17 Contoh Teks Biografi yang Benar Tentang Berbagai Tema

Muhammad Anas adalah founder Pendidikanpedia. Anas merupakan lulusan terbaik SMKN 1 Karawang jurusan RPL tahun 2019 dan finalis 100 besar duta bahasa pelajar Jawa Barat 2017. Follow ig @muhammadanas.id

Contoh biografi bisa kita temukan dengan mudah baik dalam media cetak maupun media elektronik. Selain itu, beberapa buku atau novel juga sering menampilkan contoh biografi penulisnya.

Biografi sendiri adalah sebuah teks tentang kisah perjalanan hidup seseorang, organisasi, atau kelompok yang ditulis oleh orang lain. Karena ditulis oleh orang lain, maka teks biografi menggunakan sudut pandang orang ketiga.

Bagi kamu yang sedang mendapatkan tugas atau mencari referensi teks biografi, berikut Pendidikanpedia berikan kumpulan contoh biografi yang menarik dalam berbagai tema.

Contoh Biografi Diri Sendiri

contoh biografi diri sendiri

Untuk melihat contohnya, silakan buka halaman: contoh biografi diri sendiri.

Contoh Biografi Singkat

Contoh Biografi Singkat
sumber: swa.co.id

Muhammad Yunus

Muhammad Yunus adalah seorang bankir dan tokoh ekonomi yang sukses memenangkan piala nobel berkat visi dan misinya untuk memberantas kemiskinan dan membantu usahawan kecil di Bangladesh.

Ia lahir pada tanggal 28 Juni 1940 di Chittagong, suatu daerah di Bengal Timur atau yang kini lebih dikenal dengan nama Bangladesh.

Beliau juga merupakan pendiri Grameen Bank, yaitu sebuah lembaga yang memfasilitas dan menyediakan kredit mikro bagi mereka yang tidak memiliki jaminan untuk mengambil kredit di bank konvensional.

Pada awalnya, Yunus berniat untuk membantu mereka yang ingin bangkit dari cekikan ekonomi, namun tidak memiliki cukup modal dan bahkan tidak mempunyai jaminan. Salah satu ujarannya yang terkenal adalah sebagai berikut.

“Apa hebatnya teori ekonomi yang saya ajarkan itu manakala ada orang-orang yang sekarat di trotoar di sebrang kuliah tempat saya mengajar sedang bergelut dengan rasa sakit yang mencekik?”

Muhammad Yunus

Atas dasar itulah ia mengembangkan pinjaman bersakal kecil dan mengimplementasikan gagasannya ini dengan cara mendirikan Grameen Bank. Dengan lembaganya tersebut, ia sukses membantu keuangan klien-kliennya.

Hingga akhirnya pada tahun 2006, Yunus dan lembaganya, Grameen Bank, menerima penghargaan Perdamaian Nobel atas usahanya menciptakan pembangunan ekonomi dan sosial dari bawah melalui kredit mikro.

Sejak saat itu ia terus menerima berbagai penghargaan baik nasional maupun internasional dan berhasil menjadi dewan penasihat, profesor ekonomi, anggota dewan, dewan direksi, dan lain-lain di berbagai tempat dan lembaga berbeda lainnya.

Wharton School of Business bahkan membuat film dokumenter PBS dan memilih profesor Yunus sebagai salah satu dari “25 Orang Paling Berpengaruh di Bidang Bisnis sejak 25 Tahun Terakhir”.

Pada tahun 2006, The Times juga mencatatnya sebagai salah satu dari “Pahlawan Asia yang Berusia 60 Tahun”.

Dan pada tahun 2008 dalam sebuah polling online ia juga terpilih sebagai orang paling intelek ke-2 di dunia dari 100 daftar orang paling intelektual oleh sebuah majalah Inggris.

Contoh Biografi Orang Tua

Contoh Biografi Orang Tua
Ayah dan ibu

Ayah dan Ibu

Sungguh kedua orang tua adalah orang yang paling menginspirasi bagiku. Mereka bak sosok malaikat tanpa sayap. Sesaat setelah aku lahir di dunia ini, merekalah yang aku lihat dan aku kenal pertama kali.

Perempuan yang aku sebut ibu itu adalah Khaeriyah, sementara sosok pria kuat pendamping ibuku adalah Bagas Arya.

Mereka berdua mengucap janji suci pada tanggal 12 Januari 1990. Dan sejak tanggal pernikahan itu, mereka berdua dikaruniai 3 putri, termasuk aku.

Anak pertama bernama Zulfah Nisa Hanifah, anak kedua bernama Zahrotun Nisa Hamidah, dan anak terakhir, aku, Nur Nisa Nirmayanti.

Ada keunikan di antara kami bertiga, yaitu sama-sama memiliki “Nisa” sebagai nama tengah. Hal ini karena ayah dan ibu berharap kami semua menjadi wanita Islam yang taat dan sholehah.

Walaupun kami semua bertempat tinggal di desa dan ayah ibu kami kurang berpendidikan, tapi mereka sangat memegang teguh ilmu agama.

Berbekal ilmu agama yang telah diturunkan dari para pendahulunya, mereka berharap kami semua bertiga menjadi anak-anak perempuan yang sholehah dan mampu memuliakan mereka berdua.

Ayah adalah seorang tukang, pekerjaannya serabutan, kadang ada kadang juga sedang benar-benar tidak ada.

Jadi, penghasilannya tidak menentu. Meskipun begitu, ia tidak pernah menyerah untuk terus berjuang demi kami semua.

