Contoh Biografi Diri Sendiri

Seorang pendiam dengan pikiran yang lantang. Suka ngopi dan baca buku. Finalis 100 besar Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2017.

Biografi adalah tulisan berisi riwayat perjalanan atau kisah hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Ada juga yang namanya biografi diri sendiri. Pada materi kali ini kita akan mempelajari dan melihat contoh biografi diri sendiri.

Teks biografi ditulis oleh orang lain, oleh karena itu gaya penulisannya menggunakan sudut pandang orang ketiga.

Dari keterangan tersebut, bisa kita ketahui bahwa pengertian teks biografi diri sendiri adalah teks biografi yang menceritakan tentang diri penulis sendiri, tapi menggunakan sudut pandang orang ketiga.

Secara sederhananya, kamu menulis tentang diri kamu sendiri tapi buatlah seolah-olah yang menulis itu adalah orang lain.

Bagi kamu yang belum tahu perbedaan antara sudut pandang orang pertama dan orang ketiga, berikut di bawah ini Pendidikanpedia berikan penjelasannya secara singkat.

Contoh Sudut Pandang Orang Pertama dan Ketiga:

Sudut pandang orang pertama: Saya adalah seorang penulis.
Sudut pandang orang ketiga: Muhammad Anas adalah seorang penulis.

Contoh Biografi Diri Sendiri, Pendidikanpedia

Mengenal Penulisan Biografi Diri Sendiri

Mengenal penulisan biografi diri sendiri

Pada dasarnya tujuan teks biografi adalah untuk menginspirasi atau memotivasi pembaca dengan memberitahukan informasi tentang seseorang.

Informasi yang dimaksud bisa berupa kehidupan pribadinya, cita-citanya, perjuangannya, kisah suksesnya, atau peristiwa penting yang pernah terjadi di hidupnya.

Nah, penulisan biografi diri sendiri tujuannya adalah untuk memperkenalkan diri kita sendiri kepada orang lain, baik itu untuk urusan melamar pekerjaan atau bahkan personal branding melalui media internet.

Di internet, kita bisa menemukan banyak contoh biografi diri sendiri lengkap, misalnya profil seseorang yang ada di Wikipedia atau di bio media sosialnya.

Karena biografi diri sendiri bersifat perkenalan pribadi, maka sebetulnya kamu bisa bebas-bebas saja menulis apapun yang diinginkan.

Tetapi, akan lebih baik jika biografi pribadi yang kamu tulis dapat menginspirasi orang lain dan penulisannya lebih mengarah pada kisah-kisah inspiratif daripada sekadar cerita basa-basi saja. Hal ini berkenaan kembali dengan tujuan teks biografi di atas.

Tonjolkan lah sisi menarik yang ada pada diri dan kehidupanmu. Misalnya seperti bakat atau kelebihan yang dimiliki, prestasi yang pernah diraih, peristiwa inspiratif, atau perjuanganmu meraih cita-cita.

Struktur Teks Biografi Diri Sendiri

Mempelajari struktur teks biografi diri sendiri
Mempelajari struktur teks biografi diri sendiri

Penulisan struktur biografi diri sendiri sama seperti biografi pada umumnya. Jadi, walaupun menceritakan diri sendiri bukan berarti kamu bisa bebas menulis sembarangan tanpa struktur yang jelas. Struktur ini juga akan membantu tulisan kamu menjadi lebih menarik dan sistematis.

Berikut di bawah ini struktur teks biografi diri sendiri dan contohnya:

1. Orientasi

Bagian yang pertama disebut orientasi. Pada bagian pembuka ini pernalkanlah diri kamu terlebih dulu, mulai dari nama lengkap, tempat dan tanggal lahir serta informasi pribadi yang lainnya.

Kemudian kamu bisa melanjutkan dengan memperkenalkan orang tua dan latar belakang keluargamu. Misalnya seperti menceritakan jumlah saudara kandung atau tentang pekerjaan orang tua secara singkat.

Setelah itu kamu bisa melanjutkannya dengan menceritakan riwayat pendidikanmu secara singkat. Kamu bisa menyebutkan nama sekolah, tahun ketika menempuh pendidikan tersebut, dan pengalaman yang berkesan jika ada.

Contoh Orientasi Biografi Diri Sendiri

Anak muda yang pintar cemerlang itu bernama Muhammad Hasan. Ia lahir di Magetan, 12 Oktober 1995. Hasan adalah anak pertama dari tiga bersaudara, lahir dari pasangan yang bernama Ali dan Maya. Kedua adik Hasan masing-masing berumur 18 dan 17 tahun.

Kedua orang tuanya berprofesi sebagai petani dan nelayan. Sejak berada di bangku Taman Kanak-Kanak, Hasan sudah menunjukkan kepandaian dan kepintaran berpikirnya…

2. Peristiwa dan Masalah

Struktur yang kedua ini merupakan bagian utama dari sebuah teks biografi diri sendiri. Pada bagian ini ceritakanlah kejadian, peristiwa, momen-momen, atau masalah yang pernah kamu alami.

