5 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Lingkungan Rumah

Teks laporan hasil observasi atau yang biasa disingkat LHO adalah jenis teks yang berisi hasil pengamatan atau observasi terhadap sebuah objek. Salah satu tema yang sering menjadi contoh dari teks ini ialah contoh teks laporan hasil observasi lingkungan rumah.

Karena merupakan hasil pengamatan, teks ini bersifat ilmiah dan objektif, serta harus terbukti secara keilmuan.

Objek yang diamati sendiri dapat berupa hewan, tumbuhan, benda, budaya, atau ekosistem tertentu. Salah satu yang sering dijadikan objek dalam sebuah teks laporan hasil observasi yaitu lingkungan rumah.

Nah, pada kesempatan kali ini Pendidikanpedia akan memberikan beberapa contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan rumah. Berikut selengkapnya:

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Lingkungan Rumah Beserta Strukturnya

contoh teks LHO kebun belakang rumah

Pernyataan Umum

Kebun belakang rumah mempunyai area yang tidak terlalu luas karena merupakan lahan sisa dari pembuatan rumah. Namun, kebun umumnya dimanfaatkan untuk menanam tanaman dan sayur-sayuran.

Bahkan, ada vertical gardening yang terletak di kebun belakang rumah. Sehingga membuat suasana rumah menjadi lebih sejuk dan nyaman karena pemandangan tanaman yang tertata rapi ke atas.

Deskripsi Bagian

Selain memiliki fungsi utama sebagai lahan berkebun, kebun belakang rumah juga biasa memiliki fungsi lain seperti tempat berkumpul bersama keluarga, atau bisa juga menjadi taman bermain anak.

Kebun belakang rumah memiliki berbagai macam tanaman. Misalnya saja, tanaman hias seperti kaktus, sirih sading, gelombang cinta dan masih banyak lainnya.

Selain tanaman hias, ternyata juga ada beberapa jenis sayuran seperti selada, cabai, dan daun bawang yang terletak dalam pot. Kamu bisa memetik hasil kebun belakang rumah setiap saat.

Kesimpulan

Kebun belakang rumah tidak sekadar tempat sisa dari pembuatan rumah. Melainkan, lahannya dapat dimanfaatkan untuk media bercocok tanam atau tempat santai bersama keluarga.

Baca juga: Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Beserta Strukturnya

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Kebersihan Lingkungan Perumahan

contoh teks LHO kebun belakang rumah

Pernyataan Umum

Kebersihan lingkungan merupakan salah satu aspek yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia. Kebersihan lingkungan dapat menciptakan lingkungan yang sehat sehinga tidak mudah terserang penyakit.

Deskripsi Bagian

Keadaan kebersihan lingkungan yang ada di Perumahan Cendana sangat baik. Sehingga selokan terpelihara dengan baik dan tidak tersumbat.

Bahkan, tempat pembuangan sampah sudah tersedia di setiap rumah warga. Tempat pembuangan sampah menggunakan drum atau tong besar. Untuk mencegah bau yang tidak sedap, kondisi tong juga tidak luput dari perawatan. Petugas kebersihan biasanya mengambil sampah setiap tiga hari sekali.

Selain itu, masyarakat Perumahan Cendana setiap satu bulan sekali melakukan kerja bakti untuk membersihkan selokan dan rumput-rumput liar di sekitar perumahan. Kebersihan lingkungan sebenarnya mudah kamu terapkan jika membiasakan pola hidup sehat.

Budaya hidup yang sehat dan bersih akan memberikan banyak manfaat bagi manusia. Sehingga dapat menjalankan aktivitas hidup yang produktif, sehat, dan mencapai kesuksesan.

Kesimpulan

Kebersihan lingkungan adalah salah satu aspek yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia. Salah satunya pada Perumahan Cendana yang selalu menjaga kebersihan lingkungan agar setiap warganya sehat.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Lingkungan Rumah di Desa

contoh teks LHO tentang lingkungan rumah di desa

Pernyataan Umum

Lahan hijau merupakan salah satu tanda kesuburan tanah. Di tanah yang subur, tanaman hijau bisa tumbuh dengan mudah. Selain bisa menawarkan alam yang masih asri, tanaman hijau juga dapat menambah produksi gas oksigen untuk lingkungan udara sehingga lebih bersih dan segar.

