Contoh Teks Eksemplum

Pendiam dengan pikiran lantang. Suka ngopi dan baca buku. Finalis 100 besar Duta Bahasa Jawa Barat 2017. Follow ig @muhammadanas.id

Sebelumnya, di Pendidikanpedia kita pernah belajar tentang materi teks eksemplum. Nah kalau kamu belum tahu apa itu teks eksemplum dan seperti apa strukturnya, silakan baca materinya pada artikel tersebut. Secara singkat, teks eksemplum merupakan teks yang menceritakan tentang pengalaman seseorang.

Untuk bisa mempelajari teks eksemplum lebih baik, maka penting untuk membaca contohnya. Nah, biasanya contoh teks eksemplum ini bisa kamu temukan di internet, termasuk di situs Pendidikanpedia ini. Yup! Pada kesempatan kali ini Pendidikanpedia akan memberikan contoh-contoh teks eksemplum.

Simak sepuluh contoh teks eksemplum beserta strukturnya berikut ini:

Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya

Salah Memilih Jasa Ekspedisi

Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya

Orientasi

Di pertengahan tahun ini aku telah menyelesaikan masa SMA-ku dan berencana untuk melanjutkan studi di salah satu perguruan tinggi negeri. Universitas yang aku incar adalah salah satu universitas populer di provinsi Jawa Tengah. Sementara aku dan keluarga berasal dari Jawa Barat.

Tentu ada banyak hal dan faktor yang aku pertimbangkan mengapa aku ingin berkuliah di situ, salah satunya adalah karena aku ingin lebih mandiri. Nantinya, di sana aku akan tinggal di sebuah kos-kosan dan bisa merasakan sebuah tantangan baru.

Singkat cerita, berkat kerja kerasku berbulan-bulan belajar dengan tekun, aku pun behasil lolos di universitas tersebut dan tinggal mengirimkan berkas fisik sebagai syarat daftar ulang.

Pihak universitas meminta beberapa lembar fotocopy dokumen seperti ijazah SMA, akta kelahiran, dan lain-lain dirikimkan melalui POS atau jasa ekspedisi.

Insiden

Karena pada saat itu aku berniat menghemat uang, aku pun memilih sebuah jasa ekspedisi yang namanya tidak populer sama sekali. Satu alasanku saat itu ialah, karena jasa logistik tersebut menawarkan harga yang sangat murah dengan jaminan sampai esok hari.

Aku mulai mengemasi dokumen-dokumenku dan menelepon agen atau kurir jasa ekspedisi tersebut untuk menyerahkan paketku. Kami bertemu di sebuah tempat dan aku pun menyerahkan paket tersebut serta membayar ongkos kirimnya.

Awalnya tidak ada yang aneh, sampai akhirnya hingga esok hari tiba, aku masih belum kunjung mendapatkan nomor resi paketku. Ku coba hubungi kurir yang kemarin aku temui, tetapi tidak ada jawaban.

Setelah aku cari-cari informasi seputar nama jasa ekspedisi tersebut di internet, ternyata itu adalah sebuah perusahaan bodong yang menipu banyak orang dengan kedok jasa pengiriman barang. Aku sangat panik waktu itu, selain rugi materi, aku juga telah memberikan data-data pentingku ke orang yang tidak bertanggung jawab.

Interpretasi

Meski pada akhirnya aku bisa mengirim kembali paketku menggunakan jasa ekspedisi terpercaya Trawlbens, tentu ini adalah sebuah pengalaman berharga. Dari kejadian ini, aku belajar untuk selalu mempercayakan kebutuhanku ke entitas yang resmi dan terpercaya.

Contoh Teks Eksemplum Tentang Pendidikan

Terlambat Masuk Sekolah

Contoh Teks Eksemplum Tentang Pendidikan

Saat ini aku bersekolah di salah satu SMA favorit di kotaku. Meski aku bersekolah di kota, tetapi rumahku berada di desa. Oleh karena jarak yang terlalu jauh tersebut, aku pun menyewa sebuah kamar kos agar jarak ke sekolah bisa lebih dekat sehingga lebih menghemat waktu.

Akan tetapi, alih-alih bisa datang lebih awal, aku justru sering sekali meremehkan waktu. Jam masuk sekolahku adalah pukul 07.00 tetapi, pak Satpam sudah dijadwalkan untuk menutup pintu gerbang pada pukul 06.45.

Terkadang, aku menghabiskan waktu terlalu lama bersiap-siap di kosan atau malah bangun kesiangan. Sehingga, tidak jarang aku tiba di sekolah dengan sisa waktu yang pas-pasan sebelum gerbang ditutup. Bisa dibilang, aku cukup beruntung.

Tetapi, rasanya di hari Senin kala itu, dewi fortuna sedang tidak berpihak padaku. Aku bangun kesiangan dan menghabiskan waktu terlalu lama mencari dasi untuk upacara karena aku menaruhnya sembarangan.