Sementara itu, ibu bekerja sebagai seorang petani. Ibu tahu bahwa pekerjaannya itu adalah pekerjaan yang berat, upahnya juga tidak seberapa. Tetapi, ia senang melakukannya dan tidak pernah mengeluh tentang hal itu.

Mereka berdua berangkat bekerja sesaat setelah matahari terbit dan pulang tepat ketika matahari tenggelam.

Aku tahu bahwa ayah dan ibu telah letih bekerja seharian, tapi mereka berdua tidak pernah menunjukkannya, mereka selalu pandai menyembunyikannya.

Dan di malam hari, mereka bahkan tidak merasa lelah untuk menyempatkan waktu dan tenaganya mengajar ngaji kami bertiga. Semoga kami bertiga bisa menjadi anak perempuan yang ayah dan ibu harapkan.

Contoh Biografi Ayah

Contoh Biografi Ayah
Ayah

Ayah

Tidak ada orang yang lebih mencintaiku, menyayangiku, pemberani, dan gagah selain ayah. Sosok yang begitu kuat itu bernama Bagas Arya dan biasa dipanggil Bagas.

Ayah lahir pada tanggal 17 November 1963. Ia lahir bukan dari keluarga yang kaya raya sehingga tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan terpaksa sudah harus bekerja ketika usianya masih belasan tahun.

Berkat kegigihan dan kerja kerasnya, ia berhasil menjadi pengawas sawah dan hutan. Sedangkan mayoritas profesi orang-orang desa saat itu adalah petani. Sehingga ayah cukup disegani oleh orang-orang kala itu.

Sayang, setelah belasan tahun menjabat sebagai pengawas hutan, masa jabatannya usai dan ia tidak memiliki persiapan akan hal ini.

Berbagai usaha sudah dicobanya, tapi tidak ada yang cocok dan bertahan. Namun, bukan berarti ayah menyerah begitu saja dengan keadaan.

Meski keadaan sudah berbalik tidak seperti dulu lagi, ia tetap gigih mencari pekerjaan sampai akhirnya berhasil mendapatkan beberapa pekerjaan serabutan.

Walaupun penghasilan yang didapat tidak sebesar dulu, tapi ayah tetap bersyukur masih bisa bekerja hingga kini. Mengingat saat ini rasanya sulit untuk mendapatkan pekerjaan.

Ayah sangat menyayangi keluarganya. Jangankan memukul, membentak saja dia jarang. Tak jarang juga ia rela bekerja seharian hanya agar aku dan kakak-kakakku bisa terus sekolah.

Selain penyayang, ayah juga merupakan sosok lelaki yang tangguh dan kuat. Dalam hidupnya tentu ia tidak sedikit menjumpai masalah, tapi dia selalu bisa mengatasi dan melewatinnya.

Ia selalu bisa mengeluarkan kata-kata mutiara tatkala aku bersedih, dan rangkaian kata dari mulutnya itu selalu mampu memotivasiku.

Dan salah satu impian ayah adalah mengantarkan anak-anaknya untuk mengenyam pendidikan tinggi, hal yang tidak bisa ia raih di masa mudanya.

Contoh Biografi Ibu

Contoh Biografi Ibu
Ibu

Ibu

Ibu, orang yang paling berharga dalam hidupku. Sosok itu bernama Khaeriyah, ia lahir pada tanggal 02 November 1970 di Purwokerto. Ia bekerja sebagai petani sekaligus mengisi pengajian jika ada acara di desa.

Beliau lahir di keluarga yang bisa dibilang sangat berkecukupan. Tak hanya itu, keluarganya juga sangat taat dalam menjalankan tugas-tugas serta aturan agama.

Sedari dulu ibu sangat gemar membaca. Tak hanya itu, salah satu kemampuan ibu yang sangat baik adalah menghafal. Mungkin ini juga didorong oleh hobi membacanya.

Sejak kecil, ibu sudah bisa menghafal berbagai hal terutama ayat-ayat suci Al-Qur’an. Dan beranjak dewasa, ia sudah hafal juz Amma dan juga beberapa juz lainnya. Kebiasaan membaca dan menghafalnya akhirnya diturunkan ke anak-anaknya.

Pada masa SMA nya dia sempat mengikuti beberapa perlombaan qiro’ah beberapa kali hingga ditunjuk menjadi perwakilan kota Purwokerto untuk tampil di ajang tingkat provinsi. Hebatnya ia, juara pertama pun berhasil diraihnya kala itu.

Tak hanya berhenti di masa lalu, hingga kini ibu masih terus rutin membaca Al-Qur’an dan menyalurkan kebiasaannya itu walaupun sudah bekerja. Ketika ada acara pengajian atau ceramah untuk wanita di desa, ibu biasa mengisinya.

Akan tetapi, semua kesibukannya tersebut tidak membuatnya lupa dengan keluarga kecilnya. Ibu tetap menjadi ibu bagi anak-anaknya dan istri untuk suaminya. Setiap pagi sebelum berangkat ke ladang, ibu selalu siap menyediakan sarapan untuk kita semua.

Walaupun dulunya ia hidup di keluarga yang serba berkecukupan, tapi ia tetap bisa menerima kenyataan dan keadaan hidup sederhana yang sekarang. Ia tak pernah menyesali atas apa yang telah terjadi di hidupnya.

Ada satu impian ibu yang belum terkabul, beliau ingin membuat sebuah panti asuhan untuk anak-anak jalanan. Semoga suatu hari aku bisa mewujudkan cita-citanya itu.

