4 Teks Diskusi Tentang Sampah dan Contohnya

Teks diskusi merupakan teks yang menyajikan dua pendapat yang berbeda terkait dengan fenomena atau isu-isu tertentu. Dalam teks tersebut, ada dua perbedaan pendapat baik yang mendukung maupun menentang terhadap isu-isu tertentu. Nah, dalam kesempatan ini, kami akan memberikan contoh teks diskusi tentang sampah. Mengapa sampah? Ya, sampah menjadi persoalan sejak dahulu namun belum ada solusi yang tepat.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang teks diskusi tentang sampah, Anda perlu tahu struktur teks diskusi ini. Apa isi teks diskusi? Teks diskusi terdiri dari 3 struktur, yakni: Isu, argumen, dan kesimpulan. Untuk lebih jelasnya, mari simak contoh teks diskusi mengenai sampah sebagai berikut.

Pembuangan Sampah Organik

Pembuangan Sampah Organik
Teks Diskusi Tentang Sampah

Dari dulu, sampah memang menjadi masalah yang tak kunjung selesai.  Ya, tumpukan sampah berdampak buruk pada lingkungan. Salah satu sampah yang banyak ditemukan adalah sampah organik. Sampah ini merupakan jenis sampah yang bisa terurai sendiri. Adapun jenis-jenis sampah organik ini di antaranya sampah sayuran, buah-buahan, dedaunan dan sampah organik lainnya. Sampah organik memang bisa terurai dengan sendirinya, namun perlu pengolahan yang tepat agar tidak menimbulkan efek buruk pada lingkungan sekitar.

Banyak masyarakat yang belum bisa mengelola pembuangan sampah organik dengan baik. Mereka masih beranggapan bahwa sampah organik itu bisa terurai dengan tanah dengan sendirinya. Penguraian sampah organik tersebut juga tidak membutuhkan jangka waktu yang khusus. Sampah tersebut akan terurai seiring dengan berjalannya waktu.

Hanya saja, sampah organik tersebut jika tidak Anda olah dengan baik. Itu akan mencemari lingkungan sekitar. Sampah organik itu menimbulkan bau busuk yang bisa mengganggu Anda dan tetangga Anda. Dalam volume kecil, mungkin sampah organik ini tidak menimbulkan masalah yang berarti. Namun bagaimana jika sampah organik tersebut menumpuk dalam jumlah banyak? Tentu akan menjadi masalah.

Banyak masalah kesehatan yang timbul dari sampah organik. Tumpukan sampah organik itu akan mengundang lalat. Lalat tersebut kemudian masuk ke rumah dan menjangkau sudut rumah. Mereka juga membawa penyakit yang berbahaya bagi kesehatan.

Baca juga: 4 Contoh Teks Diskusi yang Bisa Kamu Duplikasi

Manfaat Sampah Organik

Manfaat Sampah Organik

Sebenarnya, sampah organik itu bisa bermanfaat jika kita olah dengan baik. Ya, kita bisa mengolah sampah organik tersebut untuk dijadikan pupuk. Cara pengolahan sampah organik pun juga cukup mudah. Anda cukup membutuhkan alat-alat sederhana. Pupuk organik tersebut bagus untuk tanaman.

Selain itu, Anda juga bisa menjual pupuk organik untuk kebutuhan umum. Penghasilan dari penjualan pupuk organik itu lumayan lho. Anda bisa menjual 10 ribu hingga 20 ribu rupiah per karungnya. Anda bisa tetap menjaga lingkungan Anda bersih sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan.

Sampah organik memang bisa terurai dengan sendirinya. Namun, jika sampah ini hanya kita biarkan saja, itu akan menimbulkan masalah. Selain berbagai macam penyakit, sampah organik yang tidak dikelola dengan baik juga akan mencemari lingkungan. Pengelolaan sampah menjadi jalan terbaik untuk mengatasi sampah, khususnya sampah organik.

Masyarakat juga harus kita edukasi agar bisa membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, mereka bisa memisahkan mana yang termasuk sampah organik dan mana yang anorganik. Pemisahan sampah tersebut akan memudahkan pengolahan sampah.

Untuk sampah organik bisa kita olah menjadi pupuk kompos. Sementara itu, sampah anorganik bisa kita gunakan sebagai bahan membuat kerajinan tangan. Sampah tersebut juga bisa kita jual kepada pengepul rosok. Hasil dari penjualannya juga lumayan lho.

Contoh Teks Diskusi Tentang Sampah Plastik

Contoh Teks Diskusi Tentang Sampah Plastik

Sampah Plastik termasuk sampah yang jumlahnya sangat banyak. Hampir semua rumah tangga membuang sampah plastik ini yang cukup banyak. Plastik memang digunakan dalam banyak produk, seperti pembungkus makanan, snack dan masih banyak lainnya. itulah mengapa sampah plastik ini mendominasi sampah di level keluarga.

