Simak 5 Contoh Teks Narasi dalam Bentuk Negosiasi

Pernahkah kamu menawar harga dengan penjual ponsel pintar di mal? Kalau pernah, berarti kamu sudah melakukan negosiasi dengan penjual tersebut. Selanjutnya, kamu bisa membuat teks narasi dalam bentuk negosiasi tentang kronologi kejadian tersebut. Caranya sama dengan membuat teks narasi. Kamu perlu menjabarkan secara detail urutan waktu dan peristiwa negosiasi antara kamu dan penjual tersebut. Negosiasi bertujuan mencapai kesepakatan antara kedua belah pihak, misalnya kesepakatan harga dengan penjual ponsel tersebut. Namun, bagaimana struktur teks narasi dalam bentuk negosiasi? Apakah ciri-cirinya sama dengan teks narasi secara umum? Untuk penjelasan lengkapnya, kamu wajib menyimak contoh teks narasi dalam bentuk negosiasi dalam artikel berikut ini.

Contoh teks negosiasi singkat

Contoh teks negosiasi singkat
Contoh teks negosiasi singkat

Contoh teks narasi dalam bentuk negosiasi biasanya tentang kejadian jual beli di pasar tradisional, pedagang sayur keliling dan ibu-ibu kompleks, sewa menyewa rumah, guru dan siswa tentang pembangunan perpustakaan, anak dan orang tua tentang rencana liburan keluarga.

Apa contoh teks negosiasi dalam bentuk narasi? Contoh teks negosiasi dalam bentuk narasi bisa terjadi antara kakak beradik yang berselisih tentang game ponsel dan mainan anak-anak. Berikut ini teks selengkapnya.

Minggu pagi ini, Shahira dan adiknya Santi sedang asyik bermain masak-masakan depan televisi pada ruang keluarga. Kemudian, ibunya datang menghampiri Shahira dan Santi sambil memegang ponsel di tangannya. Tiba-tiba Shahira berhenti bermain masak-masakan dan mengalihkan pandangannya ke ponsel ibu.

Shahira membujuk ibu agar dia bisa bermain game pada ponsel ibu. Saat Shahira membujuk ibu, ternyata Santi juga turut menghampiri ibu dan merengek ingin bermain ponsel ibu. Tidak lama kemudian, Shahira dan Santi saling berebutan memegang ponsel ibu.

Akhirnya, ibu melakukan penawaran kepada Shahira dan Santi yaitu keduanya boleh bermain game pada ponselnya namun harus membereskan mainannya terlebih dahulu. Jika semuanya sudah rapi, kedua anaknya boleh memegang ponsel ibu.

Namun, durasi waktu melihat ponsel ibu hanya 15 menit. Selanjutnya, Shahira dan Santi harus berhenti bermain game untuk kemudian tidur siang. Mendengar penjelasan ibu, keduanya pun setuju dan segera merapikan mainan yang berserakan.  

Baca juga: 6 Contoh Teks Narasi yang Bisa Kamu Duplikasi

Contoh teks negosiasi lingkungan keluarga

Contoh teks negosiasi lingkungan keluarga 1
Contoh teks negosiasi lingkungan keluarga

Contoh teks narasi dalam bentuk negosiasi juga bisa terjadi dalam lingkungan keluarga, misalnya diskusi antara ayah dan putrinya tentang lokasi kampus putrinya kelak, pemilihan lokasi liburan ke pantai atau gunung, perayaan ulang tahun dalam ruangan atau luar ruangan.  

Apa itu teks negosiasi narasi? Teks negosiasi narasi merupakan teks berisikan pemaparan peristiwa negosiasi untuk mencapai kesepakatan tertentu dengan cara penulisan dalam bentuk narasi. Berikut ini teks negosiasi lingkungan keluarga bertemakan rencana liburan hari raya Idul Fitri antara orang tua dan putra-putrinya.

Rena, Roni, dan Rina merupakan kakak beradik yang kompak. Ketiganya adalah anak kesayangan dari Suyitno dan Susi. Semua anggota keluarga mempunyai hobi traveling. Setiap ada waktu luang, mereka pasti merencanakan liburan.

