Gimana Cara Menjaga Kesehatan? Ini Dia 5+ Contoh Teks Persuasif tentang Kesehatan

Anda dapat menjumpai banyak teks persuasif tentang kesehatan pada pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) dan Rumah Sakit. Teks persuasif bersifat mengajak, membujuk, dan mempengaruhi orang lain untuk menuruti keinginan penulis. Ini berarti teks persuasif tentang kesehatan merupakan kumpulan paragraf yang berisi ajakan menjaga kesehatan baik jasmani maupun rohani.

Untuk kesehatan jasmani, Anda bisa membuat teks persuasif tentang kesehatan yang berkaitan dengan fisik manusia misalnya, kesehatan pencernaan, jantung, mata, gigi. Lalu, untuk kesehatan rohani, Anda bisa menyusun teks persuasif tentang kesehatan jiwa dan kesehatan mental. Untuk lebih jelasnya, simak 5 contoh teks persuasif tentang kesehatan dalam artikel berikut ini.

Contoh Teks Persuasif tentang Kesehatan Gigi

Contoh Teks Persuasif tentang Kesehatan Gigi
Belajar Contoh Teks Persuasif tentang Kesehatan Gigi

Gigi merupakan pintu masuk makanan dan minuman. Apa pun makanan yang Anda konsumsi akan mengalami proses pencernaan pada mulut Anda. Entah itu makanan sehat atau makanan cepat saji sekali pun.

Sebaiknya Anda dapat lebih selektif dalam mengonsumsi makanan agar gigi Anda tidak sakit pada kemudian hari. Sebab, jika gigi Anda sakit atau berlubang, proses mengunyah makanan menjadi tidak maksimal. Hal ini dapat mengganggu sistem pencernaan Anda hingga berujung pada bau mulut tak sedap.  

Bahkan, Anda dapat mendeteksi penyakit pada mulut. Caranya, jika semakin banyak sariawan muncul bersamaan pada mulut Anda, ini menandakan Anda mempunyai sel darah putih yang banyak.

Untuk itulah, Anda perlu memperhatikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Mengapa? Karena makanan ikut mempengaruhi kesehatan gigi Anda. Sebaiknya Anda juga menghindari beberapa makanan yang dapat merusak gigi. Yaitu pasta, popcorn, buah sitrus, dan acar. Jangan lupa menjaga kesehatan gigi dengan rajin menggosok gigi dua kali sehari. Tepatnya sesudah sarapan dan sebelum tidur malam.

Baca juga: Mau Membujuk Pembaca secara Halus? Ini Dia 7+ Contoh Teks Persuasif

Teks Persuasif Tentang Hidup Sehat

Teks Persuasif Tentang Hidup Sehat
Teks Persuasif Tentang Hidup Sehat

Berikut ini contoh teks persuasif tentang hidup sehat:

Gaya hidup sehat semakin tren pada masyarakat beberapa waktu terakhir. Dua contoh gaya hidup sehat yang dapat langsung Anda jalani yaitu sarapan pagi dan berolahraga. Sarapan pagi menjadi hal yang sering terlupakan bagi banyak orang. Alasannya karena terburu-buru berangkat ke kantor atau sekolah dan khawatir terlambat sampai pada tempat tujuan. Sebenarnya, Anda bisa membawa bekal sarapan ke tempat beraktivitas dan memakannya setiba di tempat tujuan. Jika tidak ingin makanan berat, Anda bisa menyantap bubur, roti, sandwich. Untuk itulah, sarapan pagi penting bagi kesehatan tubuh Anda karena jika Anda tidak menyantapnya, pikiran Anda menjadi tidak fokus dan mengganggu konsentrasi saat beraktivitas seharian.

Jangan lupa juga Anda perlu rajin berolahraga 2-3 kali dalam seminggu. Misalnya, jalan kaki atau lari-lari kecil dengan mengelilingi komplek perumahan. Setiap kali tubuh Anda bergerak, bisa mengurangi jumlah lemak dan kolesterol serta risiko penyakit jantung. Sehingga, tubuh pun menjadi lebih sehat.

