Pengertian Web Browser

Pendiam dengan pikiran lantang. Suka ngopi dan baca buku. Finalis 100 besar Duta Bahasa Jawa Barat 2017. Follow ig @muhammadanas.id

Apa itu web browser atau peramban web? Kamu mungkin sudah sering sekali mendengar istilah ini dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tahukah kamu pengertian dari web browser itu sendiri? Nah, pada kesempatan kali ini, di Pendidikanpedia kita akan mempelajari materi dari mata pelajaran TIK, yaitu web browser.

Simak selengkapnya berikut ini!

Pengertian Web Browser

Pengertian Web Browser

Web browser adalah sebuah perangkat lunak atau aplikasi yang digunakan untuk menjelajah, mengakses, menerima, maupun menyajikan konten di berbagai sumber informasi yang ada di jaringan internet atau WWW (World Wide Web).

Sementara jika dilihat dari segi frasa dan bahasa, web sendiri merupakan singkatan dari website, sementara browser berarti media penjelajah.

Jadi, singkatnya web browser adalah alat penjelajah berbagai konten dan informasi yang ada di internet, termasuk situs web, laman, gambar, video, maupun jenis konten lainnya. Di Indonesia sendiri, masyarakat mengenal web browser dengan istilah peramban web.

Dari pengertiannya di atas, bisa kita ambil kesimpulan bahwa web browser memungkinkan kita untuk melakukan berbagai hal di internet.

Dengan web browser, kita jadi bisa melakukan aktivitas sehari-hari di internet seperti sekarang ini, misalnya browsing (berselancar) untuk mencari informasi tertentu, membaca berita terbaru, download video TikTok menggunakan tools TikTok downloader, hingga membuka website Pendidikanpedia ini.

Oleh karena itu, browser menjadi bagian dasar dari setiap pencarian informasi di seluruh dunia, sekaligus menjadi tempat pertama kali yang menampung dan menampilkan semua pencarian yang diminta oleh manusia sebagai pengguna.

Cara Kerja Web Browser

Cara Kerja Web Browser

Bagaimana web browser bekerja? Simak penjelasannya dalam bentuk langkah-langkah berikut ini:

  • Sebelum bisa menggunakan web browser, maka kita harus menginstall dan memasang software atau aplikasi browser itu sendiri pada perangkatnya. Tetapi, biasanya sebuah perangkat (baik itu laptop, komputer, maupun smartphone) sudah dilengkapi dengan satu aplikasi web browser bawaan.
  • Kemudian setelah sudah terpasang, selanjutnya kita buka aplikasi web browser tersebut.
  • Selanjutnya kita ketikkan alamat website atau URL yang ingin kita akses di address bar yang biasanya ada di bagian atas. Dan tekan enter.
  • Secara otomatis maka web browser akan bekerja dan mengambil data-data yang diperlukan dari website yang dituju, kemudian menampilkannya ke kita.

Apabila yang kita ketikkan bukan berupa alamat website atau URL, melainkan kata-kata biasa, maka web browser akan mengalihkannya ke pencarian terhadap kata kunci tersebut menggunakan mesin pencari/search engine bawaan yang digunakan, contohnya Google.

Fungsi Web Browser

Fungsi Web Browser

Berikut di bawah ini beberapa fungsi web browser:

1. Mempermudah Pencarian Informasi di Internet

Ini merupakan fungsi utama dari sebuah web browser. Dengan browser, kita jadi bisa menjelajah dan mengakses website yang dituju lebih mudah.

2. Memastikan Keamanan Website

Semua web browser akan selalu menjalakan serangkaian proses verifikasi atau autentikasi sebelum kita membuka sebuah website. Hal ini dilakukan untuk benar-benar memastikan apakah website yang kita akses tersebut aman atau berbahaya karena mengandung virus, malware, atau hal-hal lainnya.

3. Menyimpan Website dan Data di Internet

Kemudian browser juga berfungsi untuk menyimpan alamat sebuah website, data, atau konten yang ada di internet supaya bisa diakses lebih mudah dengan menggunakan fitur bookmark.

4. Membuka File yang Menggunakan Ekstensi Tertentu

Beberapa file dengan ekstensi tertentu bisa dibuka menggunakan browser, misalnya file berekstensi HTML, CSS, PHP, JS, PDF, dan lain-lain.

