Teks Eksplanasi

Pendiam dengan pikiran lantang. Suka ngopi dan baca buku. Finalis 100 besar Duta Bahasa Jawa Barat 2017. Follow ig @muhammadanas.id

Suatu peristiwa atau fenomena terjadi karena proses sebab-akibat. Proses sebab-akibat dan terjadinya peristiwa tersebut dijelaskan dan dibahas dalam teks eksplanasi.

Materi teks eksplanasi sendiri merupakan salah satu materi Bahasa Indonesia yang kamu pelajari di jenjang SMP dan SMA. Dan soal teks eksplanasi biasanya akan selalu muncul di setiap ujian. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mempelajari dan memahami materi ini dengan baik.

Pada kesempatan kali ini, berikut Pendidikanpedia jelaskan materi dan struktur teks eksplanasi.

Pengertian Teks Eksplanasi

Pengertian Teks Eksplanasi
Buku terbuka

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang suatu peristiwa, hal, atau fenomena. Teks eksplanasi menjelaskan mengapa dan bagaimana sebuah peristiwa terjadi.

Selain itu, di dalamnya juga terdapat informasi hubungan sebab-akibat dan proses terjadinya peristiwa. Peristiwa yang dijelaskan teks informasi dapat berupa hal, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, fenomena alam atau fenomena sosial.

Kata eksplanasi sendiri diambil dari kata bahasa Inggris, yaitu eksplanation yang berarti penjelasan.

Eksplanation adalah tindakan menjelaskan atau menerangkan.”

Buku The Contemporary English – Indonesian dictionary / Peter Salim: 651.

Walaupun belum terdaftar secara resmi sebagai kata baku di KBBI, namun kata eksplanasi sudah lazim dipakai. Dan pengertiannya merujuk pada sebuah penjelasan.

Pada dasarnya, semua hal yang ada di sekitar kita terjadi bukan tanpa alasan. Selain hanya mengamati dan merasakannya saja, kita juga bisa mempelajari hal tersebut melalui teks eksplanasi.

Biasanya perbedaan sebelum dan setelah kejadian terjadi juga ikut dijelaskan dalam teks eksplanasi. Dengan adanya teks eksplanasi, kita jadi tahu mengapa dan bagaimana suatu kejadian bisa terjadi.

Misalnya, dengan membaca teks eksplanasi fenomena alam tentang alur fotosintesis, kita jadi tahu bagaimana proses terjadinya fotosintesis. Dan apa sebab dari proses fotosintesis pada tanaman.

Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Para Ahli

Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Para Ahli
Membaca buku

Para ahli di bidang bahasa telah membuat pengertian teks eksplanasi menurut penafsirannya masing-masing. Dan berikut pengertian teks eksplanasi menurut para ahli.

1. Menurut Mahsun (2013: 189)

Teks eksplanasi adalah teks yang tersusun dengan struktur yang terdiri dari bagian-bagian yang menampilkan pernyataan umum (pembukaan), penjelasan (isi), dan interpretasi (penutup).

Bagian yang menjelaskan pernyataan umum berisi informasi singkat mengenai peristiwa yang dibahas. Sementara bagian deretan isi mengandung urutan penjelasan atau uraian.

Bagian interpretasi berisi pendapat penulis mengenai hal tersebut dan merupakan bagian penutup teks eksplanasi. Bagian ini bersifat opsional yang artinya boleh ada atau tidak.

2. Menurut Restuti (2013: 85)

Teks eksplanasi adalah teks yang menerangkan dan menjelaskan tentang proses fenomena baik alam maupun sosial.

Struktur Teks Eksplanasi

Struktur Teks Eksplanasi
Menulis catatan

Struktur teks eksplanasi terdiri dari pernyataan umum, kemudian dilanjut dengan urutan sebab-akibat atau yang bisa juga disebut deretan penjelas, dan ditutup dengan interpretasi. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Pernyataan Umum

Struktur teks eksplanasi yang pertama adalah pernyataan umum. Bagian pernyataan umum ini berperan sebagai pembuka.

