Pengertian Ilmu Ekonomi

Avatar untuk Muhammad Anas

Seorang pendiam dengan pikiran yang lantang. Suka ngopi dan baca buku. Finalis 100 besar Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2017.

Mendengar kata ekonomi, apakah pikiran kamu langsung tertuju pada uang? Padahal, ekonomi tidak selamanya tentang uang atau alat tukar saja, lho. Ekonomi bahkan juga ada ilmunya. Pada artikel kali ini di Pendidikanpedia kita akan belajar tentang ilmu ekonomi

Materi yang dijelaskan meliputi apa itu ilmu ekonomi, pengertian ilmu ekonomi secara umum, pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli, hingga sedikit penjelasan mengenai konsep dasar ilmu ekonomi.

Pengertian Ilmu Ekonomi Secara Umum

Mempelajari pengertian ilmu ekonomi secara umum
Mempelajari pengertian ilmu ekonomi secara umum

Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang berkaitan dengan kegiatan hidup manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Pengertian ilmu ekonomi bisa didefinisikan dari berbagai sumber baik dikutip dari para ahli ataupun dari sumber umum.

1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Dikutip dari situs KBBI, berikut pengertian kata ekonomi.

“eko.no.mi /ékonomi/ adalah ilmu tentang asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan (seperti hal keuangan, perindustrian, dan perdagangan).”

KBBI daring

Sementara itu, dari pengertian kata ekonomi di atas, didapatkan pengertian ilmu ekonomi secara umum menurut KBBI berikut ini.

KBBI mengartikan ilmu ekonomi sebagai ilmu yang mendalami tentang produksi, distribusi, serta konsumsi produk. Selain itu, ilmu ini juga bersangkutan dengan tenaga kerja, keuangan, dan pembiayaan.

Berdasarkan KBBI, ilmu ekonomi juga berkaitan dengan aturan kehidupan perekonomian suatu negara. Arti dari perekonomian adalah mencakup semua kegiatan layaknya aturan serta cara untuk menjalankan usaha (perindustrian dan perdagangan).

2. Menurut Wikipedia Ensiklopedia Indonesia

Pengertian ilmu ekonomi secara umum menurut Wikipedia adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia untuk memilah serta mewujudkan kemakmuran.

Hakikatnya, perkara ekonomi muncul karena adanya ketidaksinambungan antara produk atau alat yang jumlahnya terbatas dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Perkara tersebut menjadikan timbulnya kelangkaan.

Dalam hal ini, untuk mencapai kemakmuran yang diinginkan, maka manusia akan melakukan aktivitas sosial seperti produksi, dsitribusi, dan konsumsi barang atau jasa.

Kata ekonomi sendiri diambil dari bahasa Yunani “oikos” yang artinya “rumah tangga atau keluarga” dan “nomos” yang artinya “hukum atau aturan”. Sehingga pengertian ekonomi adalah “manajemen rumah tangga” atau “peraturan rumah tangga”.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Mempelajari pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli
Mempelajari pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli

Selain pemahaman secara umum, definisi ilmu ekonomi juga dapat diambil dari para ahli yang telah merumuskannya sesuai dengan pengamatan dan pemahaman mereka.

Pakar ahli di bawah ini ada yang berasal dari luar dan dalam negeri. Berikut pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli.

1. Menurut Adam Smith

Pengertian ilmu ekonomi menurut Adam Smith adalah ilmu yang secara terstruktur mempelajari tingkah laku manusia. Hal tersebut merujuk pada sebuah usaha untuk mendistribusikan sumber daya baik yang terbatas atau tidak bertujuan mencapai tujuan tertentu dalam kehidupan.

Perlu kamu garis bawahi Adam Smith merupakan salah satu pakar ahli dalam politik ekonomi sekaligus penggagas sistem ekonomi kapitalisme pada abad ke 18 dan 19.

