5 Contoh Teks Kritik dan Esai yang Baik dan Benar, Lengkap

Pemuda yang merantau jauh pergi ke negeri biru. Seorang penikmat buku novel juga sajak sajak yang menyayat hati. Follow ig @g.rangga_

Teks kritik dan esai merupakan dua teks yang memiliki keselarasan, sebab keduanya sama-sama mengutarakan argumen atau gagasan.

Bagaimanapun juga ketika kamu menulis kritik maupun esai, maka harus berlandaskan analisa, fakta, juga penilaian yang rasional. Bukan hanya syarat belaka, hal ini bertujuan agar teks kritik dan esai yang kamu tulis dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan, bukan hanya sebatas opini belaka.

Lalu bagaimana sih cara menulis teks kritik dan esai yang baik dan benar? Nah untuk itu, kamu perlu melihat dan membaca terlebih dahulu sebuah contoh teks kritik dan esai itu sendiri.

Pada kesempatan kali ini, Pendidikanpedia akan memberitahu kamu pengetian kritik dan esai, struktur, ciri-ciri serta beberapa sampel contoh teks kritik sastra dan esai yang benar. Simak selengkpanya berikut ini ya!

Pengertian Kritik

Kritik adalah karangan yang menilai, memberikan tanggapan, atau saran terhadap sebuah hal, seperti karya sastra. Pembuat sebuah karya sastra biasanya akan memberikan respon atau koreksi sebagai jawaban dari kritik terhadap karyanya.

“Kritik lahir sebab manusia ingin mencari jawaban yang berarti” sebuah kutipan dari buku Bahan Ajar Mata Kuliah Kritik Sastra tahun 2018. Karya Dina Gasong.

Pengertian Esai

Esai adalah sebuah karya sastra karangan seseorang tentang suatu hal atau fenomena berdasarkan sudut pandang pribadinya.

Seperti yang ditulis tadi, menulis sebuah kritik dan esai tidak semena-mena berdasarkan opini belaka tanpa disertai riset dan fakta yang jelas. Sebab semua karya sastra harus dipertanggungjawabkan dalam pembuatannya.

Struktur Teks Kritik dan Esai

Ada tiga hal yang harus diperhatikan pada sistematika kritik dan esai yang harus dipenuhi. Yakni, argumentasi, pernyataan pendapat dan penegasan ulang. Penjelasan detailnya sebagai berikut:

1. Pernyataan Pendapat

Pada esai, pernyataan pendapat atau tesis berisi pandangan awal penulis terhadap hal atau fenomena yang akan dibahas.

2. Argumentasi

Kemudian, argumentasi terdiri dari beberapa argumen atau pendapat penulis yang beralasan logis dan sifatnya subjektif.

3. Penegasan Ulang

Dalam teks esai terdapat penegasan ulang sebagai sebuah ringkasan tentang apa yang telah disampaikan, atau dengan kata lain sebagai sebuah penekanan daripada bagian argumentasi.

Ciri-Ciri Teks Kritik dan Esai

Sama halnya dengan teks yang lain, kritik dan esai juga memiliki ciri-ciri, agar teks tersebut dapat diidentifikasi. Berikut di antaranya ciri-ciri kritik dan esai:

Ciri-Ciri Teks Kritik

  • Tidak berprasangka
  • Tidak memandang siapa penulisnya
  • Bersifat objektif
  • Memberikan pilihan koreksi atau perbaikan terhadap karya yang dikritik
  • Memaparkan argumen dan tanggapan pada sebuah hasil karya
  • Memberikan kelebihan dan kekurangan karya tersebut.
  • Menjelaskan kesan pribadi kritikus

Ciri-ciri Esai

  • Sering tidak utuh
  • Memiliki kesan pribadi atau personal
  • Bentuknya prosa
  • Singkat, bisa dibaca habis dalam kurun waktu dua jam
  • Mempunyai gaya pembeda

Lalu bagaimana sih contoh dari teks kritik dan esai? nah pada bagian ini kami telah menulis beberapa contoh agar kamu memiliki gambarannya.

Contoh Teks Kritik Tentang Korupsi

Judul: Korupsi di Tanah Tercinta

contoh teks kritik tentang korupsi

Korupsi bagai “warisan haram tanpa surat wasiat”. bak penyakit “kanker ganas” yang membunuh perekonomian secara perlahan suatu negara. Beberapa faktor dalam kasus korupsi ini dikarenakan faktor internal dan faktor eskternal.

