Mengupas Tuntas Contoh Teks Tanggapan Deskriptif, Mari Ikut Melihat dan Merasakan

Masih ingatkah Anda dengan contoh teks tanggapan deskriptif dalam materi pelajaran Bahasa Indonesia saat masih duduk di bangku sekolah menengah? Kalau ya, berarti memori ingatan Anda masih bagus atau memang sering mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari yaitu dalam forum diskusi atau rapat-rapat di kantor.

Selain itu, dengan memahami contoh teks tanggapan ini, maka cara berkomunikasi Anda dengan orang lain pun akan lebih efektif dan efisien.  Namun, jika sudah tidak ingat, yuk, mari kita mengupas tuntas contoh teks tanggapan deskriptif berikut ini.

Definisi teks tanggapan

Teks tanggapan merupakan teks, karangan tulisan, pendapat untuk menanggapi suatu hal, peristiwa, berita, artikel, karya seni seseorang berupa lukisan, lirik lagu, film, karya sastra berupa novel, cerpen, buku biografi orang terkenal, dan karya pertunjukan. Anda juga bisa membuat teks tanggapan untuk menanggapi fenomena sosial di tengah masyarakat atau peristiwa lingkungan hidup, dan lainnya.

Bagaimana cara membuat tanggapan? Untuk membuat tanggapan, Anda perlu mengetahui objek atau peristiwa apa yang ingin ditanggapi. Kemudian, Anda perlu membuat kerangka tulisan. Lalu, Anda perlu memahami struktur penulisan teks tanggapan yaitu evaluasi berisi permasalahan umum yang berhubungan dengan peristiwa. Selanjutnya, deskripsi yang menerangkan dengan rinci sebuah peristiwa sehingga pembaca dapat ikut melihat dan merasakannya. Terakhir, penegasan ulang terhadap peristiwa yang berisi kesimpulan, saran, dukungan, atau penolakan.

Pengertian teks tanggapan deskriptif

Nah, apa itu teks tanggapan deskriptif? Teks tanggapan deskriptif adalah teks yang menyajikan secara detail sesuai kondisi apa adanya dan sebenar-benarnya sehingga orang yang membaca teks Anda seolah-olah dapat melihat, mendengar, mencium, dan merasakan betul objek atau peristiwa apa yang Anda bahas di teks tersebut.

Apa ciri-ciri teks deskriptif? Teks deskriptif berisi beberapa kalimat deskriptif yang menerangkan atau menggambarkan benda mati, benda hidup, peristiwa, fenomena di masyarakat. Penggambaran tersebut dilakukan dengan cara bercerita sedetail dan senyata mungkin.

Apa isi dari judul teks tanggapan deskriptif? Judul berisikan hal atau peristiwa apa yang Anda ingin bahas di teks tanggapan dan sebisa mungkin menggunakan kata spesifik atau bahkan berisi kata kunci utama sehingga teks tanggapan Anda bisa menempati rangking teratas di halaman 1 mesin pencarian jika teks tanggapan tersebut diunggah di blog pribadi Anda.

Baca juga: 4 Contoh Teks Diskusi yang Bisa Kamu Duplikasi

Contoh Teks Tanggapan Deskriptif

Contoh Teks Tanggapan Deskriptif
Belajar Contoh Teks Tanggapan Deskriptif

Berikut ini contoh teks tanggapan deskripsi tentang novel “Laskar Pelangi”:

“Saya termasuk penggemar novel Indonesia yang berjudul Laskar Pelangi. Berkat kesuksesan penjualan novel yang laris manis, buku karya Andrea Hirata ini pun diadaptasi menjadi sebuah film dengan judul yang sama karya Riri Riza pada tahun 2008. Filmnya diproduksi Miles Film dan Mizan Production. Novel ini terus mendulang sukses besar karena telah diterbitkan oleh 24 negara di luar Indonesia. Tidak hanya itu, Laskar Pelangi juga ditampilkan dalam bentuk serial televisi di salah satu televisi nasional selama 15 episode dan pertunjukan drama musikal di Taman Ismail Marzuki. Laskar Pelangi berkisah tentang 10 anak yang berasal dari keluarga miskin yang berada di desa Gantung, Belitung Timur, dan mereka bersekolah di SD dan SMP Muhammadiyah, Belitung. Banyak pelajaran hidup yang terdapat di novel yang menceritakan Ikal, Lintang, Sahara, Mahar, A Kiong, Syahdan, Kucai, Borek, Trapani, dan Harun. Mereka menjuluki diri mereka dengan sebutan “Laskar Pelangi”. Pengalaman hidup di tengah keterbatasan tidak membuat mereka berputus asa dan pantang mundur. Tapi, justru sebaliknya, mereka menerima kondisi hidup apa adanya namun penuh semangat hidup dan daya juang tinggi untuk terus maju melanjutkan pendidikan.”

