Ayo Tingkatkan Daya Imajinasi dengan Menyimak 5 Contoh Teks Narasi Sejarah Ini

Apa yang terlintas pada benak Anda saat mendengar kata sejarah? Bagi sebagian siswa, sejarah adalah pelajaran membosankan dan membuat siswa mengantuk selama dalam kelas. Oleh karena itu, tenaga pendidik perlu menerangkan sejarah dengan menggabungkan cerita, narasi, fiksi, daya imajinasi, bahkan seni supaya menarik minat dan perhatian siswa dalam mempelajarinya. Jika membuat teks narasi sejarah, maka Anda harus menyusun paragraf narasi berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa masa lalu atau asal usul terjadinya sesuatu. Lantas, bagaimana struktur teks narasi sejarah dan cara menemukan informasi penting pada teks narasi tersebut? Untuk itu, Anda harus menyimak 5 contoh teks narasi sejarah berikut ini.

Contoh Teks Narasi Sejarah Dunia Internet

Contoh Teks Narasi Sejarah Dunia Internet
Contoh Teks Narasi Sejarah Dunia Internet

Apa contoh teks narasi singkat? Contoh teks narasi singkat dapat berupa fakta dan fiksi berupa penggalan novel, cerpen, cerita roman, cerita bergambar.

Berikut contoh teks narasinya: Setiap hari Senin, tepatnya pada minggu ketiga setiap bulannya, anak perempuan bernama Sofia yang berusia 4,5 tahun, mendapat undangan dari posyandu untuk menimbang dan mengukur badan.

Pagi-pagi sekali, Sofia sudah mandi dan sarapan dengan telor mata sapi kesukaannya. Tepat pukul 08.30, Sofia dan bundanya bersiap menuju posyandu. Lokasinya berdekatan dengan rumah sehingga tidak perlu menaiki kendaraan umum.

Cukup dengan berjalan kaki dan melewati beberapa blok rumah, posyandu pun sudah terlihat. Setibanya di posyandu, Sofia duduk pada bagian pendaftaran dan mendapat sejumlah pertanyaan misalnya berapa usianya, senang bermain apa, sudah bisa calistung belum, dan lainnya.

Kemudian, kader posyandu mendampingi Sofia menuju alat timbang dan alat ukur yang berada pada pojok ruangan. Hanya butuh waktu 5 menit, menimbang dan mengukur tinggi badan Sofia pun selesai. Hasilnya, tinggi badan Sofia 105cm dan berat badannya 12kilogram.

Selanjutnya, Anda bisa memperhatikan contoh teks narasi sejarah dunia internet berikut ini.

Internet atau Interconnected Network merupakan teknologi komunikasi terkini yang memungkinkan penggunanya dapat berbagi data dan informasi sekaligus berkomunikasi satu sama lain tanpa mengenal batas ruang dan waktu.

Awalnya pada tahun 1969, internet merupakan proyek Departemen Pertahanan Amerika Serikat yaitu proyek ARPA bernama Advanced Research Project Agency Network atau ARPANET.

Tujuan awal pembentukan ARPA adalah untuk kepentingan militer yakni menghubungkan komputer-komputer pada daerah vital dalam mengatasi masalah jika terjadi serangan nuklir. ARPANET hanya menghubungkan 4 situs antara lain University of Utah, University of California, Santa Barbara, dan Research Institute. Seiring waktu berjalan, semua kampus di Amerika ingin bergabung dalam ARPANET.

Hingga akhirnya terbagi menjadi dua yaitu MILNET untuk kepentingan militer dan ARPANET untuk kepentingan universitas atau non militer. Gabungan keduanya bernama DARPA Internet atau lebih sederhana dengan istilah “internet” yang dapat Anda gunakan sampai saat ini.

Baca juga: 6 Contoh Teks Narasi yang Bisa Kamu Duplikasi

Contoh Teks Narasi Sejarah Candi Borobudur

Contoh Teks Narasi Sejarah Candi Borobudur
Contoh Teks Narasi Sejarah Candi Borobudur

Apa tujuan dari teks narasi? Tujuannya untuk membagikan informasi dan pengetahuan berdasarkan urutan waktu dan kronologis peristiwa secara mendetail kepada masyarakat.