Contoh Biografi Tokoh Pahlawan

Contoh Biografi Pahlawan
sumber: wikipedia.org

Sutan Syahrir

Sutan Syahrir lahir pada tanggal 5 Maret, 1909 di daerah Padang Panjang, Sumatera Barat. Beliau lahir dari pasangan Mohammad Rasad gelar Maharaja Soetan bin Soetan Leman gelar Soetan Palindih dan Putri Siti Rabiah.

Latar belakang keluarga beliau memang bisa dibilang begitu tersohor dan disegani di daerah Sumatera Barat. Begitu pula dengan riwayat pendidikannya.

Tokoh pahlawan yang satu ini mengenyam pendidikan yang sangat baik di masa mudanya hingga ke jenjang pendidikan tinggi.

Sutan Syahrir kecil memulai pendidikannya di sekolah dasar ELS. Kemudian melanjutkan ke SMP MULO Medan, di mana SMP ini merupakan sekolah terbaik di Medan saat itu. Setelah itu, ia berhasil menyelesaikan pendidikan sekolah menengah atasnya di SMA AMS Bandung.

Saat itu, SMA ini merupakan SMA termahal sekawasan Hindia Belanda. Dan beliau pun melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi di luar negeri, tepatnya di Universitas Amsterdam fakultas hukum, Belanda.

Sejak masih duduk di bangku pendidikan, Sutan Syahrir ternyata sudah tertarik untuk masuk dan menyelam ke dunia politik.

Ketertarikannya ini benar-benar membawanya ke bidang politik, terbukti ia merupakan penggagas terbentuknya organisasi Jong Indonesie.

Kisah perjalanannya di dunia politik tak hanya berhenti di situ saja. Sutan Syahrir juga ikut menjadi salah satu pelopor tercetusnya Sumpah Pemuda.

Pada tahun 1930, beliau ikut bergabung ke dalam organisasi Perhimpunan Indonesia atau yang biasa disingkat PI.

Pengalaman berorganisasinya tak hanya sampai di situ. Selanjutnya ia juga bergabung dengan PNI baru, di mana sebelumnya pemerintah Hindia Belanda sempat membubarkan organisasi ini.

Selang beberapa lama, PNI malah dinilai menjadi semakin radikal. Akibatnya, Sutan Syahrir dan juga tokoh pahlawan nasional lainnya, Mohammad Hatta diasingkan selama satu tahun di Boven Digoel. Sebelum akhirnya dipindahkan ke Banda Neira untuk masa pembuangannya selama enam tahun.

Semangat perjuangan Sutan Syahrir menentang penjajah tidak hanya berapi-api pada masa pemrintahan Belanda saja, beliau juga masih ikut berjuang melawan penjajahan Jepang.

Organisasi PNI yang terus berkembang dijadikannya sebagai roda penggerak kekuatan bawah tanah. Dengan berbekal keberanian, ketangkasan, dan organisasi PNI tersebut Sutan Syahrir beserta pemuda-pemuda Indonesia lainnya berhasil mendesak Soekarno-Hatta untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Perjuangannya untuk bangsa Indonesia tidak berhenti di masa memperjuangkan kemerdekaan. Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya, Sutan Syahrir masih juga berperan dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan tersebut.

Pada masa-masa itu, ia membentuk kabinet Syahrir I hingga Syahrir III yang bertugas mempertahankan kemerdekaan Indonesia melalui jalur diplomasi.

Setelah tidak lagi memimpin kabinetnya, Sutan Syahrir beralih peran menjadi penasihat dan duta besar keliling presiden Soekarno. Bersamaan dengan hal tersebut, beliau juga membentuk Partai Sosialis Indonesia (PSI).

Karena terindikasi bergerak ke arah komunis, pada tahun 1960 Presiden membubarkan partai ini. Di saat yang sama, Sutan Syahrir juga tersandung kasus PRRI. Atas hal tersebut, Sutan Syahrir harus mendekam di penjara selama 3 tahun tanpa diadili hingga jatuh sakit.

Kemudian ia memperoleh izin untuk berobat ke Swiss. Sayang, tokoh pahlawan nasional bangsa ini menghembuskan nafas terakhirnya di sana.

Sutan Syahrir meninggal tanggal 9 April 1966. Jasadnya dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Contoh Teks Biografi Beserta Strukturnya

Contoh Teks Biografi Beserta Strukturnya
sumber: youtube.com

Reza Rahardian

Orientasi

Aktor yang biasa disebut Reza Rahadian ini memiliki nama lengkap Reza Rahadian Matulessy. Beliau lahir pada tanggal 5 Maret 1987 di Bogor.

Nama tengah artis berbagai sinetron kenamaan ini ternyata merupakan nama kombinasi dari orang tuanya, yaitu bapak Rahim dan juga ibu Pratiwi Widantini Matulessy. Sehingga arti nama Rahadian yakni anak dari Rahim dan Dian.

Saat usianya menginjak 6 tahun, orang tuanya harus berpisah. Meskipun begitu, Reza mengaku tidak pernah merasa kehilangan sosok seorang ayah.

Sejak perpisahan kedua orang tuanya itu, Reza tumbuh besar bersama ibunya. Masa kecilnya saat itu ia habiskan di tiga kota yang berbeda. Ia dan ibunya tinggal di rumah nenek yang berada di sekitar daerah Gadog Bogor.

Peristiwa dan Masalah

Karir Reza Rahadian begitu cemerlang di dunia aktor dan perfilman hingga saat ini. Semua dimulai dari karir modellingnya ketika ia berhasil menjadi juara favorit Top Guest di majalah Aneka Yess! pada tahun 2004.

Kemudian awal karir sinetronnya bermula ketika Reza dipercaya oleh Rapi Film untuk bermain di film “Culunnya Pacarku” pada tahun 2005. Kesempatan tersebut tentunya tidak ia sia-siakan sama sekali.