Pernyataan umum berisi penjelasan secara singkat tentang peristiwa atau fenomena yang sedang dibahas. Penjelasan yang dimaksud dapat berupa gambaran umum mengenai apa yang dibahas.

Pernyataan umum terletak persis setelah judul teks eksplanasi. Mengapa setelah judul disebut pernyataan umum? Karena pernyataan umum dapat memberikan gambaran umum atau penjelasan singkat dari judul teks eksplanasi tersebut.

2. Urutan Sebab-Akibat atau Deretan Penjelas

Inti teks eksplanasi terdapat pada bagian ini. Urutan sebab-akibat juga disebut dengan istilah deretan penjelas.

Isinya merupakan penjelasan mengenai proses terjadinya peristiwa atau fenomena yang sedang dibahas. Penjelasan tersebut disajikan dengan urutan kronologis, mulai dari awal sampai akhir.

Kemudian diikuti dengan mengapa dan bagaimana peristiwa tersebut terjadi. Dan hubungan sebab-akibat dari kejadian itu.

Urutan sebab-akibat ini dapat terdiri lebih dari 1 paragraf. Karena menjelaskan dan mendeskripsikan secara rinci topik yang dibahas. Semua urutan kejadian dalam teks eksplanasi terletak pada struktur ini.

3. Interpretasi (opsional)

Dan bagian akhir teks eksplanasi disebut interpretasi. Interpretasi dapat berisi kesimpulan tentang hal yang dibahas atau tanggapan pribadi sang penulis mengenai hal tersebut.

Bagian ini bersifat opsional dan bukan keharusan. Jadi, boleh saja sebuah teks eksplanasi tidak mempunyai interpretasi. Hal ini bergantung pada kemauan penulisnya.

Tujuan Teks Eksplanasi

Tujuan Teks Eksplanasi
Belajar menulis

Teks eksplanasi bertujuan untuk menjelaskan proses tercipta dan terjadinya peristiwa. Baik peristiwa yang terjadi secara alamiah, maupun peristiwa sosial.

Jika diurutkan, berikut tujuan teks eksplanasi.

  1. Menjelaskan suatu fenomena atau peristiwa yang terjadi di sekitar.
  2. Menjelaskan hubungan sebab-akibat dari suatu peristiwa.

Jadi, tujuan teks eksplanasi adalah menjelaskan kepada pembaca tentang suatu peristiwa atau kejadian. Sehingga pembaca yang tadinya tidak tahu mengenai hal tersebut sekarang jadi tahu.

Fungsi Teks Eksplanasi

Fungsi Teks Eksplanasi
Menulis teks

Secara umum, fungsi teks eksplanasi adalah menjawab pertanyaan “mengapa?” dan “bagaimana?” suatu peristiwa terjadi.

Namun, ada beberapa fungsi lainnya. Berikut fungsi teks eksplanasi.

  1. Memberikan informasi tentang kejadian yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Ditulis dalam bentuk narasi penjelasan, berdasarkan fakta dan tanpa rekayasa sama sekali.
  2. Menjelaskan proses bagaimana suatu hal terjadi.
  3. Menjelaskan alasan mengapa suatu hal terjadi.
  4. Membandingkan antara perbedaan dan persamaan sesuatu.
  5. Menjelaskan pendekatan yang paling mudah dan memungkinkan untuk memecahkan masalah tentang suatu peristiwa.

Begitu banyak dan bermanfaat sekali fungsi-fungsi teks eksplanasi di atas. Pembaca diharapkan mendapatkan semua fungsi di atas setelah membaca sebuah teks eksplanasi.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi
Menulis di buku

Untuk membedakan teks eksplanasi dengan teks lainnya, maka kamu perlu mengetahui ciri teks eksplanasi. Pada dasarnya semua teks mempunyai ciri khasnya masing-masing.

Dan berikut ciri-ciri teks eksplanasi.

