Rinci dan Menarik, Inilah 4 Contoh Teks Tanggapan tentang Lingkungan Sekolah

“Tawuran antar pelajar sekolah menengah bisa terjadi 3 kali dalam seminggu. Pelajar yang terlibat tawuran membawa berbagai senjata tajam seperti celurit, golok babi, bahkan gir motor. Tawuran itu pun sering mengakibatkan korban luka bahkan meninggal dunia.”

Itulah cuplikan berita di media daring yang mengupas tentang fenomena tawuran antar pelajar yang tidak kunjung selesai. Bagaimana menyikapi kenakalan remaja tersebut dengan membuat contoh teks tanggapan tentang lingkungan sekolah? Simak penjabaran selengkapnya berikut ini.

Apakah ada yang salah dengan dunia pendidikan sekolah di Indonesia? Adakah yang salah dengan cara guru mendidik para siswanya? Apakah faktor ekonomi dan masalah keluarga menjadi faktor utama penyebab tawuran pelajar? Pertanyaan-pertanyaan itu terbersit di benak masyarakat seiring dengan meningkatnya jumlah perkelahian antar pelajar setiap tahunnya.

Itulah susunan beberapa kalimat pembuka dalam membuat contoh teks tanggapan tentang lingkungan sekolah.

Contoh Teks Tanggapan tentang Lingkungan Sekolah dan strukturnya

Struktur awal teks tanggapan tersebut dinamakan evaluasi yang berisi permasalahan umum tentang objek atau peristiwa yang ingin ditanggapi lebih lanjut.

Selanjutnya, struktur kedua dari membuat teks tanggapan adalah deskripsi permasalahan. Ada yang mengira mayoritas remaja yang terlibat perkelahian berasal dari sekolah kejuruan karena siswanya kebanyakan laki-laki. Padahal data menunjukkan sebaliknya. Dari ratusan sekolah menengah di Jakarta yang sering terlibat tawuran, puluhan sekolah di antaranya justru berasal dari sekolah menengah umum atau SMA. Sebagian pelajar yang tawuran juga berasal dari keluarga mampu.

Banyak faktor internal dan eksternal yang menjadi faktor pemicu para pelajar sering mengikuti tawuran. Untuk faktor internal, usia remaja biasanya masih sangat membutuhkan pengakuan, masih kurang mampu mengendalikan diri serta emosinya masih labil. Sehingga, muncullah di benak mereka, kekerasan sebagai jalan tercepat dan solusi penyelesaian masalah.

Untuk faktor eksternal, kehidupan rumah tangga yang biasa menggunakan kekerasan dalam menyelesaikan masalah bisa menjadi pemicu anak-anak mereka kelak ketika berusia remaja juga menggunakan kekerasan.

Kemudian, sekolah beserta isinya juga bisa menjadi faktor eksternal berikutnya yang memicu remaja berkelahi. Cara guru mendidik yang seringkali otoriter dan menggunakan kekerasan sebagai bentuk hukuman, lagi-lagi bisa memicu remaja juga menggunakan cara kekerasan dalam menyelesaikan masalah.

Solidaritas dan kesetiakawanan dalam mengikuti tawuran ternyata alasan yang keliru dan harus diluruskan. Namun, rupanya alasan ini menjadi pemicu utama para remaja sampai “mati-matian” membela teman mereka yang diserang kelompok atau sekolah lain.   

Kemudian, penegasan ulang merupakan struktur penutup dari membuat contoh teks tanggapan tentang lingkungan sekolah. Terkait permasalahan tawuran antar pelajar tersebut, maka bentuk penegasan ulang bisa berupa kesimpulan, saran, dan solusi.

Ada beberapa solusi yang bisa dilakukan. Pertama, orang tua yang berperan penting dalam tumbuh kembang remaja haruslah menjadi contoh yang baik buat anak-anak mereka. Kedua, pihak sekolah seharusnya bisa memberikan hukuman yang tegas tapi juga tidak menggunakan kekerasan.

Contoh Teks Tanggapan tentang Pendidikan Sekolah

Berikut ini contoh teks tanggapan tentang pendidikan sekolah yaitu SMA vs SMK:

Kebingungan memilih melanjutkan pendidikan sekolah ke SMA atau SMK masih sering dialami para pelajar yang baru saja lulus sekolah menengah pertama. Kebingungan itu memang bukan tanpa alasan karena pilihan sekolah bisa menentukan masa depan pelajar tersebut.

Ada beberapa perbedaan tentang pendidikan SMA dan SMK. Perbedaan pertama tentang mata pelajaran. Muatan teori di bangku SMA lebih banyak dengan porsi 60% daripada praktik 40%. Sedangkan pengajar SMK lebih banyak memberikan muatan praktik keilmuan sebesar 60%. Misalnya, jurusan tata boga yang mempelajari bisnis kuliner, teknik memasak, peralatan memasak.

Perbedaan kedua tentang melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi atau bekerja. Lulusan SMA dan SMK sama-sama bisa menempuh bangku kuliah. Selain itu, lulusan SMK lebih mempunyai bekal keahlian yang spesifik yang bisa membuatnya tidak hanya mampu kuliah tapi juga bisa langsung bekerja.  

