7 Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan

Sebagian besar orang pasti pernah melakukan diskusi, baik itu di sekolah ataupun di luar sekolah. Ketika diskusi berlangsung, biasanya melibatkan dua orang atau lebih untuk membahas topik tertentu. Hal ini merupakan cara terbaik yang bisa kita lakukan untuk mencari solusi dari suatu permasalahan, misalnya contoh teks diskusi tentang pendidikan.

Dengan melakukan diskusi, Anda bisa mencoba membongkar dan membahas suatu permasalahan dan menemukan solusinya. Selain itu, diskusi juga bisa memperluas pengetahuan dan pengalaman Anda. Dalam diskusi biasanya orang-orang akan saling bertukar pikiran. Diskusi bisa menjadi aktivitas yang ringan hingga berat.

Lalu, bagaimana cara membuat teks diskusi? Anda dapat menyusun diskusi dalam bentuk teks. Untuk menyusun teks diskusi, diperlukan tiga struktur utama yaitu:

  • Isu yang hangat
  • Argumen menantang
  • Kesimpulan

Teks diskusi tersebut bertujuan untuk mencatat, mendokumentasikan, dan menyimpan poin-poin penting dalam suatu pertemuan.

Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan Beserta Strukturnya

Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan Beserta Strukturnya
Belajar Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan Beserta Strukturnya

Sebelum membahas contoh teks diskusi, mungkin Anda masih bingung dengan apa ciri ciri teks diskusi? Teks diskusi terdiri dari 4 macam struktur, antara lain:

  • Isu. Isu merupakan bagian terdiri dari masalah yang akan menjadi bahan diskusi.
  • Argumen pendukung, yaitu alasan yang terdiri dari dukungan dari pokok permasalahan yang akan menjadi bahan diskusi.
  • Argumen menentang, yaitu argumen yang berisi pertentangan dari argumen mendukung.
  • Kesimpulan. Dalam bagian ini berisi hasil akhir, yaitu kesimpulan dan rekomendasi tentang suatu isu yang menjadi bahan diskusi.

Lalu, apa saja kaidah kebahasaan teks diskusi? Dalam kaidah kebahasaan, teks diskusi terdiri dari konjungsi pertentangan dan perbandingan. Konjungi pertentangan yaitu ungkapan atau kata penghubung antar kata, antar klausa, antarfrasa, dan antarkalimat yang menyatakan perlawanan atau pertentangan. Contoh: … melainkan …, … sedangkan …

Sedangkan konjungsi perbandingan yaitu ungkapan atau kata penghubung antarfrasa, antarkata, antarklausa, dan antarkalimat yang menyatakan perbandingan. Contoh: … lebih … daripada …

Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan

Isu: Pendidikan di Indonesia menjadi salah satu topik menarik untuk dibahas. Semua orang sudah mengetahui bahwa Indonesia terdiri dari banyak sekali pulau.

Kondisi tersebut mempengaruhi SDM masing-masing penduduknya. Ada yang beranggapan bahwa pendidikan di Indonesia sudah baik, namun ada yang berkata masih buruk.

Argumentasi mendukung: Bagi mereka yang setuju, hal tersebut sudah terbukti. Sudah banyak sekolah bermutu tinggi, mulai dari PAUD hingga Perguruan Tinggi.

Argumen menentang: Sebagian orang memiliki pendapat yang berbeda. Pendidikan di Indonesia masih sangat buruk. Mereka berpendapat, masih banyak anak-anak yang tidak mendapatkan pendidikan. Mereka merupakan anak-anak dari keluarga miskin.

Kesimpulan: Kenyataan ini masih bisa Anda temukan pada beberapa wilayah di Indonesia. Hal inilah yang menjadi bukti bahwa pendidikan di Indonesia masih belum merata secara keseluruhan. Kualitas pendidikan yang terbaik, hanya ada di kota besar. Pemerintah harus lebih serius untuk menangani hal ini.

