Contoh Teks Ceramah

Seorang pendiam dengan pikiran yang lantang. Suka ngopi dan baca buku. Finalis 100 besar Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2017.

Teks ceramah akan membantu penceramah menyampaikan materi ceramahnya kepada pendengar. Teks ceramah juga menjadi salah satu materi mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas XI, lho.

Bagi kamu yang sedang mencari contoh ceramah baik untuk latihan maupun tugas, berikut Pendidikanpedia sediakan kumpulan contoh teks ceramah beserta strukturnya, mulai dari ceramah umum, singkat, agama, lucu, dan tema-tema pilihan lainnya.

Contoh Teks Ceramah Bahasa Indonesia Tentang Kematian

Contoh Teks Ceramah Bahasa Indonesia Tentang Kematian
Ceramah bahasa Indonesia tentang kematian

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pertama – tama mari kita panjatkan puji serta syukur atas kehadirat Allah SWT. Karena dengan rahmat dan hidyah-Nya kita bisa berkumpul bersama di hari yang cerah nan bahagia ini.

Tak lupa shalawat serta salam kita panjatkan kepada baginda besar Nabi Muhammad SAW, tak lupa juga terhadap keluarganya, sahabatnya dan kita selaku umatnya yang insyaallah mendapatkan syafaatnya di akhir zaman, aamiin.

Dalam QS. Ali Imran ayat 145 Allah berfirman yang artinya “Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya”. (QS. Ali Imran : 145).

Dalam ayat ini sangat jelas bila kematian adalah hal yang mutlak adanya, tentu dengan waktu yang telah Allah tentukan.

Tak ada satupun dari kita mengetahui kapan dan dimana kita akan dijemput oleh ajal. Satu hal yang perlu kalian ingat bahwa kehidupan di dunia hanya sementara.

Maka dari itu saudaraku, mulai hari ini dan seterusnya mari kita mempersiapkan diri untuk kehidupan selanjutnya, kehidupan yang lebih kekal.

Mulai dari bertaubat kepada Allah SWT dan juga bermuhasabah diri, mohon ampun lah kalian sebelum waktunya terlambat. Allah SWT telah menyiapkan surga dan neraka sebagai imbalan untuk perbuatan kita saat di dunia. 

Oleh karena itu, jangan sampai kalian terlena terhadap semua pernak-pernik dunia yang bersifat fana. Semua yang ada di dunia ini hanya bersifat sementara dan Allah bisa mengambilnya kapanpun.

Sekian ceramah dari saya tentang kematian. Semoga kita semua selalu dalam lindungan-Nya dan berakhir dalam keadaan husnul khotimah. Aamiin.

Wasalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Teks Ceramah Beserta Strukturnya Tentang Jodoh

Contoh Teks Ceramah Beserta Strukturnya Tentang Jodoh
Ceramah tentang jodoh

Pendahuluan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hadirin sekalian yang dirahmati Allah,

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT. Berkat rahmat-Nya, kita semua dalam keadaan sehat walafiat dan bisa berkumpul untuk menimba ilmu bersama-sama pada hari yang cerah ini.

Shalawat serta salam, kita persembahkan kepada Nabi seluruh alam, Nabi Muhammad SAW, keluarga dan sahabat–sahabatnya

Isi

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas sedikit tentang jodoh. Seperti yang kita tahu jodoh merupakan takdir yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.

Sebagaimana firman-Nya dalam QS. Ar-Rum Ayat 21 yang artinya sebagai berikut.

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri supaya kamu cenderung dan merasa tentram kepadanya, dan dijadikannya diantaramu rasa kasih dan sayang”. (QS Ar Rum : 21). 

Maka dari itu pilihlah seseorang yang bisa memaafkan kesalahan kita walau sebesar apapun. Pada hakikatnya semua orang bisa memaafkan kesalahan orang lain, namun toleransi juga memiliki batasnya tersendiri.

Pilihlah dia yang bisa menerima kita apa adanya. Dan yang terakhir, pilihlah dia yang bisa mengajakmu pada rahmat-Nya, dia yang bisa mengajakmu dalam hal kebaikan patut dipilih untuk menjadi pasangan.

Penutup

Kesimpulan dari apa yang saya sampaikan adalah pilihlah jodoh yang baik akhlak dan agamanya. Karena itu merupakan kunci utama agar kita bisa senantiasa berada dijalan-Nya. Dan insyaallah menjadi hal yang dirahmati setiap waktunya.

Cukup sekian ceramah singkat hari ini, semoga kalian bisa mengambil pelajarannya. Kurang lebihnya mohon maaf, karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Singkat Beserta Strukturnya Tentang Kejujuran

Contoh Teks Ceramah Singkat Beserta Strukturnya Tentang Kejujuran
Ceramah tentang kejujuran

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Mari pertama-tama kita panjatkan puji syukur terlebih dahulu ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan beribu nikmat kepada kita semua. Shalawat serta salam senantiasa kita limpah curahkan kepada junjungan alam Nabi Muhammad SAW sebagai suri teladan yang tak ada tandingannya.

Salah satu sifat rasul yang patut kita teladani dan dijadikan kebiasaan setiap hari, yaitu sifat amanah dan jujurnya. Ada suatu saat, ketika baginda berumur 12 tahun.

Beliau ikut dengan pamannya untuk berdagang ke berbagai daerah di jazirah Arab. Karena sifat amanah dan jujurnya beliau menjadi pedagang yang sukses, bahkan kehadirannya pun dinantikan oleh banyak pembeli.

