4 Teknik Membaca Cepat yang Benar dan Efektif

Pendiam dengan pikiran lantang. Suka ngopi dan baca buku. Finalis 100 besar Duta Bahasa Jawa Barat 2017. Follow ig @muhammadanas.id

Sebagai seorang siswa kamu tentu sudah biasa diharuskan untuk membaca banyak buku atau referensi. Tetapi, ini membutuhkan waktu yang banyak juga.

Sebagai solusinya, pelajari dan praktikkanlah teknik membaca cepat yang akan kita bahas kali ini di Pendidikanpedia.

Mempraktikkan teknik membaca yang efektif akan menghemat banyak waktu yang bisa kamu gunakan untuk hal lain.

Dalam hal membaca cepat, ukuran yang dipakai adalah kata per menit (KPM). Dilansir dari The Guardian, 250 sampai 300 kata per menit merupakan kecepatan rata-rata orang di dunia ini.

Sementara itu, berikut data rata-rata kecepatan membaca di dunia berdasarkan jenjang pendidikan yang diambil dari Infinitemind.io.

Kecepatan rata-rata membaca di dunia berdasarkan jenjang pendidikan
Kecepatan rata-rata membaca di dunia berdasarkan jenjang pendidikan, sumber: infinitemind.io

Rumus menghitung kecepatan membaca:
Kecepatan = (jumlah kata/jumlah detik) x 60 = … KPM

Materi Membaca Cepat, Zenius.net

Apabila kamu sedang membutuhkan banyak bahan bacaan untuk tugas atau referensi, kamu mungkin memerlukan waktu hingga berjam-jam atau bahkan berhari-hari.

Tapi, dengan memanfaatkan teknik membaca cepat, kecepatan membaca kamu akan meningkat dan kamu membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk menyerap lebih banyak informasi dan ilmu pengetahuan.

Bahkan, menurut Forbes, seseorang layak disebut sebagai speed reader kalau bisa membaca hingga 1.500 kata per menit/1500 KPM.

Lalu, apa saja dan bagaimana teknik membaca cepat itu?

Berikut Pendidikanpedia jelaskan empat teknik membaca cepat:

Teknik Membaca Cepat

  1. Scanning (Teknik Pemindaian)
  2. Skimming (Teknik Pelayapan)
  3. Skipping (Teknik Melompati)
  4. Selecting (Teknik Pemilihan)

1. Scanning (Teknik Pemindaian)

Scanning adalah teknik membaca yang cepat dengan cara memindai atau membaca-tatap. Teknik memerlukan ketelitian membaca yang baik, dan bertujuan untuk memperoleh informasi atau fakta tertentu.

Tekniknya yaitu membaca secara cepat dengan cara langsung loncat kepada bagian yang dianggap penting atau menjadi prioritas.

Jadi, selain harus membaca dengan cepat, kamu juga dituntut untuk mencari hal yang pentin-penting saja.

Cara pertama ini melibatkan daya kemampuan berimajinasi agar kamu tetap sadar dan memahami apa yang kamu baca.

Dengan teknik membaca scanning kamu tidak diharuskan untuk membaca kalimat secara keseluruhan. Cukup lihat dan perhatikan pada kata kunci pentingnya saja.

Biasanya teknik ini digunakan oleh orang yang suka membaca buku atau koran. Karena di koran, orang cenderung ingin langsung mengetahui inti beritanya saja.

2. Skimming (Teknik Pelayapan)

Skimming atau yang dikenal juga dengan sebutan baca-layap adalah teknik membaca yang cepat dengan cara mengambil ide pokok, gagasan pokok, atau intisari mengenai suatu hal.

Tujuan teknik skimming adalah untuk mempermudah mengetahui isi buku secara cepat, dengan hanya melayapi informasi yang dirasa menarik serta ingin diketahui lebih dalam lagi.

Runtutan cara membaca buku dengan teknik skimming adalah dimulai dari daftar isi, hingga sampai kepada halaman akhir yang biasanya berisi ringkasan atau kesimpulannya.

Kamu bisa menonton video di bawah ini untuk teknik scanning dan skimming lebih lanjutnya.

Video teknik membaca cepat skimming dan scanning

3. Skipping (Teknik Melompati)

Skipping adalah teknik membaca dengan cara melompati atau mengabaikan bagian yang dirasa sudah dimengerti atau tidak diperlukan lagi.