Berikut ini teks narasi sejarah candi Borobudur:

Candi Borobudur merupakan salah satu keajaiban dunia dalam bentuk monumen Budha yang terbesar di Indonesia dan dunia. UNESCO yang merupakan organisasi internasional bidang pendidikan dan kebudayaan dalam naungan PBB bahkan sudah menganugerahi Borobudur sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra mendirikan candi Borobudur pada tahun 824 Masehi. Pembangunan memakan waktu selama 75 tahun dan baru selesai pada zaman putrinya yang bernama Ratu Pramudawardhani pada tahun 847 Masehi.

Candi yang berada dalam wilayah Magelang Jawa Tengah ini mempunyai 1 stupa induk, 72 stupa terawang, dan 504 patung Buddha. Objek wisata populer di Indonesia ini menjadi pusat peribadatan agama Budha terutama saat perayaan Hari Waisak.

Contoh Teks Narasi Sejarah Perang Diponegoro

Apa yang dimaksud dengan teks narasi sejarah? Teks narasi sejarah merupakan teks berisikan informasi berupa kisah sejarah, kisah masa lampau, atau asal usul terjadinya sesuatu berdasarkan kronologi waktu dan kejadian secara runut dan mendetail.

Berikut ini teks narasi sejarah Perang Diponegoro.

Perang Diponegoro berlangsung pada tahun 1825-1830. Latar belakang terjadinya Perang Diponegoro karena tindakan sewenang-wenang pemerintah Hindia Belanda yang ingin mengerjakan proyek rel kereta api melewati makam leluhur Pangeran Diponegoro. Selain itu, tindakan Belanda yang terlalu ikut campur tangan terhadap tanah air Indonesia.

Diponegoro menyatakan perang dengan Belanda pada 20 Juli 1825. Banyak ulama dan bangsawan turut membantu perjuangan Diponegoro. Namun, pada tahun 1827, Belanda mengerahkan bantuan perang dari Sulawesi dan Sumatra. Benteng Stelsel merupakan taktik perang Belanda untuk mempersempit ruang gerak Diponegoro dan strategi ini rupanya berhasil.

Hingga akhirnya, Belanda mengajak berunding pada 28 Maret 1930 di Magelang. Perundingan tidak menghasilkan kesepakatan namun justru Diponegoro ditangkap dan diasingkan ke Makassar sampai menutup usia.

Contoh Teks Narasi Sejarah Pertempuran Ambarawa

Bagaimana cara menemukan informasi pada teks narasi sejarah? Caranya, mengelompokkan informasi dalam teks menggunakan kata tanya, menggarisbawahi ide pokok pada setiap paragraf, membaca teks dengan cermat atau menggunakan panduan 5W+1H (what, where, when, why, who, how).

Adapun yang dimaksud dengan 5W+1H yaitu: What adalah peristiwa apa yang sedang terjadi, Where, di mana berlangsungnya kejadian tersebut, When, kapan peristiwa terjadi, Why, mengapa peristiwa itu terjadi, Who, siapa saja yang terlibat pada kejadian itu, How, bagaimana kronologis kejadian.

Berikut ini teks narasi sejarah pertempuran Ambarawa:

Kota Ambarawa merupakan wilayah yang berada di antara Semarang dan Magelang, Jawa Tengah. Peristiwa bermula pada 20 Oktober 1945, tentara sekutu dan NICA (Netherland Indies Civil Administration) ingin membebaskan tawanan Belanda di Ambarawa.

Namun, bukannya langsung membebaskan tawanan, tentara sekutu dan NICA malah mempersenjatai para tawanan tersebut dan ingin menduduki kembali Indonesia sebagai tanah jajahannya.  

Pertempuran pun tak terhindarkan di tanah Ambarawa. Dengan gagah berani, pemuda-pemudi Indonesia melawan penjajah. Pada 12 Desember 1945, pasukan Indonesia melancarkan siasat dengan menyerang pasukan penjajah dari berbagai penjuru secara serentak.