Pada zaman seperti ini sangat sulit sekali mencari orang yang jujur dan amanah. Maka dari itu berhentilah mencari dan cobalah menjadi.

Menjadi salah satu orang yang memiliki sifat jujur dan amanah sebagaimana yang telah diajarkan oleh Rasul kita sekalian.

Mungkin cukup sekian ceramah singkat yang bisa saya sampaikan. Kurangnya mohon dimaafkan, karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT semata. 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Sabar

Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Sabar
Ceramah tentang sabar

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hadirin sekalian yang dirahmati Allah SWT,

Puji syukur senantiasa kita panjatkan terhadap kehadiran Allah SWT, berkat rahmat, inayah serta hidayah-Nya kita bisa bertemu dalam majelis yang insyaallah berkah ini.

Yang kedua, shalawat serta salam bersama–sama kita curahkan kepada baginda agung Nabi Muhammad SAW, yang telah menuntun kita dari kegelapan menuju jalan yang baik.

Dalam QS. Al-Baqarah ayat 153 Allah telah berfirman :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ 

Yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar,” (QS. Al-baqarah : 153).

Sebegitu mulianya orang yang sabar. Sabar sendiri berasal dari kata sabaro yasbiru yang artinya menahan. Menahan memiliki arti yang luas, contohnya mulai dari menahan diri dari rasa kesal dan amarah hingga menahan rasa dahaga dan lapar saat menunaikan ibadah puasa. 

Bukan hal yang mudah untuk bisa mendapat nikmat kesabaran yang sesungguhnya. Kita harus bisa mengontrol diri dari lingkungkan sekitar yang mungkin dapat memancing hawa nafsu dan kezaliman.

Dengan demikian, marilah kita lebih medekatkan diri kepada sang Khaliq agar senantiasa mendapat perlindungan serta keridhaan-Nya.

Sabar merupakan kunci sukses dalam menjalani hidup, agar lebih berkah dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang sekitar.

Saya cukupkan ceramah singkat saya hari ini. Semoga saudara sekalian bisa mengambil hikmah serta pelajaran yang bermanfaat. 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Menuntut Ilmu

Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Menuntut Ilmu
Ceramah tentang menuntut ilmu

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah pada hari ini kita semua diberikan nikmat sehat oleh Allah SWT sehingga bisa berkumpul pada majelis yang insyaallah berkah ini.

Tak lupa shalawat serta salam dicurahkan kepada baginda agung Nabi Muhammad SAW, keluarga dan sahabatnya. Dan kita selaku umatnya mendapatkan syafaatnya di yaumil akhir kelak. Aamiin.

Saudaraku sekalian,

Menuntut ilmu memiliki keutamaan bagi mereka yang menjalankannya. Hal ini dijelaskan dalam QS. Al-Mujadalah ayat 11 yang artinya berbunyi “Allah akan mengangkat derajat orang beriman dan yang berilmu dengan beberapa derajat”.

Mulai dari ilmu dunia hingga ilmu akhirat sangat diutamakan. Karena bagi siapa saja yang sedang menuntut ilmu maka pemikirannya akan meluas dan memiliki sudut pandang lebih dari mereka yang bermalas malasan menuntut ilmu.

Dengan demikian bergiatlah kalian menuntut ilmu sebab hal itu merupakan salah satu jalan ibadah agar kita lebih dekat dengan yang maha kuasa.

Tanpa ilmu seseorang akan menjadi buta dalam hal apapun. Sekian pesan yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaaat.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Ikhlas

Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Ikhlas
Ceramah tentang ikhlas

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua.

Shalawat serta salam tak lupa kita curah limpahkan kepada baginda agung Nabi Muhammad SAW, keluarganya, para sahabatnya dan kita semua sebagai umat yang insyallah mendapatkan syafaatnya kelak.

Hadirin yang berbahagia,

Pada kesempatan kali ini saya akan menjabarkan secara singkat apa itu ikhlas. Ikhlas memiliki arti tulus dalam melakukan hal apapun tanpa berharap imbalan sedikitpun.

Dalam islam, ikhlas merupakan perbuatan yang tulus semata-mata karena Allah SWT. Tak ada seorang pun yang dapat tahu ikhlasnya seseorang hanya Allah SWT yang bisa mengetahui apa yang ada dalam hati dan pikiran. Berhati hati lah dalam perbuatan, hindari ria dalam diri cuma karena ingin dipuji.

Selalu ikhlas setiap saat merupakan suatu hal yang tak mudah. Tapi jika jiwa kita didasari oleh iman dan islam maka setiap perbuatan pasti akan terdorong untuk ikhlas karena Allah SWT. Tulus untuk menerima setiap qada dan qadar Allah merupakan hal yang tak ternilai harganya.

Sekian ilmu yang dapat saya bagikan, semoga apa yang saya sampaikan bisa diaplikasikan dalam kehidupan. 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Hari Raya Idul Fitri

Contoh Teks Ceramah Singkat Tentang Hari Raya Idul Fitri
Ceramah tentang hari raya idul fitri

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji serta syukur selalu kita panjatkan atas kehadiran Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga kita bisa berkumpul pada hari yang fitri ini.

Shalawat serta salam semoga selalu tercurah limpahkan kepada junjungan alam Nabi Muhammad SAW, tak lupa keluarganya, sahabatnya, dan seluruh kaum muslimin.