Beliau menjadi terkenal karena teorinya yaitu teori keunggulan mutlak. Ekonomi masih berhubungan dengan sebuah penyelidikan tentang keadaan dan penyebab kekayaan suatu negara, ujarnya.

2. Menurut John Stuart Mill

Pengertian ilmu ekonomi menurut John Stuart Mill adalah sebuah cabang ilmu dari ilmu sains praktikal yang memahami tentang pengeluaran dan penagihan. Selain itu beliau juga berpendapat bahwa ilmu ekonomi merupakan kegiatan produksi dan distribusi kekayaan.

John Stuart Mill merupakan seorang filsuf empiris terkenal di Inggris. Beliau merupakan anak dari seorang sejarawan yang bernama James Mill. John telah berjasa dalam reformasi utilitarianisme sosial di Inggris.

3. Menurut Aristoteles

Aristoteles berpendapat bahwa ilmu ekonomi bisa diartikan sebagai cabang ilmu kajian yang dapat diaplikasikan melalui 2 cara, yaitu:

  1. Pertama, melakukan segala hal yang mendekati sebuah kemungkinan untuk dipakai
  2. Kedua, melakukan segala hal dengan kemungkinan yang bisa ditukarkan dengan barang.

Dari sinilah muncul sebuah nilai pemakaian dan pertukaran sebagai akibat dari aktivitas ekonomi.

4. Menurut Mohammad Hatta

Menurut Mohammad Hatta, ilmu ekonomi merupakan ilmu yang memahami proses terlaksananya keadilan serta kesejahteraan sosial dalam lingkup masyarakat.

Mohammad Hatta merupakan mantan wakil presiden Indonesia pertama dengan masa jabatan 1945-1956. Beliau diberi julukan bapak koperasi Indonesia karena beliau merupakan sosok yang berjasa memajukan koperasi di Indonesia.

5. Menurut Suherman Rosyidi

Ilmu ekonomi adalah suatu cabang ilmu pengetahuan yang bergerak untuk mencapai sebuah pemahaman tentang gejala yang terjadi dalam lingkup masyarakat. Hal itu timbul karena ulah manusia dengan usahanya untuk mewujudkan kemakmuran ekonominya sendiri.

6. Menurut Hermawan Kertajaya

Salah satu tokoh yang aktif dalam bidang pemasaran dari Indonesia tapi sudah dikenal di seluruh dunia. Beliau mendapat gelar Honoris Causa karena ketekunan ilmunya dalam sektor pemasaran serta ekonomi tingkat internasional oleh universitas ITS tempat dimana ia melakukan studi.

Menurut beliau ilmu ekonomi adalah suatu wadah. Yang di dalamnya ada bermacam sektor industri yang telah dipatenkan.

7. Menurut Khursid Ahmad

Khursid Ahmad berpendapat bahwa ilmu ekonomi merupakan berbagai macam hal yang selaras dengan sejumlah upaya untuk mempelajari setiap perkara ekonomi melalui tingkah laku manusia. Hubungan antara keduannya dipahami melalui sudut pandang ajaran agama Islam.

8. Menurut Paul Anthony Samuelson

Pengertian ilmu ekonomi menurut Paul A. Samuelson adalah ilmu yang memahami berbagai cara yang digunakan oleh khalayak ramai dalam usaha untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber yang terbatas.

Sumber terbatas di sini digunakan untuk menciptakan banyak komoditi dan produk. 2 hal tadi akan dijajakan dengan cara didistribusikan kepada seluruh masyarakat.

Hal ini mengacu pada peluang untuk mendapatkan sebuah keuntungan yang besar dengan modal yang kecil. Garis besarnya ilmu ekonomi diartikan sebagai sebuah ilmu tentang manusia dalam menjalani kehidupannya sehari-hari untuk dapat menikmati kehidupan.

9. Menurut M. Manullang

Dalam sudut pandangnya M. Maullang, ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang memahami tentang keseluruhan upaya masyarakat untuk mencapai kemakmuran.

