4 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan

Pernahkah Anda membuat laporan hasil pengamatan? Laporan hasil pengamatan merupakan salah satu cara untuk menyajikan informasi sesuai dengan fakta dan data objek yang diamati. Objek tumbuhan ada banyak yang bisa Anda amati. Berikut kami berikan contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan Mangga

Definisi Umum

Mangga merupakan buah yang mempunyai nama ilmiah Mangifera indica. Tumbuhan termasuk tumbuhan mangga yang tinggi dengan struktur batang dengan ketinggian antara 5 m hingga 10 m.

Definisi Bagian

Batang mangga kuat, tegak dan bercabang dengan daun yang lebat. Tajuk daunnya juga indah membentuk oval, memanjang hingga kubah dengan diameter bisa mencapai 10 m. Mangga mempunyai akar tunggang bercabang dengan panjang hingga 6 m.

Buah mangga berdaging dengan ukuran yang bervariasi. Panjang buah mangga bisa antara 3 cm hingga 30 cm tergantung dengan jenis mangganya.

Definisi Manfaat

Tumbuhan mangga mempunyai berbagai manfaat. Salah satunya mangga menjadi buah yang kaya akan vitamin dan antioksidan. Mangga bisa dikonsumsi secara langsung atau bisa diolah dengan berbagai makanan, seperti es, puding, dan masih banyak lainnya.

Penutup

Mangga menjadi tumbuhan yang banyak tumbuh di sekitar kita. Ada berbagai jenis pohon mangga dan ada banyak manfaat yang bisa kita rasakan.

Baca juga: 4 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Beserta Strukturnya

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan Lidah Buaya

Definisi Umum

Tumbuhan lidah buaya
TUMBUHAN LIDAH BUAYA

Lidah buaya merupakan tanaman dengan nama latin Aloe Vera. Selain digunakan sebagai tanaman hias, tanaman ini juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku industri kecantikan dan kesehatan. Tanaman ini tumbuh dengan subur di iklim tropis serta tanah yang gembur.

Definisi Bagian

Daun lidah buaya mempunyai bentuk tebal dan runcing. Warna daunnya juga hijau segar dan pada bagian pinggirnya, bentuknya menyerupai gerigi, namun cukup lunak. Pada bagian dalam daun, terdapat cairan seperti gel dengan warna yang bening.

Tanaman ini juga bisa hidup dan bertahan di daerah yan kering. Hal itu karena di dalam daunnya terdapat cadangan air berupa gel. Gel ini dalam daun lidah buaya ini juga sering dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Lebar daun berkisar antara 2 hingga 6 cm dan pada bagian bawah melebar. Sementara tinggi tanaman ini antara 20 cm hingga 36 cm. Tanaman ini juga mempunyai akar serabut.

Definisi Manfaat

Lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti bahan baku kesehatan hingga kecantikan. Lidah buaya ini juga banyak yang menggunakan untuk mempercepat penyembuhan luka bakar ringan. Efek dingin pada gel lidah buaya terbukti efektif mengatasi masalah luka bakar tersebut.

Gel lidah buaya ini juga bisa digunakan untuk mengatasi mata pAnda atau mata bengkak. Anda bisa menempelkan gelnya pada sekitar kantong mata. Lidah buaya juga mengandung mineral, vitamin, antioksidan dan kandungan yang lainnya.

Baca Juga : 3 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Lingkungan Rumah

Penutup

Lidah buaya merupakan tanaman hias yang mengandung banyak manfaat baik untuk bidang kesehatan maupun kecantikan. Ayo kita tanam lidah buaya ini di taman kita.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan Kaktus

Definisi Umum

Kaktus merupakan tanaman hias yang penuh dengan duri. Tanaman ini mempunyai lebih dari 2000 spesies yang tersebar di seluruh dunia. Kaktus biasanya tumbuh di daerah berpasir, seperti gurun maupun semi gurun. Tanaman ini bisa bertahan di daerah yang sulit air.

Definisi Bagian

Kaktus mempunyai akar tunggang yang menjadi akar rambut. Akarnya biasanya menempel pada tanaman lain atau batu karang. Ukuran akar ini juga lebar dan panjang. Fungsi akar tersebut adalah untuk mendapatkan sumber air.