Hadirin yang berbahagia,

Alhamdulillah kita telah berada di penghujung bulan Ramadhan, tentu saja karena rahmat-Nya kita bisa berbahagia. Setelah berpuasa selama sebulan penuh, kita bisa merayakan idul fitri bersama yang mana hari ini merupakan hari besar bagi setiap umat muslim.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang mulia dari seluruh bulan. Bagaimana tidak, semua doa terkabul, pahala dilipat gandakan, maka beruntunglah mereka yang berlomba lomba dalam kebaikan juga ibadah selain puasa selama bulan Ramadhan.

Dan merugilah ia yang selalu berbuat lalai dan mengerjakan amal buruk, sebab amal buruk juga dilipat gandakan saat bulan Ramadhan.

Setelah melewati bulan suci kemarin tolong jangan sampai menurun lagi tingkat keimanan dan ibadah kita selama bulan Ramadhan.

Pesan saya tetap konsisten dalam menjalankan kebaikan dan hindari segala keburukan. Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Umum Tentang Kerukunan

Contoh Teks Ceramah Umum Tentang Kerukunan
Ceramah umum tentang kerukunan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hadirin semua yang saya hormati,

Pertama-tama marilah kita ucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di hari yang bahagia ini. 

Saudara-saudari yang terkasih, hidup damai dan rukun merupakan dambaan setiap orang. Tak ada yang ingin hidup dalam masalah dan depresi.

Mereka yang ingin mendapat kedamaian dalam hidupnya memiliki cara sendiri dalam mencapai hal tersebut.

Langkah awal untuk mencapai sebuah kerukunan biasanya dilakukan dengan mencintai sesama kita, baik manusia maupun lingkungan.

Hanya dengan itu, kita bisa menerima perlakuan yang sama. Suatu hal yang sulit memang, tapi tak menutup kemungkinan kita dapat melakukannya.

Maka dari itu, hadirin sekalian, perbedaan merupakan hal yang sering kita jumpai dalam lingkungan masyarakat.

Menjadi manusia utuh dan saling menghargai satu sama lain merupakan kunci hidup rukun dan damai. Sekian yang dapat saya sampaikan. Terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Umum Tentang Gotong Royong

Contoh Teks Ceramah Umum Tentang Gotong Royong
Ceramah umum tentang gotong royong

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hadirin yang terhormat,

Segala puji bersama-sama kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena rahmat dan karunia-Nya kita dapat bertemu di hari yanng cerah ini.

Gotong royong merupakan hal positif, yang telah diwariskan oleh nenek moyang kita sedari dulu. Budaya saling tolong-menolong melahirkan rasa toleransi dan kebersamaan antarwarga dan sesama semakin tinggi.

Masyarakat Indonesia terkenal dengan ramah tamahnya, sebuah hal yang harus kita lestarikan sampai kapanpun. Bersama bahu-membahu mulai dari hal yang sederhana hingga membela keutuhan negara.

Terkadang kita memiliki sifat egois untuk memilih sikap individualis. Berpikir bahwa hidup sendiri itu merupakan anugerah, tanpa ada seorang pun mencampuri urusan kita. Sebuah pemikiran yang salah, karena pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan satu sama lain. 

Maka dari itu, marilah kita bersama-sama saling membantu mereka yang membutuhkan pertolongan dari kita yang mampu untuk menolong. Cukup sekian hal yang dapat saya sampaikan,kurang lebihnya mohon maaf. 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Umum Tentang Keluarga

Contoh Teks Ceramah Umum Tentang Keluarga
Ceramah umum tentang keluarga

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hadirin semua yang saya hormati,

Pertama-tama mari kita ucapkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas semua karunia-Nya, kita dapat berkumpul di hari yang cerah dan penuh berkah ini.

Setiap orang pasti memiliki yang namanya sebuah keluarga. Keluarga memiliki makna yang sangat mendalam dan memilki beberapa sudut pandang untuk diartikan.

Bukan penjabaran yang harus kita perhatikan, namun kasih sayang dari keluarga sangat penting dan tak dapat digantikan oleh siapapun. Dari lingkungan keluarga kita akan mendapatkan kebahagiaan dan ketentraman batin. 

Salah satu rumah bernyawa yang dapat kita jadikan tempat untuk pulang. Saat kita telah lelah dalam perjalanan mencari jati diri, keluarga selalu menjadi alasan utama tempat kita untuk mengadu. Sebuah kemustahilan jika kita tak memiliki rasa kasih dan sayang terhadap keluarga kita sendiri. 

Dengan demikian, sayangilah keluargamu sebagaimana mereka mencintaimu. Sekian, terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Tentang Pendidikan

Contoh Teks Ceramah Tentang Pendidikan
Kegiatan belajar di bidang pendidikan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah SWT tuhan semesta alam sebab atas karunia dan rahmat-Nya, kita dapat berkumpul bersama di sini dalam keadaan sehat wal afiat.

Shalawat serta salam dicurahkan kepada baginda agung Nabi Muhammad SAW, keluarga dan sahabatnya dan kita selaku umatnya.

Hari ini ijinkan saya membahas tentang pendidikan. Seperti yang kita tahu bahwa pendidikan merupakan hal yang penting dalam kehidupan.

Tanpa hal tersebut mungkin saat ini tak akan ada yang namanya sekolah. Dalam agama Islam pendidikan merupakan sebuah kewajiban untuk dituntut.

Dengan pendidikan kita dapat membuka pikiran secara luas dan memiliki pandangan lebih dari mereka yang tak berpendidikan.

Oleh karena itu, jangan tanamakan rasa malas dalam diri dan berpura pura buta akan pendidikan. Karena pendidikan mempunyai efek positif untuk diri kita sendiri. Sekian dari saya, terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Tentang Narkoba

Contoh Teks Ceramah Tentang Narkoba
Ilustrasi obat-obatan terlarang

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji syukur senantiasa kita panjatkan terhadap kehadiran Allah SWT, berkat rahmat, serta hidayah-Nya kita bertemu dalam majelis yang insyaallah berkah ini.