Indonesia kekurangan orang-orang amanah, pemimpin yang bertanggung jawab terhadap kekuasaannya. Sangat sulit untuk saat ini menemukan pemimpin yang jujur dan bertanggung jawab.

Para koruptor hanya mementingkan urusan pribadi dan kelompoknya dibandingkan dengan rakyatnya. Ini merupakan gambaran yang jelas tentang bobroknya para penguasa.

Korupsi seperti virus ganas yang harus kita berantas bersama-sama. Korupsi adalah musuh nyata untuk kita semua di dunia ini.

Dalam hal ini, komisi yang bertanggung jawab memberantas korupsi adalah KPK (Komisi Pemberantas Korupsi). Mereka perlu bekerja keras walaupun banyak problematik yang dihadapi. Pendekatan secara sistematik dan tuntas sangat diperlukan untuk memberantas korupsi.

Upaya penanggulangan kejahatan di bagi dua jalur di antaranya, yakni jalur penal atau menggunakan hukum pidana dan jalur non penal atau dituntaskan di luar hukum pidana dengan jalur non penal.

Pemerintah pusat memegang peran penting pada upaya pemberantasan korupsi. Misalnya, dana kampanya korupsi, partai politik secara perlahan banyak bermunculan dan hal ini pasti memerlukan banyak biaya untuk menjalankan kampanye politik mereka.

Jadi apabila mereka yang memiliki partai politik kekurangan biaya untuk kampanya maka lahirlah korupsi. Pemerintah harus benar-benar waspada dalam menanggulangi masalah ini.

Harapan saya.

Para petinggi bisa diandalkan dan memegang teguh janjinya untuk menyejahterakan rakyat. Korupsi di Indonesia sebetulnya tak perlu terjadi jika mereka jujur dan amanah.

Indonesia perlu memiliki prinsip juga nilai keadilan, kebijaksanaan yang perlu dipegang teguh oleh para pemimpin.

Hukuman yang diberikan bagi para koruptor saya rasa harus dipertegas, dengan begitu mereka yang ingin melakukan tindak pidana korupsi merasa takut dan tak akan melakukannya. Meningkatkan pendidikan moralitas bagi para pemimpin.

Dengan tujuan untuk memiliki kepribadian baik dalam menjalankan tugasnya, jadi jika keadilan dikedepankan dan korupsi diberantas sangat bisa dipastikan Indonesia bisa menjadi Negara maju, tenteram dan sejahtera.

Contoh Teks Esai Tentang Korupsi

Judul: Menelisik Korupsi dan Aktor yang “Bermain Rapi”

contoh teks esai tentang korupsi

Korupsi merupakan persoalan laten yang seolah-olah menjadi buah bibir di negeri ini. Banyak sekali tindak pidana korupsi yang telah terbongkar satu per satu. Para koruptor sebetulnya bukan melulu dari kalangan politisi saja. Banyak di antaranya yang merupakan seorang pengusaha, artis, penegak hukum bahkan polisi.

Walaupun mereka tidak secara langsung menjadi tersangka atau eksekutor korupsi, bagaimanapun juga mereka memiliki peran dalam menjalankan kejahatan ini secara mulus dan rapi. Sepertinya tidak perlu disebutkan satu persatu siapa saja yang pernah terlibat dalam kasus ini

Masyarakat pun bisa mendapatkan informasi secara cuma-cuma dengan mudahnya diakses di era sosial media seperti saat ini.

Sejatinya kasus korupsi tidak mampu dilancarkan seorang diri. Tentunya ada oknum yang ikut serta atau membantu proses jalannya perilaku kriminal korupsi ini. Oleh karenanya, bisa kita perhatikan suatu kasus korupsi pastinya memiliki lebih dari satu orang yang terjerat hukum.

Hal ini menunjukkan bahwa korupsi tak bisa dilakukan hanya seorang diri. Contoh sederhananya dalam kasus impor gula. dalam kasus ini sedikit banyaknya pasti melibatkan beberapa orang atau suatu kelompok untuk ikut andil di dalamnya.

Pada hal ini pihak yang berwenang mengajukan instruksi secara formal atas anjuran korporasi pengusaha adalah kementerian. Lalu yang memiliki wewenang untuk melegalisasi dalam hal perizinan dan lain-lain adalah anggota DPR. Juga ada otoritas lain yang ikut andil dalam permainan ini dalam lingkup yang lebih kecil.

