5 Contoh Teks Tanggapan dan Strukturnya

PENDIDIKANPEDIA. Teks tanggapan adalah teks yang bertujuan memberikan kritik terhadap fenomena atau masalah tertentu. Biasanya, ada perdebatan di tengah masyarakat terkait dengan fenomena tersebut. Dengan adanya teks tanggapan tersebut, Anda bisa memberikan kritikan terhadap isu-isu yang sedang viral di tengah masyarakat.

Anda juga bisa memberikan fakta dan data untuk mendukung kritikan terhadap suatu masalah. Harapannya, teks ini bisa menjadi masukan bagi pihak terkait untuk melakukan pembenahan terhadap suatu masalah. Nah, dalam kesempatan ini, kami akan memberikan contoh teks tanggapan sebagai berikut!

Contoh Teks Tanggapan Dan Strukturnya

Teks tanggapan mempunyai karakteristik yang membedakan dengan teks lainnya. Adapun ciri-ciri teks tanggapan adalah sebagai berikut:

  • Berisikan tanggapan terhadap isu-isu terkini yang sedang viral dengan argumentasi yang tepat.
  • Menggunakan bahasa yang kritis.
  • Mencantumkan referensi untuk mendukung alasan penolakan terhadap suatu masalah.

Nah, itulah tiga ciri teks tanggapan yang bisa Anda ketahui. Selain ciri-ciri di atas, Anda bisa mengetahui struktur teks tanggapan sebagai berikut!

  • Evaluasi

Terdiri dari pernyataan umum dari sudut pandang penulis tentang apa yang ingin dia utarakan.

  • Deskripsi Teks

Penulis menyampaikan data dan saran yang mendukung atau melemahkan isu-isu tertentu.

  • Penegasan Ulang

Penulis menekankan kembali apa yang telah dia sampaikan.

Teks tanggapan terdiri dari tiga struktur di atas. Bagaimana penerapan ketiga struktur di atas? Untuk lebih jelasnya, berikut kami memberikan contoh-contoh teks tanggapan.

Baca juga: 4 Contoh Teks Diskusi yang Bisa Kamu Duplikasi

Contoh Teks Tanggapan Kritis

Contoh Teks Tanggapan Kritis
Contoh Teks Tanggapan Kritis

Teks tanggapan memang mempunyai tujuan yakni memberikan kritikan tajam terhadap suatu masalah atau fenomena yang sedang viral di tengah masyarakat. Nah, salah satu fenomena yang berkembang adalah kenakalan remaja. Berikut contoh teks tanggapan kritis tentang kenakalan remaja.

Kenakalan Remaja Semakin Meresahkan

Kenakalan remaja semakin hari semakin mengkhawatirkan. Mereka sudah berani melakukan aksi kriminalitas. Aksi mereka biasanya dilakukan pada waktu malam dini hari di mana banyak orang sudah tidur.

Mereka melakukan tindakan kriminalitas berupa motoran sambil membawa senjata tajam. Bahkan sering merusak dan mencoret-coret fasilitas umum. Mereka juga tidak segan melukai orang lain yang mereka anggap sebagai musuh. Tawuran antar pelajar pun juga sering terjadi karena kenakalan remaja ini.

Para remaja biasanya membuat kelompok pergaulan atau geng. Kelompok tersebut seringkali mempunyai agenda-agenda yang kurang baik. Salah satunya adalah keliling motoran dengan rute tertentu. Bahkan, ada dari mereka yang sudah menyiapkan senjata tajam  untuk berjaga-jaga. Senjata tersebut mereka akan gunakan saat bertemu dengan kelompok musuh.

Yang lebih mengkhawatirkan, antar kelompok remaja ini terkadang sudah janjian untuk tawaran di lokasi tertentu. Kejadian sudah sering terjadi, bahkan, masih berlanjut hingga saat ini. Oleh karena itu, orang tua memegang peranan penting dalam mengontrol pergaulan anak. Jangan sampai anak kita terjerumus dalam pergaulan bebas.

Orang tua bisa memastikan lingkaran pertemanan anak. Mereka harus mengontrol kegiatan anak. Jika ada anak yang minta keluar rumah malam hari, sebisa mungkin orang tua melarangnya. Waktu malam hari termasuk dalam waktu yang sering mereka gunakan untuk kegiatan-kegiatan yang merugikan masyarakat, seperti tawuran, begal dan yang lainnya.

Kenakalan remaja sudah sangat meresahkan. Banyak pihak harus berperan untuk mengatasi masalah ini. Orang tua harus mendidik dan menjaga anaknya dengan baik. Pemerintah dan pihak kepolisian juga harus bertindak tegas untuk menimbulkan efek jera kepada para remaja yang bermasalah.

