Detail dan Spesifik, Inilah 4 Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam

Apakah kamu pernah berwisata ke Gunung Bromo, Raja Ampat, Mandalika, Danau Toba? Jika kamu belum pernah melihatnya secara langsung, maka kamu membutuhkan deskripsi tempat wisata yang mempunyai panorama alam yang indah tersebut sedetail mungkin. Lantas, bagaimana membuat contoh teks deskripsi tentang alam? Simak uraiannya berikut ini.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam Beserta Strukturnya

Deskripsi tentang alam merupakan penggambaran objek berupa alam gunung, pantai, wisata alam lainnya berdasarkan kondisi yang sebenar-benarnya secara jelas dan terperinci. Secara umum, untuk membuat teks deskripsi, kamu memerlukan beberapa struktur di antaranya, identifikasi, klarifikasi, deskripsi. Berikut ini penjelasan tentang struktur teks deskripsi:

  1. Identifikasi merupakan bagian awal deskripsi untuk menjelaskan identitas dari objek permasalahan yang akan dibahas.
  2. Klasifikasi mengandung pengertian menyusun kalimat deskripsi secara sistematis sehingga para pembaca memahami maksud dan pesan kamu sebagai penulis.
  3. Deskripsi adalah pemaparan tentang objek secara detail dengan dilengkapi data, fakta, bukti yang sudah didapatkan sebelumnya.

Lalu, bagaimana cara membuat teks deskripsi? Caranya, kamu bisa menggambarkan objek dengan rinci, spesifik, dan pilihan kata yang memperhatikan tata bahasa yang baik. Hindari penjelasan yang bertele-tele dan segera mulailah menulis dari hal yang kamu sukai.

Di mana kita bisa menemukan teks deskripsi? Kamu bisa menemukan teks deskripsi pada novel karya penulis terkenal seperti JK. Rowling, Pramoedya Ananta Toer, Dewi Lestari, Andrea Hirata, Habiburrahman El-Shirazy. Teks deskripsi juga terdapat di artikel majalah dan surat kabar.

Objek apa saja yang dapat dijadikan teks deskripsi? Semua objek berupa benda mati, pemandangan alam, tempat wisata, makhluk hidup bisa dijadikan teks deskripsi.

Baca juga: Ayo, Tingkatkan Imajinasi Pembaca! Ini Dia 7 Contoh Teks Deskripsi

Berikut ini contoh teks deskripsi tentang alam beserta strukturnya:

Desaku yang Asri dan Sejuk

Desaku yang Asri dan Sejuk
Deskripsi Desaku yang Asri dan Sejuk

Sejak beberapa tahun belakangan ini, nuansa pedesaan dan persawahan sudah banyak yang menghilang di sebagian daerah Jawa Tengah. Kini, nuansanya berganti dengan perhotelan mewah, perumahan megah, dan pabrik yang luas. (identifikasi)

Tapi tidak demikian di desa kelahiranku. Desa Tegalmulya masih mempunyai area persawahan yang luas dan memanjakan mata semua orang. Udaranya begitu sejuk hingga wisatawan ingin selalu terus berada di sana. (klarifikasi)

Sawahnya masih hijau ranau, air sungainya begitu jernih sehingga masih bisa digunakan untuk mandi dan mencuci pakaian masyarakat sekitar. Bahkan tidak ada sampah dan limbah yang mengalir di sana. Tidak jarang, anak – anak desa masih senang bermain dan mandi di sungai tersebut. (deskripsi)

Masyarakat desa masih memegang erat adat istiadat dan perilaku hidup adat Jawa. Dalam kesehariannya, masyarakat masih suka berkumpul di balai warga. Mereka berdiskusi mengenai upaya melestarikan keindahan alam di desanya. (deskripsi)

Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam Semesta

Setelah lancar membuat contoh teks deskripsi tentang alam, kamu bisa melanjutkan untuk membuat contoh teks deskripsi tentang alam semesta berikut ini:

Alam semesta merupakan kumpulan semua hal yang berada di ruang angkasa terdiri dari matahari, planet-planet, jutaan bintang, dan awan gas yang sangat besar dan dipisahkan ruang kosong raksasa.

Saat ini kita bisa melihat penampakan matahari, bintang, bulan meskipun dalam jarak yang sangat jauh. Namun, kita tidak bisa melihat semua isi alam semesta. Sebabnya, kita membutuhkan cahaya dari galaksi yang sangat jauh atau bintang waktu untuk melakukan perjalanan di ruang angkasa.  

Pusat tata surya adalah matahari dengan suhu panas yang sangat luar biasa. Suhu 15 juta derajat Celcius merupakan panas inti matahari, sedangkan suhu permukaannya 5.726 derajat Celcius. Dengan suhu panas inti yang mencapai 15 juta derajat celcius. Ini berarti suhunya mencapai 150 kali lipat lebih panas dibandingkan air mendidih yang berada di bumi.