  • Informasi dimuat berdasarkan fakta-fakta yang ada dan bukan hasil rekayasa.
  • Topik yang dibahas adalah hal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan atau mengandung unsur ilmiah.
  • Teks bersifat informatif. Artinya teks eksplanasi dimaksudkan untuk menyampaikan informasi kepada pembaca. Dan tidak berusaha mempengaruhi pembaca untuk percaya terhadap hal-hal yang dibahas.
  • Terdiri atas 3 struktur, yaitu pernyataan umum, urutan sebab-akibat dan interpretasi.
  • Menggunakan banyak konjungsi temporal, kata penanda urutan atau sequence markers. Misalnya pertama, kedua, berikutnya, selanjutnya dan terakhir.
  • Menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena atau peristiwa.
  • Terdapat pernyataan mengenai hubungan sebab-akibat dari sebuah peristiwa.
  • Menceritakan suatu peristiwa atau fenomena alam maupun sosial.

Jenis-Jenis Teks Eksplanasi

Jenis-Jenis Teks Eksplanasi
Membaca buku bersama

Teks eksplanasi dibagi menjadi beberapa jenis.

Jenis Teks Eksplanasi Berdasarkan Explanation Text

Pertama, menurut NSW School and Education Department, explanation text dibagi menjadi 4 jenis, di antaranya sebagai berikut.

1. Teks Eksplanasi Faktorial

Jenis teks eksplanasi ini menjelaskan tentang efek dan hasil dari sebuah proses. Contohnya efek terjadinya peristiwa kolonialisasi dan imperialisasi.

2. Teks Eksplanasi Teoritis

Teks eksplanasi jenis ini berisi semacam spekulasi mengenai kemungkinan yang dapat terjadi karena fenomena alam. Contohnya fenomena letusan gunung berapi bisa saja memicu terjadinya peristiwa bencana alam lain yang dahsyat.

3. Teks Eksplanasi Sekuensial

Teks eksplanasi sekuensial adalah teks eksplanasi yang menerangkan dan menjelaskan secara rinci tahapan sebuah fenomena. Contohnya urutan siklus rantai makanan pada kehidupan.

4. Teks Eksplanasi Kasual

Dan jenis teks eskplanasi kasual menjelaskan tentang penyebab atau asal-muasal terjadinya perubahan secara bertahap terhadap suatu hal. Contohnya proses terjadinya banjir atau tanah longsor.

Jenis Teks Eksplanasi Berdasarkan Fenomenanya

Dan yang kedua, berdasarkan jenis fenomena yang dibahas, teks eksplanasi dibagi menjadi 2. Yaitu teks eksplanasi fenomena alam dan sosial. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Teks eksplanasi fenomena alam membahas tentang peristiwa yang berkaitan dan berhubungan dengan alam semesta. Beberapa contoh teks eksplanasi tentang fenomena alam antara lain bencana alam seperti banjir, gempa bumi, angin topan, tanah longsor, tsunami, peristiwa gerhana atau jenis fenomena lainnya.

2. Teks Eksplanasi Fenomena Sosial

Jenis teks eksplanasi ini memuat peristiwa atau fenomena sosial yang sering terjadi di lingkungan sekitar. Contoh teks eksplanasi sosial di antaranya tentang kemiskinan, rumah roboh, aksi unjuk rasa, pengangguran atau berbagai macam peristiwa sosial lainnya.

Skema Teks Eksplanasi

Skema Teks Eksplanasi
Mau menulis di buku

Untuk membantu menyusun dan membuat sebuah teks eksplanasi, diperlukan skema teks eksplanasi. Skema ini tidak jauh berbeda dengan struktur teks eksplanasi, namun bagaimana pun juga tujuannya adalah untuk membantu.

Berikut skema teks eksplanasi dan penjelasannya.

  1. General Statement
  2. Sequence of Explanations
  3. Closing

1. General Statement

Skema yang pertama ini berisi sebuah statement atau pernyataan umum tentang topik. Sifatnya harus ringkas, jelas dan menarik untuk membangkitkan minat pembaca.

2. Sequence of Explanations

Kemudian skema yang kedua ini berisi detail penjelasan tentang topik yang dibahas. Seperti keberadaan dan proses terjadinya suatu peristiwa. Sederhananya, skema ini harus bisa menjawab pertanyaan “bagaimana?” atau “how?”.