Yang kedua, shalawat serta salam bersama-sama kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW, yang telah menuntun kita dari kegelapan menuju jalan yang baik.

Belakangan ini sedang maraknya pemakaian benda haram seperti narkoba. Narkoba merupakan singkatan dari narkotika dan obat-obatan terlarang.

Benda haram ini masih terjual banyak di Indonesia, kita selaku warga negara yang baik dan seorang yang memiliki iman terhadap yang Maha Kuasa seharusnya menjauhi hal haram seperti itu.

Narkoba tidak hanya akan merusak organ tubuh, melainkan juga akan merusak keimanan dan keyakinan kita. Dan sudah pasti ganjaran neraka bagi seorang pecandu narkoba tak perlu dipertanyakan lagi.

Dapat disimpulkan bahwa narkoba merupakan barang haram yang akan menjerumuskan kita ke dalam hal buruk, jangan pernah sekali pun untuk mencoba. Sekiranya hanya itu yang dapat saya sampaikan, terima kasih atas perhatiannya, sekian.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Tentang Pergaulan Bebas

Contoh Teks Ceramah Tentang Pergaulan Bebas
Ilustrasi pergaulan bebas

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Mari kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT, yang tiada henti-hentinya memberikan nikmat. Shalawat serta salam kita sanjungkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW yang telah menyelamatkan kita dari kegelapan menuju jalan yang terang.

Pergaulan bebas sudah tak asing terdengar untuk zaman yang seperti ini. Hal ini sudah jauh dari norma sosial dan nilai-nilai agama.

Dan pastinya kita selaku orang tua yang memiliki anak, hal tersebut akan sangat meresahkan. Sebagai orang tua sudah menjadi kewaijban untuk mendidik anak kepada jalan yang benar.

Setiap hal yang terjadi pasti ada penyebabnya, seperti pergaulan bebas. Faktor yang memungkinkan pergaulan bebas terjadi adalah kurangnya perhatian, kasih sayang serta arahan dari keluarga.

Hal lainnya seperti lingkungan yang buruk serta penggunaan internet yang tidak bijaksana juga bisa menjadi faktor penyebab pergaulan bebas terjadi.

Mari kita saling mengingatkan kembali untuk menempuh jalan yang benar, dan menjauhi hal yang tak perlu dilakukan. Sekiranya hanya demikian yang dapat saya sampaikan, kurangnya mohon dimaafkan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Tentang Akhlak Sosial

Contoh Teks Ceramah Tentang Akhlak Sosial
Bersosialisasi

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah, kita ucapkan syukur karena nikmat dari Allah SWT yang tiada hentinya. Tak lupa shalawat serta salam selalu disanjungkan kepada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, dan para sahabatnya.

Akhlak berasal dari bahasa Arab yang berarti tingkah laku, tabiat dan perangai. Akhlak merupakan salah satu tolak ukur setiap orang untuk bisa menilai baik buruknya seseorang.

Pada zaman seperti ini banyak dari mereka yang sama sekali tak memperhatikan tentang akhlak. Entah karena perkembangan zaman atau dari diri mereka pribadi yang menolak akhlak terpuji.

Padahal, diutusnya rosul kita untuk dijadikan contoh dari akhlak yang baik, Rasulullah telah diutus untuk menyempurnakan akhlak setiap manusia agar bisa berjalan bersama dalam ketentraman batin. Rasul bersabda: “orang mukmin yang paling sempurna adalah yang baik akhlaknya”.

Akhlak merupakan poin penting dalam kehidupan, hal yang tak bisa dibeli dengan harta dan benda. Maka dari itu, mari kita sama-sama menyempurnakan akhlak, agar terjauh dari siksa api neraka dan senantiasa dimasukkan kedalam surga-Nya. 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Tentang Hijab

Contoh Teks Ceramah Tentang Hijab
Perempuan berhijab

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hadirin yang senatiasa dirahmati Allah SWT, mari kita panjatkan puji dan syukur atas rahmat yang tiada hentinya dari Allah SWT.

Tak lupa shalawat serta salam selalu terlimpah curahkan kepada junjungan alam Nabi Muhammad SAW, keluarganya, para sahabat dan kita selaku umatnya.

Tema tentang hijab akan saya bahas pada kesempatan kali ini. Sebagaimana yang kita ketahui hijab merupakan tudung yang digunakan wanita untuk melindungi kepala dari debu dan kotoran.

Tak hanya itu hijab merupakan pakaian wajib setiap perempuan untuk menutup aurat, sebagaimana firman Allah pada QS. Al-Ahzab ayat 59 yang artinya :

Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, ‘hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka’. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (QS. Al-Ahzab : 59).

Berdasarkan ayat tersenut, dapat disimpulkan bahwa memakai hijab merupakan kewajiban setiap wanita apalagi yang sudah baligh dan berakal. Tak ada alasan bagi kamu seorang wanita muslimah untuk tidak mengenakan hijab. 

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Agama Islam Tentang Cinta Kepada Allah SWT

Contoh Teks Ceramah Agama Islam Tentang Cinta Kepada Allah SWT
Ceramah agama Islam tentang cinta kepada Allah

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bissmillahirrahmanirrahim,

Pertama-tama mari kita panjatkan puji serta syukur atas kehadirat Allah SWT. Karena dengan rahmat-Nya kita bisa berkumpul bersama di hari yang nan bahagia ini.

