4 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Beserta Strukturnya

PENDIDIKANPEDIA. Apa itu teks observasi dan contohnya? Teks laporan hasil observasi adalah teks yang menjabarkan sesuatu berdasarkan hasil pengamatan. Biasanya jenis teks ini terdiri dari jenis-jenis, kriteria hingga bentuk dari sesuatu yang diamati. Objek pengamatan ini juga beragam mulai dari manusia, hewan, tumbuhan maupun barang. Contoh teks laporan hasil observasi adalah laporan observasi kucing.

Mau tahu bagaimana cara membuat teks observasi dan contohnya? Simak penjelasan penulis dalam artikel ini.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Bagaimana cara menulis teks laporan hasil observasi? Cara menuliskan teks ini sebenarnya hampir sama dengan menuliskan fakta pengamatan dari objek pengamatan. Struktur teks yang digunakan adalah: pernyataan umum, deskripsi bagian dan Kesimpulan.

Pernyataan Umum

Pada bagian ini, pernyataan berisikan keterangan umum atau informasi umum dari objek yang dijelaskan, termasuk nama latin, asal-usul, kelas, dan informasi tambahan lainnya.

Deskripsi Bagian

Bagian ini menjelaskan rincian bagian tubuh objek pengamatan. Jika hewan, biasanya mencakup habitat, ciri fisik, dan perilakunya. Jika tumbuhan, berupa ciri fisik tumbuhan, bunga, buah dan bagian yang lainnya.

Kesimpulan

Bagian yang menjelaskan simpulan dari apa yang sudah dijelaskan dari objek pengamatan. Pada bagian ini, penulis juga bisa menambahkan opini pribadi terkait dengan objek.

Baca juga: Ayo, Tingkatkan Imajinasi Pembaca! Ini Dia 7 Contoh Teks Deskripsi

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Hewan

Berikut ini beberapa contoh laporan hasil observasi tentang hewan yang perlu Anda tahu:

Pengamatan Harimau Sumatra

Definisi Umum

Harimau Sumatra mempunyai nama latih phantera tigris sumatrae. Jenis hewan ini merupakan sub spesies harimau yang berhabitat asli di Sumatra. Harimau Sumatra juga tergolong salah satu subspesies harimau yang sampai sekarang masih eksis.

Meski demikian, harimau ini termasuk dalam hewan langka karena terancam kepunahan. Menurut laporan, jenis harimau ini hanya tersisa sekitar 400 sampai 500 ekor. Kebanyakan spesies ini juga berhabitat di taman nasional Sumatra.

Deskripsi Tubuh

Tubuh harimau Sumatra cukup panjang dengan tinggi badan antara ½ meter hingga 1 meter. Hewan ini juga merupakan hewan berkaki empat dan mempunyai ekor serta gigi taring. Namun, harimau sumatra ini mempunyai badan yang lebih kecil dibandingkan dengan harimau lainnya.

Deskripsi Rambut

Harimau ini mempunyai rambut coklat dengan motif belang berwarna hitam. Pola hitamnya juga mempunyai ukuran yang cukup besar. Jarak polanya pun juga cukup rapat dan dempet satu sama lain. Pola motif belang tersebut mengikuti pola tubuh harimau.

Sementara itu, pada bagian perut, pipi dan bagian dalam kaki mempunyai warna putih gading. Rambutnya pun juga cenderung lebih lebat daripada bagian yang lain.

Deskripsi Kepala

Bentuk kepala hewan ni adalah lonjong dengan moncongnya yang tidak begitu mencolok. Bentuk kupingnya juga besar dan lebar. Sementara itu, bentuk matanya bulat dengan kelopak mata yang miring dan mempunyai sudut yang tajam.

Warna matanya juga kuning kehitaman, khususnya di bagian pupil.  Stip hitam juga masih ada di wajah, alis, dan pipi. Sementara itu, mulutnya juga cukup lebar dan mempunyai gigi taring yang tajam.

Deskripsi Kaki

Harimau Sumatra mempunyai telapak kaki yang besar dan mempunyai cakar. Pada sela-sela jarinya, ada selaput hingga membuat harimau ini bisa berenang dengan cepat di kawasan perairan. Harimau ini merupakan perwnang yang ulung. Kemampuan ini jarang dipunyai oleh binatang-binatang liar lainnya.

Kesimpulan

Harimau Sumatra termasuk hewan buas yang anggun dan mempunyai keunikan. Hewan ini termasuk salah satu hewan asli dari Indonesia. Ini terbukti dari tubuh, rambut dan cara berburunya yang unik dan tidak dipunyai oleh jenis harimau lainnya.