Deskripsi Bagian

Kondisi dari desa Subur Makmur terlihat memprihatinkan. Walaupun belum masuk dalam wilayah kota, tapi sudah ada banyak gedung dan ruko di desa Subur Makmur yang mengambil tempat warga berdagang dan pembangunannya memanfaatkan lahan hijau.

Hal ini menyebabkan udara menjadi lebih panas. Bahkan, kurangnya pohon-pohon rindang juga turut menjadi faktor menurunnya kualitas udara di lingkungan desa tersebut. Kami juga sudah jarang menemukan taman-taman hijau yang dulu menjadi area bermain anak-anak.

Lahan tersebut saat ini sudah berganti menjadi pasar. Bahkan, mayoritas warga desa Subur Makmur berprofesi sebagai pedagang. Sampah-sampah yang ada di sekitar pasar banyak berserakan, sehingga cukup mengganggu pernafasan dan merusak pandangan mata.

Petugas kebersihan juga terlihat sedikit sehingga sampah-sampah tersebut tidak teratasi dengan baik. Apalagi dengan kurangnya kesadaran para pedagang dan warga untuk menjaga kebersihan.

Tanaman yang pemerintah kota sumbangkan pun terlihat tidak terawat dengan baik. Parahnya, banyak yang layu dan mati karena tidak ada yang merawat. Setelah melakukan observasi ini, maka hasil laporan akan kami serahkan kepada pihak pemerintah/instansi agar mendapatkan solusi untuk kedepannya.

Lahan hijau bisa membantu mengurangi efek rumah kaca serta memiliki dampak yang positif bagi kehidupan umat manusia di bumi. Terutama untuk kesehatan pernafasan.

Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga lahan hijau, yakni mendaur ulang sampah, mengurangi sampah rumah tangga, menghemat penggunaan air, dan mengurangi penggunaan pendingin ruangan. Selain itu, penghijauan juga bisa dilakukan dengan cara penanaman pohon kembali. Hindari juga menebang pohon atau memetik tanaman sembarangan.

Kesimpulan

Lahan hijau mencerminkan tingkat kesuburan tanah. Salah satu desa yang perlu lahan hijau adalah desa Subur Makmur. Desa Subur Makmur memerlukan lahan hijau agar terlihat asri serta sebagai sarana menambah produksi gas oksigen untuk lingkungan.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Kolam Ikan Belakang Rumah

contoh teks LHO tentang lingkungan rumah kolam ikan

Pernyataan Umum

Kami memiliki sebuah kolam ikan di belakang rumah. Ukuran kolam ikan tersebut tidak terlalu besar. Meski begitu, terdapat berbagai macam jenis ikan yang hidup di dalamnya. Kami juga menanam beberapa tanaman hias di bagian pinggirnya untuk menambah kesan indah. Oleh karena itu, suasana di sekitarnya pun menjadi lebih sejuk.

Hal menarik lainnya dari kolam ikan belakang rumah kami adalah sebuah air mancur. Awalnya, kolam ikan kami tidak memiliki air mancur. Air mancur itu merupakan ideku yang kemudian dibuat menjadi kenyataan oleh ayah. Berkat air mancur tersebut, kolam ikan kami pun menjadi semakin indah lagi.

Deskripsi Bagian

Lokasi dari kolam ikan terletak tepat di pojok taman belakang rumah. Luasnya sendiri juga tidak terlalu besar, yakni hanya 2 meter persegi saja. Selain karena memang mengusung konsep simpel dan minimalis, sisa lahan pembangunan kami juga bisa dibilang terbatas. Oleh karena itu, luasnya hanya 2 meter saja.

Di dalam kolam ikan, terdapat banyak sekali jenis ikan. Ada ikan emas, ikan koi, hingga ikan mujair. Panjang dan besar dari ikan-ikan ini juga bervariasi, mulai dari ikan koi yang sudah memiliki panjang 15cm hingga ikan hias lain yang masih sekitar 5cm saja.

