5 Contoh Kalimat Persuasif dalam Teks Negosiasi sebagai Inspirasi Anda

Pernahkah Anda menawar harga baju pada salah satu toko fesyen di pusat perbelanjaan? Misalnya, dengan mengatakan kepada pegawai toko, “Saya mau membeli bajunya kalau harganya turun ya.” Itulah salah satu contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi dengan penjual baju. Kalimat persuasif mengandung ajakan, himbauan, permintaan sesuatu kepada seseorang. Anda dapat menggunakan kalimat persuasif dalam bernegosiasi bertemakan kesehatan, pendidikan, lingkungan, politik. Anda juga dapat menemukan kalimat persuasif pada berbagai media seperti iklan radio dan televisi, brosur, banner, spanduk. Namun, bagaimana cara membuat kalimat persuasif yang baik dalam teks negosiasi? Simak uraian selengkapnya mengenai 5+ contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi berikut.

Contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi tentang lingkungan

Contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi tentang lingkungan
Contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi tentang lingkungan

Apa yang dimaksud dengan persuasif? Persuasif adalah salah satu cara komunikasi untuk mempengaruhi, mengajak, membujuk orang lain untuk melakukan sesuatu yang Anda inginkan. Berikut ini beberapa kalimat persuasif dalam teks negosiasi tentang lingkungan.

  • Mari menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah ke sungai.
  • Janganlah membuang sampah sembarangan pada titik nol lokasi pembangunan ibukota negara Nusantara.
  • Sebaiknya bapak dan ibu pimpinan pabrik memberikan arahan kepada pegawainya agar tidak membuang limbar cair ke sungai karena bisa mencemari sungai dan berdampak buruk bagi ekosistem ikan pada sungai tersebut.
  • Mari memilah dan memilih sampah menjadi sampah organik, nonorganik, kaca, kertas, dan plastik.
  • Segera laporkan kepada pihak keamanan setempat apabila pada libur Lebaran nanti ada gerak-gerik orang mencurigakan yang memantau kondisi rumah-rumah kosong di lingkungan perumahan.

Contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi tentang kesehatan

Contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi tentang kesehatan
Contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi tentang kesehatan

Apa yang dimaksud dengan kalimat persuasif? Kalimat yang bersifat ajakan, saran, himbauan dengan penulisan menarik, kreatif, singkat dan padat agar orang lain mengikuti apa yang diinginkan penulis. Berikut ini kalimat persuasif dalam teks negosiasi tentang kesehatan:

-Berhentilah merokok karena kebiasaan merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, hipertensi, dan gangguan kehamilan dan janin.

-Vaksinasi covid-19 bukanlah obat menyembuhkan gejala-gejala virus covid-19 tapi penting untuk melindungi tubuh agar tidak terinfeksi dan mencegah penularan virus covid-19.

-Berjalan kaki selama 30 menit setiap hari sangat baik untuk kesehatan karena mencegah timbulnya serangan jantung dan kolesterol.

-Alangkah baiknya jika makan dua buah pisang yang mengandung vitamin dan kalsium  untuk menggantikan sepiring nasi putih yang mengandung tinggi karbohidrat.

-Sarapan baik untuk kesehatan karena mengandung energi yang Anda butuhkan untuk beraktivitas seharian. Perhatikanlah asupan gizi dalam sarapan yaitu mengandung karbohidrat, protein, vitamin. Jika tidak sarapan, tubuh akan lemas dan bisa mengganggu konsentrasi Anda dalam beraktivitas.

-Hindari membaca buku pada tempat yang minim penerangan karena bisa mengganggu kesehatan mata Anda.

-Seringlah minum air putih sebanyak 8 gelas sehari untuk menjaga asupan cairan dalam tubuhmu dan menghindari dehidrasi yang bisa mengganggu konsentrasimu.

Apa saja contoh paragraf persuasi tentang lingkungan? Contohnya dapat bertemakan apa saja, misalnya lingkungan rumah, keamanan lingkungan, lingkungan sekolah, lingkungan kantor. Contoh paragraf persuasi tentang lingkungan sekolah:

Sebagai siswa yang baik, belajar menjadi kewajiban utama. Namun, siswa juga perlu memperhatikan kebersihan lingkungan sekolahnya dengan membuang sampah pada tempatnya. Apabila jajan atau beristirahat di kantin, sebaiknya langsung membuang bungkus makanan dan minuman pada tempat sampah yang tersedia.

Demikian pula jika siswa membuang hajat pada toilet, sebaiknya memperhatikan kebersihan toilet. Caranya, dengan langsung menyiram hajat supaya tidak tercium bau tidak sedap dari toilet. Mari menjaga kebersihan lingkungan sekolah agar proses belajar mengajar berjalan dengan aman dan nyaman.

Contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi tentang pendidikan

Apa contoh teks persuasi bertema pendidikan dan lingkungan? Berikut ini teks persuasi bertema pendidikan: Sebagai mahasiswa baru pada perguruan tinggi, sebaiknya kamu meningkatkan keahlian dan kemampuan tidak hanya akademik tapi juga nonakademik.