Berikut merupakan beberapa contoh di antaranya.

A. Prestasi yang Pernah Diraih

Kamu bisa menceritakan salah satu atau beberapa prestasi yang pernah kamu raih selama ini. Contohnya:

Laki-laki berdarah asli Karawang ini pernah mendapatkan peringkat 3 pada kompetisi web design tingkat nasional pada saat umurnya masih 17 tahun!

B. Pengalaman Kerja atau karir

Apabila kamu sudah memiliki profesi atau sedang merintis karir, maka kamu juga bisa menceritakannya pada bagian ini. Kamu bisa menyebutkan di mana kamu bekerja, sebagai apa, dan bagaimana kamu bisa sampai ke posisi tersebut. Contohnya:

Ia pernah memimpin divisi IT pada salah satu perusahaan e-commerce terkenal dalam negeri.

C. Peristiwa yang Memotivasi atau Mengubah Hidup

Selain dua poin di atas, pada struktur ini kamu juga bisa memberitahu pembaca tentang peristiwa yang mengubah hidup atau memotivasi dirimu. contohnya:

Beliau lahir bukan dari keluarga yang berkecukupan. Dengan modal tekad dan keberaniannya, ia dengan giat belajar setiap hari demi bisa mengangkat kondisi ekonomi keluarganya. Berkat perjuangannya, kini ia berhasil menjadi kepala cabang di salah satu perusahaan lokal ternama.

3. Reorientasi

Dan struktur yang terakhir adalah reorientasi. Pada bagian penutup ini kamu bisa menuliskan intisari, simpulan, atau bahkan harapan dan impianmu untuk masa depan. Reorientasi ini bersifat opsional yang artinya boleh ada atau tidak dalam sebuah teks biografi diri sendiri.

Berikut ini Pendidikanpedia sediakan kumpulan contoh biografi diri sendiri yang baik dan benar mulai dari perkenalan diri hingga peristiwa dan kejadian yang pernah dialami tokohnya.

Contoh Biografi Diri Sendiri I

Contoh biografi diri sendiri, Muhammad Anas
Contoh biografi diri sendiri, Muhammad Anas

Namanya adalah Muhammad Anas, lahir di Karawang, 12 Januari 2002. Ia merupakan anak sulung dari tiga bersaudara, buah pasangan Dodi dan Aisyah.

Anas adalah panggilan akrabnya, ia lahir di keluarga dengan latar belakang petani. Ayahnya adalah seorang petani di desa sementara ibunya bekerja di rumah mengasuh adik-adiknya. Mereka tinggal di salah satu desa di daerah Karawang.

Sedari kecil, Anas selalu dinasehati oleh ibunya untuk rajin beribadah, menjadi anak yang sholeh, patuh kepada orang tua, dan rela bekerja keras.

Riwayat pendidikannya dimulai ketika ia mulai memasuki dunia Sekolah Dasar saat masih berusia 6 tahun kurang. Sejak SD, ia selalu meraih peringkat 3 besar di kelasnya.

Setelah lulus, Anas melanjutkan sekolahnya di SMPN Rengasdengklok, Karawang. Sejak saat itulah ketertarikannya di dunia komputer dan teknologi mulai muncul.

Selepas lulus dari SMP, dia memutuskan untuk melanjutkan sekolah di salah satu SMK favorit di Karawang. Dengan bekal nilai ujian sekolahnya yang terbilang bagus, Anas berhasil mendapatkan kursi di SMK tujuannya dengan jurusan komputer.

Ayahnya tentu mendukung keputusan minat dan bakat anaknya tersebut dan mendapatkan rezeki lebih untuk memberikannya satu buah laptop sebagai bahan belajar. Dengan berbekal laptop pemberian ayahnya tersebut, Anas semakin giat dan rajin belajar.

Pada tahun pertamanya di SMK, Anas bahkan sudah langsung mendaftarkan diri di sebuah kompetisi desain web tingkat kabupaten.

Dengan usaha dan kegigihannya, peringkat pertama pun diraihnya dengan mudah. Tidak hanya jago di bidang produktif, di kelasnya Anas juga selalu mendapatkan predikat ranking 1

Pada tahun kedua dan ketiganya selama SMK, Anas terus menorehkan prestasi-prestasi membanggakan lainnya.

Salah satunya adalah berhasil meraih peringkat ketiga dalam kompetisi desain web tingkat nasional. Ketika lulus, ia bahkan mendapatkan penghargaan sebagai siswa terbaik di jurusan komputer.

Menjelang kelulusannya, Anas mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi bidang perhotelan di luar negeri, tepatnya Jerman. Meskipun ia harus beralih jurusan ke perhotelan, tapi Anas tidak menyia-nyiakan kesempatan emas tersebut.

Setelah mempelajari bahasa Jerman selama 6 bulan sejak kelulusan sekolahnya, Anas berhasil lolos dalam ujian bahasa dan kini sedang menunggu tanggal keberangkatannya. Ia berharap perjuangannya di luar negeri bisa memperbaiki derajat dan kondisi ekonomi keluarganya di desa.