Contoh Teks Tanggapan Singkat

Contoh Teks Tanggapan Singkat
Contoh Teks Tanggapan Singkat

Selain contoh teks tanggapan kritis di atas, Anda juga bisa membuat teks tanggapan singkat. Sebagai contoh, Anda menyoroti fenomena pembelajaran jarak jauh yang kurang maksimal.

Kurangnya Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh

Seiring dengan merebaknya pandemi Covid-19. Hampir semua sekolah menerapkan pembelajaran daring atau jarak jauh. Jalan ini diambil untuk mengurangi risiko penularan virus Covid-19. Namun, sayangnya pembelajaran daring ini masih kurang efektif.

Pihak sekolah, khususnya guru, masih kesulitan memberikan pembelajaran online. Mereka cenderung hanya memberikan tugas tanpa adanya penjelasan. Siswa dituntut belajar mandiri dengan media komputer maupun ponsel pintar.

Sementara itu, siswa sendiri juga harus lebih sering berhubungan dengan HP. Mereka menjadi kecanduan menggunakan HP. Apalagi siswa yang sudah kenal dengan main game online. Mereka akan lupa waktu saat bermain. Hasilnya, mereka mengalami penurunan belajar atau learning loss yang berdampak buruk pada pendidikan mereka.

Hampir setiap hari mereka memegang ponsel dengan alasan sekolah online. Orang tua terkadang juga kurang bisa mengontrol anak dalam penggunaan HP. Meski Hp menjadi bagian penting dalam pembelajaran daring, mereka harus menerapkan aturan menggunakan HP. Dengan demikian, anak-anak juga akan terkontrol saat menggunakan HP.  

Pemerintah harus memberikan solusi terbaik terkait dengan masalah ini. Pembelajaran daring dinilai kurang efektif dan menyebabkan belajar anak menurun. Pemerintah harus membuat kebijakan yang tepat agar siswa bisa mendapatkan haknya dalam pendidikan.

 Contoh Teks Tanggapan Deskriptif

Contoh Teks Tanggapan Deskriptif
 Contoh Teks Tanggapan Deskriptif

Anda juga bisa membuat teks tanggapan deskriptif. Kami akan memberikan contoh teks tanggapan deskriptif tentang Masjid Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak contohnya sebagai berikut!

Peran Masjid Yang Terlupakan

Masjid memang mempunyai fungsi utama sebagai tempat beribadah bagi Muslim. Namun sebenarnya, tempat itu tidak hanya menjadi tempat ibadah saja lho. Ada banyak kegiatan positif lainnya yang bisa berpusat di masjid, seperti pertemuan warga, rapat, hingga tempat untuk belajar.

Sayangnya banyak masjid yang mengkhususkan sebagai tempat ibadah saja. Mereka menganggap bahwa masjid adalah tempat yang hanya boleh digunakan untuk kegiatan ibadah saja. Padahal, zaman khilafah dulu, masjid digunakan sebagai pusat pemberdayaan masyarakat. Selain itu, masjid juga pernah berfungsi sebagai pusat pemerintahan.

Ya, masjid menjadi tempat pemimpin pada zaman dulu untuk menjalankan roda pemerintahan. Para pemimpin Islam tersebut menjalankan kepemimpinan berbasis masjid. Masyarakat pun yang ingin menemui pimpinan juga harus di masjid.

Sudah saatnya, masjid tidak hanya kita anggap sebagai tempat ibadah saja. Masjid bisa umat Islam gunakan sebagai tempat dari segala aktivitas. Namun, untuk menjalankan kesadaran ini, pastinya perlu kesadaran bersama, termasuk dari Negara, pimpinan masjid hingga jamaah. Dengan memakmurkan masjid, maka segala urusan baik urusan dunia maupun akhirat bisa terlaksana dengan baik.

Ini menjadi perhatian kita semua untuk mengembalikan fungsi masjid sebagaimana mestinya. Masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah saja namun juga bisa kita fungsikan sebagai pusat kegiatan yang lainnya.

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Sampah

Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Sampah
Contoh Teks Tanggapan Kritis Tentang Sampah

Tumpukan Sampah yang Tiada Akhir

Sampah dari dulu memang menjadi masalah yang sampai saat ini belum ketemu solusinya. Pemerintah, khususnya pihak terkait terlihat masih kesulitan mengatasi sampah. Setiap hari sampah semakin menumpuk dan kehilangan lahan untuk membuang sampah.