5. Mendukung Penggunaan Search Engine

Search engine atau mesin pencari dan peramban web merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya saling bekerjasama satu sama lain. Dengan search engine yang menjadi bagian dari web browser, maka kita bisa mencari informasi dan data di internet dengan lebih mudah.

Manfaat Web Browser

Manfaat Web Browser

Dengan banyaknya fungsi yang dimiliki, maka berikut ini beberapa manfaat dari web browser, antara lain:

  • Mempermudah pengguna ketika ingin mengakses berbagai macam informasi di internet.
  • Dapat digunakan untuk membuka beragam situs-situs yang bermanfaat untuk kepentingan manusia.
  • Membantu pengguna meyimpan banyak konten dari internet dengan mudah.

Contoh Web Browser

Contoh Web Browser

Kamu mungkin sudah tidask asing lagi dengan web browser yang setiap hari kamu gunakan, akan tetapi tahukah kamu web browser lainnya? Nah berikut di bawah ini Pendidikanpedia berikan beberapa contoh web browser populer.

1. Google Chrome

Sesuai dengan namanya, Google Chrome adalah sebuah web browser yang dibuat dan dikembangkan oleh perusahaan raksasa teknologi yaitu Google. Saat ini, Google Chrome menjadi browser terpopuler yang paling banyak digunakan di dunia.

Melansir dari data yang dikemukakan Backlinko, Google Chrome memiliki pangsa pasar browser terbanyak di dunia yaitu 63,58% dengan pengguna yang mencapai angka 2,65 miliar orang.

Bukan tanpa alasan Google Chrome bisa menjadi pemuncak daftar web browser. Pasalnya, selain sudah terintegrasi secara penuh dengan sistem operasi Android, Chrome juga menawarkan pengalaman berselancar yang lebih nyaman, mudah, dan cepat. Akan tetapi, satu kekurangan yang dimiliki browser buatan Google ini, yakni Chrome mengonsumsi banyak daya dan memori.

2. Mozilla Firefox

Contoh web browser yang kedua adalah Mozilla Firefox. Sebelum Google Chrome sepopuler sekarang, Mozilla Firefox merupakan browser yang paling banyak digunakan. Kini, posisinya tergeser oleh Google Chrome.

Dengan “jam terbang” yang tidak perlu diragukan lagi, Firefox mampu memberikan performa yang bagus bagi penggunanya. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh web browser lintas platform ini juga cukup lengkap, salah satu yang menjadi favorit banyak orang adalah fitur Add-on.

3. Microsoft Edge

Microsoft Edge bisa dibilang sebagai Internet Explorer “versi baru”. Mengapa begitu? Karena dulu, Microsoft sudah pernah membuat sebuah web browser dengan nama Internet Explorer.

Sayangnya, banyak orang menilai bahwa browser buatan perusahaan produser Windows ini sangat layak digunakan dan sangat lambat, hingga akhirnya kalah populer dengan Chrome dan Firefox.

Kini, Microsoft telah mengembangkan Microsoft Edge yang jauh lebih baik dan powerful dibandingkan pendahulunya tadi. Integrasinya dengan Windows membuat Microsoft Edge begitu baik dan mudah digunakan di Windows. Bahkan, beberapa pihak mengklaim bahwa Edge merupakan browser tercepat saat ini.

4. Opera

Sama seperti Firefox, Opera juga merupakan sebuah peramban web multi-platform. Kelebihannya adalah selain mendukung bahasa Indonesia yang baik dan benar, Opera juga dirancang untuk penggunaan browsing yang cepat dan aman.

Opera lebih banyak digunakan oleh pengguna mobile karena mampu membuka laman website dengan cepat di perangkat smartphone. Terlebih lagi sekarang sudah hadir Opera Mini dengan ukuran yang lebih kecil dan ringan.

5. Safari

Dan contoh web browser yang terakhir adalah Safari. Safari merupakan peramban web yang diciptakan oleh perusahaan Apple untuk perangkat mereka, yaitu Mac OS dan iOS.

Pada awalnya, Safari hanya dikhususkan untuk Mac OS. Tetapi kemudian mulai di tahun 2007, Safari mulai tersedia untuk perangkat iOS juga.


Sekian pembahasan kita pada kesempatan kali ini tentang web browser. Nah, coba bayangkan aktivitas internet kita tanpa kehadiran web browser ini, pasti nggak semudah sekarang kan? Kamu sendiri, lebih suka pakai browser apa? Kasih tau di kolom komentar ya!

Tinggalkan komentar