3 Contoh Teks Persuasif Pendidikan yang Bisa Anda Duplikasi

Anda bisa membuat teks persuasif dengan topik pendidikan. Ya, pendidikan merupakan salah satu penting untuk dibahas. Anda bisa menggunakan teks persuasif untuk menyampaikan gagasan Anda kepada orang. Selain itu, Anda juga bisa mengubah pikiran masyarakat luas dengan artikel yang Anda buat. Nasehat kepada peserta didik maupun orang tua mereka bisa juga disampaikan dengan menggunakan teks persuasif. Oleh karena itu, kami akan memberikan contoh teks persuasif pendidikan sebagai contoh bagi Anda.

Dengan contoh teks persuasif, Anda akan mempunyai pandangan bagaimana membuat teks persuasif yang bertema pendidikan. Anda pun juga lebih mudah membuat teks persuasif ini dengan topik pendidikan yang berbeda.

Contoh Teks Persuasif Tentang Pembelajaran di Tengah Pandemi

Contoh Teks Persuasif Tentang Pembelajaran di Tengah Pandemi
Contoh Teks Persuasif Tentang Pembelajaran di Tengah Pandemi

Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi banyak sektor. Salah satunya adalah sektor pendidikan. Ya, sektor pendidikan merupakan sektor yang paling berdampak. Kegiatan belajar mengajar yang biasanya dilakukan di sekolah harus terhenti untuk mencegah penularan virus ini. Pihak sekolah maupun siswa terpaksa harus menjalani pendidikan secara online. Pembelajaran online mungkin menjadi solusi di tengah pandemi. Namun, banyak orang yang menganggap realisasinya kurang maksimal.

Selain itu, banyak kegiatan di luar belajar yang juga harus tertunda, seperti lomba, pentas seni, dan kegiatan yang lainnya. Kejadian ini pastinya akan mempengaruhi prestasi anak baik yang akademis maupun non-akademis. Mereka harus di rumah saja demi memperkecil potensi terjangkitnya virus.

Sebenarnya, ada jalan keluar yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan prestasi anak. Anak-anak tetap bisa mengasah kemampuan mereka dari rumah. Ya, banyak lomba atau kompetisi yang berlangsung secara online. Anda bisa mendorong anak-anak untuk mengikuti kompetisi tersebut.

Selain itu, ada banyak seminar maupun kursus online yang sudah disediakan oleh pemerintah dengan gratis. Anda bisa mengikutinya untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Dengan mengikuti kegiatan tersebut, Anda tetap bisa mendapatkan ilmu namun juga terhindar dari Covid-19.

Bagi Anda yang membutuhkan kursus tambahan, Anda juga bisa mengambil kursus online. Banyak platform bimbingan belajar yang menyediakan pembelajaran online di luar sekolah. Ada banyak materi belajar yang bisa akses untuk membantu belajar online Anda. Bahkan, Anda bisa berkomunikasi langsung dengan tutor melalui platform Zoom atau Google Meet.

Itulah mengapa Anda sebagai peserta didik harus lebih cerdas, aktif dan kreatif. Jika ada kesempatan kompetisi atau lomba online, maka Anda bisa memanfaatkan dan berpartisipasi. Lomba tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mengisi kekosongan waktu dan menambah pengalaman. Jika Anda beruntung, Anda akan memenangkan perlombaan tersebut.

Anda juga mengikuti berbagai seminar dan kursus online sesuai dengan minat Anda. Ada seminar memasak, seminar make up, dan seminar yang lainnya. Memang ada seminar yang berbayar. Namun, banyak juga yang menawarkan seminar atau kursus online yang diadakan secara gratis. Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk mengikutinya.

Adanya pandemi Covid-19 memang membatasi berbagai kegiatan, termasuk kegiatan belajar dan lomba. Namun, Anda masih tetap bisa meningkatkan prestasi dengan mengikuti berbagai lomba dan seminar online. Selain mengisi kekosongan waktu saat di rumah saja, Anda bisa mengasah kemampuan dengan berbagai perlombaan sesuai dengan skill yang Anda miliki. Jadi, Anda tetap bisa menjadi orang yang berprestasi meski terbatas pandemi Covid-19.

Baca juga: Mau Membujuk Pembaca secara Halus? Ini Dia 7+ Contoh Teks Persuasif

Contoh Teks Persuasif Tentang Belajar Rajin

Contoh Teks Persuasif Tentang Belajar Rajin
Belajar Contoh Teks Persuasif Tentang Belajar Rajin

Belajar merupakan tugas utama bagi seorang pelajar. Setiap anak didik harus belajar yang rajin untuk mempunyai ilmu yang banyak dan wawasan yang luas. Sayangnya, belum semua peserta didik menerapkan belajar yang rutin. Kebanyakan dari mereka masih menerapkan sistem belajar kebut semalam atau sering disebut SKS.