Tak lupa shalawat serta salam kita panjatkan Nabi Muhammad SAW, juga keluarganya, sahabatnya dan kita selaku umatnya hingga akhir zaman

Cinta kepada Allah tidak hanya dapat diucapkan dengan lisan saja, perlu ada bukti nyata karena Allah maha mengetahui segala sesuatunya.

Jika hanya bisa berucap tanpa ada pembuktian bisa-bisa kita menjadi golongan orang yang munafik. Naudzubillahi min dzaalik.

Tolak ukur kecintaan seorang hamba terhadap tuhannya adalah dengan menjauhi segala larangan-Nya dan menuruti perinah-Nya. Jika sudah bisa konsisten dalam melakukan ibadah maka Allah akan lebih mencintai hamba-Nya daripada cinta hamba terhadap tuhannya.

Jangan lupa bahwa Allah itu maha pengasih lagi maha penyayang, tetap mencari ridho-Nya dalam menjalani kehidupan. Sekian yang dapat saya sampaikan mengenai cinta kepada Allah SWT, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Agama Islam Tentang Sholat

Contoh Teks Ceramah Agama Islam Tentang Sholat
Ceramah agama Islam tentang sholat

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Mari kita panjatkan rasa syukur pada Allah SWT. Yang telah memberi kita nikmat untuk bertemu pada kesempatan kali ini.

Tak lupa shalawat serta salam selalu disanjungkan kepada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, dan para sahabatnya.

Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas sedikit tentang shalat. Seperti yang kita ketahui bahwa shalat merupakan kewajiban setiap umat muslim.

Shalat diartikan sebagai tiang agama, jika kita tak mendirikan shalat maka runtuh lah agama nya. Rasullullah pernah bersabda “Seandainya saja mereka tahu pahala yang akan mereka dapatkan dari shalat Subuh dan Ashar. Niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dalam keadaan merangkak.”

Dari situ kita harusnya paham betapa pentingnya shalat dalam hukum islam. Jika seseorang sudah baik dalam mengerjakan shalatnya maka setiap amalan yang lain pun akan baik.

Sebab shalat merupakan dasar dari semua amal baik, jika shalatnya baik maka amalan lain pun tak akan jauh beda hasilnya. 

Maka dari itu marilah bersama-sama berdoa kepada Allah SWT agar dijauhkan dari bisikan syaiton. Juga berdoa untuk konsisten dalam beribadah. Cukup sekian yang dapat saya sampaikan. 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Agama Islam Tentang Sedekah

Contoh Teks Ceramah Agama Islam Tentang Sedekah
Ceramah agama Islam tentang sedekah

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sebelumnya kita panjatkan puji pada Allah SWT tuhan semesta alam sebab atas karunia dan rahmat-Nya, kita dapat berkumpul bersama disini dalam keadaan sehat wal afiat.

Shalawat serta salam dicurhakan kepada baginda agung Nabi Muhammad SAW, keluarga dan sahabatnya dan kita selaku umatnya.

Sesuai firman Allah pada QS. Al-Baqarah ayat 261, yang artinya :

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan) oleh orang-orang yang telah menafkahkan hartanya di jalan Allah. Akan serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan 7 bulir, yang di mana ada seratus biji di setiap 1 bulir. Artinya Allah akan melipat gandakan (ganjaran) untuk siapapun yang Dia kehendaki. Dan Allah memang Maha Luas (yaitu karunia-Nya), dan Ia pun Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah : 261).

Dari ayat diatas telah jelas bahwa sedekah tak akan mengurangi sedikit pun dari hartamu. Dan mustahil sekali seorang muslim akan jatuh miskin hanya dengan bersedekah pada orang yang membutuhkan.

Allah Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, ia akan melipat gandakan setiap harta yang kita sedekahkan.

Dapat disimpulkan bahwa sedekah merupakan hal yang terpuji yang akan mengangkat derajatmu sebagai orang yang beriman.

Dan masih banyak keutamaan dalam bersedekah, yang akan membawa hal baik kepada kita. Sekian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Agama Islam Tentang Hari Kiamat

Contoh Teks Ceramah Agama Islam Tentang Hari Kiamat
Ceramah agama Islam tentang hari kiamat

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Seluruh puji serta syukur kita panjatkan bagi Allah SWT, yang tak henti-hentinya memberi kita nikmat iman dan Islam hingga saat ini.

Tak lupa shalawat serta salam selalu terjunjung kepada pemimpin seluruh umat yakni Nabi Muhammad SAW, seluruh keluarga juga para sahabatnya.

Seperti yang kita tahu bahwa kiamat merupakan sebuah bencana besar yang akan meluluh lantahkan seluruh alam semesta. Kita tak akan bisa lari darinya, seberapa keras pun berusaha.

Kiamat akan terjadi kapan pun dan tak ada seorang pun yang mengetahui kecuali Allah SWT. Kita hanya perlu percaya pada hari kiamat sebagaimana yang telah tercantum dalam rukum iman ke 5 “percaya pada hari akhir”. 

Tak ada yang tahu, bahkan Nabi Muhammad SAW sekalipun, tetapi beliau telah memberikan tanda-tanda sebelum datangnya hari kiamat, seperti terbitnya matahari dari sebelah barat, lenyapnya Al-Quran, turunnya Dajjal, dan lain sebagainya. 

Maka dari itu, tak ada alasan untuk kita berleha-leha dalam menjalankan ibadah dan menjauhi segala larangannya.

