Mau Pidato Anda Memukau? Ini Dia 5+ Contoh Teks Pidato

Contoh teks pidato. Sebagai makhluk sosial, Anda pasti berkomunikasi dengan orang lain. Misalnya, keluarga, teman, kerabat, tetangga, rekan kerja. Pada saatnya nanti, Anda mendapat kesempatan untuk berpidato di hadapan mereka dan khalayak ramai lainnya. Untuk berbicara depan orang banyak, Anda membutuhkan kemampuan public speaking yang baik dan menguasai materi yang Anda sampaikan. Jika Anda belum berpengalaman menyampaikan pendapat depan umum, sebaiknya Anda perlu menyiapkan teks pidato. Teks tersebut boleh Anda bacakan atau Anda ingin menghafalnya terlebih dahulu, sah-sah saja. Sebenarnya, bagaimana cara membuat teks pidato yang baik? Simak, 5+ contoh teks pidato dalam artikel berikut ini.     

Contoh Teks Pidato Singkat

Pidato mempunyai beberapa tujuan, antara lain untuk menyapa pendengar, menyampaikan informasi, meyakinkan pendengar, mempengaruhi pendengar, dan menghibur pendengar.

Apa yang dimaksud dengan teks pidato? Teks yang berisi gagasan, ide, pendapat untuk kemudian Anda sampaikan secara lisan pada khalayak umum dengan menggunakan bahasa yang baik supaya pendengar yakin terhadap Anda sebagai pembicara.

Berikut ini adalah teks pidato singkat mengenai pentingnya tetap menjalankan protokol kesehatan 5M meskipun kasus covid-19 sudah menurun.

Assalamualaikum warahmatullahi wabaarakatuh,

Saya mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada Bapak Camat, Bapak Lurah, Ketua RW, Ketua RT, dan beberapa perwakilan warga yang bersedia hadir pagi ini dalam rapat koordinasi mengenai penanganan pandemi covid-19 di lingkungan Sawangan.

Pertama-tama, marilah kita memanjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat sehat, rezeki, dan hidayah-Nya sehingga kita semua bisa berkumpul tanpa ada hambatan dan dalam keadaan sehat wal’afiat pada hari ini.

Bapak, ibu, dan hadirin sekalian yang saya hormati,

Beberapa minggu terakhir, kita melihat adanya tren penurunan kasus aktif covid-19 dan tren kenaikan angka kesembuhan pada warga kita. Mari kita mengucapkan syukur alhamdulilah bahwa kondisi kesehatan warga di lingkungan kita semakin membaik.

Bapak dan ibu sekalian,

Meskipun kasus aktif covid-19 terus menurun, kita tidak boleh lengah. Kita harus terus aktif menjalankan protokol kesehatan 5M dan semakin gencar mengajak warga mengikuti vaksin primer dan booster karena pandemi belum benar-benar berakhir.

Marilah kita terus mendisiplinkan diri sendiri dan keluarga kita di rumah, dan tidak bosan-bosanya mengajak warga tetap semangat melakukan 5M yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Demikian sambutan singkat dari saya sebagai ketua satgas covid-19 di lingkungan Sawangan. Apabila ada kekurangan dan kesalahan dalam penyampaian arahan saya tadi, saya haturkan permohonan maaf kepada Bapak dan Ibu sekalian. Sekian dan terimakasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca juga: 6 Contoh Teks Narasi yang Bisa Kamu Duplikasi

Contoh Teks Pidato Bahasa Jawa

Contoh Teks Pidato Bahasa Jawa
Contoh Teks Pidato Bahasa Jawa

Sebenarnya, bagaimana langkah-langkah menyusun teks pidato yang benar? Langkah pertama, Anda menulis pembukaan teks yang terdiri dari salam pembuka, ucapan penghormatan, ucapan rasa syukur, pengantar topik pidato. Lalu, menyusun isi pidato dengan menyampaikan informasi beserta alasan yang meyakinkan. Terakhir, bagian penutup berupa kesimpulan, permintaan maaf, terimakasih, dan salam penutup.

Berikut ini teks pidato bahasa Jawa yang mengangkat topik vaksin booster menjadi syarat perjalanan mudik pada Lebaran 2022.

Sugeng enjing lan salam rahayu kagem kita sedaya,

Ingkang kinurmatan, Ibu Kepala Bagian Keuangan, Bapak Kepala Distribusi, Bapak Kepala Bagian Redaksi, saha sedaya staf penerbitan Gita Aksara.

Langkung rumiyin sumangga kita ngaturaken puji syukur dhumateng ngarsanipun Gusti Allah SWT ingkang sampun paring kanugrahan lan kanugrahan, kita sedaya saged makempal wonten ing balai penerbitan serbaguna. Mboten kesupen sumangga kita aturaken shalawat saha salam dumateng junjungan kita Nabi Muhammad SAW.