Selain ukuran, ikan yang kami pelihara di kolam juga memiliki warna yang berbeda-beda. Ada ikan berwarna merah, emas, putih, dan beberapa ikan dengan paduan beberapa warna sekaligus.

Air mancur yang berada di sisi kolam pun semakin membuat nuansa kolam ikan kami begitu indah. Tak lupa, kami juga menambahkan beberapa tanaman dan pepohonan hias seperti karang di dalam ikan demi menambah kesan menarik dipandang mata.

Kesimpulan

Kolam ikan kami yang terletak di belakang rumah memiliki berbagai jenis ikan dengan ukuran dan warna yang bervariasi. Air mancur buatan dan beberapa tanaman hias yang berada di sampingnya membuat nuansa semakin indah nan alami.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Kegiatan Siskamling

contoh teks LHO tentang lingkungan rumah kegiatan siskamling

Pernyataan Umum

Sistem keamanan lingkungan atau yang biasa disingkat Siskamling adalah sebuah kegiatan keamanan yang biasanya terdapat di lingkungan kompleks perumahan. Sesuai dengan namanya, kegiatan siskamling bertujuan menjaga keamanan di lingkungan tersebut.

Biasanya, siskamling menjadi kegiatan yang wajib diikuti oleh laki-laki dewasa atau yang sudah berusia lebih dari 20 tahun ke atas.

Waktu pelaksanaannya sendiri ialah saat malam hari. Di mana ketika saat itu, anggota siskamling yang memiliki jadwal tugas pada hari itu harus mengelilingi area kompleks untuk berjaga-jaga.

Deskripsi Bagian

Kegiatan siskamling biasanya dijadwalkan setiap hari atau setiap malam. Hanya saja, anggota yang bertugasnya  saja berbeda-beda.

Masing-masing anggota memiliki jadwal tugas sendiri seperti jadwal piket. Anggotanya sendiri terdiri dari bapak-bapak atau pemuda yang tinggal di dalam komplek lingkungan tersebut.

Para anggota biasanya memulai kegiatan siskamling pada pukul 8 malam sampai dini hari. Mereka akan mengelilingi kompleks perumahan dengan membawa beberapa peralatan ronda seperti kentongan, senter, dan lain-lain.

Ketika berkeliling, selain memeriksa lingkungan sekitar, anggota siskamling juga akan mengecek pagar rumah warga apakah sudah tertutup dan terkunci dengan baik atau tidak. Anggota yang bertugas juga akan membunyikan kentongan secara berkala sebagai tanda bahwa mereka sedang berpatroli.

Jadwal satu malam siskamling biasanya terdiri dari minimal 6 orang yang kemudian akan dibagi lagi menjadi 2 tim.Satu tim akan berjaga di pos ronda, sementara tim lainnya berkeliling melakukan patroli keamanan. Ketua RT setempat biasanya melakukan pembagian jadwal harian ini dengan cara berdiskusi bersama warga.

Untuk mendukung kegiatan siskamling, biasanya warga turut menyumbangkan uang receh untuk kas atau beras jumputan. Nantinya, uang kas yang terkumpul akan digunakan untuk membli konsumsi seperti teh atau camilan untuk para anggota yang bertugas.

Kesimpulan

Siskamling merupakan salah satu kegiatan positif yang berada di lingkungan sekitar rumah. Selain bisa menjaga keamanan dan ketertiban kompleks, siskamling juga dapat mempererat tali silaturahmi masyarakat yang tinggal di area kompleks.

Baca juga: Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan

Kesimpulan

Nah itulah beberapa contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan rumah yang bisa kamu jadikan referensi dalam penyajian laporan hasil obsevasi atau tugas. Perlu diingat, bahwa kredibiltas fakta dan kepadatan data menjadi tolak ukur sebuah teks laporan hasil observasi.

Setelah membaca contoh teks laporan hasil observasi tentang lingkungan rumah di atas, tahukah kamu objek apalagi yang menarik untuk dibuat teks laporan hasil observasinya? Kasih tau di kolom komentar, ya!

Tinggalkan komentar