Pada film tersebut Reza telah berakting dengan sebaik mungkin hingga ia kembali dipercaya oleh Rapi Film untuk terus bermain di sinetron yang lainnya.

Dari berbagai tawaran-tawaran bermain sinetron yang didapatinya, karir Reza mulai naik. Akhirnya mulai datang tawaran bagi Reza untuk bermain di film layar lebar.

Karirnya semakin melambung ketika ia berhasil mengambil peran di film “Perempuan Berkalung Sorban”.

Dari film tersebut Reza berhasil meraih Piala Citra kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik pada tahun 2009.

Dan satu tahun setelahnya, ia kembali meraih Piala Citra sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik melalui film “Tiga Hati Dua Dunia”.

Karirnya kian melejit ketika ia dipilih untuk berperan sebagai BJ. Habibie di film “Habibie dan Ainun”. Film inilah yang mengantarkan Reza memenangkan Piala Layar Emas IMA pada kategori Pemeran Utama Pria Terfavorit.

Hasil ini membuat Reza memenangkan total satu piala penghargaan dari IMA atau Indonesian Movie Awards dan satu penghargaan dari FFI.

Reorientasi

Reza Rahadian termasuk ke dalam jajaran artis multitalenta. Tak hanya berkarir sebagai aktor layar lebar, dulunya ia juga sempat memasuki dunia modelling dan bermain di sinetron. Beliau juga bahkan pernah menjajal dunia tarik suara.

Pada tahun 2012 lalu ia berduet dengan Acha Septriasa untuk mengisi soundtrack film “Brokenhearts”. Dengan bekal kemampuan dan keberaniannya, Reza Rahadian berkesempatan besar untuk mengharumkan namanya di dunia perfilman baik dalam negeri maupun luar negeri.

Contoh Biografi Bahasa Sunda

Contoh Biografi Bahasa Sunda
sumber: sonora.id

Alm. Alda risma

Alda Risma Elfariani, penyanyi nu sakitu populer zaman kiwari ieu lahir di Bogor 23 Nopember 1982. Alda nyaeta putri cikal ti dalapan sadulur, lahir ti pasangan Bapa Farid Riza sareng Ibu Halimah.

Alda boga karir anu melesat kawas meteor dina dunia musik, pikeun manehna oge samemeh 17 taun. Lagu anu dinyanyikeun Alda nyaeta Aku Tak Biasa (1998) kajual nepi ka 200 rebu kaset. Penjualan ieu oge anu ngahasilkeun kauntungan milyaran rupia sakeur Alda.

Maka ti kauntungan eta teh teu aneh bentang penyanyi anyar nu hiji ieu nyicingan imah ageng di komplek perumahan elit Bogor Danau Raya Blok C3 No. 1 Bogor. Eta imahna oge hargana ratusan juta, jeung ka mana-mana teh sok indit naek mobil BMW.

Dina acara Anugerah Musik Indonesia (AMI) taun 1998, ku sabab lagu Aku Tak Biasa eta, Alda meunangkeun panghargaan penyanyi Pop Terbaik.

Manehna oge sakaligus ngelehkeun babaraha penyanyi anu leuwih senior misalna Ruth Sahanaya jeung Krisdayanti.

Jalan Alda ngaraih kasuksesan dina karirna emang kawas dongeng. Carita ieu teh dimulai bulan April 1997.

Harita Alda teh kaparengkeun lalajo pagelaran Code Red ti Inggris di Hard Rock Cafe, Jakarta. Pas di dinya teh duka kumaha Alda bet ditawaren weh pikeun nyanyi naek ka panggung sareng eta kelompok musik.

Sa engges ti dinya Alda teh lulus tes, tuluy ngiringkeun lagu “We Can Make It” anu dirilis taun eta keneh. Alda tuluy gabung jeung grup band musik Blackboard.

Ti bieu pisan anu mimitina ngarobah hirup Alda teh. Ku grup band Blackboard Alda dibere nyanyi lagu “Aku Tak Biasa” karya Rudi Loho. Kabeneran eta lagu cocok pisan jeung karakter vokal Alda. Ti dinya, Alda bisa sukses dina karir musikna.

Contoh Biografi Penulis Novel

Contoh Biografi Penulis Novel
Foto ilustrasi

Nina Mutiara, Sosok Nyata di Balik Nama Pena Rembulan

Rembulan adalah nama pena milik seorang penulis dengan nama asli Nina Mutiara. Nina bisa dibilang merupakan salah satu penulis yang sangat produktif dan berbakat.

Hal tersebut dibuktikan dengan munculnya beragam karya milik Nina di berbagai macam media setiap tahunnya.

Keberagaman karya yang dihasilkan dari jari jemari Nina meliputi kalimat inspirasi hingga kisah-kisah romansa menarik.

Empu sang pemilik nama pena Rembulan ini lahir pada tanggal 12 April 1992 di Padang. Keberhasilan Nina dalam mempublikasikan karyanya tentu tidak terlepas dari kemampuan uniknya dalam menuangkan ide melalui tulisan-tulisan yang mudah dipahami.

Sebenarnya, gadis ini tidak memiliki latar belakang pendidikan sastra sama sekali. Kendati demikian, ia selalu menaruh minat di bidang kepenulisan. Hal tersebutlah yang mengantarkannya menjadi seorang penulis novel hebat.

Nina merupakan mahasiswa lulusan ekonomi Universitas Indonesia. Sejak ia masih duduk di bangku kuliah, Nina sudah sering menulis sekaligus membagikan tulisan-tulisanya ke berbagai blog dan media online.