Agar jika nanti datang hari kiamat kita sudah siap untuk menjalani kehidupan selanjutnya. Demikianlah yang dapat saya sampaikan, semoga bisa mengambil manfaat di dalamnya. 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Agama Islam Tentang Iman

Contoh Teks Ceramah Agama Islam Tentang Iman
Ceramah agama Islam tentang iman

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Segala puji bagi Allah SWT tuhan semesta alam sebab atas karunia dan rahmat-Nya, kita dapat berkumpul bersama disini dalam keadaan sehat wal afiat.

Shalawat serta salam dicurahkan kepada baginda agung Nabi Muhammad SAW, keluarga dan sahabatnya dan kita selaku umatnya.

Hadirin yang berbahagia, mungkin dari kita sudah mengenal apa itu iman. Tapi apakah yakin jika iman yang kalian tahu merupakan penjabaran yang sesungguhnya?

Iman memiliki arti dalam bahasa yakni tashdiq (membenarkan). Sedangkan dalam istilah syar’i iman berarti keyakinan dalam hati, dan pengakuan dalam lisan serta perbuatan.

Sungguh iman ini memiliki rasa khusus dalam hati, rasa manis bagi mereka yang taat dalam menjalankan ibadah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Tak semua orang dapat merasakannya, kebanyakan dari mereka hanya mengakui dalam lisan dan pikiran. 

Ketauhilah, bahwasannya Allah mencintai setiap hamba-hambanya yang beriman. Dari cinta itulah Allah akan memberi setiap kenikmatan di dunia maupun kelak nanti di akhirat.

Hadirin sekalian, mari kita bersama sama tingkatkan keimanan kita, hanya dengan itu kita akan dipermudah saat jalan di muka bumi ini, juga di akhirat nanti.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Agama Islam Tentang Ibu

Contoh Teks Ceramah Agama Islam Tentang Ibu
Ceramah agama Islam tentang ibu

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang paling utama, marilah kita panjatkan puji seerta syukur kepada Allah SWT, karena Ia, menjadikan alasan kita berkumpul pada hari yang indah ini.

Shalawat serta salam selalu terlimpah curahkan kepada pemimpin seluruh umat yaitu Nabi Muhammad SAW.

Saudara-saudaraku yang dirahmati Allah,

Berbicara tentang ibu memang merupakan hal sensitif bagi setiap orang. Ibu merupakan orang tua yang wajib kita hormati selain ayah.

Tanpa pengecualian, sebab hal tersebut merupakan ketentuan dari Allah SWT dan sabda Rasulullah. Dalam QS. Al-Isra’ ayat 23 yang artinya berbunyi :

Dan Rabb-mu menyuruh manusia untuk beribadah kepada-Nya dan selali berbuat baik keada orang tua. Jika salah satu atau keduanya berusia lanjut. Maka jangan mengatakan ‘ah’ dan membentaknya” (QS. Al-Isra’ : 23) 

Sesuai firman Allah diatas, sudah jelas bahwa menghormati dan menyayangi orang tua adalah suatu hal yang wajib dilakukan, terlebih lagi seorang ibu.

Ada istilah berkata bahwasannya surga berada di telapak kaki seorang ibu, hal ini menandakan bahwa keridhaan seorang ibu merupakan hal yang sangat penting bagi setiap anak.

Dan bahkan orang yang wajib dihormati yaitu seorang ibu sampai disebut 3x oleh Rasul lalu setelah itu barulah ayah.

Sekian ceramah agama Islam pada kesempatan kali ini, mudah-mudahan setelah ini hadirin sekalian lebih bisa menghormati dan menyayangi kedua orang tua, sebagaimana mereka menyayangi kita sedari kecil.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Agama Islam Tentang Kebersihan

Contoh Teks Ceramah Agama Islam Tentang Kebersihan
Ceramah agama Islam tentang kebersihan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Marilah kita ucapkan puji serta syukur atas kehadirat Ilaahi Robbi, karena telah memberikan kita beribu -ribu kenikmatan.

Shalawat serta salam selalu terlimpah curahkan kepada junjungan alam Nabi Muhammad SAW, beserta keluarganya, sahabatnya dan kita sebagai umatnya.

Jamaah rohimakumullah,

Alam merupakan suatu hal yang harus kita lestarikan bersama, agar tecipta lingkungan yang bersih dan bebas dari penyakit.

Menjaga lingkungan sangat disarankan dalam agama Islam, terlebih lagi agama Islam merupakan agama yang senantiasa menganjurkan untuk mencintai semua makhluk hidup.

Menjaga kebersihan lingkungan bisa dimulai dari hal yang sederhana misalnya membuang sampah pada tempatnya, menyapu, mengepel.

Sedangkan menjaga kebersihan di kalangan masyarakat bisa kita lakukan dengan mengikuti gotong-royong. Jika kita berbuat baik pada alam maka alam pun akan berbuat baik pada kita.

Demikianlah ceramah singkat yang saya sampaikan, kurangnya mohon dimaafkan. Semoga bahasan tadi bisa bermanfaat bagi kita semua khususnya saya sendiri.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Agama Islam Tentang Bulan Ramadhan

Contoh Teks Ceramah Agama Islam Tentang Bulan Ramadhan
Ceramah agama Islam tentang bulan Ramadhan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Mari kita panjatkan rasa syukur pada Allah SWT. Yang telah memberi nikmat pada kita pada kesempatan kali ini.

Tak lupa shalawat serta salam selalu disanjungkan kepada Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, para sahabatnya dan kita sebagai umat yang insyaallah mendapatkan syafaatnya.

Bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat ditunggu kaum muslimin di dunia. Bulan mulia yang dimana pahala dilipat gandakan dan seluruh doa terkabul.Kedatangan bulan ini merupakan kesempatan emas yang sangat rugi bila tak dimanfaatkan. 

Salah satu ibadah wajib di bulan Ramadhan adalah puasa. Puasa berarti menahan dan melatih kesabaran. Allah mencintai orang orang yang sabar, namun tentu saja mencapai tingkatan sabar yang sesungguhnya merupakan hal yang tidak mudah.

Sesungguhnya Allah SWT telah berfirman yang artinya :

Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Dan (salat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.” (QS. Al-Baqarah : 45).

Dapat kita simpulkan bahwa sabar merupakan hal yang tak mudah dilakukan, tapi jika kita sudah mendapatkan makna sabar yang sesungguhnya, maka hal-hal yang manis akan kita dapatkan, seperti dicintai oleh Allah SWT. Sekian yang dapat saya sampaikan, terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Agama Islam Tentang Teladan Nabi

Contoh Teks Ceramah Agama Islam Tentang Teladan Nabi
Ceramah agama Islam tentang teladan nabi

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji dan syukur selalu terlimpah curahkan kepada Illahi Robbi, karena nikmat yang beribu-ribu telah Ia berikan kepada kita semua.

Shalawat dan salam senantiasa kita panjatkan kepada nabi tercinta Nabi Muhammad SAW, yang menolong kita dari zaman kegelapan menuju zaman terang benderang. 

Kita pasti semua tau siapa itu Nabi Muhammad SAW. Nabi akhir zaman pemimin seluruh umat, yang memiliki sifat jujur, amanah, penyayang dan pengasih. Sebuah contoh yang patut kita teladani.

Dalam QS. Al-Baqarah ayat 261 Allah SWT berfirman yang artinya :

Sesungguhnya telah ada pada diri Rasulullah SAW itu suri teladan yang baik bagimu”. (QS. Al-Baqarah : 261).

Firman yang sangat jelas dari yang Maha Kuasa untuk menyuruh kita meneladani sikap serta sifat Rasulullah SAW. Jangan menjadi seorang yang munafik, yang hanya bisa mengucap mencintai Nabi Muhammad SAW, tapi sama sekali tak melaksanakan sunnahnya.

Telah dicontohkan oleh Rasul bagaimana cara kita menjalani hidup sesuai ketuntuan agama, oleh karena itu marilah kita pelajari bagaimana akhlak serta sifat beliau dan mengaplikasikannya dalam kehidupan.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih, semoga hadirin sekalian mendapat manfaat dari apa yang telah saya sampaikan. 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Agama islam Tentang Persaudaraan

Contoh Teks Ceramah Agama islam Tentang Persaudaraan
Ceramah agama Islam tentang persaudaraan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hadirin sekalian, mari panjatkan syukur kepada Illahi Rabbi. Atas hidayah, rahmat dan berkat-Nya kita diberi nikmat sampai saat ini.

Tak lupa shalawat serta salam kita panjatkan Nabi Muhammad SAW, juga keluarganya, sahabatnya dan kita selaku umatnya hingga akhir zaman.

Agama Islam merupakan agama yang indah, agama yang mempersaudarakan semua umatnya. Baik persaudaraan seislam atau persaudaran sedarah. Allah SWT berfirman dalam Q.S Al-Hujarat ayat 10. 

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَاتَّقُوا اللَّه لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.” (Q.S Al-Hujarat : 10).

Dalam ayat tersebut sudah jelas, bahwasanya persaudaraan sesama muslim merupakan hal yang penting.

Walau persaudaraan sesama muslim bukan persaudaraan sedarah, tapi jika kita semua seiman dan seislam maka akan terlahir keindahan saat kita semua bercengkrama layaknya keluarga.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang tadi sampaikan dapat diambil manfaat serta hikmah didalamnya. Terima kasih atas perhatiannya, akhirul kalam.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Agama Islam Tentang Hijrah

Contoh Teks Ceramah Agama Islam Tentang Hijrah
Ceramah agama Islam tentang hjrah

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Mari kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT, yang tiada henti-hentinya memberikan nikmat. Shalawat serta salam kita sanjungkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW yang telah menyelamatkan kita dari kegelapan ke pada jalan yang terang.

Hijrah merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab, yang artinya menjauhkan, berpindah serta meninggalkan.

Jika kita mengambil konteks saat zaman Rasulullah, hijrah merupakan perpindahan Nabi Muhammad SAW bersama para sahabat dari Makkah ke Madinah. Hal tersebut bertujuan untuk menegakkan risalah Allah SWT. 

Namun untuk saat ini, hijrah diartikan bagi setiap orang yang ingin menjadi lebih baik dari sebelumnya, dalam QS. Al-Baqarah ayat 218 Allah SWT berfirman yang artinya :

Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang yang berhijrah dan berhijrah di jalan Allah, mereka itu mengharapkan rahmat Allah, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (QS. QS. Al-Baqarah : 218).

Hijrah harus dilakukan dengan niat karena Allah dan betujuan untuk mendapat keridhaan-Nya, bukan suatu hal yang mudah untuk mencoba konsisten dalam berhijrah.

Tapi kita harus tetap berusaha. Akhir kata saya ucapkan terima kasih, dan semoga hadirin sekalian dapat mengambil manfaatnya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Lucu Tentang Mengaji

Contoh Teks Ceramah Lucu Tentang Mengaji
Ceramah lucu tentang mengaji

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang paling utama sebelum yang kedua, mari kita ucapkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah SWT, yang telah memberi berjuta-juta nikmat, terutama nikmat iman dan Islam.