Karena proses terjadinya peristiwa dijelaskan secara urut dan bertahap, maka penggunaan konjungsi temporal akan sangat memungkinkan. Contoh konjungsi temporal seperti pertama, kedua, berikutnya, dan terakhir.

3. Closing

Dan skema yang terakhir berisi pernyataan atau simpulan dari topik yang telah dijelaskan.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi
Buku

Jika diperhatikan, penulisan teks eksplanasi terkesan lebih kaku dibandingkan teks lainnya. Hal tersebut disebabkan oleh kaidah kebahasaan. Kaidah kebahasaan ini merupakan aturan-aturan yang harus diikuti dalam penulisan sebuah teks.

Berikut kaidah atau ciri kebahasaan teks eksplanasi.

  • Topik yang dibahas lebih fokus pada hal umum atau generic dan tidak melibatkan partisipan manusia (non-human participants). Contohnya seperti fenomena alam gerhana, bencana alam banjir, tsunami dan gempa bumi.
  • Mengangkat kejadian ilmiah atau yang mengandung keilmuan.
  • Karena sifatnya yang ilmiah, maka harus menyertakan bukti-bukti valid dan benar adanya.
  • Menggunakan konjungsi temporal (waktu) dan kausal. Contohnya pertama, sebelum, kemudian, berikutnya, sehingga, bila, dan jika.
  • Menggunakan keterangan waktu.
  • Menggunakan kalimat pasif.
  • Banyak menggunakan kata kerja relasional (kata kerja aktif) dan kata kerja material.
  • Teks bersifat informatif.
  • Ekslanasi pada teks ditulis untuk membuat justifikasi atau meyakinkan bahwa hal yang dijelaskan tersebut memang benar adanya.

Pola Pengembangan Teks Eksplanasi

Pola Pengembangan Teks Eksplanasi
Anak-anak menulis teks

Dalam membuat teks eksplanasi, terdapat tahapan pengembangan. Pada tahap tersebut kamu perlu mengembangkan paragraf-paragraf yang ada sehingga menjadi sebuah teks eksplanasi.

Ada beberapa pola pengembangan yang bisa kamu gunakan. Berikut beberapa pola pengembangan teks eksplanasi.

  1. Pola pengembangan induktif
  2. Pola pengembangan deduktif
  3. Pola pengembangan kausalitas
  4. Pola pengembangan proses
  5. Pola pengembangan contoh

Untuk mempelajari masing-masing pola pengembangan paragraf di atas, kamu bisa mencari materi dan penjelasan lebih lanjutnya di internet.

Contoh Teks Eksplanasi

Untuk melihat contohnya, silakan buka halaman: contoh teks eksplanasi.

Kalau masih kurang jelas, kamu juga bisa menonton video materi teks eksplanasi di bawah ini.

Video teks eksplanasi

Nah begitulah pembahasan materi teks eksplanasi pada artikel kali ini. Sekarang kamu sudah tahu struktur teks eksplanasi dan contohnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Kira-kira, fenomena apa yang akan kamu buat teks eksplanasinya? atau masih ada yang belum dimengerti? Yuk kasih tau di kolom komentar.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Contoh Teks Eksplanasi Sosial

Kumpulan ⭐ contoh teks eksplanasi sosial ⭐ tentang kemiskinan ☑️ gotong royong ☑️ sampah ☑️ pengangguran ☑️

Selengkapnya

Contoh Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi

Kumpulan ⭐ contoh teks eksplanasi ⭐ singkat ☑️ virus Corona ☑️ bencana alam ☑️ fenomena sosial ☑️ dan lain-lain ☑️

Selengkapnya

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam

Kumpulan ⭐ contoh teks eksplanasi fenomena alam ⭐ bencana banjir ☑️ tsunami ☑️ gempa bumi ☑️ gerhana ☑️ dll ☑️

Selengkapnya

8 pemikiran pada “Teks Eksplanasi”

  1. Terima kasih mas, penjelasan materi teks eksplanasinya jelas banget, contohnya izin dipake yaa buat tugas sekolah 🙂

    Balas

Tinggalkan komentar