Tak hanya itu, di kampus ia juga aktif mengikuti kompetisi dan pertandingan tulis-menulis untuk mencoba kemampuannya.

Tak disangka-sangka, Nina yang tidak memiliki pendidikan sastra malah mampu mengalahkan saingan-saingannya dan beberapa kali menjadi pemenang.

Hal ini tentunya semakin membakar semangat dan kepercayaan dirinya untuk menulis novel. Konflik anak muda dan kisah romansa merupakan tema utama yang diangkat oleh Nina dalam menulis novelnya.

Cerita-cerita mengenai kehidupan sehari-hari remaja seperti itu akan mudah diterima dan dimengerti target pembacanya.

Nina berharap, dari cerita-cerita yang ditulisnya itu ada banyak anak muda yang terinspirasi untuk menjalani hidup yang lebih baik.

Ketertarikan Nina di dunia kepenulisan semakin meningkat kala karyanya semakin disukai banyak orang.

Para pembaca dan penikmat novelnya selalu memberikan tanggapan positif dan mendukung Nina untuk terus semangat dalam berkarya.

Sejak saat itu Nina akhirnya memutuskan untuk terus menekuni bidang yang menjadi kebiasaan dan hobinya ini. Ia pun terus membuat karya-karya dan tulisan keren lainnya.

“Tetesan Langit Malam Hari”, “Embun Bunga Matahari”, dan “Gadis yang Berlari” merupakan beberapa contoh novel best-seller karya Nina. Selain menulis dan menerbitkan novel, saat ini Nina juga masih aktif menulis cerita di beberapa media online.

Contoh Biografi Penulis Buku

Contoh Biografi Penulis Buku
Foto ilustrasi

Raffi Rizaldi

Raffi Rizaldi adalah nama dari seorang penulis muda yang saat ini sedang naik daun. Berkat tulisan-tulisannya yang menakjubkan, Raffi Rizaldi sukses mendapatkan selera dan perhatian berbagai lapisan masyarakat.

Penulis muda ini merupakan anak bungsu dari pasangan Andriansyah dan Maya yang merupakan seorang berkebangsaan Cina dan seorang mualaf. Raffi mempunyai dua saudara perempuan yang lebih tua darinya, yaitu Citra dan Cindy.

Ayah Raffi berprofesi sebagai seorang penjaga perpustakaan, sementara ibunya bekerja menjadi kuli tinta alias jurnalis untuk sebuah portal berita setempat. Bahkan kedua kakaknya juga terjun ke dunia kepenulisan dan berhasil menjadi seorang penulis novel.

Tidak heran jika Raffi mewariskan kemampuan dan ketertarikan keluarganya itu. Sejak kecil ternyata Raffi sudah memiliki keinginan untuk mengikuti jejak kedua kakaknya menjadi penulis.

Demi mengasah kemampuannya di bidang jurnalistik, Raffi memilih kuliah jurusan sastra di Universitas Padjajaran.

Selama duduk di bangku kuliahnya itu, Raffi sudah mulai menulis untuk beberapa media online.
Ketekunan Raffi untuk terus belajar mengantarkannya sukses menyelesaikan karya pertamanya.

Naskahnya ia kirim ke sebuah penerbit dan ternyata responnya sangat baik sekali. Melalui novel pertamanya itu yang berjudul “Rumah” Raffi memulai debutnya sebagai penulis buku.

Karyanya tersebut berhasil mendapatkan atensi dan banyak disukai pembacanya. Hal ini membuat karirnya melejit seketika hingga ia juga sukses menyelenggarakan sebuah acara talk show yang selalu didatangi banyak penggemarnya.

Hal ini tentunya membuat Raffi semakin bersemangat untuk menghasilkan karya-karya baru yang lebih bagus lagi.

Beberapa waktu lalu, Raffi sudah kembali menerbitkan buku terbarunya berjudul “Impian”. Bukunya ini didedikasikan untuk para pemuda agar terus semangat mengejar mimpinya.

Contoh Biografi Penulis Cerita

Contoh Biografi Penulis Cerita
Foto ilustrasi

Nadhin Amira

Nadhin Amira adalah nama dari seorang penulis yang karya-karyanya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Tulisan-tulisan Nadhin menginspirasi banyak orang yang membuatnya semakin disukai dan digemari.

Perempuan kelahiran Bandung 7 Agustus 1991 ini mengawali karir menulisnya ketika masih duduk di bangku SMA. Nadhin adalah anak tertua dari pasangan Sulaeman dan Zahra.

Kedua orang tuanya ini memiliki latar belakang di bidang sastra. Oleh sebab itu, Nadhin tumbuh besar di lingkungan keluarga yang menekuni dunia tulis menulis. Ayahnya merupakan seorang penulis dengan segudang prestasi baik tingkat kabupaten maupun provinsi.

Sementara ibunya merupakan seorang jurnalis yang bekerja di perusahaan berita lokal. Karena sudah sering melihat orang tuanya bergulat di dunia jurnalistik, Nadhin sudah menunjukkan ketertarikannya pada dunia jurnalistik sedari kecil.

Bahkan ia sudah bercita-cita untuk menjadi seorang penulis terkenal sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar.

Gadis muda itu memulai pendidikannya di SD Negeri 2 Bandung, lalu melanjutkan ke SMP Negeri 23 Bandung dan SMA Negeri 1 Bandung.

Setelah itu, ia melanjutkan jenjang pendidikannya ke Universitas Indonesia dengan mengambil jurusan Sastra Bahasa Indonesia pada tahun 2013 silam.