Hal ini bisa diartikan dengan keadaan dimana setiap orang akan bisa memenuhi kebutuhan mereka setiap harinya (barang dan jasa).

10. Menurut Louis Cantori

Beliau memiliki pendapat yang hampir sama dengan Khursid Ahmad. Beliau memahami ilmu ekonomi adalah suatu ilmu pengetahuan yang berasaskan atas segi islami. Beliau yakin nilai dari harta yang dimiliki oleh seluruh umat manusia akan berputar.

Sampai saat dimana manusia itu akan memaksimalkan semua fungsi kehidupannya hanya sebagai hamba Allah yang maha Esa.

11. Menurut Gregory Mankiw

Beliau menilik, ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari serta menjelaskan bagaimana upaya manusia dalam memanfaatkan dan mengelola sumber daya yang langka.

12. Menurut Amwal

Amwal menjelaskan bahwa ilmu ekonomi adalah salah satu cabang ilmu yang memahami tentang bagaimana memutuskan suatu keputusan yang efektif. Keputusan ini diambil guna memenuhi kebutuhan suatu individu atau masyarakat.

13. Menurut Penson

Penson menerangkan bahwa ilmu ekonomi merupakan suatu ilmu yang mengkaji tentang kemakmuran material dari setiap manusia. Kemakmuran disini diartikan sebagai jasa atau benda yang mempunyai harga jual.

14. Menurut Jean-Baptiste Say

Ilmu ekonomi dalam pandangan Jean-Baptiste Say adalah cabang ilmu yang diakui sebagai sebuah kajian ilmu tentang semua peraturan yang dapat menentukan kekayaan sebuah individu,

15. Menurut Karl Marx

Ilmu ekonomi menurut Karl Max merupakan suatu penekanan dalam sebuah kepentingan perjuangan kelas dalam hidup bermasyarakat.

Dengan dibantu oleh rekannya yang bernama Friedrich Engel, beliau telah menyusun sebuah teori pada pertengahan abad ke-19, teori ini disebut sebagai Marxisme.

Teori Marxisme menjelaskan tentang sistem ekonomi, sistem politik dan sistem sosial. Teori klasik ini menekankan peranan kapital serta akumulasinya dalam sistem pertumbuhan ekonomi. Para kapitalis mendorong atau memaksimalkan penggunaan modal melalui sebuah politik perusahaan.

16. Menurut Max Weber

Tokoh kelahiran tahun 1864 Erfurt, Jerman ini merupakan seeorang yang telah berkontribusi banyak dalam dunia sosialogi.

Beliau telah menciptakan beberapa karya seperti, The Protestant Ethic and the Spirit of Capitalism, Basic Sociological Terms, Objectivity in Social Science dan The Types of Legitimate Domination/

Menurutnya ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang keputusan ekonomi individu berdasarkan dengan nilai yang dipercayai secara sosial.

17. Menurut Thorstein Veblen

Thorstein Veblen adalah tokoh sosiolog sekaligus ekonom dari Amerika. Lahir pada tahun 1857 dari anak seorang petani Cato, Wisconsin, Norwegia. Keluarganya bermigrasi dari Norwegia hingga ke Amerika.

Ia banyak mempelajari ilmu politik, filsafat, sejarah, antropologi, sosiologi dan ekonomi. Ia berpaham pada ekonomi institusional yang bermakna sebuah sudut pandang perilaku ekonomi suatu individu atau pihak yang sangat dipengaruhi oleh institusi tertentu.

18. Menurut John Maynard Keynes

John Maynard Keynes adalah seorang ekonom dari Inggris yang mengubah teori dan praktik ekonomi makro dan kebijakan ekonomi dunia dengan gagasannya.

Beliau diakui sebagai salah satu ekonom yang berpengaruh di abad ke-20. Seluruh pemikirannya menjadi dasar mazhab ekonomi Keynesian.