Sederhananya, kalau tulisan yang dibaca sudah tidak sesuai lagi dengan keinginan, maka lompati atau abaikan saja dan lanjut ke tulisan berikutnya.

Teknik skipping ini bisa diterapkan pada segala jenis bacaan yang ada baik itu buku, koran, cerpen, dan lain sebagainya.

4. Selecting (Teknik Pemilihan)

Selecting adalah jenis teknik membaca dengan cara memilih bagian atau teks yang ingin dibaca berdasarkan kebutuhannya saja. Teknik ini biasa disebut juga dengan teknik baca-pilih.

Jenis membaca cepat ini benar-benar tergantung pada kebutuhan. Dan dilakukan sebelum kegiatan membaca itu sendiri dimulai, contohnya ketika masih membaca judul berita di koran.

Biasanya teknik selecting ini dipakai oleh para penulis yang ingin mengembangkan tulisannya lagi supaya lebih menarik.

Karena ketika mengembangkan sebuah tulisan, setidaknya dibutuhkan banyak penelitian dan pengamatan terhadap berita yang memuat informasi sesuai dengan tulisan penulis yang ingin dikembangkan.

Keempat teknik di atas merupakan teknik membaca cepat yang umum digunakan untuk memahami bagian-bagian tertentu pada isi buku maupun jenis bacaan umum lainnya.

Sementara itu, ada satu lagi langkah-langkah membaca cepat yang lebih banyak dipakai oleh kalangan mahasiswa untuk keperluan penelitian dan bahan penulisan makalah, yaitu teknik membaca SQ3R.

Teknik yang kedua disebut SQ3R yang berarti survey, quesiton, read, recite, review. Teknik ini Memakai metode penahapan dalam membaca.

Francis, P. Robinson yang berasal dari Universitas Negeri Ohio, Amerika Serikat merupakan pengembang pertama dari teknik SQ3R ini.

Sifat dari teknik yaitu praktis dan bisa diaplikasikan pada berbagai pendekatan pembelajaran.

Strateginya ialah dengan menimbulkan tanya jawab dan pertanyaan yang bisa mendoorng pembaca melakukan pemrosesan materi secara luas dan mendalam.

Bahkan teknik ini juga dianggap sebagai strategi meningkatkan kinerja memori dalam memahami bahan bacaan suatu bidang pengetahuan dan substansi teks. Tidak heran jika mahasiswa lebih banyak menggunakan teknik ini.

Pengertian Membaca Cepat

pengertian membaca cepat

Membaca cepat adalah kegiatan membaca yang memprioritaskan kecepatan dengan pemanfaatan gerak mata yang cepat dan dilakukan tanpa menimbulkan suara. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi secara cepat dalam waktu yang singkat.

Biasanya aktivitas ini tidak membaca kata demi kata, melainkan langsung kalimat demi kalimat atau bahkan paragraf.

Membaca cepat juga dikenal dengan istilah speed reading. Namun, speed reading bukan hanya sebatas cepat saja.

Pemahaman yang baik tetap diperlukan di dalamnya demi mencapai tujuannya, yaitu memperoleh informasi.

Jadi membaca cepat tidak sekadar hanya membaca cepat-cepat saja tapi tidak paham dengan apa yang dibacanya.

Untuk bisa membaca cepat dengan baik dan benar, maka gunakanlah 3 teknik membaca cepat yang sudah dijelaskan di atas.

Pengertian Membaca Cepat Menurut Para Ahli

1. Menurut Nurhadi (1987:31-32)

Membaca cepat dan efektif merupakan kegiatan membaca yang mengutamakan kecepatan, tetapi dengan tidak meninggalkan pemahaman tentang bahan bacaannya.

2. Menurut Soedarso dalam Yasrul Effendi

Metode membaca cepat ialah sejenis latihan untuk mengelola proses penerimaan informasi secara cepat. Pembaca hendak dituntut untuk bisa membedakan informasi yang dibutuhkan dan yang tidak. Kemudian informasi tersebut disimpan di dalam otak.

3. Menurut Muchlisoh (1992:149)

Membaca cepat bukan berarti hanya sekadar membaca demi tujuan ingin memperoleh jumlah halaman atau bacaan yang banyak dalam waktu singkat. Kegiatan ini dilakukan tanpa suara.

Tujuan Membaca Cepat

Menurut Albert dalam Harras (1997) maka berikut di bawah ini merupakan tujuan utama membaca cepat.