Melihat contoh kasus dia atas sudah pasti dapat disimpulkan bahwa korupsi adalah suatu kejahatan yang menyalahgunakan kekuasaan. Dirancang sekolektif mungkin agar berjalan dengan mulus. Untuk meminimalisir tindak pidana ini dibutuhkan poin untuk memperkuat hukum perundang-undangan. Dengan begitu mereka tidak memiliki peluang untuk melakukan tindak kejahatan tersebut.

Akan tetapi hal ini pun rasanya sulit untuk dijalankan, sebab legalisasi berada di tangan anggota legislatif yang dibawa oleh partai politik. Tak jarang partai politik menyuruh anggotanya untuk mencalonkan diri untuk menjadi anggota dewan untuk membayar mahar dalam jumlah yang fantastis.

Intinya, partai politik ini belum bisa menjadi sarana pencalonan anggota dewan yang dapat mengusulkan para pemimpin adil, ulet, piawai dan sebagainya.

Contoh Teks Kritik Sastra

Hatiku Selembar Daun
Karya: Sapardi Djoko Darmono

contoh teks kritik karya sastra

Hatiku selembar daun
Melayang jatuh di rumput

Nanti dulu, biarkan aku sejenak terbaring di sini
Ada yang masih ingin kupandangi, yang selama ini senantiasa luput

Sesaat adalah abadi
Sebelum kau sapu tamanmu setiap pagi

Kritik Sastra yang diutarakan:

Syair yang berjudul “Hatiku Selembar Daun” ini berarti tentang seseorang yang meratapi sikap dan nasibnya selama dia hidup. Dia sadar bahwa hidupnya tidak akan berlangsung lebih lama lagi, dan waktu tak akan pernah bisa terulang.

Ia sangat menyesali hal yang telah diperbuatnya selama dia hidup, dia ingin mengubah sikapnya walau dia tahu waktunya tak akan lama lagi, dia melakukan yang terbaik sebelum kematiannya tiba.

Contoh Teks Kritik Novel

contoh teks kritik novel

Judul Buku: Negeri 5 Menara
Pengarang: Ahmad Fuadi
Penerbit: Gramedia
Jumlah Halaman: 423 Halaman
Harga: Rp. 50.000

Novel yang mengisahkan seorang anak yang bersekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri atau MTsN. Anak yang dipaksa masuk ke pondok pesantren oleh kedua orang tuanya.

Sebagaimana yang diketahui setiap pondok pesantren pasti memiliki beberapa aturan yang ketat, sama halnya seperti pondok pesantren ini, yang di mana jika melanggar dia harus mencari kesalahan orang lain dan kemudian mencatatnya.

Nama dari anak itu adalah Alif Fikri, salah satu anak yang mengalami kejadian tersebut. Yang mendadak menjadi mata-mata di dalam pondok sebab tak sengaja terlambat 5 menit datang ke masjid bersama 5 temannya Said, Raja, Dulmajid, Baso dan Atang.

Dengan setengah hati Alif menjalani hari-harinya di pondok, sebab itu semua bukan keinginannya. Kedua orang tua Alif hanya ingin anaknya menjadi seperti Buya Hamka, namun Alif sendiri ingin menjadi seperti B.J. Habibie. Oleh karena itu setelah dari MTsN Alif berniat melanjutkan sekolah SMA.

Kisah Alif, membuat para pembaca memiliki gambaran bahwasanya tinggal di pondok itu bukan hanya monoton belajar tentang agama, membaca dan menghafal Al Quran saja, tapi pada kenyataannya mereka menerapkan kehidupan sehari-hari dengan mengedepankan syariat agama Islam.

Pada novel ini dikisahkan bahwa tinggal di pondok itu bisa menyalurkan hobi. Contohnya Baso, ia datang ke pondok dengan niat menghafal Al Quran, jadi di setiap waktu kosong Baso saat mengikuti kegiatan belajar mengajar, ia selalu membawa dan membaca buku favoritnya yakni Al Quran.

Sama halnya seperti Alif, dia memiliki hobi bermain bola. Meski mempunyai tubuh yang tak terlalu tinggi tidak seperti pemain bola pada umumnya. Bagaimanapun juga Alif bisa menyalurkan bakat bermain sepak bolanya walau sebagai pemain cadangan.