Yang kedua, shalawat serta salam kita panjatkan kepada junjungan kita semua, seorang proklamator yang tak pernah naik motor yakni Nabi Muhammad SAW. Berkat beliau kita bisa hidup rukun tanpa pentungan, hidup tenang tanpa perang.

Izinkan saya mengisi ceramah ini dengan tema mengaji. Seperti yang kita tahu bahwa mengaji merupakan salah satu cara agar kita bisa belajar tentang agama Islam juga Al-Quran.

Tapi untuk zaman yang seperti ini ada saja mereka yang mengaji dengan semaunya. Ada yang berkata “ngaji kok seminggu sekali bisa-bisanya absen, artinya sebulan 4 kali, juga setahun 48 kali. Dipotong mudik lebaran 4x, sakit 1x, keperluan mendadak 2x, ngantuk ga tau berapa kali, ga paham berkali kali. Hitung coba berapa pertemuan yang efektif”.

Untuk mengaji tentu harus ada keseriusan dalam menjalankannya, jika tidak ya percuma. Dan Allah tak suka orang yang suka membuang-buang waktu untuk hal yang tak berguna.

Semoga apa yang dapat saya sampaikan bermanfaat, kurangnya moohon dimaafkan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Lucu Tentang Adzan

Contoh Teks Ceramah Lucu Tentang Adzan
Ceramah lucu tentang adzan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sebelumnya marilah kita panjatkan puji serta syukur kepada Illahi Robbi yang telah menciptakan wanita yang memiliki alis mata bagai semut yang berbaris, senyum lebar yang manis, hingga membuat iman menipis.

Shalawat berbungkus salam tak lupa kita hadiahkan kepada Baginda besar nabi Muhammad SAW, karena jasa beliau kita dapat hidup di zaman yang penuh akan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pada suatu ketika di hari Minggu lalu di sebuah desa digegerkan oleh kumandang adzan pukul jam 9 pagi. Sontak seluruh warga terheran-heran dan langsung berdatangan ke masjid.

Warga ramai sekali berdatangan karena hari Minggu merupakan hari libur yang berarti seluruh orang yang bekerja ada di rumah. Setelah kumandang adzan berakhir, warga mengepung muadzin.

“Pak.. kenapa jam segini bapak adzan. Aliran islam mana lagi ini pak?”

Lalu sang muadzin menjawab.

“Loh yang aneh tuh harusnya kalian, saat saya adzan tepat pada waktu shalat nggak ada yang datang, sekalinya saya adzan jam 9 malah ramai.”

Yang bisa kita ambil dari pengalaman cerita tsb adalah, jika terdengar suara panggilan Allah untuk melaksanakan shalat maka bergegaslah datang, nabi pernah bersabda :

Siapa saja yang mengetahui keutamaan shalat berjamaah terlebih lagi Subuh dan Ashar, maka mereka akan datang secara berbondong-bondong meski harus merangkak”.

Sekian ceramah singkat yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan bisa diambil hikmah serta manfaatnya, akhirul kalam.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Teks Ceramah Lucu Tentang Doa Keselamatan

Contoh Teks Ceramah Lucu Tentang Doa Keselamatan
Ceramah lucu tentang doa keselamatan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hadirin yang senatiasa dirahmati Allah SWT, mari kita panjatkan puji dan syukur atas rahmat yang tiada hentinya dari Allah SWT.

Tak lupa shalawat serta salam selalu terlimpah curahkan kepada junjungan alam Nabi Muhammad SAW, keluarganya, para sahabat dan kita selaku umatnya.

Seperti yang hadirin sekalian tahu, bahwa setiap hal apa saja yang ingin kita lakukan pasti ada doanya mulai dari masuk rumah hingga berpergian.

Tapi kenapa ya kita harus baca doa keselamatan saat ingin berpergian? Karena Rasulullah bersabda :

Barangsiapa membaca doa (tersebut) maka ia ditetapkan dengan ucapan “Kamu sudah ditunjuki, dan dicukupi kebutuhan dunia dan akhiratmu, dijaga serta dihindarkan dari gangguan setan.” (HR. Abu Daun, Turmudzi, Nasai).

Setiap doa bertujuan untuk menghindarkan diri dari gangguan syaitan yang terkutuk, tapi jangan hanya doa saja. Kita juga perlu ikhtiar, contohnya memakai helm, jaket dan perangkat safety lainnya.

Semua alat safety hanya akan melindungi diri dari benturan saja, tak bisa menghindarkan dari gigitan ular, sengatan lebah, nyamuk malaria hingga gangguan serius dari makhluk halus, seperti jin, setan, genderuwo dll.

Tapi lain halnya jika hadirin sekalian membaca doa, insyaallah lengkap sudah seperangkat alat safety kita.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih, semoga bermanfaat dunia akhirat. 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Contoh Ceramah Singkat Tentang Ikhlas

Kalau kamu bingung bagaimana mempraktikkan contoh teks di atas, silahkan tonton saja bonus video contoh ceramah singkat tentang ikhlas yang menggunakan media YouTube di bawah ini.

Video contoh ceramah singkat

Sekian pembelajaran kita kali ini. Jadi, contoh teks ceramah mana yang paling menarik bagi kamu? Atau kamu punya teks ceramah sendiri? Boleh kok sharing-sharing di kolom komentar. Share artikel ini ke media sosial kamu juga, ya! Biar temen-temen kamu yang lain juga tahu.

Tinggalkan komentar