Memperoleh kesan umum dari bacaan, artikel, buku, atau tulisan singkat. Selain itu, bisa juga untuk menemukan bahan yang diperlukan untuk perpustakaan atau hal-hal tertentu dari bahan bacaan.

Harras (1997), Albert

Latihan-Latihan untuk Membaca Cepat

latihan membaca cepat

Melansir dari BBC Indonesia, satu-satunya cara untuk mempelajari teknik baca-cepat adalah dengan latihan. Maka dari itu, untuk menguasai kemampuan membaca cepat ini kamu membutuhkan latihan.

Tidak hanya latihan membacanya saja, kamu juga sebaiknya melatih pernafasan, otot mata dan juga pheriperal mata. Berikut selengkapnya.

1. Latihan Pernafasan

Latihan pernafasan bisa kamu lakukan dengan cara tarik nafas panjang-panjang, lalu secara perlahan keluarkan.

Selain itu, lakukan juga latihan konsentrasi dengan cara bersikap duduk dan tegak, kemudian libatkan asosiasi dan imajinasi untuk fokus.

Pada saat melakukan latihan teknik membaca cepat ini, usahakan kamu seolah-olah sedang berinteraksi dengan penulisnya.

2. Latihan Otot Mata

Cara melatih otot yaitu dengan melakukan gerakan bola mata ke atas dan ke bawah, lalu ke kiri dan ke kanan dalam keadaan mata terpejam.

Lakukan latihan ini secara berkelanjutan minimal kurang lebih selama 2 minggu, di mana setiap satu kali sesinya adalah 5 menit tanpa putus.

Jika ternyata di tengah jalan latihannya terputus, otot matanya akan kembali ke kondisi semula saat seperti sebelum latihan.

3. Latihan Pheriperal Mata

Lakukan latihan pheriperal mata dengan cara letakkan jari telunjuk di depan mata, gerak-gerakkan jari, pandang dengan mata dan ikuti gerakan jari telunjuk tersebut.

Tujuan dari latihan ini adalah supaya mata bisa menjangkau seluruh bahan bacaan tanpa harus menggelengkan kepala.

Karena gerakan menggelengkan kepala bisa menghambat proses membaca cepat.

Cara Mengatasi Masalah-Masalah yang Muncul Ketika Membaca Cepat

cara mengatasi masalah membaca cepat

Kamu mungkin akan menjumpai beberapa masalah ketika belajar menerapkan teknik-teknik membaca cepat di atas.

Untuk membantu kamu, berikut Pendidikanpedia beritahu juga bagaimana cara mengatasi masalah-masalah yang mungkin muncul tersebut.

  1. Perbanyak kosakata. Perbendaharaan kata yang luas akan sangat membantu kemampuan memahami bacaan. Maka dari itu, jika kosakata kamu masih terbatas, cobalah perbanyak. Ada beberapa caranya, misalnya dengan mencatat kata-kata baru dan mencari artinya di kamus.
  2. Posisikan tubuh dengan nyaman dan fokuslah berkonsentrasi. Aktivitas membaca cepat memerlukan konsenstrasi yang intens dan tinggi. Maka dari itu, jangan buat tubuh merasa tegang. Keadaan seperti inilah yang justru bisa menghambat. Oleh karena itu, ambil posisi sesantai mungkin ketika membaca.
  3. Konsentrasi dengan baik. Kontrol akan konsentrasi akan mencegah kamu dari pikiran yang melayang-layang atau melamun. Usahakanlah agar kamu terus bisa menjaga konsentrasi selama membaca cepat.
  4. Mengingat lagi informasi yang sudah dibaca. Langkah ini dapat membantu kamu dalam mengingat dan memahami informasi yang baru saja kamu peroleh. Ada beberapa caranya, misalnya dengan menulis kembali informasi, berdiskusi, atau membuat pertanyaan dan jawaban terkait informasi tersebut.
  5. Kembali ingat apa tujuan membaca cepat kamu. Biasanya, dengan mengingat kembali untuk apa kamu mulai mempelajari langkah-langkah membaca cepat akan membantu kamu kembali bersemangat. Sesuaikanlah tujuannya dengan kebutuhan atau hasil yang diinginkan.

Manfaat Teknik Membaca Cepat

manfaat mempelajari teknik membaca cepat

Pada dasarnya, manfaat teknik membaca cepat adalah menghemat waktu menjadi lebih efektif dan efisien. Ini merupakan tujuan dan manfaat dasarnya.