Contoh Biografi Diri Sendiri II

Contoh biografi diri sendiri laki-laki

Muhammad Rizki Maulana atau yang biasa dipanggil Iki oleh teman-temannya memiliki hobi menulis dan membaca buku, juga bermain futsal. Anak muda ini lahir di kota Jogjakarta pada tanggal 18 Juni 1995 dari pasangan Rohmat dan Linda.

Rizki mempunyai seorang kakak perempuan bernama Lusi Lusiana dan kini sudah tinggal bersama suaminya di daerah Purwokerto. Rizki juga memiliki seorang adik perempuan kecil bernama Isma yang masih berusia 6 tahun.

Pada tahun 2002 – 2007, Rizki pertama kali masuk sekolah di SDN Mulya Budi. Selanjutnya setelah lulus, ia melanjutkan pendidikannya ke SMPN 1 Karang Tiara dari tahun 2007 – 2010.

Dan kemudian masuk ke SMAN 12 Jogjakarta. Di masa SMA-nya ini dia mengikuti berbagai kegiatan esktrakurikuler, salah satunya adalah futsal.

Dengan timnya, Rizki berhasil menjuarai beberapa kejuaraan futsal saat itu baik tingkat antarsekolah maupun antarkota.

Beberapa prestasinya tersebut antara lain Juara II Futsal Hardiknas Cup 2012, Juara I Piala Walikota Jogjakarta 2013, Juara I Kilimanjaro Cup 2013, dan lain sebagainya.

Rizki bercita-cita dapat bergabung dengan Timnas Futsal Indonesia beberapa tahun mendatang dan membawa harum nama bangsa di kancah Asia dan dunia.

Pemain bernomor sepuluh ini juga berharap bisa memberangkatkan haji kedua orang tuanya di kemudian hari.

Contoh Biografi Diri Sendiri III

Contoh biografi diri sendiri perempuan

Nur Hasanah tinggal di kota Sukabumi dan merupakan salah satu siswi kelas XII, SMA Negeri 12 Sukabumi jurusan IPA. Nur lahir di Bandung pada tanggal 19 Februari 1998.

Selain gemar berolahraga, terutama jogging, Nur juga memiliki hobi dan ketertarikan pada bidang-bidang yang berhubungan dengan lingkungan dan tumbuh-tumbuhan.

Baginya, kesehatan adalah hal yang penting untuk dirinya sendiri. Dan lingkungan adalah hal yang penting untuk semua orang. Menurutnya, keduanya saling berhubungan satu sama lain.

Semasa kecil, Nur pernah bertempat tinggal di dekat kali Ciliwung yang setiap musim hujan, rumahnya selalu kebanjiran dan terpaksa ia dan keluarga harus mengungsi ke tempat penampungan.

Peristiwa yang sama terus terjadi berulang kali setiap tahun. Hal inilah yang membuatnya berpikir kritis bahwa datangnya banjir itu bukan semata-mata karena faktor alam saja.

Melainkan ada faktor lainnya, yaitu manusia yang sering sekali membuang sampah sembarangan ke kali Ciliwung, kurangnya resapan air, dan juga pemukiman liar padat penduduk di bantaran sungai.

Pengalaman inilah yang menggerakan hatinya untuk bertekad menyadarkan dan mengedukasi masyarakat supaya tidak lagi membuang sampah sembarangan.

Nur pun kemudian bergabung menjadi salah satu anggota komunitas peduli lingkungan di Sukabumi. Setiap akhir pekan, gadis manis ini turut berpartisipasi dalam kegiatan penyuluhan dan bakti sosial.

Saat ini Nur Hasanah tinggal bersama orang tuanya yang berprofesi sebagai pegawai swasta di salah satu perumahan di Sukabumi.

Tak hanya aktif di komunitas peduli lingkungan, Nur juga aktif di beberapa komunitas lainnya seperti komunitas tanaman hias, dan komunitas sepeda Sukabumi.

Contoh Biografi Diri Sendiri IV

Contoh biografi diri sendiri perempuan

Namanya adalah Nuraeni Anggraeni, lahir tanggal 20 Desember 1996. Ia adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Nuraeni lahir dari keluarga sederhana, pasangan Komarudin dan Siti.

Ayahnya merupakan seorang guru honorer di sekolah madrasah ibtidaiyah. Sementara ibunya berprofesi sebagai buruh rumah tangga di sekitar tempat tinggalnya. Sejak kecil, Nuraeni selalu patuh kepada kedua orang tuanya dan gemar membaca serta menulis.

Ketika berumur kurang lebih 6 tahun, Nuraeni memulai pendidikan di sebuah Sekolah Dasar di daerah Cianjur. Kemudian melanjutkan ke SMPN 1 Cianjur di tahun 2009.

Setelah lulus SMP, Nuraeni memutuskan untuk ikut dengan bibinya tinggal di Bandung dan melanjutkan pendidikan di SMAN 7 Bandung.

