Mengetahui Manfaat Website Sekolah, Langkah Menjadi yang Terdepan

Website merupakan media yang sangat bermanfaat untuk bisnis, perusahaan, perorangan, bahkan pemerintahan. Selain itu, Website juga sangat diperlukan bagi Sekolah-sekolah untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini Pendidikanpedia akan membahas pentingnya mengetahui manfaat website sekolah sebagai langkah menjadi yang terdepan di antara yang lain. Simak pembahasannya berikut ini!

Latar Belakang Kehadiran Website

Kemunculan website diawali dengan Sir Timoty John Tim Berners-Lee yang membuat website pada tahun 1989. Yang mana saat itu tujuan awal dari pembuatanwWebsite tersebut agar memudahkan ilmuwan untuk saling bertukar informasi.

Pada tanggal 30 April 1993, para ilmuwan tersebut resmi mengumumkan penggunaan website secara gratis oleh publik untuk pertama kalinya.

Kamu tahu Yahoo? Yap! Siapa yang tidak tahu dengan website Yahoo. Website tersebut resmi berdiri setahun setelah pengumuman tadi disampaikan.

Jumlah website yang berdiri juga semakin bertambah secara pesat dari tahun ke tahun hingga mencapai angka 1,8 miliar website pada awal tahun 2021.

Manfaat Website Secara Umum

Melihat latar belakang website dan perkembangannya yang sangat cepat, tentu ini terjadi bukan tanpa alasan. Hal ini disebabkan karena banyaknya manfaat website itu sendiri, antara lain:

1. Membantu dan Memudahkan Aktivitas Sehari-hari

Adanya website yang sekaligus terhubung dengan jaringan Internet tentu sangat membantu dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Kamu bisa menjelajahi website untuk mencari berbagai macam informasi tentang apa saja yang kamu butuhkan.

2. Menyajikan Informasi Secara Real-time

Semenjak kehadiran website dan internet, informasi dapat diakses dengan waktu yang sangat cepat.

Hal ini tentu berbeda sangat jauh dengan sebelum adanya website, butuh waktu hingga berhari-hari untuk dapat mengirim informasi dengan menggunakan jasa layanan pesan.

3. Menjalin Hubungan Relasi yang Lebih Luas

Dengan adanya website, semua orang dapat menjalin hubungan relasi tanpa adanya lagi halangan seperti jarak yang terbilang jauh.

Hal ini tentu sangat membantu untuk mengetahui kabar dan juga informasi melalui website.

Manfaat Website Sekolah

Nah, lantas apa manfaat yang dimiliki website untuk sebuah institut pendidikan yakni sekolah? Selain memiliki manfaat secara umum, website juga memiliki manfaat dan peranan yang sangat penting bagi kemajuan sekolah. yaitu:

1. Media untuk Promosi

Pengenalan sekolah merupakan tahap awal dan paling penting bagi pihak sekolah untuk dapat menarik perhatian calon siswa dan orang tuanya agar memilih sekolah tersebut.

Dengan website, pihak sekolah bisa dengan mudah dan interaktif memperkenalkan sekolah beserta berbagai fasilitas, prestasi, maupun informasi-informasi penting lainnya kepada calon siswa.

2. Media Pendukung Kegiatan Belajar Mengajar

Dengan adanya website, pihak sekolah dapat menyelenggarakan kegiatan belajar online terlebih pada masa pandemi seperti sekarang.

Pihak sekolah juga dapat membuat bahan dan perangkat pembelajaran hingga membuat laporan hasil pembelajaran.

3. Media Pemberitahuan Kelulusan Siswa dan PPDB Online

Pihak sekolah bisa melakukan pemberitahuan pengumuman kelulusan melalui website.

Sekolah juga bisa melakukan PPDB secara online. Hal ini tentu sangat menguntungkan dan memudahkan calon siswa untuk mendaftarkan diri ke sekolah.

Selain itu, sekolah juga dapat menjangkau calon siswa dengan lebih cepat dengan jarak yang jauh sekalipun.

4. Mendukung Kebijakan Pemerintah

Baru-baru ini pemerintah telah menetapkan kebijakan agar setiap sekolah wajib memiliki website sendiri meski hanya sebuah website gratis. Oleh karena itu, dengan memiliki sebuah website, berarti sekolah telah mendukung kebijakan pemerintah.

Kesimpulan

Baiklah, dengan penjelasan di atas, terdapat banyak sekali manfaat website terutama bagi sekolah yang ingin melangkah lebih maju dan menjadi yang terdepan.

Nah, untuk membuat sebuah website sekolah, maka sekolah perlu membeli domain, sebagai alamat websitenya, dan juga hosting atau VPS untuk tempat penyimpanan konten dan medianya.

Lantas, di mana sekolah bisa membelinya? Jawabannya adalah di Niagahoster, tempat beli domain dan unlimited hosting terbaik di Indonesia.

Terkhusus bagi website sekolah yang akan dikunjungi banyak orang, alias memiliki traffik yang tinggi, maka wajib hukunya memilih VPS Indonesia dari Niagahoster. Sebab VPS dapat mengakomodir kebutuhan akses yang cepat dan ruang penyimpanan yang besar.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang beberapa manfaat website sekolah, sebagai langkah menjadi yang terdepan. Kamu tahu manfaat website sekolah yang lainnya? Kasih tau di kolom komentar ya!

Cara Membuat CV Lamaran Kerja ATS Friendly dan Kreatif

Cara Membuat CV Lamaran Kerja ATS Friendly dan Kreatif

Berikut kami rangkum cara membuat CV untuk lamaran kerja baik yang ATS friendly maupun CV kreatif.

Belajar Lebih Mudah dengan Online Learning di BINUS University

Belajar Lebih Mudah dengan Online Learning di BINUS University

Pendidikan merupakan hal yang penting untuk bisa menambah wawasan dan membuat pola pikir yang lebih bijaksana. Setelah menyelesaikan tingkat SMA, … Baca

Tinggalkan komentar