Kaktus juga mepunyai lapisan lilin pada batang untuk memperkecil proses penguapan di daerah kering. Batang kaktus mempunyai bentuk silinder. Ketinggian batang kaktus ini bisa mencapai 20 meter. Kaktus juga mempunyai warna serta bunga yang berbentuk corong. Bunganya biasanya akan mekar setiap siang hari.

Definisi Manfaat

Selain bermanfaat sebagai tanaman hias, kaktus juga banyak yang menggunakan sebagai bahan obat-obatan, bahan kosmetik dan pakan ternak. Jenis kaktus yang sering diambil manfaatnya ini adalah Opuntia.

Penutup

Kaktus termasuk tanaman hias yang banyak peminatnya. Meski banyak durinya, tanaman hias ini banyak manfaatnya.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Tumbuhan Bunga Mawar

bunga rose
BUNGA MAWAR

Definisi Umum

Mawar merupakan salah satu bunga hias yang terkenal. Bunga mawar ini juga termasuk tanaman semak dari genus Rosa. Pohonnya mempunyai tinggi antara 2 hingga 5 meter. Spesies mawar juga sangat banyak, lebih dari 100 spesies.

Mawar juga bunga hias yang terkenal dengan  durinya yang tajam dan licin. Bentuk daunnya juga menyirip dengan panjangnya 5 hingga 15 cm. Warna bunga mawar ini pun juga ada berbagai macam, termasuk merah muda, kuning, biru, hingga hitam. Pada mahkota bunga, terdapat 4 hingga 5 helai daun mahkota. Tanaman ini biasanya hidup di area yang sejuk. 

Definisi Bagian

Ada beberapa teknik budidaya mawar yang bisa Anda ketahui, termasuk menanam dari biji, stek batang hingga okulasi. Tanaman mawar ini bisa hidup indah dan kokoh selama dirawat dengan benar. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat bunga mawar. Diantaranya, menyiram tanaman secara rutin, dan memberi pupuk secara rutin.

Waktu pagi serta sore menjadi waktu yang paling tepat untuk  melakukan penyiraman pada tanaman mawar. Hal tersebut karena waktu tersebut tidak terlalu panas jadi suhu udaranya sudah pas. Anda memangkas bagian tangkai yang sudah layu serta dahan yang sudah kering. Ini perlu Anda lakukan untuk menumbuhkan tunas baru.

Di negara Indonesia, ada berbagai jenis bunga mawar yang bisa Anda tanam mulai dari old garden roses, modern roses, buck roses, climbing roses, english rose, wild rose dan jenis mawar yang lainnya.

Definisi Manfaat

Mawar banyak digunakan orang sebagai hiasan taman. Hal itu karena mawar mempunyai bentuk serta warna yang indah. Selain menawarkan keindahan, mawar juga mempunyai manfaat yang lain, diantaranya anti depresan, anti bakteri, anti peradangan, dan sumber dari Vitamin C.

Mawar juga digunakan untuk berbagai produk kecantikan seperti sabun, pelembab, parfum dan yang lainnya. Bagian bunga mawar itulah yang digunakan sebagai bahan untuk membuat produk-produk tersebut.

Bahkan, bunga mawar ini juga bisa Anda manfaatkan untuk bahan makanan dan minuman, seperti untuk membuat selai, jelly, hingga teh.

Penutup

Mawar merupakan tanaman hias yang mempunyai keindahan warna dan bentuk. Mawar juga mempunyai berbagi khasiat untuk kesehatan maupun bahan makanan.

Baca juga: Ingin Menghasilkan Laporan Terbaik? Inilah 3 Contoh Teks Laporan Percobaan

Kesimpulan

Itulah contoh teks laporan hasil observasi tentang tumbuhan yang bisa Anda ketahui. Selain objek tumbuhan di atas, ada banyak objek pengamatan lain yang bisa Anda buat dengan contoh laporan di atas. Anda bisa mencoba membuatnya dengan sesuai contoh laporan di atas.

Tinggalkan komentar