Ketika duduk di bangku SMA saat itulah kemampuan menulis Nuraeni mulai muncul. Ia berpartisipasi dalam sebuah kejuaraan lomba menulis puisi antarsekolah di kota Bandung. Puisinya yang berjudul “Senja di Timur Cianjur” meraih peringkat ke-2 dalam kejuaraan tersebut.

Kemenangan pertamanya dalam dunia tulis-menulis ini tentu saja membuatnya semakin semangat untuk terus menulis puisi, terutama yang bertema lingkungan.

Karena bagi Nuraeni, lingkungan merupakan salah satu aspek kehidupan paling penting. Dengan lingkungan yang asri dan bersih, jiwa-jiwa manusia menjadi lebih sehat dan kuat.

Selain aktif menulis, Nuraeni juga aktif dalam berbagai kegiatan di sekolah. Ia bergabung dengan tim redaksi majalah dinding sekolah.

Saat ini, dia masih duduk di kelas XII jurusan Bahasa. Nantinya, ia berencana untuk melanjutkan kuliah di Universitas Indonesia fakultas Sastra Indonesia.

Contoh Biografi Diri Sendiri V

Contoh biografi diri sendiri perempuan

Adiba Sophia adalah seorang gadis keturunan Padang dan Sunda yang lahir di Bogor tanggal 11 Mei 1997.

Namanya diambil dari kata Adiba yang artinya beradab atau berpengetahuan dan Sophia yang artinya bijaksana. Dari namanya tersebut, sudah tercermin kalau Adiba adalah gadis yang bijaksana dan berwawasan.

Gadis dengan pengetahuan luas ini merupakan anak dari pasangan Ismail Malik dan Ajeng Pertiwi. Adiba memiliki motto “Man Jadda Wajada” yang berarti siapa yang bersungguh-sungguh pasti berhasil.

Mottonya ini pun ia terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan Adiba sangat bersungguh-sungguh ingin mencapai cita-citanya sebagai seorang desainer fashion muslim.

Sejak kecil, gadis berkerudung ini tumbuh di lingkungan pesantren. Saat SD, dia ikut menjadi salah satu siswa didik pondok pesantren yang dimiliki oleh pamannya.

Kemudian ketika SMP, Adiba kembali mondok di salah satu pesantren di Jawa Tengah. Barulah setelah lulus ia pulang ke rumah dan melanjutkan sekolah di MAN 3 kota Bogor.

Tahun 2013 yang lalu, Adiba berhasil menjadi juara pertama lomba kaligrafi antarsekolah MAN se-Jawa Barat. Dua tahun kemudian, ia lolos menjadi finalis lomba rancang busana Muslim yang diselenggarakan oleh salah satu majalah muslim terkenal.

Saat ini dia sedang melanjutkan kuliah jurusan desain busana di salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Bogor.

Contoh Biografi Diri Sendiri VI

Contoh biografi diri sendiri atlet badminton

Namanya Liben Ananda, lahir di Papua 17 Agustus 1997. Namun, saat ini ia sedang tinggal di Jakarta dan menjadi salah satu siswa kelas X, jurusan IPS SMAN 12 Jakarta.

Usianya sekarang adalah 17 tahun. Sejak kecil, Liben gemar sekali berolahraga dan bulutangkis adalah cabang olahraga favoritnya. Oleh karena itu, dari kecil ia bercita-cita menjadi pemain bulutangkis hebat yang dapat mengharumkan nama Bangsa.

Ia sangat ingin nama Indonesia terus berkibar di pentas bulutangkis dunia. Tak hanya itu, ia tentu juga ingin membanggakan kedua orang tua dan teman-temanya.

Ketika ia masih duduk di bangku kelas 5 SD, kakek Liben membelikannya raket sebagai hadiah karena ia berhasil meraih peringkat pertama di kelasnya. Kakeknya itu juga jago sekali bermain bulutangkis.

Beliau selalu mengajak dan mengajarkan Liben bermain bulutangkis yang baik. Biasanya, setiap libur sekolah Liben menghabiskan waktunya bermain bulu tangkis bersama kakeknya itu.

Dua tahun yang lalu, saat usianya masih 15 tahun, Liben terpilih menjadi perwakilan sekolah untuk mengikuti kejuaraan bulutangkis antarsekolah se-kecamanta. Saat itu merupakan pertama kalinya Liben ikut dalam kejuaraan resmi.

Ia pun berhasil masuk ke babak final meskipun akhirnya harus kalah dan menjadi juara 2. Tapi, tentu saja itu merupakan pengalaman berharga yang akan selalu Liben kenang.

Saat ini, Liben merupakan anggota dari tim bulutangkis sekolah. Liben berharap, seiring waktu kemampuannya terus meningkat supaya bisa mewujudkan mimpinya sejak kecil.

Contoh Biografi Diri Sendiri VII

Contoh biografi diri sendiri laki-laki

Pemuda itu bernama Dimas Nugraha. Kedua orang tuanya memberikan nama tersebut karena ia merupakan anak laki-laki kedua di keluarganya. Tubuh Dimas tinggi kurus dengan kulit berwarna sawo matang.

