10 Contoh Teks Debat yang Lengkap dengan Strukturnya

Teks debat adalah pembahasan dan pertukaran pendapat tentang hal tertentu dengan memberikan alasan serta argumen masing-masing individu atau kelompok.

Ada berbagai macam tujuan debat, seperti memantapkan sebuah pemahaman, melatih pikiran agar kritis dalam menanggapi sesuatu, dan juga melatih untuk mengemukakan pendapat dan berargumentasi.

Terdapat beberapa poin yang harus diperhatikan dalam menulis teks debat, antara lain:

  • Perkenalan
  • Penyampaian Argumentasi
  • Debat
  • Menarik Kesimpulan
  • Membuat Keputusan

Adapun suatu kegiatan bisa dikatakan sebagai debat bila memenuhi unsur-unsur atau struktur sebagai berikut:

  • Adanya mosi atau topik pembahasan.
  • Pihak afirmasi: Pihak yang mendukung atau pro terhadap topik yang dibahas.
  • Pihak oposisi: Pihak yang menolak atau kontra dengan topik atau mosi yang dibahas.
  • Pihak netral (Opsional): Pihak yang tidak mendukung pada argumentasi salah satu pihak.
  • Notulen (Opsional): Pihak yang bertugas mencatat segala hal selama debat berlangsung.

Jika kamu sudah mengetahui tentang debat, tujuan dan unsur yang harus dipenuhi, maka berikut adalah beberapa contoh teks debat yang telah Pendidikanpedia tuliskan.

1. Contoh Teks Debat Singkat

  • Moderator

Topik pada pertemuan kali ini, kita akan membahas pengaruh penggunaan Sosial Media pada kehidupan sehari-hari.

  • Grup Afirmasi

Kehadiran sosial media tentu sangat bermanfaat seperti memperoleh informasi tentang berbagai macam aspek kehidupan.

Selain itu, sosial media juga bisa kita manfaatkan sebagai sarana untuk promosi produk maupun sarana jual-beli, hal ini didukung dengan banyaknya pengguna media sosial yang terus meningkat.

  • Grup Oposisi

Kami kurang setuju dengan pendapat grup afirmasi, memang adanya Media Sosial sangat bermanfaat dalam berbagai aspek. 

Namun, Media Sosial juga tidak jarang digunakan untuk berbagai tindak kejahatan seperti penipuan.

  • Kesimpulan

Jadi, kehadiran Sosial Media akan membawa dampak positif dan negatif bagi kita yang menggunakannya.

Sehingga, bijaklah dalam menggunakan Sosial Media.

2. Contoh Teks Debat Tentang Lingkungan

  • Moderator

Selamat siang, terima kasih atas kehadiran rekan-rekan semuanya. Pada kesempatan hari ini kita akan membahas tentang aturan pelarangan penggunaan plastik di Supermarket.

  • Tim Afirmasi

Adanya larangan penggunaan plastik di supermarket adalah langkah yang cukup tepat untuk mengurangi limbah plastik yang sangat sulit terurai.

Hal ini tentu akan menyebabkan pencemaran lingkungan dan berdampak buruk bagi kesehatan mengingat adanya campuran zat berbahaya dalam pembuatan plastik tertentu.

  • Tim Oposisi

Kami setuju dengan pendapat tersebut, namun jika dilihat dari sisi lain, adanya larangan maupun batasan terhadap penggunaan plastik tentu sangat merugikan bagi perusahaan dan karyawan yang bekerja di bidang pembuatan plastik.

Tidak hanya itu, penggunaan plastik sangat membantu bagi pembeli dengan keuangan yang pas-pasan karena harga plastik jauh lebih murah jika dibandingkan dengan Goodie Bag. 

3. Contoh Teks Debat Tentang Covid-19

  • Moderator

Selamat siang dan terima kasih atas kehadirannya. Topik yang akan kita bahas pada siang hari ini adalah mengenai penggunaan Vaksin dalam menanggulangi Virus Covid-19.