Cara belajar SKS ini sebenarnya tidak baik untuk perkembangan kognitif anak.  Sistem ini biasanya berorientasi pada pencapaian nilai saja, yang penting mendapatkan nilai bagus. Mereka kurang memperhatikan proses belajar yang benar. Akhirnya, belajar hanya mereka lakukan saat menjelang ujian saja.

Sistem belajar model kebut semalam ini juga berdampak buruk pada kesehatan. Anak akan mudah kelelahan karena harus belajar hingga larut malam. Alih-alih mendapatkan nilai yang bagus, mereka malah mendapatkan nilai yang buruk karena kelelahan pada malam harinya. Akhirnya, cara-cara yang kurang terpuji pun mereka lakukan seperti menyontek temannya, hingga membuka buku saat ulangan.

Peserta didik harus mengubah pola belajar mereka. Mereka harus membiasakan belajar secara rutin. Belajar rutin akan mempermudah Anda memahami materi pelajaran yang banyak. Anda juga akan terhindar dari kelelahan dengan belajar rutin. Ingatan Anda pun juga akan jauh lebih baik. Otak bisa mencerna ilmu dengan baik jika Anda melakukannya secara berulang dan teratur.

Penulis ingin menekankan sekali lagi bahwa sistem kebut semalam (SKS) itu berbahaya bagi kesehatan maupun kognitif anak. Sistem ini hanya berfokus pada pencapaian nilai saja. sebenarnya, belajar itu yang terpenting pada prosesnya. Anda harus belajar secara teratur dan diulang-ulang agar tersimpan dengan baik di otak Anda. 

Contoh Teks Persuasif Tentang Bakat Anak

Contoh Teks Persuasif Tentang Bakat Anak
Contoh Teks Persuasif Tentang Bakat Anak

Setiap anak pasti mempunyai kekurangan dan kelebihan. Mereka mempunyai bakat masing-masing yang harus kita fasilitasi. Sebagai orang tua, kita harus membantu anak untuk mengenali dan mengidentifikasi bakat masing-masing dari mereka. Jika sudah mengetahui bakat anak, kita akan lebih mudah mengarahkan anak untuk menempuh pendidikan sesuai dengan minatnya. Terlebih setelah anak-anak lulus dari SMP, mereka harus sudah menentukan ingin meneruskan di sekolah umum atau sekolah kejuruan.

Sayangnya, banyak orang tua yang belum atau telat mengenali bakat anaknya. Hal tersebut sering kita temui kasus bawa anak merasa salah jurusan. Mereka tidak mampu mengikuti pembelajaran di sekolah. Tentu hal ini sering kita dengar di sekitar kita.

Masalah ini berdampak pada semangat dan prestasi anak di sekolah. Mereka akan malas-malasan untuk sekolah karena mereka menganggap bahwa mereka kurang suka dan mampu. Itu juga akan membebani pikiran mereka. Akhirnya, belajar mereka kurang fokus dan itu menyebabkan turunnya prestasi siswa di sekolah.

Itulah pentingnya mengenali bakat anak sejak dini. Orang tua harus bisa mengidentifikasi bakat anak-anak mereka. Si A memang kurang berbakat di hitung-hitungan. Namun dia cukup menonjol di bidang olahraga. Tanamkan dalam pikiran kita bahwa setiap anak itu membawa bakatnya masing-masing. Namun, belum semua orang tua paham dengan hal tersebut.

Orang tua bisa mengajak komunikasi dari hati ke hati dengan anak. Tanyakan kepada mereka apa saja yang mereka suka. Selanjutnya, orang tua harus mendukung apa yang menjadi ketertarikan anak. Mereka pun akan melakukan dengan senang hati dan maksimal.

Bakat sudah dibawa masing-masing anak. Tugas orang tua dan pihak sekolah hanya memaksimalkan bakat mereka. Anak seharusnya tidak mendapatkan paksaan dari pihak mana pun. Biarkan anak berkembang dengan apa yang mereka sukai. Kita sebagai orang tua tinggal mengarahkan yang terbaik untuk anak-anak kita. 

Baca juga: Gimana Cara Menjaga Kesehatan? Ini Dia 5+ Contoh Teks Persuasif tentang Kesehatan

Penutup

Itulah beberapa contoh teks persuasif pendidikan. Teks persuasif memang cocok sebagai media untuk menyampaikan gagasan tema pendidikan. Dengan menggunakan teks tersebut, Anda bisa menuliskan ide atau pandangan Anda terkait dengan isu-isu pendidikan yang sedang hangat di tengah masyarakat. Melalui contoh di atas, semoga bisa membantu Anda dalam membuat teks persuasif tema pendidikan.

Gimana Cara Menjaga Kesehatan? Ini Dia 5+ Contoh Teks Persuasif tentang Kesehatan

Gimana Cara Menjaga Kesehatan? Ini Dia 5+ Contoh Teks Persuasif tentang Kesehatan

Anda dapat menjumpai banyak teks persuasif tentang kesehatan pada pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) dan Rumah Sakit. Teks persuasif bersifat mengajak, … Baca

Tinggalkan komentar