Mau Membujuk Orang secara Halus? Tiru 5 Contoh Teks Pidato Persuasif beserta Strukturnya Ini

Semua orang membutuhkan keterampilan mampu berbicara di hadapan khalayak umum, bukan hanya pejabat negara atau orang penting saja. Bahkan, siswa yang mempresentasikan tugasnya di depan kelas juga memerlukan kemampuan berbicara yang baik dan sopan. Jika kamu belum mampu mengungkapkan ide dan gagasan di depan orang lain, maka kamu membutuhkan persiapan untuk melakukannya dengan baik. Selain kepercayaan diri yang cukup, kamu juga perlu menyiapkan teks pidato beserta strukturnya supaya kamu menguasai materi yang ingin kamu sampaikan. Apalagi jika ingin mempengaruhi pendengar sekaligus membujuknya secara halus, sebaiknya kamu menyimak contoh teks pidato persuasif beserta strukturnya berikut ini.

Contoh Teks Pidato Persuasif Singkat yang Bisa Kamu Duplikasi

Sebenarnya, apa teks pidato persuasif itu? Teks pidato persuasif merupakan teks yang berisikan pidato yang bertujuan untuk mempengaruhi, mengajak, menghimbau pendengar agar mau mengikuti saran dan himbauan pembicara secara sukarela tanpa adanya paksaan.

Lantas, bagaimana cara membuat teks pidato persuasif? Cara membuatnya mudah, kamu perlu menyusun strukturnya terlebih dahulu.

 Struktur ini terdiri dari:

– Pembuka

– Isi

– Penutup

Pembuka pidato biasanya berisi salam pembuka, ucapan syukur, selamat datang, kalimat pengantar tema pidato.

Selanjutnya, isi pidato persuasif berupa argumentasi meyakinkan.

Kemudian, penutup mengandung kesimpulan, saran, dan salam penutup.

Nah, berikut ini teks pidato persuasif singkat yang bisa kamu duplikasi mengenai ajakan mencari penghasilan tambahan bagi pelajar dari ketua ekskul kewirausahaan.

(Salam pembuka)

Selamat pagi, teman-teman.

(Ucapan syukur dan selamat datang)

Marilah kita mengucapkan syukur kepada Allah SWT. atas semua berkah dan nikmat-Nya hingga kita dapat berkumpul pada sore hari ini.

(Perkenalan diri dan pengantar topik pidato)

Perkenalkan nama saya Ayuningtyas, ketua ekskul kewirausahaan dari kelas IPS 1. Pada kesempatan ini, saya ingin mengajak teman-teman untuk mengikuti ekstrakurikuler kewirausahaan.

(Inti Pidato)

Apakah teman-teman mau menambah uang jajan? Jika jawaban kalian, iya, berarti kalian sudah cocok bergabung dengan ekskul kewirausahaan. Teman-teman akan mendapatkan banyak manfaat positif jika mau berbisnis atau mengikuti kewirausahaan. Salah satunya, menambah penghasilan dengan kerja keras kalian sendiri. Jika kalian sudah berhasil berbisnis berarti kalian dapat melatih kemandirian finansial meskipun belum sepenuhnya karena orangtua masih menanggung biaya sekolah.

Dengan berbisnis, kalian juga bisa belajar menghadapi dunia kerja yang sebenarnya dengan menciptakan sesuatu yang unik dan bermanfaat bagi orang banyak. Kalian bisa memulai bisnis kecil-kecilan seperti menjual kue, camilan, alat tulis, pulsa. Nah, teman-teman akan mendapatkan keuntungan dari berjualan barang-barang secara online di media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter.

(Penutup)

Itulah beragam manfaat dengan mengikuti ekskul kewirausahaan. Kalian dapat belajar berbisnis, menambah uang jajan, dan melatih kemandirian finansial. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian saya. Sekian dan terimakasih perhatiannya.  

Baca juga: Mau Pidato Anda Memukau? Ini Dia 5+ Contoh Teks Pidato yang Bisa Kamu Contek 

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Pendidikan

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Pendidikan
Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Pendidikan

Apa saja isi dari teks pidato persuasif? Isi pidato persuasif adalah bagian penting pidato karena mengandung inti yang akan kamu sampaikan dan memaparkan argumentasi, pendapat, gagasan secara jelas dan detail untuk meyakinkan dan membujuk pendengar.