Setiap bagian-bagian dari bacaan dibaca dan diserap dengan cepat dan singkat. Di samping itu, kamu juga bisa menghemat waktu lagi karena bisa langsung melewati beberapa bagian yang dirasa tidak diperlukaan.

Tapi, masih ada lagi beberapa manfaat membaca cepat lainnya, yakni:

1. Memperoleh Informasi Penting dengan Cepat

Untuk mendapatkan apa yang kamu cari tentu tidak perlu membaca keseluruhan buku dengan detail.

Kamu bisa langsung lompat ke bagian yang penting untuk mendapatkan informasi yang diinginkan dengan memanfaatkan teknik membaca cepat.

2. Mendapatkan Gambaran Umum Bacaan

Kalau kamu pergi ke perpustakaan atau toko buku dan ingin tahu topik apa yang dibahas sebuah buku, maka kamu harus membacanya dengan cepat.

Waktu kamu hanya beberapa menit saja untuk bisa melihat bahan bacaan itu. Kamu tentu tidak mau kan menghabiskan waktu seharian hanya untuk membaca sesuatu yang belum tentu kamu beli di toko buku?

Hal yang sama bisa juga kamu lakukan ketika membaca contoh artikel atau teks untuk dijadikan sebagai bahan referensi.

3. Mengetahui Struktur Penulisan Buku

Dengan bekal keterampilan membaca cepat, kamu bisa mengetahui struktur atau urutan ide pokok sebuah buku dengan cepat.

Kamu akan paham bagaimana semua materi itu disusun sedemikian rupa dalam satu kesatuan pikiran dan bisa melihat hubungan antarbagian yang ada di dalamnya.

4. Mengetahui Pendapat Orang Lain

Manfaat ini dapat kamu rasakan ketika membaca surat kabar dan ingin mengetahui pendapat orang lain.

Cukup baca saja paragraf yang mengandung pendapat orang lain tersebut, maka kamu bisa langsung mengetahuinya dengan cepat.

5. Membaca Kembali Materi yang Sudah Dibaca Sebelumnya dengan Cepat

Contohnya ketika kamu sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian atau sedang kembali mengingat materi teks ceramah yang ingin disampaikan, maka kamu bisa membacanya kembali dengan cepat.

Dengan begitu kamu akan langsung mendapatkan penyegaran kembali dan bisa mengingat lagi dengan lebih baik apa yang sudah kamu baca sebelumnya.

Ringkasan

Mempelajari teknik membaca cepat seperti metode SQ3R akan membantu kamu dalam banyak hal, terutama ketika diharuskan membaca banyak buku atau bahan bacaan sekaligus.

Tak hanya itu, baca-cepat juga akan meningkatkan daya literasi masyarakat yang mana akan meningkatkan daya pikirnya juga.

Dikutip dari Forbes, untuk mulai mengimplementasikan teknik baca cepat ini, kamu bisa mulai dari membaca buku, majalah, koran, atau blog.

Sebagai penutup, kamu juga bisa menonton video menarik mengenai langkah-langkah membaca cepat lengkap berikut ini.

Video lengkap tentang teknik membaca cepat

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Berikut di bawah ini beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait teknik membaca cepat.

1. Bagaimana teknik membaca cepat?

Ada 4 teknik membaca cepat secara umum, yaitu scanning, skimming, skipping, dan selecting.

2. Contoh yang bukan teknik membaca cepat adalah …

Efektif

3. Sebutkan dan jelaskan dua cara teknik membaca cepat!

– Scanning. Teknik dengan cara memindai bacaan dan langsung loncat ke bagian yang penting.
– Skimming. Teknik dengan cara mengambil ide pokok tentang suatu hal dari bahan bacaan.


Nah itulah pembahasan yang lengkap dan mendalam mengenai 4 teknik membaca cepat pada materi bahasa Indonesia kali ini. Kalau boleh tahu, berapa kecepatan membaca kamu dalam ukuran kata per menit? Kasih tau di komentar ya!

3 Teknik Membaca Puisi yang Baik dan Benar, Tugas SD TVRI

3 Teknik Membaca Puisi yang Baik dan Benar, Tugas SD TVRI

Pembahasan ⭐ 3 teknik membaca puisi ⭐ soal dan kunci jawaban tugas TVRI ☑️ Belajar dari Rumah untuk kelas 4, 5, 6 SD ☑️

Selengkapnya

Tinggalkan komentar