Sampah akan terus bertambah jika tidak diolah. Dalam hal ini, pemerintah harus memberikan edukasi kepada warga untuk bisa mengolah sampah secara mandiri. Pemerintah juga bisa mengeluarkan peraturan terkait sampah ini. Warga sendiri juga harus sadar bahwa sampah itu harus mereka olah, bukan hanya dipindah tempatkan saja.

Tanpa mengolahnya, sampah akan terus menumpuk dan menimbulkan efek buruk bagi kehidupan. Salah satunya adalah semakin banyaknya potensi penyakit yang timbul. Bau sampah juga sangat mengganggu.

Tumpukan sampah tersebut sebaiknya juga harus kita pilah terlebih dulu. Orang biasanya membuang sampah begitu saja. Mereka tidak memisahkan mana yang termasuk sampah organik dan anorganik. Sampah tersebut perlu untuk dipisah agar lebih mudah dalam pengolahan sampahnya.

Sampah organik bisa kita manfaatkan sebagai pupuk kompos. Ya, sampah tersebut bisa kita olah untuk menjadi pupuk tanaman. Jika Anda bisa mengolahnya dalam jumlah banyak, olahan sampah organik tersebut bisa menghasilkan nilai ekonomis. Anda bisa menjualnya kepada toko tanaman atau petani. 

Sampah anorganik juga bisa kita manfaatkan untuk membuat berbagai kreasi. Plastik-plastik sisa bungkus makanan bisa Anda manfaatkan menjadi tas atau tempat tumbuhan. Sampah plastik keras atau kaca bisa Anda jual ke pengepul rosok. Anda bisa mendapatkan uang dari hasil penjualan tersebut.

Nah, sampah yang tersisa atau yang tidak bisa kita olah baru kita buang ke tempat penampungan akhir. Dengan pengelolaan sampah yang benar, kita bisa meminimalisir tumpukan sampah di lingkungan sekitar kita. Jika sampah semakin sedikit, lingkungan pun akan menjadi lebih bersih dan sehat. Ini yang menjadi impian banyak orang bukan? 

Oleh karena itu, mengatasi sampah yang benar adalah dengan pengolahan sampah yang baik dan benar. Selain mendapatkan keuntungan, Anda juga mengurangi jumlah sampah setiap harinya. Untuk melakukan ini, harus ada kerjasama yang baik antara pemerintah dan warga. Pemerintah harus segera membuat regulasi yang tegas terkait dengan penanganan sampah. Warga juga harus meningkatkan kesadaran mereka.

Contoh Teks Tanggapan Tentang Lingkungan Hidup

Contoh Teks Tanggapan Tentang Lingkungan Hidup
Contoh Teks Tanggapan Tentang Lingkungan Hidup

Polusi Udara Semakin Merata

Polusi udara menjadi masalah yang tidak kunjung selesai. Asap pabrik, asap kendaraan bermotor dan polusi lainnya menjadi penyebab utama mengapa udara di sekitar kita sudah tidak bersih lagi.

Polusi udara ini menyebabkan berbagai penyakit. Adapun penyakit yang disebabkan oleh polusi udara adalah asma, infeksi saluran pernapasan dan yang lainnya. Jika hanya dibiarkan, polusi udara bisa menyebabkan masalah besar dalam kehidupan.

Kurangnya pepohonan juga menjadi memperburuk kualitas udara. Pohon sangat berperan penting untuk menyaring udara kotor menjadi udara bersih. Namun sayangnya, jumlah hutan maupun pohon semakin hari semakin berkurang.

Berkurangnya pohon tersebut tidak diimbangi dengan penghijauan. Ya, kesadaran masyarakat untuk melakukan penghijauan juga cenderung menurun. Banyak orang seakan sudah tidak peduli lagi dengan lingkungan di sekitarnya.Ini tentunya menjadi ancaman bagi kehidupan manusia, khususnya anak cucu kita di masa depan.  

Perlu kesadaran bersama untuk mengurangi polusi udara. Salah satunya adalah menggunakan kendaraan bermotor jika hanya perlu saja. Selain itu, pemerintah menggalakkan penanaman pohon untuk mengatasi udara kotor.

Baca juga: 4 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Beserta Strukturnya

Penutup

Itulah contoh teks tanggapan yang bisa Anda pelajari. Teks tanggapan mempunyai tujuan untuk memberikan kritikan atau masukan terhadap isu-isu yang sedang hangat di tengah masyarakat. Anda bisa juga menyampaikan tanggapan Anda terhadap suatu fenomena dengan menggunakan teks tanggapan tersebut. Bahkan, Anda bisa juga membuat teks tanggapan terbuka yang bisa Anda upload di media sosial, seperti Facebook, Instagram dan platform yang lainnya.

Tinggalkan komentar