Namun demikian, populasi harimau Sumatra ini juga semakin sedikit dan terancam punah.  Oleh karena itu, kita harus melestarikan populasi harimau Sumatra. Harimau ini merupakan simbol negara dan juga salah satu kekayaan Indonesia yang terkenal hingga di penjuru dunia.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Sampah

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Sampah
Belajar Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Sampah

Sampah Anorganik

Definisi Umum

Sampah yang tidak bisa terurai atau sampah anorganik merupakan masalah bagi lingkungan. Hal tersebut karena sampah ini sulit terurai oleh pengurai sehingga bertahan bisa bertahun-tahun, bahkan hingga ribuan tahun.

Sampah anorganik termasuk berbagai kemasan dari bahan plastik, minuman kaleng, botol dan material lainnya yang sulit terurai. Sampah jenis ini hanya bisa dikendalikan dengan konsep daur ulang. Terlebih dengan semakin majunya teknologi, proses daur ulang bisa menjadi lebih cepat dan mudah.

Deskripsi isi tong sampah

Tong sampah tentu berisikan berbagai jenis sampah. Namun jika sudah Anda pilah-pilahkan, maka isi tong sampah berisi sampah yang tidak bisa terurai seperti botol minuman, kemasan makanan ringan, botol plastik, kaleng makanan, hingga tempat makan dari bahan styrofoam. Untuk tissue, itu bukan termasuk jenis sampah anorganik.

Selain barang-barang di atas, ada juga sampah lain seperti baterai. Namun baterai ini sebenarnya harus diolah secara khusus. Hal tersebut karena baterai ini mengandung bahan-bahan yang berbahasa serta beracun. Tentu jika tidak ditangani secara khusus, maka akan membahayakan orang-orang di sekitar.

Deskripsi Sampah Plastik

Kebanyakan sampah plastik adalah botol minuman plastik. Botol-botol tersebut terlihat lengkap dan utuh dengan tutupnya. Beberapa sampah botol tersebut juga terlihat penyok karena tertindih sampah lain. Ada juga botol plastik yang sengaja diremas oleh konsumennya sehingga memudahkan untuk dibuang ke tempat sampah.

Selain botol minuman, ada juga sampah tempat makanan baik nasi box, maupun kardus nasi yang ukurannya besar sehingga memenuhi tempat sampah. Padahal, sampah tersebut sudah tidak ada isinya. Sebenarnya, pembuang sampah bisa melipatnya terlebih dulu sehingga membuat sampah ukurannya menjadi lebih kecil dan bisa muat banyak.

Deskripsi Sampah Kaleng 

Sampah kaleng juga menjadi sampah anorganik yang sering memenuhi tong sampah. Biasanya sampah kaleng ini didominasi oleh kaleng bekas minuman maupun sarden. Bentuk sampah kaleng ini biasanya langsing dengan bentuk yang tinggi.

Bentuk kalengnya pun biasanya juga utuh, namun ada beberapa yang sedikit penyok di bagian sudutnya. Lagi-lagi, sampah jenis ini akan lebih efesien jika pembuang memenyokkan terlebih dulu sehingga muat lebih banyak.

Simpulan

Adanya tong sampah memang digunakan agar sampah bisa terkendali dengan baik. Membuang sampah pada tempatnya merupakan kewajiban bagi setiap orang. Selain membuat lingkungan menjadi lebih bersih, mempunyai kemampuan mengolah sampah juga menjadi nilai plus, seperti menghadirkan keuntungan dari penjualan sampah tersebut.

Oleh karena itu, kita harus membuang sampah anorganik sesuai dengan tempatnya. Sampah tersebut jika tidak dikelola dengan baik maka akan merusak lingkungan karena tidak murah terurai.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Kucing

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Kucing
Belajar Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Kucing

Definisi Umum

Kucing termasuk hewan mamalia yang masuk golongan karnivora. Makanan kucing ini adalah daging dan sejenisnya. Secara umum, kucing dibedakan menjadi dua jenis yakni kucing besar dan kucing rumahan. Kucing rumahan adalah kucing-kucing yang banyak orang pelihara. Sementara itu, kucing besar di antaranya cheetah, singa, harimau dan yang lainnya.

Deskripsi Kucing

Berat kucing rumahan mencapai 16 Kg. Sementara itu, panjang kucing sekitar 60 cm dan tingginya 45 cm. Kucing juga mempunyai taring yang tajam serta cakar yang bisa mereka keluarkan sesuai dengan kebutuhan. Kucing juga mempunyai penglihatan yang bagus.