Wonten ing kalodhangan punika, keparenga kula minangka Kepala Penerbitan Buku Gita Aksara ngaturaken pinten-pinten informasi ingkang wigatos ngengingi riyaya Idul Fitri 2022. Gegayutan kaliyan kelancaran kegiatan warga ing wulan Ramadhan lan Idul Fitri ing taun punika, kita selaku dewan direksi Gita Aksara bakal ngidini karyawan kanggo mulih. Nyatane, kita bakal menehi fasilitas mudik bareng menyang sawetara kutha gedhe ing pulo Jawa kayata Semarang, Solo, Yogyakarta, Malang, Surabaya, lan saubengé.

Bapak, Ibu,

Senadyan lebaran iki bisa ketemu sanak sedulur, nanging keparenga panjenengan kabeh padha nuruti anjuran pemerintah, yaiku njaluk vaksin dhisik sadurunge lelungan liwat darat, laut lan udara. Pramila, kita bakal menehi fasilitas vaksin gratis kanggo karyawan sing durung divaksinasi. Sampeyan bisa ndhaptar ing departemen SDM banjur njaluk nomer registrasi lan bisa langsung tindakake vaksin ing wektu sing wis ditemtokake ing mangsa ngarep. Pusat vaksinasi uga bakal ditindakake ing papan iki, ing ruang serbaguna, lan ora bakal ngganggu jam kerja.

Mekaten informasi ingkang saged kula aturaken, awit saking kawigatosan saha kerjasamanipun kula matur nuwun.

Contoh Teks Pidato B Inggris

Contoh Teks Pidato B Inggris
Contoh Teks Pidato B Inggris

Berikut ini teks pidato B Inggris dari ketua posyandu mengenai pentingnya makanan pendamping air susu ibu (MPASI) bayi berusia 6 bulan ke atas.

Good morning

I would like to thank you for the presence of the rt chairman’s mother, posyandu cadres, and mothers of Pengayoman housing residents.

Let us say praise and gratitude to Allah ALMIGHTY for the blessing of His favor and grace, we can meet again on this sunny Sunday morning.

On this good occasion, I would like to invite mothers to be able to exclusively breastfeed until the baby is 6 months old. Then, the baby gets MPASI from 6 months to 23 months. However, the provision of MPASI does not stop breastfeeding because the mother can still breastfeed until the child is 2 years old.

MPASI is a complementary food for breast milk and not a substitute for breast milk. Well, when giving MPASI, mothers should avoid giving instant food to babies because the nutritional content does not meet the nutritional needs of the baby. 

Mothers can give mpasi menu to babies the same as the family menu only the portions are less and the texture is softer than adults. Try MPASI contains carbohydrates, proteins, and fats yes, mothers. That’s the information I can tell you. If there is any shortage, I apologize. Thank you. 

Contoh Teks Pidato tentang Pendidikan

Contoh Teks Pidato tentang Pendidikan
Contoh Teks Pidato tentang Pendidikan

Struktur naskah pidato terdiri dari pembuka, isi, dan penutup. Naskah pidato terdiri atas apa  saja? Naskah pidato terdiri dari salam pembukaan, ucapan syukur kehadirat Tuhan, dan kalimat pengantar tema pidato. Pada bagian isi mengangkat topik pidato beserta argumentasinya. Selanjutnya bagian penutup berupa permohonan maaf, ucapan terimakasih dan salam penutup.

Berikut ini teks sambutan kepala sekolah kepada orangtua siswa mengenai usia yang tepat untuk anak memulai sekolah.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Saya ingin mengucapkan terimakasih kepada bapak dan ibu orangtua siswa yang sudah berkenan hadir.

Mari kita memanjatkan rasa syukur kehadirat Allah SWT atas berkah limpahan karunia kesehatan sehingga kita dapat berkumpul pada hari ini.

Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan tentang usia yang tepat bagi anak memulai sekolah.

Bapak ibu sekalian,

Bapak dan ibu perlu memperhatikan kebutuhan dan kesiapan anak mulai bersekolah. Jika bapak dan ibu mempunyai putra-putri yang sudah berusia 4 sampai 6 tahun, maka silakan mengajak anak mulai bersekolah di taman kanak-kanak.

Namun, jika anak masih berusia 1 sampai 3 tahun, sebaiknya bapak dan ibu mengajak anak bermain sambil belajar di rumah saja. Hal ini karena usia anak yang masih belum matang untuk menerima materi sekolah.

