Ayo, Tingkatkan Imajinasi Pembaca! Ini Dia 7 Contoh Teks Deskripsi

PENDIDIKANPEDIA. Apakah kamu penggemar berat sekaligus pembaca setia novel Harry Potter, Laskar Pelangi, atau Ayat-Ayat Cinta? Apakah kamu merasa terhanyut dalam semua ceritanya dan merasakan semua adegannya seperti berada di dunia nyata? Jika iya, para penulis memang telah berhasil “menyihir” para pembacanya dengan mendeskripsikan kondisi dan situasi yang sangat detail ke dalam teks deskripsi. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan teks deskripsi? Simak pengertian, ciri-ciri, jenis beserta 7 contoh teks deskripsi dalam artikel berikut ini.

Pengertian Teks Deskripsi

Deskripsi adalah salah satu jenis tulisan yang menjelaskan dan menggambarkan suatu keadaan, objek, atau hal tertentu dengan sangat spesifik. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yang bisa diakses secara daring, deskripsi merupakan penggambaran atau pemaparan menggunakan kata-kata secara terperinci dan sejelas-jelasnya.

Lantas, apa saja isi dari deskripsi? Deskripsi berisikan pemaparan tempat atau objek dengan terperinci untuk membuat pembaca seolah-olah bisa melihat, mendengar, dan merasakan emosi yang terdapat dalam teks tersebut. Sehingga, kamu perlu mengandalkan seluruh pancaindra dalam menulis teks deskripsi.

Ciri-ciri Teks Deskripsi

Ada beberapa ciri yang sangat jelas terlihat pada teks deskripsi sehingga kamu pun mudah membedakannya dengan jenis tulisan lainnya, yaitu:

  1. Kamu harus selalu melibatkan seluruh pancaindra dalam penjelasannya, yaitu indra penciuman, indra peraba, indra pendengaran, indra penglihatan.
  2. Penjelasan secara jelas dan terperinci mengenai sifat objek dan ciri fisik, contohnya, warna, bentuk, ukuran, bahkan kepribadian seseorang.
  3. Pada teks deskripsi terdapat metafora atau bahasa kiasan, contohnya, wajahnya putih seputih salju, mobil ini berlari cepat seperti macan mengejar mangsanya.
  4. Penggambaran objek sedetail mungkin dan menggunakan kata khusus. Contohnya, deskripsi tentang warna, kuning kemerah-merahan, hijau kebiru-biruan.
  5. Penggunaan frasa yang terdapat kata benda di dalamnya. Misalnya, Pak Ali, adalah guru olahraga yang sangat disiplin.
  6. Kamu bisa memakai kata kerja transitif untuk menginformasikan subjek. Contohnya, siswa itu mengenakan seragam putih biru.
  7. Penggunaan kata sifat untuk menggambarkan suatu objek. Misalnya, tiga kaos biru, seorang siswa malas mengerjakan PR.
  8. Kamu bisa menambahkan kata keterangan berisi informasi tambahan seperti, kencang, di kelas, di pagi hari, di lapangan dan lainya.
  9. Teks deskripsi juga bisa menjadi sarana menuangkan pandangan kamu dalam bentuk kata kerja pendapat dan perasaan. Contohnya, menurut saya, Snowy adalah kucing yang pintar dan manja, saya yakin kisah novel ini bisa menjawab kegelisahanmu selama ini.
  10.  Penjabaran spesifik pada teks deskripsi bisa mengajak kamu seolah-olah ikut merasakan dan mengalami langsung peristiwa yang diungkapkan dalam teks.

Jenis Teks Deskripsi  yang sering digunakan

Jenis Teks Deskrips
Jenis jenis Teks Deskripsi

Ada banyak jenis teks deskripsi yang banyak orang gunakan dalam kalimat. Berikut ini adalah beberapa jenis teks deskripsi berdasarkan isi teksnya, meliputi:

  1. Deskripsi imajinatif merupakan teks deskripsi yang mengandung lukisan atau gambaran tempat berlangsungnya peristiwa. Kamu bisa menggambarkan tempat tersebut dari berbagai sudut sehingga terlukiskan dengan baik dalam perasaan dan pikiran pembaca.
  2. Deskripsi subjektif adalah teks deskripsi yang menjelaskan suatu objek sesuai kesan penulis.
  3. Deskripsi objektif adalah teks deskripsi yang menggambarkan objek sesuai kondisi yang sebenar-benarnya tanpa melibatkan opini penulis.
  4. Deskripsi spasial melukiskan objek berupa sebuah benda, tempat, atau ruangan.
  5. Deskripsi faktual adalah teks deskripsi yang dapat membuat pembaca membayangkan kondisi sebenar-benarnya dengan mengungkapkan identitas apa adanya.