Ia beranggapan bahwa ilmu ekonomi merupakan ilmu yang memahami tingkat kesejahteraan suatu negara yang memerlukan intervensi pemerintah sehingga meraih suatu kondisi perekonomian tertentu.

19. Menurut Von Neumann dan Mogenstern

Ilmu ekonomi adalah kedisiplinan dalam ilmu yang rugi apabila diperlakukan dengan tidak ilmiah karena tokoh terkenalnya sibuk dengan berbagai solusi untuk menghadapi perkara mendesak pada zaman waktu itu.

20. Menurut Abraham Maslow

Abraham maslow lahir di Brooklyn, USA pada tanggal 1 April 1908. Ia merupakan seorang teoritikus yang telah menginspirasi teori kepribadian. Beliau juga seorang psikolog yang mempelopori aliran psikologi humanistik.

Menurutnya ilmu ekonomi adalah sebuah bidang pengkajian ilmu yang guna menyelesaikan perkara atas kebutuhan manusia melalui semua sumber ekonomi yang telah ada berdasarkan prinsip tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang telah dianggap efisien dan efektif.

21. Menurut Richard G. Lipsey

Dan pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli yang terakhir adalah menurut. Menurut G. Lipsey, ilmu ekonomi merupakan ilmu yang memahami tentang bagaimana masyarakat memanfaatkan sumber daya yang langka untuk memenuhi kebutuhannya yang bersifat tidak terbatas.

Terdapat 3 pembagian Ilmu ekonomi, lihat selengkapnya pada artikel pembagian ilmu ekonomi, contoh, dan cabangnya.

Manfaat Ilmu Ekonomi

Contoh manfaat ilmu ekonomi
Contoh manfaat ilmu ekonomi

Secara garis besar manfaat ilmu ekonomi adalah menyelesaikan masalah ekonomi. Masalah ekonomi timbul karena banyaknya keinginan manusia sedangkan sumber daya barang atau jasanya terbatas.

Untuk dapat mengimbanginya, maka manusia perlu memahami sistem ekonomi serta manfaatnya, berikut beberapa manfaat ilmu ekonomi, di antaranya :

  • Memberikan pengertian atas potensi serta keterbatasan ekonomi.
  • Mengajak bagi mereka yang mempelajarinya lebih ahli dalam menyelesaikan perkara ekonomi.
  • Memberi jalan keluar dalam bentuk perilaku ekonomi dalam keadaan yang sebenarnya secara lebih baik.

Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi
Kegiatan ekonomi

Kegiatan ekonomi adalah usaha yang dilakukan manusia untuk mencapai atau memenuhi kebutuhannya. Setiap usahanya melibatkan produksi, distribusi dan konsumsi. Kegiatan tersebut saling keterkaitan satu sama lain.

1. Produksi

Produksi adalah suatu usaha yang akan mengeluarkan hasil berupa barang atau menciptakan benda baru. Nantinya produk yang telah diproduksi akan bermanfaat bagi konsumen.

Jenis barang dari hasil produksi meliputi barang setengah jadi, barang jadi dan barang mentah.

Tujuan produksi :

  • Berusaha mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.
  • Memenuhi kebutuhan konsumen.
  • Meningkatkan produksi dalam negeri dalam rangka meningkatkan ekonomi negara.

2. Distribusi

Distribusi yaitu pengiriman dari barang hasil produksi kepada orang atau tempat yang dituju. Tujuan utama distribusi adalah memastikan barang sampai pada konsumen dalam keadaan baik. Distributor adalah orang yang melakukan kegiatan distribusi.

Distribusi dibagi menjadi dua pemahaman, distribusi tidak langsung dan distribusi langsung. Berikut penjelasannya.

  • Distribusi tidak langsung adalah proses pengiriman yang dilakukan oleh seorang perantara atau yang biasa disebut kurir.
  • Distribusi langsung merupakan penyaluran dari orang yang memproduksi suatu barang (produsen) secara langsung tanpa melalui perantara.

