7 Contoh Teks Narasi Sugestif Pendek Bahasa Indonesia

Sesuai dengan namanya, teks narasi merupakan jenis teks yang menceritakan suatu peristiwa atau kejadian berdasarkan kronologi. Peristiwa tersebut juga diceritakan secara berurutan menurut urutan waktu. Teks narasi sendiri bisa muncul baik di karya tulis fiksi maupun non fiksi.

Nah, sementara itu ada lagi yang namanya teks narasi sugestif. Apakah itu? Teks narasi sugestif adalah teks yang memuat cerita fiksi berdasarkan imajinasi penulis dengan tujuan memberikan sugesti atau dorongan kepada pembaca untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Jika contoh teks narasi biasa pada umumnya juga dapat ditemukan di teks non fiksi seperti biografi, beda halnya dengan teks narasi sugestif. Contoh teks narasi sugestif hanya muncul di cerita fiksi seperti cerpen, novel, cerita bergambar, dan cerita sambung.

Pada kesempatan kali ini Pendidikanpedia juga akan memberitahu kamu beberapa contoh paragraf narasi sugestif. Simak selengkapnya berikut ini ya!

Contoh Teks Narasi Sugestif Singkat

Contoh Teks Narasi Sugestif Singkat

Berikut ini teks narasi sugestif singkat dari kisah fiksi bertemakan seorang anak laki-laki yang mencari sosok ibu kandungnya,

Siang itu, Andi melamun seorang diri di kamar kos sambil memegang foto keluarganya. Dia menciumi kedua orang tua pada foto itu untuk mengobati rasa rindunya. Ayahnya bernama Santoso dan ibunya bernama Julaeha.

Andi kembali mengingat pesan almarhum ayah. Sebelum meninggal beberapa hari lalu, ayahnya meminta Andi segera menemui ibunya. Andi terpisah dengan sang ibu karena faktor ekonomi.

Ibunya harus bekerja ke kota dan meninggalkan Andi berdua saja dengan ayahnya. Andi pun bertekad esok pagi mencari ibunya berbekal secarik kertas berisi catatan alamat rumah terakhir ibunya yang masih tersimpan rapi oleh ayahnya.

Pagi pun menjelang. Andi bersiap pergi menemui ibunya. Rupanya alamat itu cukup jauh dari alamat kosnya, Andi harus menelusuri jalan setapak sebuah gang sempit.

Pada ujung jalan, Andi melihat warung kelontong dengan perempuan paruh baya berambut pendek sebahu yang sedang berdiri depan warung. Perempuan paruh baya itu terlihat berbincang santai dengan perempuan berhijab yang berada dalam warung.

Tanpa berpikir panjang, Andi langsung berjalan menghampiri kedua perempuan itu dan menanyakan alamat yang dimaksud. Saat Andi menyebut nama ibu kandungnya, perempuan paruh baya itu mengaku jika Julaeha adalah namanya. Andi terkejut bukan main saat mendengar pengakuan perempuan tersebut.

Kemudian, alamat yang dimaksud Andi adalah juga alamat perempuan itu. Dengan keheranan, perempuan paruh baya balik bertanya, siapakah Andi sebenarnya. Tak kuat menahan tangis, Andi menyebutkan namanya dan nama ayahnya yang telah berpulang.

Keduanya lalu berpelukan sambil menangis sesenggukan. Andi tak percaya dapat bertemu kembali dengan ibu kandungnya.

Begitu pun Julaeha sama sekali tidak menyangka yang berdiri di hadapannya merupakan Andi, anak kandung satu-satunya yang terpisah selama 15 tahun.

Contoh Teks Narasi Sugestif Tentang Kesehatan

Contoh Teks Narasi Sugestif Tentang Kesehatan

Berikut ini teks narasi sugestif tentang kesehatan bertemakan anak balita yang tidak tidur siang mengakibatkan sariawan pada mulutnya.

“Aduh, mulutku sakit, tidak bisa makan,” ujar Shifa yang meringis kesakitan pada ibunya. Selama dua hari ini, nafsu makan Shifa berkurang karena sariawan. Ibunya pun berusaha menghibur Shifa dan mengingatkannya supaya mengurangi aktivitas bermain dan memperbanyak istirahat tidur siang.

Keesokan harinya, Shifa menuruti saran ibunya. Setengah jam setelah makan siang, Shifa beranjak ke tempat tidur dan beristirahat. Kebiasaan baik ini Shifa lakukan selama beberapa hari.

Benar saja, lambat laun sariawannya pun mengecil dan menghilang. Aktivitas Shifa kembali normal dan nafsu makannya semakin meningkat.