Sampah plastik tergolong sampah anorganik. Ya, sampah jenis ini tidak bisa terurai dengan sendirinya. Sisa plastik membutuhkan hingga ribuan tahun untuk bisa terurai dengan tanah. Oleh karena itu, sampah plastik harus diolah dengan baik agar bisa menjaga lingkungan tetap sehat.

Namun, setiap orang mempunyai cara berbeda dalam menangani sampah plastik ini. Beberapa dari mereka mengatasi sampah plastik ini dengan cara mengolahnya. Namun, sisanya mereka lebih memilih mengubur atau membakar sampah plastik ini.

Bagi, orang yang memilih mengubur atau membakar sampah plastik ini karena merasa kesulitan harus mengolah sampah plastik. Mereka harus memilah sampah terlebih dulu antara yang bisa didaur ulang kembali dan yang tidak. Setelah itu, mereka harus membersihkan sampahnya untuk bahan membuat kerajinan tangan.

Kreasi tangan dari bahan sampah juga harus membutuhkan skill khusus. Padahal tidak semua orang mempunyai keahlian berkreasi dari bahan sampah plastik. Itulah mengapa mereka lebih memilih untuk mengubur atau membakar sampah plastik ini. Cara ini merupakan cara yang termudah dalam mengatasi sampah plastik yang banyak jumlahnya.

Terlebih mereka yang masih tinggal di kawasan pedesaan di mana masih banyak lahan dijadikan tempat penimbunan sampah. Meski mereka bakar sampahnya asapnya juga tidak mengganggu tetangga di sekitarnya.

Solusi Mengatasi Sampah Plastik

Solusi Mengatasi Sampah Plastik

Namun membakar atau menimbun sampah itu bukan solusi terbaik bagi sebagian orang. Mereka menganggap bahwa mengatasi sampah plastik jalan satu-satunya adalah dengan pengolahan atau daur ulang. Mengingat sampah plastik akan sulit terurai dengan tanah. Kalaupun terurai membutuhkan waktu yang lama sekali.

Mengubur sampah plastik hanya akan menambah masalah. Sampah memang akan berpindah dari tempat sampah di sekitar Anda. Namun, sampah tersebut akan lama terurai. Tentunya sampah ini juga akan mencemari tanah. Tanah menjadi tidak subur lagi dan Zat hara tanah juga semakin berkurang. Hal tersebut karena banyaknya sampah plastik yang memenuhi tanah.

Membakar sampah plastik juga bukan solusi terbaik. Pembakaran sampah tersebut akan menimbulkan polusi udara. Niatnya ingin mengurangi sampah plastik tetapi malah memicu polusi udara. Terlebih bagi Anda yang tinggal di perkotaan, tentu saja pembakaran sampah plastik ini akan mengganggu kenyamanan tetangga Anda. Residu pembakaran sampah plastik juga tidak hilang. Itu masih tersisa dan menimbulkan permasalahan baru.

Oleh karena itu, daur ulang dan pengolahan sampah plastik menjadi solusi terbaik. Memang mengatasi sampah dengan cara ini sedikit ribet. Anda harus membersihkan sampah kemudian mendaur ulang sampahnya. Namun, daur ulang ini lebih ramah lingkungan. Selain itu,  pengolahan sampah ini juga menghadirkan keuntungan dari penjualan sampah. Ada beberapa jenis sampah plastik yang laku terjual dengan harga yang lumayan.

Mengatasi masalah sampah plastik memang bukan perkara mudah. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan seperti membakar, mengubur maupun mendaur ulang sampah plastik. Semuanya mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun demikian, daur ulang sampah plastik menjadi cara terbaik mengatasi sampah meski sedikit lebih ribet.

Baca juga: 6 Contoh Teks Diskusi Tentang Kesehatan

Penutup

Teks diskusi bertujuan untuk memberikan pandangan kepada pembaca terkait dengan fenomena atau isu-isu yang sedang hangat di masyarakat, termasuk masalah sampah. Contoh teks diskusi tentang sampah di atas juga terdiri dari pernyataan mendukung maupun menentang. Anda sebagai pembaca pun harus lebih cerdas dalam melihat suatu isu-isu tersebut.

ID); $args = array( 'post_type' => array('post', 'news'), 'category__in' => $cat, 'showposts' => 5, 'post__not_in' => array($current_post->ID) ); $related_posts = new WP_Query($args); ?> have_posts() ) : ?>
Materi Terkait
have_posts()) : $related_posts->the_post(); ?>
get_the_title() ) ); ?>
Oleh

Tinggalkan komentar