Bahasa yang digunakan di novel ini pun terbilang mudah dipahami, juga tak membingungkan pembacanya. Pada bab ke-4 yang berjudul “Kampung di atas Kabut” menggambarkan seluk beluk Pondok Madani, lengkap dengan sketsa dalam bentuk peta dalam pondok.

Sangat disayangkan peta ini terletak pada bagian belakang cover, yang di mana jika tidak disampul dengan rapi, peta itu akan perlahan hilang atau kabur dari pandangan.

“Man Jadda Wajada” sebuah pepatah Arab yang artinya “siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil”. Pesan ini dicantumkan baik pada novel tersebut. Para tokoh dalam novel percaya bahwa siapa yang bersungguh-sungguh pada usaha dan doanya mereka akan berhasil.

Bermimpilah setinggi-tingginya dan percayalah Tuhan Maha Mendengar permintaan hambanya.

Saat membaca buku ini seperti diajak oleh jurnalistik kawakan berkeliling dunia secara spiritual. sangat detail, sebagian nama tempat sesuai dengan fakta yang otentik. Mulai dari Bukittinggi yang menawan hingga kota Washington yang putih bersalju. Dari Pondok Madani yang luar biasa hingga Trafalgar Square yang membuat bulu kuduk berdiri.

Novel ini sangat direkomendasikan bagi para orang tua yang bingung ingin membawa anaknya untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Mungkin saja, dengan membaca buku ini mereka mendapat sebuah gambaran tentang sekolah di pondok pesantren dan sekolah agama lainnya.

Bukan hanya orang tua. Kisah sukses Alif juga bisa menjadi acuan bagi para generasi muda, belajar bagaimana hidup mandiri jauh dari kedua orang tua. Memegang teguh prinsip atau mantra sakti “Man Jadda Wajada”. Buku ini pun memiliki beberapa tips juga trik untuk menghadapi ujian.

Namun sayang buku ini terkesan ´mengikuti´ novel Laskar Pelangi, sebab novel ini terbit setelah Laskar Pelangi. Bukan hanya itu, nilai yang dibawakan pun mirip dengan novel Laskar Pelangi. Dan lagi, Latar pada novel Negeri 5 Menara ini agak sedikit mirip dengan Harry Potter.

Namun Ahmad Fuadi sebagai pengarang sukses memberikan begitu banyak detail. Seperti keseharian penduduk pondok, juga keseharian masing-masing sahibul menara.

Negeri 5 Menara menyuguhkan sisi lain dalam kehidupan yang belum pernah kita ketahui sebelumnya, memberi gambaran bagaimana pola pendidikan di sana juga menggambarkan sisi manusiawi zang sering kita rasakan.

Solusi bijaksana pun dapat kita ambil dari novel Negeri 5 Menara ini, sangat menginspirasi bagi para pemimpi sejati.

Contoh Teks Esai Tentang Kesehatan

Mahasiswa Sebaiknya Menerapkan Gaya Hidup Sehat

contoh teks esai tentang kesehatan

Mahasiswa menjadi sebutan lazim bagi orang yang sedang mengenyam pendidikan baik di sebuah perguruan tinggi, sekolah tinggi, akademi, maupun universitas. Tentunya jenjang pendidikan ini setingkat lebih tinggi daripada jenjang pendidikan sekolah seperti SMA atau SMK.

Oleh karena itu, seorang mahasiswa bukan lagi remaja atau anak kecil, melainkan orang dewasa yang sudah memiliki pemikiran matang dan mampu membedakan mana yang baik dan buruk bagi dirinya.

Berbicara mengenai baik dan buruk, tentu menjaga kesehatan dan menerapkan gaya hidup sehat merupakan satu hal yang sangat baik bagi seorang mahasiswa. Seorang mahasiswa umumnya memiliki jadwal kegiatan yang sangat padat setiap harinya.

Bagaimana tidak, selain disibukkan dengan tugas-tugas kuliah biasanya mereka juga dituntut untuk terjun langsung ke lapangan. Entah itu untuk sebuah tugas praktik, penelitian, ataupun mengambil survey dari masyarakat. Oleh sebab itu, mahasiswa harus memiliki kondisi kesehatan yang selalu prima sebagai penunjang aktivitas dan karirnya.