Contoh Teks Persuasif tentang Kesehatan Mata

Contoh Teks Persuasif tentang Kesehatan Mata
Contoh Teks Persuasif tentang Kesehatan Mata

Mata berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Jika mata Anda sehat maka Anda bisa melihat segala sesuatunya lebih nyaman. Untuk itulah, Anda harus menjaga kesehatan mata sebaik mungkin.

Ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata. Salah satunya memeriksakan secara rutin mata Anda seiring bertambahnya usia. Apalagi jika usia Anda lebih dari 40 tahun, Anda perlu memeriksa mata dengan teratur untuk mencegah penyakit mata seperti katarak dan glaukoma.

Selanjutnya, Anda harus mengurangi penggunaan gawai terlalu lama. Sebab, menatap layar ponsel dan laptop terlalu lama mengakibatkan mata Anda lelah, sakit kepala, mata kering, nyeri pada bahu dan punggung. Untuk itu, Anda perlu mengistirahatkan mata 15 menit setiap dua jam sekali.

Kemudian, hindarilah mata dari paparan sinar ultraviolet terlalu lama. Alasannya, efek berbahaya sinar ultraviolet dapat menimbulkan katarak, glaukoma, kanker mata. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan kacamata hitam jika ingin menatap langsung cahaya matahari.

Kebiasaan merokok juga dapat membahayakan kesehatan mata. Anda patut berhati-hati jika menjadi perokok aktif. Sebab, merokok merangsang terjadinya risiko kerusakan saraf optik yang bisa merusak retina mata. Untuk itu, hentikanlah kebiasaan merokok Anda sekarang juga.

Contoh Teks Persuasif tentang Kesehatan Jantung

Contoh Teks Persuasif tentang Kesehatan Jantung
Contoh Teks Persuasif tentang Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ vital yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh Anda. Sehingga, Anda perlu menjaga kondisi kesehatan jantung supaya tetap berfungsi dengan baik.

Caranya, menghentikan kebiasaan merokok, berolahraga secara rutin 20-30 menit setiap hari, dan mengonsumsi lebih banyak serat. Kemudian, Anda harus menjaga tekanan darah tetap stabil, menjaga kadar gula darah, beristirahat yang cukup dengan durasi tidur 7-8 jam sehari. Konsumsilah asam lemak omega-3 yang banyak terkandung pada ikan salmon, tuna, sarden, ikan kembung.

Anda dapat mengonsumsi serat minimal 30 gram per hari dari buah-buahan, gandum, sereal, sayuran. Jangan lupa perbanyaklah minum air putih untuk melancarkan pencernaan jika mengonsumsi banyak serat. Selain itu, Anda perlu mengurangi makanan yang mengandung lemak jenuh di antaranya, aneka makanan serba goreng, margarin, kulit ayam, daging merah, makanan olahan.

Contoh Teks Persuasif tentang Kesehatan Pencernaan

Contoh Teks Persuasif tentang Kesehatan Pencernaan
Contoh Teks Persuasif tentang Kesehatan Pencernaan

Kesehatan pencernaan sangat penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Jika ingin mempunyai pencernaan yang sehat, maka Anda harus menjaga keseimbangan bakteri yang baik dalam usus. Asupan makanan bagi bakteri baik dalam usus bernama prebiotik. Anda bisa memperoleh prebiotik dengan mengonsumsi buah-buahan tinggi serat yaitu pisang, asparagus, dan apel. Kandungan prebiotik juga terkandung dalam bawang merah, bawang putih, rumput laut, biji kakao. Agar saluran cerna sehat, Anda perlu minum air 8 gelas sehari, tidur cukup, olahraga rutin, berhenti merokok dan minuman beralkohol, serta mengelola stres dengan baik.