Dimas lahir pada tanggal 14 Maret 1985 di sebuah rumah bersalin milik bidan di sebuah desa kecil sekitar kota Tangerang.

Menurut cerita kedua orang tuanya, Dimas lahir bertepatan dengan suara kentungan penanda waktu dini hari, kurang lebih sekitar jam 1 malam.

Ayah Dimas berprofesi sebagai wirausahawan dan mempunyai toko bahan baku bangunan. Sedangkan ibunya mengajar di sebuah Sekolah Dasar dekat rumah mereka. Di Sekolah Dasar yang sama juga Dimas dan kakaknya mengenyam pendidikan dasar hingga tamat.

Tokoh ayah Dimas terletak di pusat kota yang dekat dengan jalur ramai dan alun-alun. Ayah Dimas kadang suka mengajak ia dan kakaknya ke sana, bersenda gurau dengan karyawannya yang baik-baik dan ramah.

Dimas dan kakaknya juga berteman baik dengan keluarga karyawan ayahnya yang berjumlah dua orang.

Saat ini, kakak Dimas sudah menginjak usia dewasa. Sementara Dimas masih mengenyam bangku pendidikan sebagai mahasiswa semester tiga.

Kakaknya sudah bekerja di luar kota sejak lama dan akan menikah sebentar lagi. Calon pasangannya berasal dari kota Bandung, kota di mana dulu ia berkuliah selama empat tahun.

Sementara itu, selain sibuk dengan kuliahnya, Dimas juga terus menekuni hobi bermain futsalnya dan sesekali membantu ayah apabila sedang tidak ada kegiatan di kampus. Bila semuanya lancar dan baik-baik saja, Dimas akan lulus kuliah sekitar dua tahun lagi.

Contoh Biografi Diri Sendiri VIII

Contoh biografi diri sendiri perempuan

Celline Bella adalah nama dari gadis berumur 18 tahun kelahiran 27 April 2002. Gadis cantik ini lahir di kota Surabaya yang menurut banyak orang merupakan kota dengan cuaca panas sekali.

Celline lahir dari pasangan Putra dan Siska yang sebenarnya dulu tinggal di pulau Kalimantan. Hanya saja, setelah kedua orang tuanya itu menikah mereka memutuskan untuk pindah ke Surabaya karena alasan pekerjaan.

Jadi, Celline lahir dan tumbuh di Surabaya. Walaupun begitu, mereka selalu berkunjung ke kampung halaman di Kalimantan setiap tahunnya.

Saat Celline berumur 16 tahun, ayahnya dipindah tugaskan di kota metropolitan Jakarta yang mengharuskan mereka untuk pindah tempat inggal lagi. Di sana, Celline berhasil masuk ke salah satu SMA favorit, SMAN 7 Jakarta.

Ayah dan ibunya merupakan orang yang sangat menjunjung tinggi pendidikan. Karena hal itulah mereka selalu memiliki agenda untuk baca buku di rumah.

Hal ini juga yang membuat Celline meneruskan pendidikannya di salah satu Perguruan Tinggi Negeri setelah tamat SMA.

Celline mengambil jurusan Pendidikan Sekolah Dasar di salah satu universitas negeri di Jakarta. Masa-masa kuliah dijalaninya dengan begitu baik dan penuh semangat hingga sampai akhirnya Celline lulus dengan predikat Cumlaude.

Hal itu membuatnya sangat bahagia sekali dan kedua orangtuanya juga sangat bangga. Begitulah kurang lebih perjalanan Celline Bella yang kini sudah menjadi salah satu pengajar di Sekolah Dasar dekat kediamannya di Jakarta.

Contoh Biografi Diri Sendiri Panjang

Contoh biografi diri sendiri penulis

Namanya adalah Dewi Anggini, dia lahir tanggal 12 Juni 1998 di Majalengka. Dewi merupakan anak kedua dari tiga bersaudara, buah dari pasangan Rizal dan Riska. Dewi merupakan panggilan akrabnya.

Ia lahir dari keluarga yang sederhana. Ayahnya berprofesi sebagai pegawai di salah satu perusahaan swasta. Sementara ibunya bekerja sebagai seorang guru Madrasah yang tak jauh dari rumahnya.

Sejak kecil, Dewi selalu dinasihati oleh kedua orang tuanya agar selalu bersikap jujur, rajin beribadah, dan melakukan kebaikan kepada sesama.

Saat usianya menginjak 6 tahun, Dewi memulai petualangan pendidikannya, ia mulai bersekolah di SDN 3 Pasawahan, Majalengka. Setelah lulus, ia melanjutkan sekolah di SMPN 1 Majalengka pada tahun 2009.

Kemudian, selepas lulus dari SMP di tahun 2012, Dewi pindah ke Bandung. Di sana, ia tinggal bersama bibinya di sekitar daerah Buah Batu. Di situ, ia melanjutkan sekolah di salah satu SMA yang tak jauh dari tempat tinggalnya bersama bibi.