  • Tim Afirmasi

Penggunaan Vaksin merupakan salah satu cara dan anjuran Pemerintah untuk meminimalisir dan mengobati penderita Covid-19.

Jadi, sebagai warga negara yang baik, kita harus mematuhi aturan Pemerintah agar terhindar dari Covid-19.

Hal lain yang tak kalah penting juga adalah edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya vaksin bagi kesehatan.

  • Tim Oposisi

Aturan Pemerintah tentang penggunaan vaksin memang menjadi hal yang sangat ditunggu masyarakat untuk mengatasi problem Covid-19.

Namun tidak semudah itu, banyaknya jenis vaksin yang digunakan tentu menjadi tanda tanya tersendiri bagi masyarakat.

Hal ini tentu sangat wajar terjadi, mengingat tidak sedikit masyarakat yang setelah menggunakan vaksin malah jadi tidak enak badan.

  • Kesimpulan

Vaksin Covid-19 memang kurang efektif untuk mengatasi masalah Covid-19, hal ini tentu sangat merugikan masyarakat dimana mereka tentu menggantungkan harapan yang sangat besar kepada Pemerintah untuk segera mengatasi kasus Covid-19 yang seakan tidak ada ujungnya.

Selain itu, penggunaan vaksin seharusnya menjadi Hak masyarakat apakah mau untuk di vaksin maupun tidak.

4. Contoh Teks Debat Tentang Internet

  • Moderator

Terima kasih atas kehadiran teman-teman semua pada siang hari ini, dan pada kesempatan siang ini, kita akan membahas tentang baik dan buruknya penggunaan internet terutama di lingkungan Sekolah.

Disini ada 2 grup yang sudah bergabung, grup Elang adalah tim yang mendukung penggunaan Internet di Sekolah, dan ada grup Harimau yang tidak mendukung atau menolak penggunaan Internet di lingkungan Sekolah.

  • Grup Elang (Afirmasi)

Menurut kami, Internet sangat bermanfaat dan membantu dalam kegiatan belajar mengajar, terdapat banyak sekali ilmu yang bisa diambil di dalamnya. Sehingga, ada baiknya untuk tidak membatasi penggunaan Internet di lingkungan Sekolah.

  • Grup Harimau (Oposisi)

Penggunaan Internet di lingkungan Sekolah memang banyak manfaatnya, akan tetapi, ada juga sisi buruk atau negatifnya seperti melakukan hal-hal dengan menggunakan Internet untuk keperluan yang tidak penting. Hal ini tentu sangat tidak bermanfaat dan membuang-buang waktu.

  • Grup Elang (Afirmasi)

Kami sangat setuju, penggunaan Internet memang ada sisi negatifnya, namun hal itu tergantung dari masing-masing individu dalam memanfaatkan keberadaan Internet. Apakah akan digunakan untuk mencari hal-hal positif maupun negatif.

  • Grup Harimau (Oposisi)

Yaps! Tentu saja, namun hal tersebut rasanya susah untuk dikendalikan, mengingat pada saat ini siswa-siswi di Sekolah lebih cenderung menggunakan fasilitas Internet untuk berselancar di media sosial dibanding mencari ilmu untuk kegiatan pembelajaran.

  • Kesimpulan

Semua hal pasti ada sisi positif dan negatifnya, jadi, bijaksanalah dalam melakukan segala hal terutama penggunaan Internet. Jadi kita semua bisa mengambil manfaat dari Internet.     

5. Contoh Teks Debat Tentang Kesehatan

  • Moderator

Selamat siang, terima kasih untuk teman-teman yang sudah meluangkan waktunya. Baiklah, pada kesempatan ini kita akan membahas tentang bahaya mengkonsumsi daging merah secara berlebihan.

  • Tim Afirmasi

Tidak berlebihan dalam mengkonsumsi daging merah tentu sangat berpengaruh baik bagi kesehatan.

Hal ini didukung dengan berbagai hasil penelitian yang menyebutkan bahwa resiko terkena penyakit kanker, diabetes, dan juga jantung akan meningkat jika terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi daging merah.