Baca juga: 4 Contoh Teks Diskusi yang Bisa Kamu Duplikasi

Contoh Teks Diskusi Tentang Pembelajaran Jarak Jauh

Contoh Teks Diskusi Tentang Pembelajaran Jarak Jauh
Contoh Teks Diskusi Tentang Pembelajaran Jarak Jauh

Isu: Pemerintah memberlakukan pembelajaran jarak jauh, saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Proses pembelajaran jarak jauh ini dilakukan dengan menggunakan teknologi internet. Seiring berjalannya waktu, pemerintah mulai mempertimbangkan pembelajaran tatap muka di sekolah. Namun, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Argumen mendukung: Keputusan tentang pembelajaran jarak jauh sudah sangat tepat. Hal ini pemerintah lakukan untuk menekan penyebaran virus Covid-19 secara meluas, apalagi terhadap anak-anak. Namun, sudah dua semester para siswa menerima pembelajaran secara online. Proses pembelajaran online kurang efektif untuk siswa dan guru.

Argumen menentang: Pertemuan tatap muka, masih belum efektif karena infeksi virus Covid-19 masih tinggi. Apalagi untuk saat ini muncul varian baru yang bisa menyerang semua orang, tidak terkecuali anak-anak.

Kesimpulan: Pemerintah mengizinkan pembelajaran tatap muka dengan beberapa syarat. Mengingat banyaknya tugas yang diberikan selama pembelajaran online, seharusnya pemerintah membuat panduan pembelajaran jarak jauh sebagai acuan untuk sekolah.

Contoh Teks Diskusi Tentang Pembelajaran Online

Contoh Teks Diskusi Tentang Pembelajaran Online
Contoh Teks Diskusi Tentang Pembelajaran Online

Isu: Pemerintah telah membahas tentang pembelajaran online di sekolah. Pemerintah kemudian memberikan wewenang untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan syarat harus patuh pada protokol kesehatan.

Argumen mendukung: Keputusan tersebut sudah tepat. Karena sudah dua semester, siswa menerima pembelajaran secara online. Sehingga pembelajaran secara online tidak seefektif saat tatap muka. Banyak orang yang merasa tidak nyaman untuk belajar online. Untuk itu, siswa dan orang tua harus ikut berperan aktif dalam mendukung belajar tatap muka dengan cara patuh terhadap protokol kesehatan.

Argumen menentang: Pembelajaran secara online harus dilakukan dengan tepat dan seimbang untuk menjaga kesehatan mental peserta didik. Namun, tidak dengan menghentikan pembelajaran begitu saja.

Kesimpulan: Pemerintah mengizinkan pembelajaran tatap muka dengan syarat mematuhi protokol kesehatan. Karena beratnya beban siswa saat belajar online, sehingga dapat mengganggu kesehatan mental mereka. Untuk itu, pemerintah harus bisa merumuskan pembelajaran online yang ramah untuk kesehatan mental siswa.

Contoh Teks Diskusi Tentang Pergaulan Bebas

Contoh Teks Diskusi Tentang Pergaulan Bebas 1
Contoh Teks Diskusi Tentang Pergaulan Bebas

Isu: Saat ini remaja sangat mudah bergaul di luar pemikiran kita. Kenakalan remaja semakin banyak terjadi. Banyak orang tua yang melakukan larangan untuk keluar malam karena takut anaknya bergaul secara bebas. Namun, ada juga orang tua yang membebaskan anaknya pergi malam hari.

Argumen mendukung: Pergaulan bebas ada sisi positifnya untuk remaja. Mereka bisa mendapatkan teman baru dan hubungan dengan temannya semakin akrab.

Argumen menentang: Tidak sedikit pengaruh negatif akibat pergaulan bebas remaja. Masalah tersebut terjadi akibat kurangnya perhatian orang tua. Sehingga para remaja terjerumus pada hal-hal yang tidak seharusnya seperti narkoba, rokok, seks bebas, dan lain-lain.

Kesimpulan: Dalam menghadapi pergaulan bebas remaja saat ini, remaja harus pandai menjaga diri. Mereka harus mengetahui mana pergaulan yang baik dan mana yang buruk. Selain itu, orang tua juga harus terus mengawasi anak remaja mereka.

Contoh Teks Diskusi Tentang Internet

Contoh Teks Diskusi Tentang Internet
Contoh Teks Diskusi Tentang Internet

Isu: Internet sangat bermanfaat bagi manusia. Kehadiran internet, kita bisa melakukan berbagai hal positif dan negatif. Internet juga bermanfaat sebagai sarana komunikasi dengan orang lain di seluruh dunia.