Strategi tersebut berhasil memukul mundur penjajah keluar dari Ambarawa. Untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan, pemerintah mendirikan monumen Palagan Ambarawa dan memperingati Hari Infanteri setiap tanggal 15 Desember setiap tahunnya.

Contoh Teks Narasi Sejarah Proklamasi Kemerdekaan

Berikut ini teks narasi sejarah proklamasi kemerdekaaan:

Kemerdekaan bangsa Indonesia memerlukan pengorbanan waktu, pikiran, tenaga, bahkan nyawa pemuda-pemudi saat itu. Tidak ada perjuangan yang mudah. Demikian halnya saat mengumumkan proklamasi kemerdekaan.

Peristiwa bersejarah proklamasi Indonesia bermula dari pemboman atom dua kota di Jepang yaitu Hiroshima pada 6 Agustus 1945 dan Nagasaki pada 9 Agustus 1945 oleh sekutu. Hingga akhirnya Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu pada 14 Agustus 1945.

Kejadian tersebut membuat golongan muda mendesak Soekarno dan Hatta untuk segera mengumumkan kemerdekaan Indonesia. Namun, Soekarno dan Hatta berpendapat belum tiba saatnya. Tapi, golongan muda tidak menyerah. Mereka terus membujuk dan mendorong Soekarno dan Hatta, sampai golongan muda membawa Soekarno beserta keluarga ke Rengasdengklok. Setelah berdiskusi cukup lama, akhirnya Soekarno menyetujui saran golongan muda.

Pada 16 Agustus 1945 dini hari, para tokoh pejuang Indonesia kompak menyusun teks proklamasi di kediaman Laksamana Maeda, Jakarta. Soekarno, M.Hatta, Ahmad Soebarjo menyusun naskah teks proklamasi. Setelah menyusun naskah, Sayuti Melik mendapat tugas mengetik naskah menggunakan mesin tik.

Keesokan paginya tepat pada 17 Agustus 1945 pukul 10.00, Soekarno membacakan teks proklamasi kemerdekaan di jalan Pegangsaan Timur 56. Turut mendampingi M.Hatta dan sejumlah tokoh pemuda lainnya.

Selanjutnya, bendera Sang Saka Merah Putih yang merupakan hasil jahitan ibu Fatmawati dikibarkan dengan penuh rasa sukacita. Sampai saat ini, bendera pusaka masih tersimpan rapi pada Monumen Tugu Monas, Jakarta.  

Baca juga: Simak 5 Contoh Teks Narasi dalam Bentuk Negosiasi

Penutup

Itulah 5 contoh teks narasi sejarah. Untuk menyusun teks narasi sejarah, Anda perlu memaparkan secara detail dan runut peristiwa bersejarah yang terjadi pada masa lampau berdasarkan kronologi waktu dan peristiwa. Anda juga membutuhkan daya imajinasi dan kreativitas tinggi supaya siswa-siswi tidak merasa bosan mendengarkan cerita sejarah. Selamat menyusun teks narasi sejarah ya!

7 Contoh Teks Narasi Sugestif Pendek Bahasa Indonesia

7 Contoh Teks Narasi Sugestif Pendek Bahasa Indonesia

Kumpulan ⭐ contoh teks narasi sugestif ⭐ yang singkat ☑️ tentang kesehatan ☑️ liburan ☑️ lingkungan ☑️ dan dalam kutipan novel ☑️

Simak 5 Contoh Teks Narasi dalam Bentuk Negosiasi

Simak 5 Contoh Teks Narasi dalam Bentuk Negosiasi

Pernahkah kamu menawar harga dengan penjual ponsel pintar di mal? Kalau pernah, berarti kamu sudah melakukan negosiasi dengan penjual tersebut. … Baca

5 Contoh Teks Narasi Singkat dan Lengkap dengan Ciri-Cirinya

5 Contoh Teks Narasi Singkat dan Lengkap dengan Ciri-Cirinya

Sedang mencari contoh teks narasi? Berikut kumpulan ⭐ contoh teks narasi ⭐ singkat ☑️ informatif ☑️ beserta penjelasannya ☑️

Tinggalkan komentar