3. Konsumsi

Menurut KBBI konsumsi merupakan pemakaian produk yang telah diproduksi untuk memenuhi kebutuhan. Konsumen merupakan orang yang melakukan kegiatan konsumsi.

Ciri-ciri produk konsumsi :

  • Barang konsumsi diproduksi untuk memenuhi keinginan manusia.
  • Untuk mendapatkan barang konsumsi butuh pengorbanan.
  • Nilai barang konsumsi yang digunakan secara terus menerus akan habis.

Hukum Ekonomi

Hukum ekonomi
Hukum ekonomi

Hukum ekonomi merupakan hubungan sebab-akibat atau peristiwa ekonomi yang berkaitan satu sama lain dalam ekonomi masyarakat setiap harinya. Misalnya hukum penawaran dan permintaan atau supply and demand.

Teori Ekonomi dan Model Ekonomi

Teori ekonomi dan model ekonomi
Teori ekonomi dan model ekonomi

Teori ekonomi adalah pengetahuan ilmiah yang menjelaskan tentang suatu faktor tertentu dari kedisiplinan ilmu ekonomi.

Untuk mendapatkan sebuah teori dibutuhkan metode ilmiah yang langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Perumusan masalah
  • Asumsi (gagasan berasas yang dapat dipertimbangkan)
  • Rangkuman hipotesis
  • Uji coba hipotesis
  • Mengambil kesimpulan.

Sementara itu model bisa diartikan sebagai contoh, acuan atau pola yang nantinya dihasilkan. Model ekonomi merupakan acuan suatu teori ekonomi yang diartikan secara sistematis.

Prinsip Ekonomi

Prinsip ekonomi
Prinsip ekonomi

Secara singkat, prinsip ekonomi adalah dasar berpikir yang digunakan untuk meraih tujuan ekonomi tertentu dengan pengorbanan sedikit mungkin.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan baca materi prinsip ekonomi.

Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

Konsep dasar ilmu ekonomi
Konsep dasar ilmu ekonomi

Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang memahami tingkah laku manusia dalam memutuskan dan menciptakan kesejahteraan.

Sedangkan inti dari perkara ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan anatara kebutuhan dengan sumber daya. Karena hal tersebut maka kelangkaan akan muncul.

Saat ini, ada 4 konsep dasar ilmu ekonomi yang lazim diaplikasikan dan diterapkan. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Kegiatan Ekonomi

Contoh dari kegiatan ekonomi diantaranya :

  • Penjahit
    Penjahit membuat pakaian yang siap dipakai dari beberapa helai kain
  • Pengrajin
    Memahat kayu menjadi furniture yang indah dan mempunyai nilai pakai
  • Penerbit buku
    Menambah nilai guna kertas menjadi hal yang bermanfaat dengan mencetaknya dan menjadikannya sebuah buku

2. Tindakan Ekonomi

Tindakan ekonomi merupakan usaha seseorang yang didasarkan oleh pilihan yang paling baik dan menguntungkan.

Contohnya, ibu memasak dengan kompor minyak karena kompor gas terlalu mahal. Selain itu tindakan ekonomi dibagi menjadi 2 aspek, yakni :

  • Tindakan ekonomi rasional, tindakan manusia yang didasari oleh pilihan yang menguntungkan dan kenyataanya memang demikian.
  • Tindakan ekonomi irrasional, usaha manusia didasari oleh pilihan yang paling baik serta menguntungkan tapi dalam kenyataannya tidak sama sekali.

3. Motif Ekonomi

Dalam melakukan aktivitas atau kegiatan ekonomi, terdapat beberapa motif. Motif ekonomi ini bisa dibilang tujuan manusia melakukan tindakan ekonomi tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan baca materi motif ekonomi.