Argumen mendukung: Banyak siswa yang mendapatkan ilmu dengan internet. Bahkan mereka bisa mengerjakan tugas dengan bantuan internet. Internet juga bisa memberikan pengaruh positif dan negatif untuk siswa.

Argumen menentang: Tidak sedikit pengaruh negatif dari internet. Seperti adanya penculikan dan kasus pelarian anak di bawah umur akibat dari pertemanan di media sosial. Anak yang mudah percaya pada orang lain, dapat menyebabkan hal ini terjadi.

Kesimpulan: Semua pihak, termasuk orang tua harus bisa mencegah dampak negatif dari internet. Pemerintah harus bisa memblokir situs-situs yang kurang baik bagi anak. Orang tua juga harus memperhatikan anaknya agar tidak terjerumus pada hal yang tidak baik.

Contoh Teks Diskusi Tentang Sosial Media

Contoh Teks Diskusi Tentang Sosial Media
Contoh Teks Diskusi Tentang Sosial Media

Isu: Media sosial memudahkan para pengguna untuk berbagi informasi. Seperti Instagram, Facebook, dan lain-lain. Dengan media sosial tersebut, banyak orang bisa saling terhubung, berinteraksi dengan jarak yang jauh. Hal inilah yang membuat media sosial populer saat ini. Hampir semua orang memiliki akun media sosial.

Argumen mendukung: Pihak yang setuju mengatakan bahwa media sosial memiliki dampak positif bagi anak di bawah umur. Dengan media sosial, anak-anak bisa memperluas jaringan pertemanan mereka. Media sosial juga bisa berguna sebagai forum diskusi.

Argumen menentang: Pihak yang tidak setuju memiliki pendapat bahwa anak di bawah umur belum waktunya memiliki akun media sosial. Orang tua seharusnya tidak membolehkan anak mereka. Akibat dari pertemanan yang luas, bisa menimbulkan penyimpangan pada anak. Banyak kasus yang terjadi pada anak di bawah umur yang terjerumus pada pergaulan bebas di media sosial.

Kesimpulan: Orang tua harus lebih memperhatikan anaknya ketika bermain media sosial. Orang tua memiliki peran untuk membimbing anak mereka ketika bermain media sosial.

Contoh Teks Diskusi Tentang Kenakalan Remaja

Contoh Teks Diskusi Tentang Kenakalan Remaja
Contoh Teks Diskusi Tentang Kenakalan Remaja

Isu: Anak merupakan anugerah bagi orang tuanya. Sudah seharusnya orang tua menjaga anak-anak mereka dengan baik. Akibat pergaulan bebas, tidak sedikit anak-anak yang salah dalam memilih teman. Saat ini, anak di bawah umur sudah mendapatkan izin mengendarai motor oleh orang tuanya.

Argumen pendukung: Sebagian orang memiliki banyak alasan dalam memberikan izin kepada anak-anaknya. Alasannya karena untuk melatih anak menjadi lebih mandiri. Dengan pengarahan dari orang tua, tidak ada salahnya anak-anak mengendarai motor sendirian.

Argumen menentang: Sebagian orang beranggapan bahwa anak atau pelajar tidak layak mengendarai motor. Karena mereka belum memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi) dan belum paham dengan peraturan lalu lintas. Aksi kebut-kebutan di jalan juga bisa mengancam keselamatan anak-anak.

Kesimpulan: Sangsi untuk anak yang melakukan pelanggaran lalu lintas dan kebut-kebutan di jalan, dapat memberikan efek jera untuk mereka. Tapi, sanksi yang salah justru bisa membuat anak menjadi nakal dan berani. Hal yang paling penting yaitu peran orang tua dan masyarakat untuk mengawasi semua tindakan anak.

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh teks diskusi tentang pendidikanyang bisa penulis sajikan khusus untuk Anda. Saat ini pasti Anda sudah memahami secara detail tentang teks diskusi dan strukturnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

4 Contoh Teks Diskusi yang Bisa Kamu Duplikasi

4 Contoh Teks Diskusi yang Bisa Kamu Duplikasi

Teks diskusi merupakan jenis teks yang berisikan pendapatan kedua belah pihak yaitu yang mendukung dan yang menentang. Kedua pihak tersebut … Baca

Tinggalkan komentar