Akhirnya, aku pun terlambat. Ini merupakan kali pertama diriku terlambat di sekolah. Setbanya di depan gerbang sekolah, pak Satpam sudah menyambutku. Aku dan murid lain yang juga terlambat pun dihukum melakukan push up sebanyak 20 kali.

Selain push up, aku juga harus membersihkan halaman dan taman depan sekolah selama kurang lebih 20 menit. Malu dan sedih rasanya aku harus menerima hukuman karena datang terlambat. Apalagi, aku dikenal sebagai siswa yang rajin dan cerdas, tentu ini sangat buruk untuk citra diriku.

Sejak saat itu, aku mulai belajar bangun tepat waktu agar tidak terlambat dan menerima hukuman lagi.

Contoh Teks Eksemplum Tentang Hewan

Pickles, Burung Pipit yang Sombong

Contoh Teks Eksemplum Tentang Hewan

Orientasi

Di sebuah hutan yang belantara dan jauh dari pemukiman manusia, diceritakan hidup sekelompok burung pipit. Salah satu dari mereka bernama Peackles. Di hutan itu, ia tinggal dengan kelompoknya.

Di kalangan kelompok burung pipit tersebut, Peackles terkenal sebagai seekor burung pipit yang tidak memiliki teman, selalu sendiri, dan selalu merasa benar sendiri. Dia beranggapan bahwa dirinyalah yang paling benar dan hal itu membuatnya menjadi sombong.

Di salah satu area hutan tersebut, kelompok burung ipit itu membuat sarang sebagai tempat tinggal mereka setelah sebelumnya berpindah dari tempat lain.

Seluruh anggota kelompok menggunakan tumpukan jerami sebagai bahan utama membuat sarang. Namun, berbeda dengan mereka, Peackles membuat sarangnya menggunakan potongan kertas origami warna-warni.

Menurutnya, sarangnya lah yang paling bagus karena terbuat dari kertas yang warna-warni. Saat itu, ia tidak memikirkan tentang ketahanan sarangnya.

Di sebelah Peackles, ada juga burung pipit lain yang juga sedang membuat sarang, ia adalah Coco. Tidak seperti Peackles, Coco membuat sarangnya dari tumpukan jerami seperti yang lainnya.

Berkebalikan dengan Peackles, Coco populer sebagai burung pipit yang dermawan dan rendah hati. Karena bersebelahan, tidak jarang Peackles mengejek Coco karena sarangnya hanya terbuat dari jerami.

Saat itu, Coco hanya memberikan saran kepada Peackles agar menggunakan tumpukan jerami juga supaya sarangnya lebih kuat dan kokoh. Sayang, saran Coco itu ibarat angin lalu saja bagi Peackles. Ia tidak menanggapinya sama sekali.

Insiden

Selang beberapa waktu, semua burung pipit selesai membuat sarangnya, termasuk Peackles dan Coco.

Siapa yang menyangka, tidak lama hujan turun dan semuanya masuk ke sarang yang sudah mereka buat masing-masing.

Akan tetapi, karena terbuat dari kertas saja, maka sarang Peakcles mulai rusak terkena air hujan. Tubuh Peackles pun basah kuyup diguyur air hujan. Ia sangat panik saat itu.

Untungnya, Coco dengan senang hati mempersilakan Peackles untuk masuk ke sarangnya sementara selagi hujan masih turun.

Interpretasi

Pada akhirnya, Peackles menyesali apa yang selama ini ia perbuat. Setelah hujan reda, Peackles kembali membuat sarangnya, kali ini dengan tumpukan jerami.

Sejak saat itu, Peackles berjanji pada diri sendiri untuk tidak lagi sombong dan bersikap buruk. Ia sudah tersadar bahwa sesungguhnya kesederhanaan adalah sesuatu yang lebih baik. Terlebih, ia juga merupakan seorang makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain.

Contoh Teks Eksemplum Tentang Peristiwa Alam

Banjir di Desa Bungamekar

Contoh Teks Eksemplum Tentang Peristiwa Alam

Abstrak

Pada hari Kamis, 5 Desember 2019 lalu desa Bungamekar, desa tercinta miliku yang terletak di salah satu kota provinsi Jawa Barat terendam banjir hampir seukuran dada orang deawasa.

Hingga saat ini, keadaan di sini masih belum pulih secara sepenuhnya. Beberapa keluarga masih mengungsi dan ingin menunggu sampai keadaan benar-benar aman.

Orientasi

Sebagian besar dari kami di sini masih merasa syok dengan bencana alam banjir ini. Bukan tanpa alasan, karena meskipun di musim hujan seperti saat ini, sebelumnya jarang sekali desa kami bisa terendam banjir separah ini.

Beberapa orang di sini bahkan menganggap bahwa ini adalah banjir terparah yang pernah terjadi di sini.

Pada awalnya, hujan deras terus mengguyur desa Bunamekar terhitung sejak tanggal 1 Desember, empat hari sebelum banjir terjadi.

Sebelumnya, kami masih santai menjalani aktivitas sehari-hari. Namun, pada tanggal 4 air mulai sedikit naik.