Setelah mengetahui jenis-jenis teks deskripsi, kamu juga perlu memperhatikan langkah-langkah menyusun teks deskripsi berikut ini:

  1. Untuk memulai menulis teks deskripsi, kamu perlu menentukan tema/topik/objek yang mau dibahas.
  2. Kemudian, kamu perlu mengumpulkan data-data secara daring atau melalui pengamatan langsung objek tersebut.
  3. Setelah kamu selesai mengumpulkan data, langkah berikutnya adalah menyusun kerangka tulisan.
  4. Inilah saatnya kamu bisa membuat teks deskripsi sesuai topik dan kerangka tulisan yang kamu buat sebelumnya.

Contoh Teks Deskripsi

Sebelum melihat contoh teks deskripsi, alangkah baiknya jika kamu memahami kembali apa itu deskripsi teks dan contohnya? Deskripsi teks menjabarkan objek sedetail mungkin untuk memberi kesan pembaca seakan-akan bisa melihat, mendengar, dan merasakan objek tersebut. Contohnya, Ibu baru saja membeli anjing yang sangat lucu, berwarna putih kecoklat-coklatan, bulunya sangat lembut, dengan hidungnya bulat pesek.

Lalu, apa contoh kalimat deskripsi? Contohnya berikut ini: Kemarin, saya bertemu dan berbincang dengan lelaki ganteng yang memakai kaos hitam, celana jins biru dan mengendarai moge alias motor gede.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Rumahku Istanaku

Contoh Teks Deskripsi Tentang Rumahku Istanaku
Belajar Contoh Teks Deskripsi Tentang Rumahku Istanaku

Berikut ini contoh teks deskripsi tentang Rumahku Istanaku:

Aku tidak menyangka kini telah resmi menjadi istri pengusaha baru bara yang kaya raya dari Surabaya. Setelah kami menikah, kami tinggal di rumah yang luas, mewah nan megah bak istana dengan furnitur serba mahal. Mungkin inilah yang dinamakan rumahku surgaku. Suasana adem begitu terasa saat memasuki halaman rumah yang asri. Ada beberapa pohon besar yang memberi kesan teduh. Ruang keluarga kami luas berlantai marmer, sofa putih berkayu jati. Ada kolam renang berukuran 3,5x10meter di belakang rumah. Nuansa elegan terasa di ruang makan, lengkap dengan koki pribadi yang menyajikan menu hotel bintang lima. Di tengah pandemik saat ini, kami sangat bersyukur masih bisa merasa nyaman dan betah rasanya meskipun kami harus bekerja dari rumah saja.

Contoh Teks Deskripsi Lingkungan Sekitar

Berikut ini contoh teks deskripsi tentang lingkungan sekitar:

Biasanya tepat pukul 3 sore, aku mendengar suara teriakan anak perempuan memanggil-manggil. “Mbak Vira! Mbak Vira!” sontak, aku kaget mendengarnya. Dalam hati, aku berpikir, sejak kapan anak perempuanku sudah dikenal anak sebayanya di lingkungan rumah yang baru saja kami tempati seminggu ini. Padahal, anakku Vira selalu bermain di dalam rumah saja. Letak rumah kami dan tetangga rumah depan memang berdekatan. Jaraknya hanya 1-2 meter. Sehingga, suara-suara langsung terdengar. Contohnya, suara anak tetangga tadi.

Rupanya, setelah aku menanyakan langsung ke anak perempuan tadi, dia bukan memanggil “Mbak Vira!” tapi “Mbak Hira!” Rupanya aku salah mendengar. Lingkungan sekitar rumah kami memang ramai sekali dengan anak-anak yang berlalu-lalang setiap pagi dan sore hari. Pada pagi hari, suara deru mesin mobil mulai bersahutan yang menjadi pertanda para suami bersiap berangkat ke kantor. Istri dan anak mereka mengantarkannya di pagar rumah. Sekitar pukul 8 pagi, tukang buah-buahan mulai berteriak menjajakan dagangannya. “Pisang! Buah naga! Salak!” Kemudian, pukul 5 sore, suara musik Ondel-Ondel mulai terdengar. Anak-anak berusia 5-8 tahun sibuk menyambutnya dengan diiringi tawa dan candaan sesama mereka. Sungguh pengalaman berkesan berada di lingkungan rumah yang baru saat ini.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Ibu

Berikut ini contoh teks deskripsi tentang Ibu:

Wanita super! Itulah yang bisa menggambarkan kondisi ibuku saat ini. Usianya tidak muda lagi bahkan bisa dibilang sudah lansia yaitu 65 tahun. Tapi, jangan salah! Kesehatanya masih bagus dan kondisi fisiknya jarang sekali sakit-sakitan. Beliau masih sanggup mengasuh 2 cucu kesayangannya berusia 6,5 tahun dan 16 bulan. Padahal kami sering melarang ibu mengasuh anak-anak kami. Bukannya apa-apa. Kami khawatir dengan kondisi kesehatan ibu apabila terlalu kecapekan. Tapi, ibuku malah senang bisa bermain dengan kedua cucunya. Setiap akhir pekan, kami selalu mengajak ibu pergi jalan-jalan ke mal atau ke restoran favoritnya. Biasanya, senyum bahagia terpancar dari wajah ibuku saat kami berkumpul bersama.  

Contoh Teks Deskripsi Tentang Tempat Wisata

Berikut ini contoh teks deskripsi tempat wisata:

Siapa yang pernah berwisata ke Taman Safari Bogor? Tempat wisata ini menjadi favorit tidak hanya warga Bogor tapi juga Jabodetabek bahkan Indonesia. Para pengunjung dapat melihat dari dekat koleksi aneka satwa dengan menaiki bis yang disediakan atau mengendarai mobil pribadi. Ada 2500 ekor yang menjadi koleksi satwa liar di Taman Safari, seperti anoa, gajah, jerapah, komodo, harimau, orang utan dan sebagainya. Pengelola juga menyediakan berbagai wahana yaitu mandi bola, sepeda air bom-bom car, angsa terbang, sepeda layang. Jika pengunjung ingin menyusuri hutan tropis di sekitar Taman Safari, pengunjung bisa menggunakan Safari Trek. Jarak tempuh trekking mulai dari paket 3 Km sampai 9 Km sesuai kemampuan fisik pengunjung. Oya, Taman Safari buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Benda

Berikut ini contoh teks deskripsi tentang benda laptop:

Laptop adalah komputer bergerak yang berukuran kecil dan ringan. Laptop bisa disebut juga dengan komputer jinjing. Bentuknya persegi panjang. Warnanya pun bermacam-macam. Ada hitam, putih, biru, merah. Berat laptop berkisar 1-6 kg. Ukuran 8,9 – 16 inci merupakan ukuran LCD laptop. Keyboardnya juga sama dengan komputer PC. Laptop pun dilengkapi dengan webcam. Fungsi laptop juga sama dengan komputer. Namun, masyarakat lebih menyukai laptop karena lebih praktis dan bisa dibawa ke mana-mana.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan Kucing

Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan Kucing
Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan Kucing

Berikut ini contoh teks deskripsi tentang hewan kucing:

Kucing kesayanganku di rumah bernama Snowy. Dia termasuk kucing Persia. Kulitnya putih bersih, bulunya lembut dan panjang. Kedua matanya bulat dan berwarna coklat muda. Snowy termasuk kucing yang manja dengan pemiliknya. Tapi Snowy malah cuek dengan lawan jenisnya. Dia senang sekali kalau dibelai-belai lembut sampai akhirnya dia ketiduran di sofa putih di ruang keluarga. Kebiasaan Snowy kalau aku berada di rumah, dia selalu mengikuti kemanapun aku pergi. Aku masuk ke kamar tidur, Snowy ikut. Aku menonton televisi, dia juga duduk manis di sebelahku ikut menonton. Snowy juga suka sekali minum susu dan makanan kucing kemasan. Porsi makannya cukup besar bila dibandingkan kucing lainnya. Tapi kalau dia sudah sakit, nafsu makannya langsung berkurang drastis. Snowy adalah hadiah ulang tahunku yang ke 17 tahun. Awalnya aku tidak menyukainya. Namun, sekarang aku malah semakin menyayanginya karena tingkahnya lucu dan menggemaskan.

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai pengertian, ciri-ciri, jenis, beserta 7 contoh teks deskripsi yang bisa penulis sajikan untuk Anda. Dengan semakin terus berlatih menulis teks deskripsi maka kamu bisa semakin mahir membuat teks deskripsi. Kamu bisa memulainya dengan menggambarkan objek yang kamu sukai dan alami sendiri supaya deskripsinya kuat dan sangat detail. Selamat membuat contoh teks deskripsi ya.

Detail dan Spesifik, Inilah 4 Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam

Detail dan Spesifik, Inilah 4 Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam

Apakah kamu pernah berwisata ke Gunung Bromo, Raja Ampat, Mandalika, Danau Toba? Jika kamu belum pernah melihatnya secara langsung, maka … Baca

Tinggalkan komentar