Saat memasuki tahun keduanya di SMA, Dewi ikut berpartisipasi dalam salah satu perlombaan menulis cerpen antarsekolah tingkat SMA kota Bandung. Ketika itu, cerpennya yang berjudul “Petualangan di Desa Ujung Timur” meraih peringkat 3 dalam perlombaan tersebut.

Hari itu tidak akan pernah dilupakannya dalam hidupnya. Dewi tentu sangat bahagia. Momen ketika namanya disebut oleh juri di atas panggung merupakan momen yang sangat berharga.

Apalagi, pada saat itu ia berjejer, disalami, dan diberikan penghargaan serta piala oleh Bapak Walikota Bandung saat itu, yaitu bapak Ridwan Kamil.

Setelah peristiwa itu, Dewi semakin semangat untuk terus menulis. Dewi berharap suatu hari nanti bisa menjadi penulis cerpen yang terkenal dengan karya yang selalu ditunggu-tunggu dan menginspirasi orang lain.

Saat ini, dia masih duduk di kelas XII SMA jurusan Bahasa. Nantinya, ia berencana untuk melanjutkan kuliah jurusan Sastra Indonesia di salah satu perguruan tinggi negeri di Bandung.

Contoh Biografi Diri Sendiri Pengusaha Sukses

Contoh biografi diri sendiri pengusaha sukses

Pengusaha sukses itu bernama Ahmad Randy. Dilahirkan dari keluarga dengan latar belakang ekonomi pas-pasan 40 tahun yang lalu tidak membuat Randy patah semangat dalam menghadapi kejamnya kehidupan.

Randy lahir pada tanggal 7 Januari 1970. Bukti tingginya semangat Randy mengarungi kehidupan adalah kini dia menjadi salah satu pengusaha yang berhasil di Indonesia dengan berbagai lini bisnis yang menguntungkan.

Namun, tentu saja semua itu tidak didapatkannya secara instan begitu saja. Terdapat usaha keras, doa yang selalu dipanjatkan, dan banyak sekali tangisan di malam hari untuk menuai kesuksesan finansial yang diraihnya sekarang ini.

Usia sekolah dan produktifnya dimanfaatkannya sebaik munggkin sampai bisa meraih titel sarjana di Institut Teknologi Bandung. Dan dari kampus tersebutlah, Randy memulai perjalanan bisnisnya.

Pada awalnya, Randy mencoba untuk menjual berbagai hal atau barang, mulai dari kaos, buku kuliah, sampai komik. Ia bahkan juga sempat membuka usaha fotokopi. Dan juga sempat mencicipi ranah bisnis penjualan laboratorium.

Tentunya bisnis berjualan ini masih berhubungan dengan jurusan kuliah manajemen yang ditekuninya di kampus. Sayang, segala usahanya tersebut gagal sampai memaksanya untuk bangkrut. Tak berselang lama, Randy kembali bangkit untuk merintis bisnis baru di bidang ekspor-impor.

Pada usahanya kali ini, Randy menjalin kerja sama dengan beberapa orang dan mendapatkan modal dari kredit pinjaman bank.

Setelah mendapatkan cukup keuntungan dan pengalaman pada bisnis ekspor-impor, Randy memutuskan kerja samanya dengan rekan-rekannya dan ingin mencoba usahanya sendiri sekali lagi.

Dengan memanfaatkan relasinya yang sangat luas, Randy mulai membangun perusahaan baru dengan nama Induk Tribintang yang menaungi tiga ranah bisnis sekaligus, yaitu Bintang Investindo, Bintang Propertindo, dan Bintang Mediaindo. Masing-masing bergerak di bidang keuangan, sektor properti, dan multimedia.

Melalui perusahaannya inilah, Randy bisa mengakuisisi perusahaan bank Marka dan dapat membeli sebagian saham supermarket terkenal Bigmart.

Nama bank Marka Randy ubah untuk keperluan rebranding setelah pengakuisisian menjadi bank Himpundana.

Sementara Bigmart masih sama seperti semula. Tak lama berselang, Randy juga mendirikan perusahaan media televisi dengan nama PT Televisi Visual Media, dengan kanal siaran yang bernama TV Visual.

Pada awalnya, perusahaan ini terus merugi. Namun, tentu dengan dibarengi kerja keras dan usaha Randy membuatnya tetap bertahan, bahkan kini Randy sukses menambah satu stasiun televisi lagi dengan nama TV Virtuo.

Kerja keras dan usaha Randy selama ini benar-benar membuahkan hasil yang sangat memuaskan. Kedua orang tuanya juga sangat bangga dengan segala keberhasilannya. Titel salah satu pengusaha besar di Indonesia tidak akan bisa didapatkannya tanpa ada mereka di sekelilingnya.

Contoh Biografi Diri Sendiri Prestasi dan Hobi

Contoh biografi diri sendiri prestasi

Muhammad Sidik tidak pernah menyangka dirinya menjadi seperti sekarang ini, selalu mendapat sambutan hangat dan juga dikenal banyak orang. Orang-orang yang mengenalnya sejak kecil juga bangga pernah menjadi bagian dari hidup Sidik.