Berikut ini teks pidato persuasif mengenai manakah yang lebih baik antara sistem pembelajaran tatap muka atau pembelajaran jarak jauh dalam kondisi pandemi.

(Salam Pembuka)

Assalamualaikum,

(Ucapan selamat datang)

Saya ingin mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada wali kelas IPS 2 yang sudah mengizinkan saya mengikuti lomba pidato bertemakan pendidikan dan teman-teman yang bersedia hadir memberikan dukungannya.

(Ucapan rasa syukur)

Mari kita bersama-sama menyampaikan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan karunia berkah tak terhingga sehingga kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat.

(Inti pidato)

Kondisi pandemi covid-19 selama dua tahun terakhir telah mempengaruhi kehidupan manusia pada berbagai bidang yaitu ekonomi, pendidikan, sosial, dan politik. Pada bidang pendidikan, sistem pembelajaran mengalami perubahan dari semula pembelajaran tatap muka (PTM) menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring.

Para guru dan siswa mau dan tidak mau harus mengikuti kebijakan pemerintah tersebut. Berikut ini, beberapa kelebihan penerapan PJJ antara lain, memutus mata rantai penyebaran covid-19, siswa merasa nyaman belajar dari rumah karena bisa menghindari bullying bagi mereka yang pernah mengalaminya.

Namun, ada pula kekurangan menerapkan sistem PJJ yaitu tidak semua siswa mempunyai akses internet yang lancar dan stabil misalnya daerah pedesaan sehingga kemampuan siswa memahami materi pelajaran tidak maksimal.

Pada akhirnya, manakah yang terbaik antara PTM dan PJJ, berpulang kepada guru, siswa, dan orangtua murid. Saat ini, mereka dapat menentukan pilihannya sendiri karena kasus aktif covid-19 semakin menurun dan merekalah yang benar-benar memahami kondisi belajar kondusif bagi anak didiknya. Namun, sebenarnya sistem PTM lebih baik karena kondisi demografis Indonesia yang bervariasi.  

(Penutup)

Demikian pendapat dan argumentasi saya mengenai PTM dan PJJ. Apabila ada kekurangan, saya mohon maaf. Sekian dan terimakasih.

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Lingkungan

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Lingkungan
Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Lingkungan

Contoh naskah persuasif? Berikut ini contoh naskah persuasif mengenai dampak negatif pencemaran limbah pada sungai dengan struktur teks pidato terdiri dari pembuka, isi pidato, dan penutup.

(Pembuka)

Selamat pagi,

Marilah kita memanjatkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena limpahan nikmat sehat dan rezeki kepada kita semua. Saya mau menyampaikan selamat datang kepada para pengusaha tekstil yang lokasi pabriknya berdekatan dengan pinggir kali atau sungai. Setiap perusahaan sebaiknya mempunyai sistem dan peraturan yang ketat tentang pengolahan limbah pabriknya. Jika kurang menerapkan kedisiplinan kepada pegawainya, maka mereka bisa melakukan kelalaian yang berdampak buruk bagi lingkungan dan warga sekitar pabrik.

(Isi Pidato)

Kita sudah mengetahui bersama jika sisa kegiatan pabrik merupakan limbah pabrik dimana perusahaan perlu mengelolanya dengan baik. Contoh limbah cair dapat berupa limbah tempe, sisa pengawet cait, atau sisa pewarna pakaian cair.

Sebaiknya, perusahaan bisa menangani limbah tersebut melalui proses pengapungan, pengendapan, dan penyaringan. Sebab, jika pabrik membuang limbah begitu saja, dapat mengganggu ekosistem lingkungan sungai terutama kehidupan ikan-ikan di dalamnya dan kualitas perairan akan menurun.

(Penutup)

Itulah berbagai dampak negatif terkait pengelolaan limbah pabrik yang tidak benar. Marilah kita bersama-sama menjaga lingkungan sekitar dengan tidak membuang limbah pada sembarang tempat. Saya mohon maaf apabila ada kekurangan dalam penyampaiannya. Terimakasih.