  • Tim Oposisi

Mengurangi konsumsi daging merah tidak memberikan manfaat yang berarti bagi kesehatan.

Beberapa ahli juga menyebutkan bahwa penelitian tersebut tidak didukung oleh bukti kuat sehingga tidak bisa dijadikan argumen bahwa mengkonsumsi daging merah secara berlebihan akan mengganggu kesehatan.

Ada banyak faktor lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan, oleh sebab itu, mengurangi konsumsi daging merah secara berlebihan bukan faktor utama untuk menghindari tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.

  • Kesimpulan

Dari pendapat di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa segala yang berlebihan tentu tidak baik, jadi tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi daging merah. Namun perlu diingat bahwa menjaga kesehatan adalah hal yang sangat penting.

6. Contoh Teks Debat Tentang Kenakalan Remaja

  • Moderator

Selamat siang saudara-saudara sekalian, terima kasih atas kedatangannya. Pada kesempatan hari ini kita akan membahas tentang kenakalan remaja yang semakin marak terjadi.

  • Tim Afirmasi

Menurut kami, kenakalan remaja kebanyakan terjadi karena kurangnya perhatian dari orang tua yang mungkin terlalu sibuk dalam pekerjaannya.

Hal ini berakibat pada kondisi mental anak yang merasa kurang diperhatikan.

  • Tim Oposisi

Kami kurang setuju jika faktor utama kenakalan remaja adalah kurangnya kasih sayang dan perhatian dari orang tua.

Meski hal tersebut bisa menjadi penyebab, namun banyak faktor lain yang bisa menyebabkan kenakalan remaja.

Salah satunya adalah pergaulan di luar rumah yang tidak baik.

  • Kesimpulan

Meski perhatian dari orang tua bukan menjadi penyebab utama dari kenakalan remaja, ada baiknya kita sebagai orang tua juga memperhatikan dengan siapa anak kita berteman.

Sehingga akan meminimalisir pergaulan yang tidak baik dimana akan mempengaruhi timbulnya kenakalan remaja.

7. Contoh Teks Debat Tentang Pembelajaran Daring atau Online

  • Moderator

Kasus Covid-19 yang tidak kunjung usai memang menjadi masalah serius, terutama di bidang pendidikan dimana sebagian kegiatan belajar harus dilakukan secara Online.

  • Grup Afirmasi

Kami sangat mendukung apabila kegiatan pembelajaran Daring atau Online diperpanjang untuk jangka waktu tertentu.

Terlebih lagi, adanya keputusan Pemerintah yang akan memberi subsidi kuota kepada Siswa, Guru, Mahasiswa, dan juga Dosen akan sangat membantu dalam pembelajaran Online.

  • Grup Oposisi

Kami sangat tidak setuju bila kegiatan pembelajaran Online diperpanjang, selain sudah terlalu lama, hal ini sangat berpengaruh pada perkembangan Siswa.

Terlebih lagi bagi pendidikan tingkat TK dan Sekolah Dasar yang sangat membutuhkan interaksi dan bermain bersama teman-temannya.

Meski Pemerintah sudah menyediakan anggaran untuk membantu pembelajaran Online dengan menyediakan kuota. Namun hal ini kami rasa tidak efektif.

Tidak hanya itu, masih banyak dari adik-adik kita yang mungkin tidak mempunyai Gadget untuk proses pembelajaran, terutama di wilayah-wilayah yang jauh dari pusat Kota.

  • Kesimpulan

Kegiatan pembelajaran Daring atau Online memang terbilang bukan solusi yang tepat untuk menghadapi pandemi Covid-19.

Jadi, untuk Pemerintah agar segera melakukan langkah yang serius dalam mengatasi masalah ini.

Karena dampaknya bagi kehidupan terutama dalam dunia Pendidikan akan sangat merugikan bila terus melakukan kegiatan pembelajaran secara Online.

8. Contoh Teks Debat Tentang Ujian Nasional

  • Moderator

Selamat siang rekan-rekan, terima kasih telah hadir di acara ini. Pada kesempatan yang baik ini kita akan membahas tentang masih Efektifkah Ujian Nasional.