Apalagi liburan Lebaran tahun ini, mereka sedang kebingungan memilih tempat wisata idaman. Topik diskusi keluarga Suyitno adalah antara pantai atau gunung, dalam negeri atau luar negeri, menginap pada hotel atau wisma saja.

Saat makan malam bersama keluarga seminggu menjelang lebaran, Suyitno membuka perbincangan dengan seluruh anggota keluarga. Suyitno menginginkan liburan dalam negeri saja yaitu berwisata ke pantai Kuta, Bali dan menginap pada hotel berbintang. Susi mengikuti kemauan suaminya. Namun, ketiga anaknya tidak setuju dengan ayahnya. Mereka bosan selalu liburan ke Bali setiap tahunnya. Mereka ingin berlibur ke luar negeri dengan suasana pegunungan negara Jepang.  

Namun, Suyitno tidak setuju dengan pendapat Rena, Roni, dan Rina. Akhirnya, dia  menawarkan kunjungan wisata ke Raja Ampat, Papua. Mendengar keputusan Suyitno, akhirnya ketiga anaknya menyetujuinya dengan alasan keindahan alam Raja Ampat memang tidak perlu diragukan lagi.

Contoh teks negosiasi 4 orang

Contoh teks negosiasi 4 orang
Contoh teks negosiasi 4 orang

Apa yang dimaksud negosiasi? Negosiasi adalah tawar menawar antara dua orang atau lebih untuk mencapai kesepakatan bersama tentang suatu hal, misalnya kesepakatan harga, kesepakatan pembangunan musala, kesepakatan liburan teman-teman SMA.

Contoh teks narasi dalam bentuk negosiasi bisa terjadi antara 4 orang tentang pengajuan pinjaman uang ke bank untuk melancarkan usaha ternak ayam.

Santoso bersama rekan bisnisnya, Tirto sepakat ingin mengajukan pinjaman uang ke salah satu bank pemerintah. Rencananya uang tersebut akan mereka gunakan untuk mengembangkan usaha peternakan ayam.

Tepat pada hari Senin pagi, Santoso dan Tirto menemui manajer bank untuk mendiskusikan rencana mereka. Keduanya mengajukan pinjaman dana usaha sebesar Rp200 juta dengan waktu pengembalian selama 3 tahun.

Namun, manajer bank belum bisa menyetujui keinginan keduanya dan beralasan harus berdiskusi terlebih dahulu dengan atasannya. Selain itu, manajer bank juga menanyakan jaminan aset tetap yang dapat menjadi jaminan pinjaman uang tersebut.

Dengan mantap, Tirto menjaminkan rumah pribadinya dan menunjukkan sertifikat rumahnya pada manajer. Tidak lama kemudian, atasan sang manajer datang menghampiri ketiganya. Dia menanyakan tujuan kedatangan Santoso dan Tirto. Dengan sigapnya, Tirto menjelaskan secara detail rencana pengajuan pinjaman beserta jaminan aset rumahnya.  

Atasan sang manajer tidak ingin memberikan harapan palsu kepada Santoso dan Tirto sehingga dia hanya mengatakan akan mengusahakan pengajuan pinjaman Santoso dan Tirto kepada pimpinannya. Namun, tidak sampai Rp200 juta, pihak bank hanya sanggup Rp150 juta. Mendengar hal tersebut, Santoso dan Tirto menyanggupinya. Meskipun awalnya ada sedikit rasa kecewa karena tidak sesuai harapan keduanya.  

Beberapa waktu kemudian, pihak bank harus melakukan survei ke tempat usaha peternakan ayam dan rumah pribadi Tirto yang dijadikan jaminan bank. Seminggu berikutnya, akhirnya pengajuan pinjaman Santoso dan Tirto bisa mendapat persetujuan bank sebesar Rp150 juta.

Contoh teks negosiasi bentuk percakapan

Contoh teks negosiasi bentuk percakapan
Contoh teks negosiasi bentuk percakapan

Apa saja struktur teks negosiasi? Secara umum, struktur teks negosiasi terdiri dari orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup. Contoh teks narasi dalam bentuk negosiasi juga bisa dalam bentuk percakapan.

Berikut ini teks negosiasi dalam bentuk percakapan tentang tawar menawar penjual pisang dan pembeli di pasar tradisional.

Pembeli : “Bang, ini pisang ambon ya? Berapa harga per sisirnya bang?”