Namun, akibat sakit yang dideritanya Nadhin terpaksa harus berhenti kuliah untuk sementara. Nadhin divonis mengidap asma kronis yang membuatnya harus dirawat secara intensif.

Setelah memperoleh perawatan yang cukup, akhirnya Nadhin sembuh dan bisa kembali melanjutkan kuliahnya.

Sejak saat itu Nadhin mulai meluangkan waktunya untuk menulis dan juga mengirimkannya ke beberapa surat kabar harian dan penerbit.

Ia merasakan sendiri proses ini dan sama sekali tidak mudah untuk melaluinya. Karyanya belum juga diterima oleh penerbit.

Pada akhirnya, perjuangannya membuahkan hasi setelah satu tahun terlewati. Karya buatan Nadhin mulai diterima para penerbit. Beberapa karya tersebut di antaranya “Cinta di Atas Kereta”, “Bulan”, dan “Teman di Balik Pena”.

Hingga sekarang Nadhin masih terus melanjutkan karirnya sebagai penulis cerita dan novel, kadang-kadang ia juga menulis puisi.

Anak muda adalah kalangan paling banyak yang menggemari karya Nadhin karena menurut mereka, karya-karyanya selalu menarik dan menginspirasi.

Berkat kerja kerasnya, Nadhin meraih penghargaan sebagai salah satu penulis populer dengan karya yang terjual habis selama 2 tahun berturut-turut.

Sekarang, selain sibuk menulis, Nadhin juga sering menghadiri berbagai forum diskusi remaja dan menjadi dosen di salah satu perguruan tinggi negeri ternama.

Semangat dan mimpi yang dimilikinya mampu menginspirasi generasi muda untuk terus bersemangat meraih cita-cita.

Contoh Biografi Teman

Contoh Biografi Teman
Foto ilustrasi

Muhammad Luthfi Alfian

Dia adalah seorang laki-laki baik hati dan temanku sedari kecil. Namanya bisa dibilang unik, nama aslinya adalah Muhammad Luthfi Alfian, tapi aku dan teman-teman biasa memanggilnya Upink. Upink lahir pada tanggal 14 Maret 1995 dan dibesarkan di Karawang.

Ia lahir dari keluarga dengan latar belakang seni dan pendidikan. Jadi tidak heran jika ia juga punya minat di bidang seni sejak kecil.

Tidak seperti teman-teman seumurannya, Upink menghabiskan masa kecilnya dengan berlatih biola. Latihannya dari kecil ini tidak sia-sia.

Saat menginjak SMA yang kebetulan satu sekolah denganku, ia sering sekali tidak masuk karena mengikuti perlombaan biola tingkat nasional.

Walaupun jarang masuk sekolah, Upink tidak menelantarkan sekolah dan tugas-tugasnya begitu saja. Ia lulus dengan nilai yang memuaskan dan juga sering mendapatkan peringkat di kelas.

Prestasinya yang sudah tidak bisa dihitung berhasil membawanya melanjutkan studi di Jerman. Bahkan di sana pun ia juga mengikuti kegiatan pertukaran pelajar seperti ke Prancis dan Austria.

Upink bercita-cita menjadi seorang musisi terkenal yang bisa dikenang dunia permusikan. Kini ia sedang sibuk-sibuknya menyelesaikan tugas akhir dan juga kerap kali menghadiri beberapa undangan seminar motivasi di sana.

Contoh Biografi Guru

Contoh Biografi Guru
Foto ilustrasi

Nur Irmayanti

Ibu Irma adalah guru bahasa Jermanku yang sudah kuanggap sebagai kakak dan sahabat sendiri. Perempuan kelahiran 21 Februari 1995 ini adalah anak pertama dari tiga bersaudara pasangan Adi Nugroho dan Nur Citra Kirana.

Beliau bisa dibilang sosok yang paling menginspirasi dan memotivasi bagiku. Cara mengajarnya begitu berbeda dari guru-guru lain pada umumnya.

Beliau bisa menjelaskan materi dan memahami murid-muridnya dengan sangat baik. Ibu Irma juga sangat sabar menjelaskan setiap aku bertanya.

Beliau merupakan seorang mahasiswa lulusan bahasa Jerman Universitas Pendidikan Indonesia tahun 2013 dan sudah pernah pergi ke Jerman untuk pertukaran budaya.

Sekarang dia berprofesi sebagai guru Bahasa Jerman di sekolah SMK Negeri 1 Karawang. Ibu Irma memiliki impian untuk mendidik dan mengajar mereka-mereka yang berada di daerah pedalaman.

Ia sangat ingin mendedikasikan hidupnya untuk membantu anak-anak yang kurang mendapatkan pendidikan.

Tidak hanya baik di dalam kelas, ia juga begitu pengertian dan ramah di luar kelas. Tidak jarang aku pergi keluar bersama teman-teman yang lain dan dirinya hanya untuk sekadar main atau minum kopi bersama.

Setiap kali aku menghadapi kesulitan baik kesulitan dalam belajar maupun kesulitan menghadapi hidup, selalu ada kata-kata yang dapat menginspirasiku keluar dari mulutnya.

Ada satu hal yang menarik dari dirinya sebagai seorang guru, ibu Irma menggemari dunia sirkus, sulap, dan permainan kartu.

Dia bahkan pernah menunjukkan salah satu trik sulap terbaiknya kepadaku dan teman-teman. Tak jarang juga kami memintanya untuk memberitahukan rahasia trik sulapnya tersebut.

Kini ia akan segera menikah dan menempuh babak baru dalam hidupnya. Setiap waktu yang kuhabiskan bersamanya begitu berharga dan menurutku ia merupakan sosok yang bisa menginspirasi lingkungan sekitarnya.