Bagaimana dan seperti apa kisah dari seorang anak laki-laki berusia 23 tahun ini? Muhammad Sidik lahir pada tanggal 30 Oktober 1997, tepat satu hari sebelum hari Halloween.

Kendati demikian, tidak ada hubungan apa-apa antara hari ulang tahunnya dengan hari Halloween, selain tanggalnya yang berdekatan saja.

Pada saat umurnya masih 5 tahun, ayah Sidik sudah membelikannya seperangkat keyboard mainan.

Entah mengapa Sidik begitu menikmati ketika memainkan keyboard mainan tersebut, walaupun ia tidak tahu pasti apakah nada-nada yang dihasilkannya enak didengar atau tidak. Jari-jarinya hanya menekan-nekan tuts keyboard begitu saja.

Ayahnya juga pernah memperkenalkannya pada tokoh-tokoh seniman luar biasa seperti Beethoven, Chopin, hingga Vladimir Ashkenazy.

Bagi Sidik, permainan mereka begitu menginspirasi sehingga membuatnya semakin semangat untuk belajar. Dia pun semakin menikmati permainan dan tuts-tuts pianonya.

Hingga pada suatu hari, ayah Sidik membawa temannya ke rumah. Saat itu adalah hari Minggu sore, seperti biasa di mana Sidik menghabiskan waktunya mendengarkan musik sambil terus melatih jari-jarinya.

Teman ayahnya itu tidak sengaja melihat permainan Sidik dan memberinya tepuk tangan. Tak disangka-sangka, singkat cerita tak lama setelah kunjungan Minggu sore itu, beliau menghubungi ayah Sidik untuk membujuk Sidik supaya mau tampil di sebuah acara.

Akhirnya, tanpa ragu-ragu Sidik pun mengiyakan tawaran tersebut. Penontonnya sangat banyak, bahkan dari kalangan seniman lain dan juga artis-artis terkenal.

Sidik pun sukses tampil begitu memukau dan menikmati permainannya di atas panggung untuk pertama kalinya itu, sebelum menjadi salah satu pianis terkenal dalam negeri seperti sekarang ini.

Contoh Biografi Diri Sendiri Ide dan Gagasan

Contoh biografi diri sendiri perempuan

Siti Nur Hayati lahir dan besar di Makassar, Sulawesi Selatan. Gadis berusia 20 tahun itu menyelesaikan pendidikan dasar dan menengahnya di kota kelahirannya.

Kemudian melanjutkan masa SMA-nya di pulau Jawa, tepatnya di kota Yogyakarta. Kini, Siti merupakan salah satu mahasiswi dari jurusan Pendidikan Biologi Universitas Gadjah Mada.

Jurusan biologi dipilih Siti karena desa asalnya kebetulan merupakan habitat dari berbagai macam spesies baik flora maupun fauna asli Indonesia. Siti pun tertarik untuk melakukan pembelajaran dan penelitian lebih lanjut tentang subjek tersebut.

Harapannya, penelitiannya ini nanti bisa mencegah hal-hal buruk yang bisa saja terjadi pada spesies flora dan fauna yang langka di sana. Karena pada dasarnya, kepunahan adalah ancaman terbesar bagi spesies makhluk hidup.

Siti berpikir bahwa selagi masih bisa dicegah, kenapa tidak mengusahakannya mulai dari sekarang dan dari diri sendiri?

Untuk sekarang, Siti hanya dapat berharap agar bisa segera merampungkan kuliahnya. Apabila semuanya lancar, maka mungkin tiga tahun lagi ia sudah meraih gelar sarjana.

Kemudian mulai melakukan pengembangan dan penelitian terhadap flora fauna endemik seperti yang dicita-citakannya.

Apabila di masa depan nanti Siti memperoleh rezeki lebih dan kesempatan, maka Siti ingin melanjutkan pendidikan lagi.

Untuk urusan karir, menurutnya dia bisa bekerja baik sebagai staff pemerintah maupun pengajar di bidang ilmu pengetahuan.

Contoh Biografi Diri Sendiri Singkat I

Berikut disajikan juga contoh biografi singkat diri sendiri lengkap untuk kamu yang membutuhkannya sebagai tugas atau referensi.

Contoh biografi diri sendiri singkat atlet volly

Saheera adalah seorang perempuan keturunan Jawa-Medan yang lahir di Mojokerto, tanggal 17 Agustus 1001.

Beliau merupakan salah satu siswi cerdas di sekolahnya. Namanya terkenal melalui sederet penghargaan yang sukses diraihnya dalam bidang olahraga bola voli.

Bidang ini memang sudah digelutinya sejak duduk di bangku kelas 5 Sekolah Dasar. Beberapa prestasi yang diperolehnya antara lain Juara II Voli Putri tingkat SMA se-Jatim 2017, Juara I Voli Putri Piala Kartini 2018, dan lain-lain.

Saat ini Saheera masih duduk di kelas XII SMAN 1 Mojokerto.