Contoh Teks Tanggapan Deskriptif Bahasa Jawa

Contoh Teks Tanggapan Deskriptif Bahasa Jawa
Belajar Contoh Teks Tanggapan Deskriptif Bahasa Jawa

Berikut ini contoh teks tanggapan deskripsi bahasa Jawa:

“Ing sawetara dina pungkasan, kabar ing media online terus menehi kabar apik. Iki amarga jumlah pasien COVID-19 terus mudhun. Jumlah pasien sing pulih terus tambah. Tingkat pendhudhukan kasur rumah sakit padha. Terus nuduhake nomer sing mudhun. Secara nasional, pasien sing dirawat ora akeh, yaiku 36 ewu wong. Kajaba iku, tingkat transmisi nasional uga terus mudhun lan tekan 17 persen. Ananging tetep aja sembrono kanthi tetep netepi protokol kesehatan 5M, yaiku adoh saka wong akeh, cuci tangan, nganggo masker, njaga jarak, nyuda mobilitas, lan langsung divaksinasi.”

Contoh Teks Tanggapan Deskriptif tentang Lingkungan

Contoh Teks Tanggapan Deskriptif tentang Lingkungan
Membuat Contoh Teks Tanggapan Deskriptif tentang Lingkungan

Berikut ini contoh teks tanggapan deskriptif tentang lingkungan:

“Kami berada di lingkungan perumahan yang rawan banjir. Ceritanya, hujan deras turun sejak malam hari sekitar pukul 11 malam dan tidak mereda sampai pagi hari. Hujan deras tersebut menimbulkan ketinggian air sangat meningkat cepat. Bahkan, genangan air hingga menutupi seluruh jalan perumahan. Sekitar pukul 2 dini hari, kami mendapat kabar jika tembok pembatas Situ Pangarengan dan JL.Juanda langsung jebol, tidak kuat menahan laju deras air. Luapan air bisa melewati daerah RT 03 dan RW 07 Kelurahan Cisalak. Genangan air sampai menutupi seluruh jalan perumahan. Biasanya, banjir sudah surut hanya membutuhkan waktu 2 jam. Namun, banjir kali ini baru reda pada sore hari. Sebagai warga perumahan, kami menyarankan pihak terkait lebih memperhatikan kondisi Situ. Misalnya, dengan mengeruk lumpurnya, membersihkan sampah dan enceng gondok. Selanjutnya, pihak terkait sebaiknya selalu rutin melakukan pemeliharaan tanggul supaya tidak jebol lagi di kemudian hari.”

Contoh Teks Tanggapan Deskriptif tentang Hewan

Contoh Teks Tanggapan Deskriptif tentang Hewan
Contoh Teks Tanggapan Deskriptif tentang Hewan

Berikut ini contoh teks tanggapan deskriptif tentang hewan:

“Saya mempunya 2 anjing Chihuahua atau Chiwawa yang lucu dan menggemaskan di rumah. Anjing yang berasal dari Meksiko ini termasuk ras anjing terkecil di dunia. Panjangnya hanya 4 inchi. Berat badannya mulai dari 4-7 kg dengan tinggi badan mencapai 28cm. Bulu Chihuahua bertekstur sangat halus dan tidak mudah rontok. Anjing ini sangat mudah bersosialisasi dan protektif pada majikannya. Warna bulunya bermacam-macam. Ada warna putih bercampur coklat, hitam, krem, coklat, loreng. Untuk merawat Chiwawa, Anda perlu membutuhkan perlakuan khusus, terlebih lagi saat masih anakan, supaya kelak dewasa, mereka tidak bandel atau cemburuan. Anda bisa memberikan porsi makan sebanyak 4 kali sehari dan dalam porsi sedang. Sebaiknya Anda juga rutin memeriksanya di dokter supaya tubuhnya tidak terlalu gendut. Anda perlu menyiapkan tempat khusus bermain dan bukan di dalam kendang saja. Sebaiknya anjing Chihuahua juga harus berjemur di pagi hari, cukup 1 jam saja, Untuk Chiwawa dewasa tidak terlalu membutuhkan perawatan khusus. Anda hanya perlu memastikan kebersihan, kenyamanan, dan kesehatannya.

Baca juga: Sekadar Memuji atau Mengkritik Nih? Simak, Contoh Teks Tanggapan Pujian yang Tidak Berlebihan

Penutup

Itulah beberapa contoh teks tanggapan deskriptif yang bisa langsung Anda terapkan dalam cara berkomunikasi sehari-hari. Anda harus menonjolkan penggambaran benda mati, benda hidup, atau sebuah peristiwa secara spesifik supaya teks tanggapan deskriptif Anda kian menarik dan banyak orang yang dengan senang hati membacanya karena menerapkan tata bahasa yang baik dan tidak meninggalkan etika serta norma kesopanan dalam penyampaiannya. Silakan membuat contoh teks tanggapan yang apik ya.

Tinggalkan komentar