Beberapa hari kemudian, sang ibu merasa keheranan. Sebenarnya, apa hubungan sariawan dengan tidur siang? Setelah menganalisis selama beberapa hari, rupanya kurang istirahat mengakibatkan sariawan yang merupakan “bawaan” dari ayahnya yang juga mengalami hal serupa.

Saat ayahnya terlalu banyak pekerjaan dan tidak istirahat yang cukup, pada saat itulah sariawan bermunculan satu per satu pada mulutnya. Entah sugestif atau tidak, sejak saat itu jika ingin cepat sembuh dari sariawan. maka Shifa dan ayahnya memperbanyak durasi waktu tidur siang.  

Contoh Teks Narasi Sugestif Tentang Liburan

Contoh Teks Narasi Sugestif Tentang Liburan

Berikut ini teks narasi sugestif tentang liburan bertemakan naik delman dengan berkeliling kebun raya Bogor.

Akhir pekan ini, Rianti sangat bergembira karena orang tua mengajaknya liburan ke Bogor. Keinginan Rianti sebenarnya sederhana, ingin naik delman dan memberi makan rusa di istana Bogor. Orang tua Rianti pun dapat mengabulkan keinginan Rianti pada hari Minggu pagi.

Biasanya, suasana kota Bogor sangat ramai pada akhir pekan. Rianti bersama ayah dan ibu memutuskan berangkat pagi-pagi sekali supaya tidak terjebak kemacetan.

Sekitar pukul 7 pagi, mereka sudah tiba di seberang istana Bogor. Hal pertama yang Rianti lakukan adalah membeli wortel pada pedagang wortel yang berjejer di pinggir jalan.

Selanjutnya, Rianti bersama orang tua menyeberangi jalan menuju pagar istana Bogor. Dari balik pagar besi itulah, Rianti dapat melihat kumpulan rusa yang sedang asyik makan rumput di halaman istana.

Tanpa menunggu lagi, Rianti langsung menyodorkan wortel di tangannya kepada rusa. Tapi ternyata rusa menghindari wortel pemberian Rianti dan malah menyantap sayuran kangkung dari pemberian pengunjung lainnya.  

Rianti tidak merasa kecewa melainkan tertawa melihat kejadian itu. “Rusanya tidak mau wortel, Ma, maunya kangkung hahaha,” ucap Rianti kegirangan.

Tidak lama kemudian, Rianti dan orang tua menaiki delman dan melanjutkan perjalanan mengelilingi kebun raya Bogor selama hampir satu jam. Pada akhir perjalanan, Rianti bergembira dan berterimakasih pada orang tua karena sudah mewujudkan keinginannya untuk liburan di kota hujan.

Contoh Teks Narasi Sugestif dalam Kutipan Novel

ontoh Teks Narasi Sugestif dalam Kutipan Novel

Berikut ini teks narasi sugestif dalam kutipan novel “Kembali Pada-Mu” karya Oktavianti, hlm 129, penerbit Guepedia.com.

“Sengaja aku tidak memberitahu Nabila kalau kami akan ke wisma isolasi khusus pasien covid-19. Nabila akan merasa takut dan bingung. Sehingga, malah bisa membuatnya tidak mau ikut bersama kami. Namun, sebelum ke wisma isolasi, kami mengikuti saran Pak Hasan. Kami bersedia untuk mengikuti test swab dulu di puskesmas.

Tiga hari kemudian, hasilnya menyatakan kami sekeluarga positif covid-19. Kami bergegas menuju wisma isolasi. Ditambah kondisi Sofie yang semakin menurun, mengeluh sesak napas dan nyeri dada.”

Contoh Teks Narasi Sugestif Tentang Lingkungan

Contoh Teks Narasi Sugestif Tentang Lingkungan

Berikut ini teks narasi sugestif tentang linkungan masjid bertemakan pencurian kotak amal tertangkap kamera CCTV masjid.

Suasana masjid At-Tohir terlihat sepi pada Jumat sore ini. Seorang pria berbaju hitam dan berhelm full face terlihat mengendarai motor memasuki halaman masjid.

Pintu pagar masjid memang tidak terkunci. Setelah memastikan kondisi sekitarnya tidak ada orang yang berlalu-lalang, pria tersebut bergegas masuk ke teras masjid untuk mengambil kotak amal.

Dia merasa tidak ada seorang pun yang melihat perbuatan tercelanya pada bulan suci Ramadhan ini. Setelah berhasil mengangkat kotak amal, dia langsung mengendarai motornya keluar area masjid. Pengurus masjid yang bernama Saleh ternyata melihat dengan jelas kronologi kejadian pencurian kotak amal pada layar CCTV masjid.