Sebenarnya, bapak dan ibu perlu memperhatikan tanda-tanda anak sudah siap mulai sekolah dari segi psikologis dan sosial. Misalnya, anak sudah mampu berbicara jelas kepada orang dewasa, fokus mengerjakan tugas, mampu mengikuti arahan, mampu bergaul dan berempati pada orang lain.

Selain itu, bapak dan ibu juga bisa melihat kemampuan fisiknya, misalnya dapat berpakaian sendiri, memegang buku dengan baik, memegang pensil dengan benar, membalik halaman buku, dan memotong kertas dengan gunting.

Pada intinya, sebaiknya bapak dan ibu tidak perlu memaksakan anak untuk bersekolah karena bisa membuat anak stres dan malah enggan bersekolah. Usahakan menyekolahkan anak sesuai dengan usia dan kematangan anak ya, bapak dan ibu.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf atas segala kekurangan dan terimakasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 Contoh Teks Pidato tentang Bulan Ramadhan

Contoh Teks Pidato tentang Bulan Ramadhan
 Contoh Teks Pidato tentang Bulan Ramadhan

Ada berbagai jenis pidato antara lain, pidato naratif, pidato persuasif, pidato informatif, pidato rekreatif, dan pidato argumentatif. Apa itu pidato naratif? Pidato yang menjelaskan secara detail mengenai kronologis peristiwa dan urutan rentang waktu terjadinya kejadian.

Berikut ini contoh teks khutbah salat Jumat yang mengangkat tema penetapan awal Ramadhan tahun 2022.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Saya ingin mengucapkan terimakasih kepada bapak-bapak yang sudah berkenan hadir di masjid yang indah ini.

Marilah kita mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan nikmat, sehat, dan karunia sehingga kita dapat melaksanakan salat Jumat hari ini.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, pemerintah sudah mengumumkan secara resmi penetapan tanggal 1 Ramadhan bertepatan dengan hari Minggu, 3 April 2022. Namun, ada juga saudara-saudara muslim kita yang akan memulai ibadah puasanya besok hari Sabtu, 2 April.

Sebaiknya kita dapat menyikapi perbedaan tersebut dengan bijak dan tidak berlebihan. Yang terpenting adalah kita bersama seluruh umat muslim sedunia akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan harus mempersiapkan diri kita sebaik mungkin.   

Bulan Ramadhan adalah bulan suci penuh berkah. Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa hamba-Nya bagi mereka yang senantiasa bertakwa dengan menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Mari kita menjadikan bulan Ramadhan sebagai momentum semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Demikian khutbat Jumat kali ini, atas segala kekurangan, saya sampaikan permohonan maaf. Terimakasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Teks Pidato tentang Keutamaan Shalat Tarawih

Contoh Teks Pidato tentang Keutamaan Shalat Tarawih
Contoh Teks Pidato tentang Keutamaan Shalat Tarawih

Berikut ini contoh teks ceramah imam masjid saat melaksanakan salat tarawih malam pertama Ramadhan.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Kami dan pengurus masjid ingin mengucapkan terimakasih kepada bapak, ibu, anak-anak yang menghadiri salat Tarawih di masjid Darussalam.

Marilah kita memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas berkah dan karunia-Nya sehingga kita dapat menjalankan salat Tarawih pertama di bulan Ramadhan 2022.

Bapak dan ibu sekalian,

Kita akan mendapatkan banyak sekali kebaikan salah tarawih jika rutin menjalankannya di rumah Allah SWT.  Salah satunya, mendapatkan pahala ibadah satu malam penuh. Selain itu, Anda bisa meraih keistimewaan salat sunnah Tarawih, antara lain, melapangkan rezeki, memakmurkan masjid, menyelamatkan kekurangan salat wajib, menyehatkan mental dan tubuh, mendapatkan berkah pada bulan Ramadhan, dan menjadi sarana menimba ilmu agama lebih mendalam.

Jika bapak dan ibu senang beribadah di masjid, tentunya menumbuhkan rasa cinta mendalam kepada Allah SWT dan membuat hati kita lebih tenang. Mari bapak dan ibu, kita harus bersemangat untuk memperbanyak ibadah di masjid terutama pada bulan suci Ramadhan.

Demikian hikmah dan keutamaan salat Tarawih yang dapat saya sampaikan. Saya memohon maaf apabila ada kesalahan dalam penyampaiannya. Terimakasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Penutup

Itulah 5+ contoh teks pidato beragam tema. Anda membutuhkan persiapan matang sebelum menyampaikan pidato atau ceramah di hadapan khalayak orang banyak. Salah satunya, menyiapkan teks pidato dengan bahasa yang baik dan sopan. Selamat membuat teks pidato ya.

Tinggalkan komentar