Contoh Biografi Diri Sendiri Singkat II

Contoh biografi diri sendiri laki-laki

Ridwan Ibrahim, lahir di Bandung tanggal 10 Mei 2003. Ia merupakan anak pertama dari dua bersaudara, yang di mana saudaranya itu merupakan saudara kembar, namanya Malik Ibrahim.

Ayah Ridwan bekerja sebagai seorang pegawai negeri sipil di lingkungan Pemda. Sementara ibunya bekerja sebagai ibu rumah tangga. Ridwan memang lahir dari keluarga yang serba berkecukupan.

Akan tetapi, hal tersebut tidak membuatnya menjadi anak yang sombong apalagi suka meminta-minta kepada kedua orang tuanya.

Ridwan memiliki prinsip bahwa apa yang diinginkannya, harus bisa didapatkannya dengan usaha sendiri.

Pada tahun 2009, Ridwan mengecap pendidikan untuk pertama kalinya dengan menjadi murid di salah satu Sekolah Dasar Negeri yang ada di kota Bandung. Setelah itu, pada tahun 2015 ia melanjutkan sekolah di SMP yang juga tak jauh dari kediamannya.

Sejak masa SMP itu, Ridwan mulai belajar berjualan online. Berkat kerja keras dan usahanya hingga saat ini, Ridwan bisa membiayai uang sekolahnya sendiri yang sudah menginjak jenjang SMA.

Contoh Biografi Diri Sendiri Singkat III

Contoh biografi diri sendiri singkat perawat

Cindy merupakan seorang gadis yang lahir pada tanggal 13 April 1975 di kota kecil administratif, Cimahi. Beliau adalah seorang perawat yang telah mendidikasikan dirinya di dunia kesehatan selama puluhan tahun.

Cindy mengawali pendidikannya, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perkuliahan di kota kelahirannya. Dengan bekal ilmu dan pengetahuan yang dimilikinya, Cindy mencoba peruntungan di ibukota Jakarta.

Di kota metropolitan Jakarta, ia memulai karir sebagai tenaga medis divisi emergensi. Posisinya ini membuatnya selalu ditempatkan di kota-kota luar pulau Jawa.

Perusahaan tempat Cindy bekerja memang cukup bonafide dan menjalin kerjasama dengan salah satu perusahaan tambang yang selalu memerlukan tenaga medis.

Mengabdikan diri untuk kemanusiaan dan dunia sosial memang sudah menjadi kesukaan Cindy sedari dulu. Oleh sebab itu, tidak heran jika ia sangat menyukai pekerjaannya saat ini meskipun cukup melelahkan.

Hingga kini, ia terus membaktikan dirinya dan menjadi wadah penyalur sumbangsih serta rasa bakti kepada bangsa.

Baginya, tidak ada yang lebih baik selain memberikan kesempatan kedua kepada para pasien yang selamat dari maut.

Contoh Biografi Diri Sendiri Singkat IV

Contoh biografi diri sendiri singkat seniman

Seniman muda berdarah Jawa-Sunda itu biasa dipanggil Kevin. Sejak kecil, Kevin suka sekali menggambar.

Hobinya ini mengantarkan dirinya menjadi seorang seniman grafiti dan mural pada tembok-tembok kosong yang terletak di tengah kota.

Dalam setiap karyanya, Kevin juga akan selalu menuliskan namanya sebagai identitas yang melekat pada karya muralnya itu.

Minat dan bakat menggambarnya sudah muncul sejak kecil. Hanya saja, medianya yang berubah. Dulu, Kevin memakai media kertas dan pensil warna.

Tapi sekarang, Kevin mulai mengeksplorasi stensil, cat semprot, dan media dinding. Tentu bukan tanpa alasan bagi Kevin untuk memilih bentuk kesenian seperti ini.

Seiring waktu berjalan, tema-tema yang diangkat oleh Kevin dalam setiap karyanya juga ikut mengalami perkembangan.

Sekarang, Kevin banyak menyoroti isu-isu sosial juga kasus-kasus kemanusiaan. Sebagian besar karyanya mengandung kritik, terutama atas kesenjangan sosial dan ketidakadilan.

Karena menyampaikan kritiknya melalui fasilitas publik, Kevin sengaja merahasiakan identitas aslinya. Ya, Kevin bukanlah nama aslinya, hanya identitasnya di dunia seni saja.

Kalau tidak begitu, mungkin saja karya-karyanya tak sepopuler sekarang dan bisa-bisa Kevin akan berurusan dengan polisi atau bahkan pemerintah.

Gambar Contoh Biografi Diri Sendiri

Di bawah ini Pendidikanpedia lampirkan juga gambar contoh teks biografi diri sendiri yang singkat tentang anak sekolah.

Gambar contoh biografi diri sendiri singkat

Demikian pembahasan materi kali ini tentang kumpulan contoh biografi diri sendiri terbaru dan lengkap. sekarang kamu pasti sudah bisa kan menulis biografi diri sendiri? Coba tulis sedikit di komentar ya!

Tinggalkan komentar