Insiden

Tiba di tanggal 5 Desember, hujan tidak berhenti dari pagi hari sampai sore hari, lebih dari 6 jam hujan terus terjadi.

Kemudian pada malam hari, karena minim penerangan, air naik secara tiba-tiba. Ketika air sudah mencapai lutut, para warga mulai panik dan berencana untuk mengungsi.

Tetapi, air terus naik hingga mencapai ukuran dada orang dewasa. Warga-warga yang terlambat menyelamatkan harta bendanya pun harus ikhlas merelakan harta bendanya terendam air.

Interpretasi

Dari kejadian ini, kami belajar banyak. Jika suatu hal jarang terjadi sebelumnya, bukan berarti hal tersebut tidak akan benar-benar terjadi sama sekali. Sama halnya dengan banjir di desa Bungamekar.

Kami mulai belajar untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, tidak mencemari lingkungan sekitar, dan perangkat desa mulai mencari solusi untuk mencegah banjir serupa terjadi lagi.

Contoh Teks Eksemplum Fiksi

Kecerobohan Sang Kelinci

Contoh Teks Eksemplum Fiksi

Orientasi

Ceritanya ada sebuah desa di hutan yang dihuni oleh berbagai macam binatang. Mereka semua hidup dengan damai dan harmonis. Di antara mereka semua, ada satu seekor kelinci yang sangat terkenal akan kecepatannya larinya.

Kelinci-kelinci lain di sana bahkan tidak ada yang dapat menandingi kecepatan super kelinci tadi. Bukan hanya kecepatan larinya yang luar biasa, kelinci tadi itu bahkan juga memiliki lompatan yang sangat tinggi.

Pada suatu hari, desa tersebut mengadakan sebuah acara perlombaan lari yang bisa diikuti oleh semua hewan, termasuk kelinci tadi.

Pemenang acara lomba tersebut nantinya akan mendapatkan sejumlah aneka buah dan makanan yang bisa disimpan sampai beberapa musim ke depan lamanya.

Hadiah ini tentunya sangat menggiurkan hingga setiap keluarga hewan di sana menginginkannya. Mereka pun mengirimkan masing-masing anaknya yang masih lincah untuk berpartisipasi di perlombaan itu.

Insiden

Tibalah hari perlombaan. Semua hewan sudah bersiap-siap di garis start untuk memulai perlombaan. Dan lomba pun dimulai.

Dengan kekuatan supernya, kelinci melaju dengan sangat cepat dan meninggalkan peserta-peserta lain. Penonton yang ada di sana pun hanya bisa terpana dan terpesona melihat kecepatan si kelinci itu.

Sayang, di tengah jalan, karena terlalu cepat berlari, si kelinci tidak terlalu memperhatikan jalan. Padahal, jalan perlombaan memang dibuat sedemikian rupa dengan jebakan-jebakan dan rintangan yang cukup sulit.

Ia terus menambah kecepatan, hingga akhirnya ia terjebak dan masuk ke dalam salah satu lubang jebakan. Setelah ditolong oleh peserta lain untuk naik kembali dari lubang, ternyata kaki sang kelinci terluka.

Terpaksa, ia tidak bisa melanjutkan perlombaan. Ia sangat sedih dan menyesal karena terlalu meremehkan perlombaan dengan mengandalkan kemampuan larinya. Para penonton pun tidak menyangka bahwa si kelinci akan mengalami hal seperti ini.

Interpretasi

Sang kelinci merasa sangat kecewa. Karena sebelumnya, ia tidak pernah membuat kesalahan yang membuatnya seperti ini.

Akhirnya, si kelinci belajar untuk tidak mengulangi hal serupa. Ia berjanji pada diri sendiri untuk tidak meremehkan apapun dan belajar lebih fokus.


Nah itulah kumpulan contoh teks eksemplum beserta strukturnya dari Pendidikanpedia. Setelah mengetahui dan membaca contoh-contoh di atas, kamu jadi tahu betul seperti apa sebuah teks eksemplum dan jadi bisa membuat teks eksemplum sendiri.

Dari kelima contoh di atas, mana yang jadi favorit kamu? Atau kamu ingin dibuatkan contoh baru dengan tema lainnya? Bilang saja di kolom komentar ya!

Teks Eksemplum: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, dan Contoh

Teks Eksemplum: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, dan Contoh

Materi ⭐ teks eksemplum ⭐ meliputi pengertian ☑️ struktur ☑️ ciri-ciri ☑️ kaidah kebahasaan ☑️ dan jenis-jenisnya ☑️

Selengkapnya

Cara Membuat Pidato yang Baik dan Benar Beserta Contohnya

Cara Membuat Pidato yang Baik dan Benar Beserta Contohnya

Mau buat teks pidato? Bacalah ⭐ cara membuat pidato ⭐ yang menarik ☑️ beserta contoh kerangkanya ☑️ berikut ini!

Selengkapnya

Tinggalkan komentar