melakukan hal yang tak beretika dan tak sepatutnya dilakukan.

Karena tradisi Bau Nyale dilakukan di ruang terbuka, semua orang bebas melakukan apa saja asal tidak membuat kegaduhan.

Kondisi ini malah dimanfaatkan oleh pemuda untuk melakukan hal tak senonoh dengan para pemudi.

Apalagi saat Nyalenya keluar, mereka malah meneriakkan kata-kata kotor. Mereka percaya kata-kata kotor ini bisa menarik perhatian Nyale.

Interpretasi

Ternyata di samping kemeriahannya, budaya Bau Nyale ini mengandung nilai-nilai negatif yang bertentangan dengan norma agama.

Sayangnya budaya harus dilestarikan dari generasi ke generasi. Mungkin evaluasi perlu dilakukan agar tradisi budaya ini tidak dimanfaatkan untuk hal-hal yang tidak baik.

Video Pembelajaran Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Jika kamu masih kurang paham dari contoh di atas, mungkin video berikut bisa membantu.

Video contoh teks eksplanasi budaya

Demikian beberapa contoh teks eksplanasi budaya beserta strukturnya. Kamu bisa menjadikannya sebagai referensi baik dalam mengerjakan tugas maupun membuat teks eksplanasi sendiri.

Semoga artikel pembelajaran kali ini bisa bermanfaat. Tolong bagikan juga ya ke teman-teman kamu.

Tinggalkan komentar