Penjual : “Benar bu, Rp 35ribu saja. Bagus ini pisang ambon lumut, bu. Perpaduan pisang ambon dan sunpride, jadi rasanya pasti lebih enak.

Pembeli : “Ah, bisa saja nih. Apa iya jaminan enak, bang?”

Penjual : “ Enak, bu, makanya cobain dulu deh, bu. Memangnya mau berapa sisir?”

Pembeli : “Bisa saja nih, bang. 1 sisir saja, bang, tapi harganya kemahalan, kurangi ya menjadi Rp30 ribu ya?”

Penjual : “Jangan bu, Rp33 ribu ya bu?”

Pembeli : “Yah, Rp30ribu deh bang. Kalau tidak mau, ya sudah.”

Penjual : “Ya sudahlah, tidak apa-apa, Rp30ribu, ambil saja, bu.”

Pembeli : “Makasih ya. bang.”

Contoh teks negosiasi lebih dari 2 orang

Contoh teks negosiasi lebih dari 2 orang
Contoh teks negosiasi lebih dari 2 orang

Berikut ini contoh teks narasi dalam bentuk negosiasi lebih dari 2 orang yaitu antara penjual emas  dan 2 orang pembeli emas perhiasan.

Ratna ingin membelikan perhiasan emas berupa anting baru buat putri kesayangannya bernama Citra. Anting lama Citra sudah lama hilang karena tersangkut handuk saat mandi sore beberapa hari lalu. Ratna mengajak Citra ke toko emas langganannya di pasar modern dekat rumah.

Setibanya di toko emas, Citra langsung penasaran dengan beragam pilihan model anting barunya. Setelah melihat-lihat pada etalase perhiasan, Citra menjatuhkan pilihannya pada anting berbentuk hati. Kemudian, Ratna menanyakan berapa gram anting tersebut dan berapa harganya. Penjual dengan sigap langsung menimbang anting pada timbangan khusus perhiasan dan mengambil kalkulator.

Tidak lama kemudian, penjual mengatakan anting tersebut berukuran 1,2 gram 22 karat seharga Rp1 juta 100 ribu karena harga emas hari ini sudah mencapai Rp984 ribu per gramnya. Ratna merasa keberatan dan langsung menawarnya pada harga Rp800ribu. Namun, penjual merasa rugi dengan harga tersebut. Sehingga memberikan penawaran harga tepat Rp1juta. Setelah berdiskusi dengan Citra, akhirnya Ratna menyetujuinya dan membeli anting tersebut. Citra tersenyum dan mengucapkan banyak terima kasih kepada ibu tercintanya.

Penutup

Itulah 5 contoh teks narasi dalam bentuk negosiasi. Kamu bisa mendapatkan ide menyusun teks narasi negosiasi di mana saja. Sebenarnya, lingkungan sekitar justru memberikan banyak inspirasi teks negosiasi. Kamu hanya perlu sedikit improvisasi dalam menyusun paragraf demi paragraf dan menggunakan tata bahasa yang baik. Selamat bernegosiasi ya.

5 Contoh Teks Narasi Singkat dan Lengkap dengan Ciri-Cirinya

5 Contoh Teks Narasi Singkat dan Lengkap dengan Ciri-Cirinya

Sedang mencari contoh teks narasi? Berikut kumpulan ⭐ contoh teks narasi ⭐ singkat ☑️ informatif ☑️ beserta penjelasannya ☑️

Ayo Tingkatkan Daya Imajinasi dengan Menyimak 5 Contoh Teks Narasi Sejarah Ini

Ayo Tingkatkan Daya Imajinasi dengan Menyimak 5 Contoh Teks Narasi Sejarah Ini

Apa yang terlintas pada benak Anda saat mendengar kata sejarah? Bagi sebagian siswa, sejarah adalah pelajaran membosankan dan membuat siswa … Baca

7 Contoh Teks Narasi Sugestif Pendek Bahasa Indonesia

7 Contoh Teks Narasi Sugestif Pendek Bahasa Indonesia

Kumpulan ⭐ contoh teks narasi sugestif ⭐ yang singkat ☑️ tentang kesehatan ☑️ liburan ☑️ lingkungan ☑️ dan dalam kutipan novel ☑️

Tinggalkan komentar