Diameter matahari 109 kali diameter bumi. Asteroid, komet, planet-planet kecil dan semua komponen tata surya bertugas mengelilingi matahari. Hidrogen dan helium, sisanya oksigen, besi, neon merupakan massa matahari.

Energi matahari bisa digunakan bagi kehidupan di bumi terutama manusia dan tumbuh-tumbuhan. Peran besarnya ini menjadikan matahari sebagai sumber energi terpenting untuk semua makhluk hidup yang berada di bumi.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Bencana Alam

Tanggal 26 Desember 2004 menjadi hari terjadinya bencana alam kemanusiaan terbesar di dunia. Sebanyak 280 ribu korban jiwa meninggal dunia dan 220 ribu jiwa berada di Indonesia. Bencana gempa dangkal dengan kekuatan magnitudo 9,3 yang terjadi di dasar Samudera Hindia ini disebut-sebut menjadi gempa terbesar ke-5 sepanjang sejarah manusia.

Gempa besar ini kemudian memicu gelombang tsunami setinggi 30 meter di pesisir Aceh. Kecepatannya mencapai 360 kilometer per jam atau 100 meter per detik. Total 15 negara yang terdampak, beberapa di antaranya. Indonesia, Srilanka, India, Thailand, Myanmar, Malaysia, Bangladesh, Somalia, hingga Madagaskar, Afrika Selatan.

Kekuatan gempa yang sangat dahsyat itu mengakibatkan planet bumi bergetar. Bahkan energi gempanya setara dengan bom seberat 100 Gigaton. Adapun sebagai bukti dahsyatnya tsunami Aceh bahkan bisa menyeret kapal LPTD Apung yang dipunyai PLN, dari posisinya semula di pantai ke daratan sejauh 5 Km. Saat ini, kapal seberat 2600 ton tersebut menjadi monumen peringatan tsunami Aceh dan tempat wisata warga Aceh.

Contoh Teks Deskripsi Tentang Keindahan Alam Indonesia

Contoh Teks Deskripsi Tentang Keindahan Alam Indonesia
Contoh Teks Deskripsi Tentang Keindahan Alam Indonesia

Baru-baru ini, media Inggris telah menobatkan Indonesia menjadi negara terindah di dunia. Keindahan alaminya bahkan mengalahkan Selandia Baru. Keindahan alamnya berupa hutan tropis, terumbu karang, gunung berapi, hingga gletser membentang di setiap 100.000 kilometer persegi wilayah Indonesia.

Indonesia menjadi salah satu negara yang mempunyai gunung terbanyak di dunia yaitu total 45 gunung berapi seperti Gunung Anak Krakatau, Gunung Merapi, Gunung Sinabung, Gunung Semeru, Gunung Agung, Gunung Batur, Gunung Bromo, dan sebagainya. Gunung bersalju yaitu gunung Puncak Jaya di Papua mempunyai ketinggian 4884 meter di atas permukaan laut telah menjadi Situs Warisan Dunia dari UNESCO.

Indonesia memiliki area terumbu karang yang sangat luas yaitu 51.020 kilometer persegi atau 2,5 juta hektar. Ini berarti Indonesia menguasai 17 persen lebih terumbu karang di dunia. Bukti keindahan alam Indonesia lainnya adalah banyaknya suaka margasatwa, taman nasional, kawasan konservasi laut, cagar dan taman pesisir.

Selanjutnya, Indonesia menempati rangking ketiga setelah Kanada dan Norwegia karena mempunyai garis pantai sepanjang 4.716 kilometer. Luas hutan hujannya sebesar 1 juta lebih kilometer persegi. Indonesia mempunyai 128 gletser dengan Taman Nasional Lorentz di Papua menjadi gletser tropis terakhir yang berada di Asia.

Kesimpulan

Nah, bagaimana menurutmu? Menarik bukan penjabaran tentang teks deskripsi dan contoh teks deskripsi tentang alam. Untuk membuatnya, kamu memerlukan latihan menulis deskripsi sesering mungkin. Selain itu, pengumpulan data dan fakta yang akurat untuk menunjang penggambaran teks juga sangat penting untuk menghasilkan deskripsi yang kuat, detil, rinci, dan spesifik. Selamat membuat contoh teks deskripsi tentang alam ya!

Ayo, Tingkatkan Imajinasi Pembaca! Ini Dia 7 Contoh Teks Deskripsi

Ayo, Tingkatkan Imajinasi Pembaca! Ini Dia 7 Contoh Teks Deskripsi

PENDIDIKANPEDIA. Apakah kamu penggemar berat sekaligus pembaca setia novel Harry Potter, Laskar Pelangi, atau Ayat-Ayat Cinta? Apakah kamu merasa terhanyut … Baca

Tinggalkan komentar