Kucing juga terkenal dengan hewan penyediri. Biasanya setiap kucing mempunyai daerahnya masing-masing. Ada perkelahian singkat jika ada kucing yang masuk ke wilayah mereka. Jika kucing berkelahi, biasanya rambut mereka akan tegak dan melengkungkan tubuhnya agar terlihat lebih besar.

Kucing juga menyerang dengan gigitan, cakaran serta tamparan. Biasanya yang sering terlibat pekelahian adalah kucing jantan.  Bagi manusia, kucing merupakan hewan peliharaan dan tidak berbahaya. Namun kita juga harus berhati-hati dengan kucing karena bisa menularkan penyakit.

Simpulan

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang disukai oleh banyak orang. Hewan ini cukup mudah untuk Anda pelihara dan pola makannya pun juga mudah. Anda bisa memeliharan hewan ini sebagai hiburan atau sekedar teman.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Lingkungan Sekitar

Observasi Bunga Melati

Pernyataan Umum Bunga Melati

Bunga melati merupakan salah satu bunga yang digandrungi oleh banyak orang. Bunga ini berasal dari Australia dan sebagian Asia Tenggara. Bunga ini juga dijuluki sebagai bunga Puspa Bangsa atau bunga bangsa bagi masyarakat Indonesia. Julukan tersebut mempunyai makna bahwa bunga melati salah satu bunga ciri khas dari bangsa Indonesia.

Deskripsi Batang

Tinggi pohon bunga melati ini tergolong sedang. Tingginya sekitar setengah rata-rata tinggi orang dewasa. Jika kita ukur, tinggi pohon bunga melati ini berkisar 80 cm. Sementara itu batangnya berkayu dengan kisaran tinggi antara 4 hingga 6 cm. Warna batang tumbuhannya bercabang dan mempunyai warna coklat serta coklat muda pada ujungnya.

Deskripsi Daun

Daun bunga melati letaknya berhadapan dalam satu tangkai. Daunnya berbentuk bulat telur dan mempunyai ujung yang runcing. Pangkal membulat dengan tulang daun yang menyirip. Untuk warnanya, daun bunga melati juga berwarna hijau dan lebar. Untuk daun muda, biasanya mempunyai warna hijau muda. Untuk permukaan daunnya, permukaannya tidak mulus atau berkerut.

Deskripsi Bunga

Bunga melati juga mempunyai jumlah bunga yang terbatas, ada yang 1 hingga 3 bunga pada setiap kelompok bunga.  Setiap bunga tersebut biasanya terdiri dari 4 sampai 9 kelopak, 2 lokulus, dan 4 ovula. Ciri khas bunga melati ini adalah mempunyai benang sari yang lebih pendek daripada bunga lainnya. Diameter bunga rata-rata 2.5 cm dan berwarna putih cerah terkadang sedikit kekuningan.

Deskripsi Aroma

Aroma bunga melati ini sangat harum, segar dan serasa baunya manis. Bunga ini diklaim akan lebih harum pada malam hari. Hal tersebut karena bunga ini karena mengeluarkan aromanya di malam hari. Namun di siang hari pun, bunga melati juga mengeluarkan aroma yang wangi.

Simpulan

Bunga melati salah satu bunga khas Indonesia yang menjadi bunga bangsa. Aroma bunga ini sangat khas, bahkan tidak jarang bunga ini jadikan sebagai bahan campuran teh. Ayo kita juga turut melestarikan bunga bangsa ini dengan menamam bunga melati di taman atau halaman rumah kita.

Penutup                                                    

Inilah beberapa contoh teks laporan hasil observasi yang bisa penulis sajikan untuk Anda. Pada prinsipnya, teks laporan ini sama seperti teks deskripsi. Anda juga bisa membuat teks laporan dengan menggunakan acuan contoh di atas untuk objek penelitian yang lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba.

3 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Lingkungan Rumah

3 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Lingkungan Rumah

Teks laporan hasil observasi atau yang biasa disingkat LHO adalah jenis teks yang berisi hasil pengamatan atau observasi terhadap sebuah … Baca

Tips Menulis Ulang Artikel Tanpa Menjiplak

Tips Menulis Ulang Artikel Tanpa Menjiplak

Ingin menulis artikel dari referensi yang ada di internet? Ketahui dulu tips menulis ulang artikel tanpa menjiplak berikut ini.

Ingin Menghasilkan Laporan Terbaik? Inilah 3 Contoh Teks Laporan Percobaan

Ingin Menghasilkan Laporan Terbaik? Inilah 3 Contoh Teks Laporan Percobaan

Melakukan percobaan atau eksperimen adalah sesuatu yang menarik bagi sebagian orang. Hasil dari percobaan yang Anda lakukan perlu Anda dokumentasikan … Baca

Tinggalkan komentar