Contoh Biografi Siswa

Contoh Biografi Siswa
Foto ilustrasi

Muhammad Fikri Maulana

Muhammad Fikri Maulana adalah seorang siswa dari sekolah vokasi yang ada di Karawang, Jawa Barat. Fikri, panggilan akrab siswa yang baik dan supel ini, lahir di Karawang, 1 Oktober 2000. Ia merupakan orang asli Karawang, begitupun dengan kedua orang tuanya.

Fikri dan keluarganya tinggal di daerah pedesaan sehingga dulu akses pendidikan di tempat tinggalnya tidak begitu bagus.

Orang tuanya bekerja sebagai petani. Semasa berada di bangku Sekolah Dasar, Fikri sudah diperkenalkan pada olahraga bulu tangkis.

Setelah menamatkan masa pendidikan dasarnya di SD setempat, ia pun melanjutkan pendidikannya ke pesantren yang juga tidak jauh dari tempat tinggalnya.

Orang tua Fikri memutuskan untuk mendaftarkannya ke pesantren karena mereka ingin Fikri tumbuh menjadi pribadi yang mengerti agama dan berbakti kepada orang tua.

Usaha orang tuanya ini pun tidak sia-sia. Setelah keluar dari pesantren, Fikri menjadi pemuda dengan akhlak yang baik.

Semasa di pesantren, Fikri juga tak lupa dengan hobi bermain bulu tangkisnya. Ia malah semakin jago saja di cabang olahraga ini.

Setelah keluar dari pesantren, Fikri melanjutkan pendidikannya di sebuah sekolah vokasi terfavorit di Karawang.

Perjuangannya agar bisa diterima di sekolah ini tentunya tidak mudah. Selain dari jarak tempuh yang jauh dengan tempat tinggalnya, jumlah siswa atau saingan dari sekolah lain yang ingin masuk ke sekolah vokasi ini juga begitu banyak. Tapi, dengan kegigihan dan ketekunannya, Fikri berhasil mendapatkan tempat.

Karena jarak tempuh ke sekolah yang terlalu jauh, Fikri memutuskan untuk menyewa kamar kost di daerah dekat sekolah.

Di sekolah tersebut, ia mengambil jurusan komputer, sebuah bidang yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan latar belakang pesantren dan hobinya. Hal ini diputuskannya karena saat itu ia memang sedang tertarik dengan dunia teknologi.

Sayang, semasa sekolah Fikri malah menjadi kurang bisa mengikuti pelajaran komputer dan malah menaruh minat di bidang sastra dan bahasa Indonesia. Ketertarikannya kali ini mungkin adalah jalan yang benar-benar tepat untuknya.

Pasalnya, kemampuannya di bidang bahasa memang benar-benar tidak boleh diragukan. Fikri hampir selalu mendapatkan nilai yang bagus baik di mata pelajaran Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.

Puncaknya adalah ketika ia berhasil lulus seleksi untuk menjadi peserta ajang Duta Bahas Pelajar Jawa Barat bersama empat siswa lainnya mewakili sekolahnya.

Tak berhenti di situ, ketika hasil UN untuk angkatannya diumumkan, tak disangka-sangka Fikri mendapatkan nilai 100 atau sempurna di mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Rencananya saat ini ia akan melanjutkan studinya ke jenjang perguruan tinggi dengan mengambil fakultas sastra dan bahasa Indonesia.

Kesibukannya dalam kegiatan sekolah tidak membuatnya melupakan hobi lamanya bermain bulu tangkis.

Ketika pulang ke rumah, tak jarang ia tetap memainkan cabang olahraga favoritnya ini bersama ayahnya. Ia juga kerap kali mengikuti perlombaan bulu tangkis antarkecamatan.

Selain merupakan seorang siswa yang cukup berprestasi, Fikri juga adalah seorang teman yang ramah dan baik.

Semoga ia berhasil mencapai tujuan dan cita-citanya terutama masuk kuliah di universitas dan fakultas yang dia inginkan, sastra.

Contoh Biografi Artis

Contoh Biografi Artis
sumber: goodnewsfromindonesia.id

Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas merupakan seorang pemain sepak bola Indonesia yang terkenal. Pemain yang akrab disapa Bepe ini lahir di Semarang tanggal 10 Juni 1980.

Saat ini beliau tengah memperkuat klub tanah air, Persija Jakarta setelah sebelumnya sempat membela klub luar negeri beberapa kali dan tampil di tim nasional Indonesia.

Posisi utamanya adalah sebagai striker. Namanya harum di sepak bola Asia Tenggara setelah dirinya berhasil mencetak gol penentu untuk Indonesia ketika menjamu Malaysia di ajang Piala Tiger 2002 sekaligus menjadi pencetak gol terbanyak di turnamen tersebut.

Bambang dikenal sebagai pemain dengan sundulan bola yang mematikan, ia juga mempunyai reputasi yang bagus ketika berada di kotak pinalti lawan.

Saat ini Bambang Pamungkas adalah pencetak gol dan pengoleksi penampilan (caps) paling banyak untuk Indonesia dengan torehan 37 gol dan 85 caps.

Pada masanya, Bepe merupakan pemain yang paling populer di Indonesia dan sudah seperti ikon sepak bola Indonesia.

Karir sepak bolanya dimulai saat ia masih bermain untuk tim remaja Jawa Tengah dan tidak lama kemudian ia dinobatkan sebagai pemain terbaik pada kejuaraan Piala Haornas, sebuah perlombaan tingkat remaja.

Ia juga pernah menjadi pencetak gol terbanyak skuad Indonesia di Piala Asia U-19 grup V dengan torehan 7 gol.