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Kesehatan

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Kesehatan
Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Kesehatan

Berikut ini teks pidato persuasif yaitu sambutan pengurus panti yang menyampaikan pentingnya kegiatan berkebun bagi kesehatan fisik dan mental lansia.

(Pembuka)                 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Saya ingin mengucapkan selamat datang kepada Opa dan Oma penghuni panti wreda yang berkenan hadir dalam kegiatan berkebun pagi ini. Marilah kita mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT dengan berkah karunia-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul di kebun panti. Sebagai pengurus panti, kami senang sekali dapat melihat Opa dan Oma selalu sehat dan bersemangat untuk bercocok tanam sayur mayur.

(Isi Pidato)

Opa Oma yang kami hormati, kegiatan berkebun banyak sekali manfaatnya. Jika Opa Oma mengotori tangan dengan tanah, maka dapat memicu keluarnya hormon serotonin pada otak. Hormon inilah yang menyebabkan Opa Oma merasa bahagia. Dengan berkebun, Opa Oma senantiasa aktif bergerak sehingga bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

(Penutup)

Itulah beberapa manfaat berkebun bagi kesehatan Opa Oma. Marilah kita terus aktif bergerak dan bersemangat menjaga kesehatan fisik dan mental dengan berkebun. Jika ada kekurangan dalam penyampaiannya, saya mohon maaf. Terimakasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Jangan Buang Sampah Sembarangan

Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Jangan Buang Sampah Sembarangan
Contoh Teks Pidato Persuasif tentang Jangan Buang Sampah Sembarangan

Berikut ini teks pidato persuasif berupa sambutan ketua RT bertemakan kebersihan lingkungan sekitar.

(Pembuka)

Selamat pagi bapak dan ibu,

Puji dan syukur mari kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas karunia sehat jasmani dan rohani sehingga kita dapat berkumpul pada kegiatan gotong royong pagi ini.

Saya juga ingin menyampaikan selamat datang kepada ketua RW 1 dan ketua RW 2 yang sudah berkenan hadir dalam acara ini.

(Isi pidato)

Sebentar lagi, musim penghujan akan tiba. Jika kita tidak segera membersihkan sampah yang menumpuk dan mengeruk selokan, maka bisa saja banjir datang menimpa komplek perumahan kita. Untuk itulah, bapak dan ibu sekalian, mari kita bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Sebaiknya kita memunculkan kesadaran dalam diri dan keluarga untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dan aktif mengikuti kegiatan gotong royong bersama warga lainnya.

(Penutup)

Demikian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekurangan, terimakasih.

Wassalamualaikum

Penutup

Itulah 5 contoh teks pidato persuasif yang dapat menjadi referensi bagi kamu untuk membuat teks pidato persuasif. Kamu memerlukan kemampuan berbicara yang baik dan sopan jika ingin menyampaikan ide dan gagasan depan khalayak ramai. Selain itu, kamu perlu menyiapkan teks pidato beserta strukturnya dengan rapi supaya mudah mengingatnya dan bisa meyakinkan pendengar kamu. Selamat berpidato ya!

Mengupas Tuntas Contoh Teks Tanggapan Deskriptif, Mari Ikut Melihat dan Merasakan

Mengupas Tuntas Contoh Teks Tanggapan Deskriptif, Mari Ikut Melihat dan Merasakan

Masih ingatkah Anda dengan contoh teks tanggapan deskriptif dalam materi pelajaran Bahasa Indonesia saat masih duduk di bangku sekolah menengah? … Baca

5 Contoh Kalimat Persuasif dalam Teks Negosiasi sebagai Inspirasi Anda

5 Contoh Kalimat Persuasif dalam Teks Negosiasi sebagai Inspirasi Anda

Pernahkah Anda menawar harga baju pada salah satu toko fesyen di pusat perbelanjaan? Misalnya, dengan mengatakan kepada pegawai toko, “Saya … Baca

Simak 5 Contoh Teks Narasi dalam Bentuk Negosiasi

Simak 5 Contoh Teks Narasi dalam Bentuk Negosiasi

Pernahkah kamu menawar harga dengan penjual ponsel pintar di mal? Kalau pernah, berarti kamu sudah melakukan negosiasi dengan penjual tersebut. … Baca

Tinggalkan komentar