Misalnya dengan mengikuti kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. Sebab, kamu dapat mengasah pendidikan karaktermu mengenai kepemimpinan dan penyelesaian masalah dengan aktif mengikuti kepanitiaan dan kegiatan mahasiswa setelah jam kuliah.

Selain itu, sosialisasi dan menjalin networking juga sangat penting pada persaingan kerja nanti. Sehingga, gunakanlah waktumu sebaik mungkin saat berkuliah. Caranya, proaktif saat jam kuliah berlangsung maupun setelah jam kuliah berakhir.

Berikut ini teks persuasi bertema lingkungan: Kegiatan bergotong royong pada zaman sekarang semakin jarang terlihat. Alasannya karena kesibukan warga dengan pekerjaannya masing-masing.

Padahal manfaat gotong royong banyak sekali, di antaranya, menumbuhkan toleransi dan solidaritas antar warga, saling mengenal antar tetangga, dan menjaga kebersihan lingkungan bersama.

Beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan secara bergotong royong, misalnya, membersihkan sampah yang berserakan di jalanan perumahan dan membersihkan selokan supaya alirannya lancar saat musim penghujan. Nah, ayo semangatlah bergotong royong dengan penuh rasa kekeluargaan ya.

Contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi tentang pendidikan:

  • Masih bingung memilih SMA atau SMK? Kamu tidak perlu bingung lagi karena keduanya mempunyai peluang yang sama bagi siswa untuk meraih kesuksesan.
  • Kamu bisa memilih SMA jika ingin mendalami teori atau kamu memilih kejuruan SMK dengan peluang bekerja lebih cepat seusai sekolah nanti.
  • SMK mempunyai banyak keunggulan daripada SMA. Peluang bekerja lebih cepat dan peluang membuka usaha lebih lebar karena siswa mendapatkan skill kejuruan dan praktek kerja industri secara langsung.
  • Siswa SMK juga lebih banyak menguasai praktek daripada teori. Bagi kamu yang masih meragukan SMK, sekarang tidak perlu khawatir lagi ya!

Contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi tentang politik dan pemilu

  • Gunakanlah hak politik Anda dengan mencoblos salah satu kandidat Presiden dan Wakil Presiden sesuai hati nurani Anda.
  • Janganlah termakan berita-berita palsu atau hoax menjelang pemilu yang tidak terjamin kebenarannya.
  • Pilihlah wakil rakyat yang mau mendengarkan permasalahan rakyat dan terjun langsung ke lapangan.
  • Sampaikanlah aspirasi Anda tentang politik dan pemilu kepada para wakil rakyat yang duduk di DPRD, DPD, DPR RI.
  • Hati-hatilah jika ingin terjun ke dunia politik karena teman bisa menjadi lawan atau lawan menjadi teman. Tidak ada “hitam mutlak” dan “putih mutlak” dalam dunia politik.

Contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi tentang hukum

  • Hindari main hakim sendiri jika menemukan anggota klub motor yang melakukan aksi kriminal di jalanan.
  • Laporkan segera kepada pihak berwajib jika melihat aksi maling motor depan minimarket yang berhasil terekam kamera CCTV.
  • Hindarilah praktik suap menyuap kepada hakim, jaksa, dan panitera dalam menyelesaikan perkara yang sedang berlangsung pada persidangan.
  • Cegah praktik negosiasi dengan hakim dan jaksa mengenai jumlah tuntutan atau vonis hukuman. Terima dan jalanilah apa pun vonis hakim dengan berlapang dada.
  • Hindari praktik gratifikasi dengan tidak menerima amplop THR, bingkisan, hadiah, atau parsel saat hari raya nanti.
  • Sebagai hakim dan jaksa, sebaiknya segera laporkan kepada pihak berwenang apabila menerima hadiah atau bingkisan dari pihak terdakwa yang masih menjalani persidangan atau masa hukuman di lapas.
  • Bagi petugas lapas, hindari menjalin keakraban dengan warga binaan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Misalnya, narapidana meminta izin bertemu keluarganya di rumah padahal sudah berniat kabur dari lapas.

Baca juga: Mau Membujuk Pembaca secara Halus? Ini Dia 7+ Contoh Teks Persuasif

Penutup

Itulah 5+ contoh kalimat persuasif dalam teks negosiasi berbagai tema. Untuk menyusun kalimat persuasif, Anda bisa menggunakan kata-kata bersifat ajakan dan himbauan. Kalimat persuasif sering kali Anda temui pada iklan, pamflet, brosur, spanduk untuk mempromosikan produk. Jangan lupa menggunakan bahasa yang menarik dan komunikatif untuk mempengaruhi dan membujuk pembaca melakukan sesuatu yang Anda inginkan. Selamat bernegosiasi dengan kalimat persuasif ya!

ID); $args = array( 'post_type' => array('post', 'news'), 'category__in' => $cat, 'showposts' => 5, 'post__not_in' => array($current_post->ID) ); $related_posts = new WP_Query($args); ?> have_posts() ) : ?>
Materi Terkait
have_posts()) : $related_posts->the_post(); ?>
get_the_title() ) ); ?>
Oleh

Tinggalkan komentar