Motif ekonomi terbagi menjadi 2, yaitu :

  • Motif intrinsik, motif ekonomi yang berasal dari dalam diri sendiri untuk melakukan tindakan ekonomi.
  • Motif ekstrinsik, motif ekonomi yang berasal dari luar atau dari orang lain untuk melakukan tindakan ekonomi.

Ada beberapa motif ekonomi, berikut di antaranya.

Motif Memperoleh Laba

Motif memperoleh laba adalah segala sesuatu yang didorong oleh keinginan manusia dalam melakukan tindakan ekonomi untuk mendapatkan laba.

Motif Sosial

Motif sosial adalah suatu tindakan ekonomi yang mendorong manusia melakukan tindakan untuk menolong sesama.

Motif Mendapatkan Penghargaan

Motif mendapatkan penghargaan adalah suatu tindakan manusia yang berkeinginan mendapat sebuah penghargaan.

Motif Mendapatkan Kekuasaan Ekonomi

Sebuah tindakan manusia yang didorong oleh hasrat memperoleh kekuasaan lebih dalam bidang ekonomi di semua kegiatan usaha dalam perekonomian.

Motif dalam Memenuhi Kebutuhan

Motif dalam memenuhi kebutuhan merupakan keputusan manusia yang didorong oleh keinginan ingin mencukupi atau memenuhi kebutuhan hidupnya.

4. Metodologi Ilmu Ekonomi

Metodologi ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang memahami metode terkait dengan ekonomi. Bisa juga prinsip tentang perhitungan ekonomi atau sebuah cara untuk memperoleh keadilan ekonomi termasuk didalamnya.

Ada 4 metodologi ekonomi, diantaranya :

  • Metode deduktif, yaitu metode mengambil solusi yang tepat dari sebuah perkara ekonomi yang dilakukan sesuai hukum, ketentuan ilmu ekonomi dan prinsip.
  • Metode statiska, yaitu metode untuk memecahkan masalah perkonomian dikerjakan dengan cara pengolahan, perjanjian, penafiran dan pengumpulan data secara statistik.
  • Metode matematika, yaitu metode untuk mencari jalan keluar dari perkara ekonomi yang dilakukan dengan pemecahan secara matematis.
  • Metode induktif, yaitu metode dalam mengambil sebuah keputusan yang dilakukan dengan mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan perkara ekonomi.

Sebagai bonus, berikut di bawah ini Pendidikanpedia sediakan juga satu buah video khusus tentang konsep dasar ilmu ekonomi. Silahkan ditonton dan dipelajari, ya.

Video tentang konsep dasar ilmu ekonomi

Video Pembelajaran Pengertian Ilmu Ekonomi

Kalau kamu masih belum paham dengan penjelasan pengertian ilmu ekonomi di atas, coba kamu tonton penjelasannya dalam bentuk video berikut ini.

Video tentang pengertian ilmu ekonomi

Mempelajari ilmu ekonomi juga penting untuk dilakukan meskipun kamu bukan mahasiswa ekonomi. Karena, dengan bekal pengetahuan ekonomi dan finansial yang cukup, kita bisa mewujudkan hidup yang lebih baik 🙂

Jadi bagaimana? Sudah paham tentang pengertian ilmu ekonomi sampai ke akarnya? Semoga dengan artikel ini dapat memudahkan kamu untuk memahami apa itu ilmu ekonomi. Share artikel ini ke media sosial kamu dan berikan komentar, ya!

Referensi:

  • Ekonomi – KBBI daring
  • Pengertian Ilmu Ekonomi dan Pembagiannya – Ruangguru
  • Ilmu Ekonomi – Penjelasan, Jenis & Contohnya – Tokopedia
  • Pengertian Ilmu Ekonomi, Pertumbuhan Ekonomi – Bukalapak
  • Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli – STIE PASIM Sukabumi
  • Pengertian Ilmu Ekonomi, Pembagian, dan Konsep Dasarnya – Ajaib
  • Pembagian Ilmu Ekonomi – Quipper

Tinggalkan komentar