Lantas, bagaimana gaya hidup sehat itu? Gaya hidup sehat adalah gaya hidup yang membiasakan melakukan segala sesuatu tanpa membuat tubuh kita terjangkit penyakit yang dapat mengancam kesehatan. Bagi mahasiswa sendiri, pola hidup sehat dapat diterapkan mulai dari cara yang paling sederhana, yaitu dengan mengatur pola makan dan makan-makanan yang bergizi.

Mungkin memang terdengar sepele dan sederhana. Tapi faktanya, hal ini agak sulit diterapkan oleh seorang mahasiswa. Karena kesibukan dan sederet kegiatannya tadi, biasanya mahasiswa memiliki pola makan yang tidak teratur.

Tidak berhenti di situ, kebanyakan mahasiswa juga pergi ke kampus tanpa sarapan terlebih dahulu di pagi hari. Padahal, mengambil sarapan di pagi hari bisa meningkatkan tingkat konsentrasi yang bisa memengaruhi perkembangan akademis.

Sebagaimana riset yang telah dilakukan oleh para ahli dari Wales University, mahasiswa yang mengambil sarapan memiliki perkembangan akademik 22% lebih tinggi dibandingkan yang tidak sarapan. Cukup besar bukan pengaruhnya?

Selain menjaga pola makan dan sarapan, cara menerapkan pola hidup sehat bagi masyarakat yang berikutnya adalah dengan bersikap kritis dalam memilih makanan. Mahasiswa cenderung lebih menyukai makanan cepat saji karena lebih cepat didapatkan dan rasanya juga tetap lezat.Akan tetapi, memakan makanan cepat saji dapat berakibat buruk bagi tubuh karena gizi yang dibutuhkan tubuh tidak terpenuhi.

Kemudian, pastikan juga untuk selalu mengecek kelayakan dan kebersihan makanan yang akan dikonsumsi, terutama pada proses pengolahannya. Makanan yang diolah dengan cara yang kurang baik dan kurang bersih dapat membahayakan tubuh dengan penyakit seperti diare dan gangguan pencernaan.

Oleh sebab itu, jelilah dalam memilah dan memilih makanan minuman sesuai dengan porsi gizi seimbang yang dibutuhkan tubuh. Atau, apabila ingin lebih terjamin lagi mutu gizi dan kesehatannya, maka masaklah makanannya sendiri.

Gaya hidup sehat bagi mahasiswa yang selanjutnya adalah dengan berolahraga. Tidak perlu yang berat-berat dan ribet, olahraga yang cukup sederhana seperti menaiki dan menuruni tangga kampus, berjalan kaki 2 sampai 3 kilometer setiap hari juga sudah cukup. Dengan begitu, maka tubuh akan selalu bergerak dan daya tahannya akan terjaga dengan baik.

Dan yang terakhir adalah dengan menghlangkan kebiasaan-kebiasaan buruk bagi tubuh. Misalnya seperti merokok, minum sambil berdiri, atau makan sambil tiduran. Hal-hal tersebut mungkin memang terdengar sangat sepele. Namun, justru apabila berlangsung terus-menerus dan berkelanjutan, hal-hal tersebut dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Tentu kita semua tahu apa bahaya merokok agi tubuh. Namun, mungkin banyak yang belum tahu apa bahaya yang diakibatkan dari makan sambil tiduran. Bahayanya adalah dapat menaikkan sama lambung dan mebuat perut begah.

Sementara itu, minum air sambil berdiri dapat menaikkan asam lambung juga sekaligus melukai dinding lambung, yang dapat menganggu berjalannya proses penyaringan yang dilakukan ginjal. Sehingga berpotensi mengganggu saluran kandung kemih dan mendatangkan risiko artritis akibat terganggunya keseimbangan cairan tubuh.

Nah itulah beberapa cara menerapkan gaya hidup sehat bagi mahasiswa. Sebagaimana yang sudah dijelaskan tadi, ini adalah hal yang pentin mengingat mahasiswa membutuhkan banyak energi dan tubuh yang sehat demi menunjang aktivitas kuliahnya.

Demikian pembahasan yang lengkap tentang contoh teks kritik dan esai dari Pendidikanpedia. Semoga bermanfaat ya, nah coba deh kamu tulis satu contoh teks kritik dan esai di kolom komentar di bawah.

Tinggalkan komentar