Apapun pilihan pendidikan sekolah yang ingin kamu tempuh, sebaiknya sesuaikan dengan minat dan bakatmu ya, bukan pilihan orang tua, teman, keluargamu. Apabila kamu masih ingin mendalami teori yang didapat selama belajar di SMA, kelak kamu bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. Namun, jika kamu memilih SMK, maka kamu juga tetap bisa berkuliah sambil bekerja sesuai bekal skill yang sudah kamu raih selama belajar di sekolah kejuruan.

Contoh teks tanggapan tentang pendidikan sekolah yang dilakukan secara PJJ vs PTM

Contoh teks tanggapan tentang pendidikan sekolah yang dilakukan secara PJJ vs PTM
Contoh teks tanggapan tentang pendidikan sekolah yang dilakukan secara PJJ vs PTM

Berikut ini contoh teks tanggapan tentang pendidikan sekolah yang dilakukan secara PJJ vs PTM:

Dampak pandemi covid-19 telah memasuki semua lini kehidupan manusia. Tidak terkecuali dunia pendidikan sekolah. Namun, dengan semakin menurunnya angka positif covid-19, lambat laun pendidikan sekolah mulai menerapkan sistem pertemuan tatap muka atau PTM, yang sebelumnya pertemuan jarak jauh atau PJJ.

Guru dan siswa rupanya lebih menyukai PTM walaupun masih terbatas daripada PJJ. Ada keunggulan yang bisa didapat dengan menerapkan sistem PTM. Interaksi sosial antara guru dan siswa lebih terasa saat PTM karena bisa berinteraksi langsung dan bisa meningkatkan motivasi siswa untuk belajar di sekolah. Untuk penyampaian materi, sebenarnya sama saja, sama-sama bisa disampaikan secara PTM atau PJJ.

Dengan keunggulan menerapkan sistem PTM terbatas, guru dan siswa berharap sistem ini bisa berjalan seterusnya, bahkan bisa PTM 100%. Meski menjalankan PTM, semua pihak tidak boleh meninggalkan protokol kesehatan 5M. Harapannya, pandemi segera berakhir dan kehidupan kembali berjalan normal.    

Contoh Teks Tanggapan tentang Halaman Sekolah

Contoh Teks Tanggapan tentang Halaman Sekolah
Belajar Contoh Teks Tanggapan tentang Halaman Sekolah

Berikut ini contoh teks tanggapan tentang halaman sekolah:

Setelah selesai belajar di kelas, halaman sekolah merupakan tempat favorit bagi siswa saat jam istirahat. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di halaman sekolah. Mulai dari berkumpul bersama teman, berolahraga basket atau sepakbola, menggelar pameran karya siswa atau seni pertunjukan sekolah.

Halaman sekolah sebaiknya indah, asri, rapi, dan bersih sehingga segala aktivitas yang dilakukan di halaman terasa nyaman. Anda bisa memperbanyak tanaman berupa pohon berbuah yang teduh dan rindang atau tanaman hias dalam pot-pot besar maupun kecil.

Halaman sekolah yang berisikan deretan tanaman, tempat sampah, dan parkir kendaraan sebaiknya tertata dengan rapi. Jangan lupa juga Anda perlu memperhatikan kebersihan halaman sekolah. Tempat pembuangan sampah harus dikelola dengan baik agar tidak menumpuk di satu tempat atau malah menyebar di sembarang tempat.    

Contoh Teks Tanggapan tentang Pelajaran Sekolah 

Contoh Teks Tanggapan tentang Pelajaran Sekolah
Contoh Teks Tanggapan tentang Pelajaran Sekolah 

Berikut ini contoh teks tanggapan tentang pelajaran sekolah bahasa Indonesia:

Pada mata pelajaran bahasa Indonesia, kamu akan belajar membuat artikel. Kamu membutuhkan ketekunan untuk membuat artikel yang baik dan benar. Selain itu, kamu juga perlu memahami tujuan dan ciri-ciri artikel.

Artikel merupakan karangan faktual yang bisa dipublikasikan di media daring dan media cetak seperti, majalah, koran, buletin. Tujuannya, untuk menyampaikan informasi, ide dan gagasan, sehingga artikel tersebut dapat memecahkan permasalahan, mendidik, bahkan menghibur pembaca. Adapun jenis-jenis artikel di antaranya, narasi, eksposisi, deskripsi, persuasi, argumentasi.

Selain itu, kamu perlu memperhatikan ciri-ciri artikel seperti gaya bahasanya yang jelas, padat, lengkap, tapi juga tuntas. Artikel tersebut juga harus berdasarkan fakta dan data yang konkrit serta ide tulisan sesuai dengan kebutuhan pembaca. Yang terutama dan terpenting, isi artikel bukan hasil plagiat karya orang lain.

Penutup

Demikian pemaparan cara membuat dan contoh teks tanggapan tentang lingkungan sekolah. Dalam membuat teks tanggapan, sebaiknya Anda tetap memperhatikan struktur penulisannya yaitu evaluasi, deskripsi objek atau permasalahan, dan penegasan ulang. Teruslah berlatih membuat contoh teks tanggapan tentang lingkungan sekolah agar karya tulisan kamu semakin menarik dan menjadi solusi permasalahan banyak orang. Selamat mencoba ya.

5 Contoh Teks Tanggapan dan Strukturnya

5 Contoh Teks Tanggapan dan Strukturnya

PENDIDIKANPEDIA. Teks tanggapan adalah teks yang bertujuan memberikan kritik terhadap fenomena atau masalah tertentu. Biasanya, ada perdebatan di tengah masyarakat … Baca

Tinggalkan komentar