  • Tim Afirmasi

Menurut pendapat kami, Ujian Nasional merupakan standar kelulusan yang mana merupakan mutu dari pendidikan yang harus tetap dijaga.

Selain itu, dengan adanya Ujian Nasional, tentu akan membuat siswa lebih termotivasi untuk giat dalam belajar.

  • Tim Oposisi

Kami tidak sependapat dengan tim Afirmasi, menurut kami, Ujian Nasional sudah tidak lagi efektif.

Ujian Nasional justru akan menambah beban siswa dan lebih buruknya lagi tidak sedikit siswa yang mengalami depresi ketika gagal melalui Ujian Nasional.

  • Tim Netral

 Menurut kami Ujian Nasional itu cukup penting karena para Guru dan Siswa tentu akan berusaha sebaik mungkin untuk mencapai target kelulusan.

Hal ini tentu menjadi dorongan yang baik agar mereka bisa saling berlomba dan berusaha sebaik mungkin dalam kegiatan pembelajaran.

Namun, hal itu harus didukung penuh terutama dari Pemerintah agar adanya Ujian Nasional bisa meningkatkan mutu pendidikan.

9. Contoh Teks Debat Tentang Gadget

  • Moderator

Selamat siang, terima kasih atas kehadiran teman-teman dalam acara debat hari ini. Baikah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang peran Gadget dalam kehidupan sehari-hari.

  • Grup Afirmasi

Menurut pendapat kami, tentu saja Gadget sangat penting dan membantu dalam kehidupan sehari-hari.

Selain untuk berkomunikasi, Gadget juga akan membantu kita dalam mencari berbagai macam Informasi yang didukung dengan adanya Internet.

  • Grup Oposisi

Gadget memang menjadi salah satu benda yang cukup penting.

Namun, ada baiknya untuk membatasi penggunaan Gadget terutama pada situasi tertentu, seperti saat berkumpul bersama Teman dan Keluarga.

Tak kalah penting, banyak terjadi kasus khususnya di jalan raya dimana banyak orang mengendarai kendaraannya sambil bermain Gadget.

Hal ini tentu sangat merugikan pengguna jalan lain.

  • Grup Netral

Gadget merupakan benda yang sudah tidak bisa dilepaskan dari kehidupan karena terbukti sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Tapi, kembali lagi kepada masing-masing individu agar dapat menggunakan sarana teknologi yang satu ini dengan sebaik mungkin.

Sehingga akan mendapatkan manfaat positif dari penggunaan Gadget. 

10. Contoh Teks Debat Tentang Perpustakaan

  • Moderator

Selamat pagi teman-teman semuanya, terima kasih atas kehadirannya. Pada kesempatan yang berbahagia ini kita semua akan membahas tentang keberadaan Perpustakaan yang semakin tergeser.

  • Tim Afirmasi

Kami berpendapat bahwa keberadaan Internet memang menggeser posisi dari Perpustakaan.

Terlebih lagi, Internet menyediakan sumber Informasi yang sangat melimpah dan dapat diakses dengan waktu yang sangat cepat.

Selain itu, kita juga tidak perlu repot untuk mengunjungi Perpustakaan atau membeli buku untuk mencari Informasi.

Jadi, menurut kami, Internet lebih efektif untuk mencari Informasi jika dibandingkan dengan Perpustakaan.

  • Tim Oposisi

Kami tidak setuju dengan pendapat dari tim Afirmasi, menurut kami perpustakaan merupakan sumber ilmu yang tidak bisa kita lupakan begitu saja.

Perpustakaan juga menjadi tempat penyedia informasi yang kredibel karena sudah melalui berbagai macam proses sehingga sangat terjamin valid.

Hal ini berbanding terbalik dengan informasi di Internet yang belum tentu terbukti kebenaran informasinya.

Baiklah, dengan penjelasan dan contoh teks debat di atas, semoga bisa membantu kamu untuk memahami teks debat, dan juga melatih cara berpikir kritis serta berani menyampaikan pendapat.

Tinggalkan komentar