Contoh Teks Persuasif Tentang Pandemi

Contoh Teks Persuasif Tentang Pandemi
Contoh Teks Persuasif Tentang Pandemi

Berikut ini contoh teks persuasif tentang pandemi:

Pandemi covid-19 telah berlangsung selama 2 tahun. Meskipun kasus aktif covid-19 sudah menurun, pandemi sebenarnya belum benar-benar berakhir. Anda tetap harus menjalankan protokol kesehatan 5M yaitu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Untuk mencegah penularan virus covid-19, Anda dan keluarga harus segera mengikuti program vaksinasi primer dan booster. Vaksin covid-19 bukanlah obat mengatasi virus covid-19 melainkan untuk melindungi dan menjaga tubuh Anda dari penularan virus. Selain itu, vaksin juga berfungsi membentengi tubuh Anda dari gejala berat yang mungkin timbul akibat terinfeksi covid-19. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir dengan vaksin covid-19 yang aman dan halal.

Contoh Teks Persuasif tentang Kesehatan Jiwa

Contoh Teks Persuasif tentang Kesehatan Jiwa
Contoh Teks Persuasif tentang Kesehatan Jiwa

Kesehatan jiwa merupakan kondisi fisik, mental, spiritual, sosial berkembang dengan baik, menyadari kemampuan sendiri, mampu bekerja produktif, dan berkontribusi terhadap lingkungan sekitar.

Orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) mempunyai gangguan pikiran, perasaan, perilaku, perasaan yang dapat menghambat dirinya menjalankan fungsi sebagaimana layaknya manusia. Gejala orang yang memiliki gangguan jiwa biasanya berhalusinasi, berilusi, bertingkah laku aneh.

Untuk menjaga kesehatan jiwa, Anda perlu melakukan hal yang menyenangkan diri seperti melakukan hobi, mandi air hangat, perawatan salon, menonton film kesukaan, mendengarkan musik favorit. Selain itu, usahakan olahraga rutin setiap hari yang dapat menyegarkan tubuh dan pikiran Anda. Hindarilah minuman beralkohol karena kandungan alkoholnya dapat menekan pusat syaraf.

Contoh Teks Persuasif Tentang Kesehatan Mental

Contoh Teks Persuasif Tentang Kesehatan Mental
Contoh Teks Persuasif Tentang Kesehatan Mental

Berikut ini contoh teks persuasif tentang kesehatan mental:

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan jasmani. Kesehatan mental yang baik dapat terlihat jika Anda mampu berinteraksi dan bersosialisasi dengan baik terhadap sesamanya. Anda mempunyai kesehatan mental prima jika mampu berkontribusi bagi masyarakat. Apabila Anda memiliki kesehatan mental baik maka mempunyai ketenangan dan kedamaian dalam diri sehingga mampu mengelola stres dan konflik dengan baik pula. Bahkan, Anda mampu mengambil sisi positif dari setiap persoalan hidup yang Anda hadapi.

Untuk itulah, sebaiknya Anda perlu menjaga kesehatan mental dengan cara mencintai dan menghargai diri sendiri serta mensyukuri semua hal yang Anda miliki saat ini. Selain itu, lakukanlah hal yang membuat Anda bahagia misalnya mengembangkan potensi dan kemampuan diri atau mencoba hal baru yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya. Usahakan mengambil sisi positif dari setiap persoalan dan kelola stres dengan baik misalnya dengan menulis buku harian, berjalan-jalan, curhat dengan sahabat, mendengarkan musik.

Baca juga: Bingung Membujuk Orang? Inilah 5+ Contoh Kalimat Persuasif dalam Teks Negosiasi sebagai Inspirasi

Penutup

Itulah 5 contoh teks persuasif tentang kesehatan. Usahakan apa pun tema yang Anda tulis, dapat memberi manfaat serta solusi bagi pembaca. Contohnya, artikel berupa teks persuasif tentang kesehatan, semoga dapat menjadi referensi dan inspirasi bagi Anda untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani. Salam sehat ya.

3 Contoh Teks Persuasif Pendidikan yang Bisa Anda Duplikasi

3 Contoh Teks Persuasif Pendidikan yang Bisa Anda Duplikasi

Anda bisa membuat teks persuasif dengan topik pendidikan. Ya, pendidikan merupakan salah satu penting untuk dibahas. Anda bisa menggunakan teks … Baca

Tinggalkan komentar