Karir Profesional

Karir profesional Bambang bermula ketika ia sukses mencetak 24 gol pada musim debutnya di Liga Indonesia bersama Persija. Selanjutnya Bambang bergabung dengan klub divisi 3 Belanda, EHC Norad.

Namun, karena masalah cuaca dan keluarga, Bambang dipinjamkan ke Persija. Tak lama setelah itu, Bambang dan klub asal Belanda itupun resmi memutus kontrak.

Karirnya berlanjut ketika ia menandatangani kontrak bersama klub asal Malaysia, Selangor FC, pada tahun 2005.

Bambang tidak membutuhkan waktu cukup lama untuk berhasil membuktikan dirinya sebagai striker mematikan.

Pada tahun yang sama, ia sukses menjadi top skorer liga Malaysia dengan torehan 22 gol. Setelah melewati dua musim di Malaysia, pada tahun 2007 Bambang memutuskan untuk kembali memperkuat Persija Jakarta.

Pada tahun 2010, Bambang mendapatkan kesempatan trial di Selandia Baru bersama klub kenamaan Wellington Phoenix FC.

Sayang kesempatan itu tidak bertahan lama. 3 tahun kemudian secara mengejutkan ia menandatangani kontrak dengan klub Pelita Bandung Raya dengan durasi singkat 1 musim.

Pada debutnya dengan klub asal Bandung tersebut, Bambang mencetak 2 gol ke gawang mantan klubnya, Persija di mana pertandingan tersebut berakhir imbang.

Karir Internasional

Tak hanya tampil gemilang tim-tim liga, Bepe juga memiliki rentetan penampilan yang menakjubkan di panggung internasional.

Karir internasionalnya dimulai ketika berhasil menembus tim senior timnas pada tanggal 2 Juli 1999 ketika Indonesia menjamu Lithuania dalam pertandingan persahabatan.

Saat itu, Bambang masih berusia 18 tahun. Kendati demikian, ia sukses mencetak sebuah gol pada pertandingan yang berakhir dengan skor imbang 2-2 tersebut.

Pada tahun 2002, karirnya di Timnas Indonesia melejit ketika ia berhasil mendapatkan predikat top skorer dengan 8 gol dari 6 penampilan dan sukses membawa Indonesia menjadi runner-up di Piala Tiger 2002.

Salah satu pertandingan yang paling berkesan baginya di ajang itu ialah kala Indonesia mengalahkan Bahrain 2-1 dan Bepe menyumbang 1 gol pada kemenangan Indonesia itu.

Saat ini, Bambang memegang rekor penampilan terbanyak dan pencetak gol terbanyak untuk Indonesia dengan rincian 77 penampilan dan 36 gol untuk pertandingan kategori A FIFA.

Sementara jika digabungkan secara keseluruhan dengan pertandingan non-FIFA dan Tim Nasional U-23, Bambang Pamungkas telah bermain sebanyak 88 dan mengemas 42 gol.

Pada tanggal 1 April 2013, Bambang Pamungkas resmi pensiun dari Timnas Indonesia. Sudah banyak sekali prestasi yang ditorehkannya.

Dengan karir sepak bolanya yang bisa dibilang gemilang, Bambang Pamungkas layak dijadikan salah satu legenda kenamaan sepak bola Indonesia.

Contoh Biografi Orang Lain

Contoh Biografi Orang Lain
sumber: biola.edu

James Fowler

James Fowler adalah seorang profesor, human development theorist, dan Direktur Pusat Etika dalam Kebijakan Publik dan Profesi di Universitsa Emory di Atlanta, Goergia. Ditahbiskan di Gereja Methodis Amerika. Fowler memiliki karir sebagai pendidik agama.

Dia memegang posisi mengajar di Harvard Divinity School dan Boston College pada awal 1970, dan telah mengajar di Emory Universitysejak tahun 1977.

Dia adalah seorang ahli di bidang agama, psikologi, etika dan kehidupan publik, dan juga merupakan penulis beberapa buku.

Ayahnya adalah Methodis dan ibunya seorang Quaker. Istrinya, Lurline, adalah seorang Direktur Pendidikan Kristen di Universitas Drew Theological Seminary, Madison, New Jersey.

Gambar Contoh Biografi Singkat Penulis

Bagi kamu yang membutuhkan contoh biografi singkat dalam bentuk gambar atau foto, berikut Pendidikanpedia lampirkan satu contohnya sebagai bonus.

Contoh Biografi Singkat Penulis
sumber: ahmadjurnaidi.wordpress.com

Itulah contoh teks biografi mulai dari contoh biografi singkat, orang tua, pahlawan, tokoh, hingga artis. Semoga setelah membaca contoh-contoh di atas kamu menjadi lebih paham dan bisa menulis teks biografi sendiri. Siapa yang ingin kamu tulis biografinya? Kasih tahu di komentar, ya!

17 Contoh Biografi Diri Sendiri yang Benar dan Lengkap

17 Contoh Biografi Diri Sendiri yang Benar dan Lengkap

Kumpulan ⭐ contoh teks biografi diri sendiri ⭐ yang menarik ☑️ singkat ☑️ dari lahir sampai SMA ☑️ disertai strukturnya.

Selengkapnya

Teks Biografi: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Kaidah, Contoh

Teks Biografi: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Kaidah, Contoh

Materi ⭐ teks biografi ⭐ meliputi pengertian ☑️ struktur ☑️ ciri-ciri ☑️ kaidah kebahasaan ☑️ cara membuat ☑️ dan contoh.

Selengkapnya

Tinggalkan komentar