Pencurian itu berlangsung sekitar pukul 15.30 WIB dan berjalan singkat, hanya 15 menit. Sebenarnya isi kotak amal hanya Rp500 ribu. Namun, Saleh pun segera melaporkan kejadian itu pada pihak berwajib agar menimbulkan efek jera pada pelakunya.

Contoh Teks Narasi Sugestif Membantu Nenek

contoh teks narasi sugestif membantu nenek

Di bawah ini adalah contoh paragraf narasi sugestif anak kecil yang membantu neneknya.

Setiap akhir pekan, Indah selalu pergi mengunjungi neneknya. Rumah neneknya sendiri memang tidak jauh dari rumahnya. Oleh sebab itu ia bisa pergi secara rutin tiap akhir pekan.

Untuk menuju rumah neneknya, Indah mengayuh sepeda kesayangannya selama kurang lebih dua puluh menit saja. Di rumah, nenek memelihara banyak ayam.

Biasanya, ada seorang tetangga bernama pak Bagus yang membantu nenek memelihara dan memberi makan ayam-ayam tersebut.

Saat hari itu, kebetulan pak Bagus tidak dapat datang ke rumah nenek karena ia sedang sakit dan tidak enak badan.

Tentu saja dengan begitu banyak jumlah ayam yang dipelihara, nenek kewalahan jika harus mengurusnya seorang diri. Akhirnya Indah dengan semangat ikut membantu nenek di taman memberi makan ayam-ayam itu.

Dengan cekatan Indah mengambil karung berisi pakan ayam lalu membawanya ke nenek. Kemudian dia juga ikut mengambil air minum untuk ayam-ayam nenek.

Contoh Teks Narasi Sugestif Hari Pertama Masuk Sekolah

Contoh Teks Narasi Sugestif Masuk Sekolah

Teks narasi sugestif terakhir ini menceritakan seorang siswa yang semangat memulai hari pertamanya masuk sekolah.

Hari ini adalah hari pertama Dimas bersekolah di SMA impiannya sejak dulu, yaitu SMAN 1 Indah Alam. Tentu saja karena ini adalah hari pertama, ia sangat bersemangat.

Dimas bangun pukul jam 4 pagi. Setelah bangun dan membereskan tempat tidur, Dimas bergegas ke kamar mandi. Kemudian ia melakukan sholat subuh setelah adzan berkumandang.

Setelah itu ia pun mengenakan seragam barunya dan memeriksa tas sekolah beserta isinya yang sudah ia persiapkan sejak malam kemarin.

Meski biasanya tidak sarapan, tapi kali ini ia mencoba untuk memakan sarapan untuk memulai hari barunya ini. Tepat pukul 6 pagi ia pun berpamitan kepada kedua orang tuanya dan pergi dengan senyum penuh harap ke SMAN 1 Indah Alam.

Penutup

Itulah lima contoh teks narasi sugestif yang dapat menginspirasi kamu menyusun cerita sesuai kronologi waktu dan kejadian secara terperinci.

Sebaiknya, kamu menampilkan penokohan, latar tempat, latar waktu pada penulisan teks narasi sugestif. Kemudian, kamu harus membuat pembaca seolah-olah ikut merasakan kejadian pada teks narasi yang kamu buat. Jika kamu dapat melakukannya, berarti kamu berhasil membuat teks narasi sugestif. Selamat mencoba ya.

Simak 5 Contoh Teks Narasi dalam Bentuk Negosiasi

Simak 5 Contoh Teks Narasi dalam Bentuk Negosiasi

Pernahkah kamu menawar harga dengan penjual ponsel pintar di mal? Kalau pernah, berarti kamu sudah melakukan negosiasi dengan penjual tersebut. … Baca

Ayo Tingkatkan Daya Imajinasi dengan Menyimak 5 Contoh Teks Narasi Sejarah Ini

Ayo Tingkatkan Daya Imajinasi dengan Menyimak 5 Contoh Teks Narasi Sejarah Ini

Apa yang terlintas pada benak Anda saat mendengar kata sejarah? Bagi sebagian siswa, sejarah adalah pelajaran membosankan dan membuat siswa … Baca

5 Contoh Teks Narasi Singkat dan Lengkap dengan Ciri-Cirinya

5 Contoh Teks Narasi Singkat dan Lengkap dengan Ciri-Cirinya

Sedang mencari contoh teks narasi? Berikut kumpulan ⭐ contoh teks narasi ⭐ singkat ☑️ informatif ☑️ beserta penjelasannya ☑️

Tinggalkan komentar