Cara Membuat Pidato

Avatar untuk Muhammad Anas

Seorang pendiam dengan pikiran yang lantang. Suka ngopi dan baca buku. Finalis 100 besar Duta Bahasa Pelajar Jawa Barat 2017.

Demi bisa memberikan penampilan terbaik ketika membacakan pidato di depan penonton, kamu wajib tahu cara membuat pidato yang benar. Sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami oleh seluruh pendengar yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Beberapa dari kamu pastinya pernah mendengar pidato dari tokoh politik, guru, maupun public figure yang rasanya sulit dimengerti dan diambil kesimpulannya.

Hal ini mungkin karena mereka membuat pidato tanpa struktur atau kerangka yang jelas. Hasilnya, teks yang dibacakan pun sulit dimengerti dan diambil pesan yang ingin disampaikan.

Bila kamu ingin membuat pidato untuk dibacakan oleh diri sendiri maupun orang lain, pastikan kamu mengetahui cara membuat pidato yang baik dan benar terlebih dulu. Berikut Pendidikanpedia beritahu caranya.

Susunan Kerangka Teks Pidato

Cara membuat pidato yang menarik
Berpidato di dalam ruangan

Dalam pelajaran Bahasa Indonesia SD tentu kamu sudah pernah belajar bahwa ada 3 bagian utama yang menjadi kerangka atau struktur pidato. Yaitu pembukaan, isi, dan penutup. Nah, mari kita bahas contoh dan cara membuat tiap bagiannya satu per satu.

1. Bagian Pembukaan

Bagian pembukaan sudah pasti ditulis paling awal dan menjadi pembuka sebelum masuk ke isi pidato. Umumnya, bagian ini diawali dengan kalimat seperti :

  • Assalamualaikum, salam sejahtera untuk kita semua
  • Selamat siang dan selamat datang untuk ibu-bapak dan para hadirin yang saya hormati

Inti dari bagian pembuka ini adalah sebagai salam kepada para pendengar dan para hadirin. Kamu perlu membuatnya sesingkat mungkin namun tetap jelas dan bisa menyambut semua tamu atau hadirin yang datang.

Salam penghormatan atau penyambutan juga harus dilakukan dari orang yang kedudukannya paling tinggi. Contohnya seperti :

Yang saya hormati ibu bapak guru, yang saya hormati para tamu undangan dan yang saya banggakan siswa-siswi kelas 6.

Selain itu, tuliskan juga kalimat ucapan syukur dalam bagian pembukaan ini. Contohnya seperti :

Rasa syukur saya panjatkan ke hadirat Allah SWT. karena atas rahmat-Nya, kita bisa bertemu dalam suasana yang berbahagia hari ini.

2. Bagian Isi Pidato

Kemudian kita masuk ke bagian kedua dalam kerangka pidato, yaitu bagian isi atau pesan utama. Dalam bagian ini, kamu bisa menyampaikan pesan atau tujuan utama yang ingin disampaikan kepada para pendengar.

Dalam membuat isi pidato, terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan diantaranya yaitu :

  • Pastikan isi pidato berhubungan dengan tema atau situasi ketika teks dibacakan.
  • Buat isi pidato dengan singkat, padat, dan jelas.
  • Gunakan kalimat awalan sebagai penanda poin-poin dalam isi pidato misalnya, “Pertama, saya ingin menyampaikan tentang …..”, “Kedua, masalah …..”, “Terakhir, saya ingatkan kembali tentang ….” dan seterusnya.
  • Susun inti pidato dari topik atau masalah yang paling penting hingga ke yang paling ringan.
  • Usahakan untuk menggunakan Bahasa Indonesia yang baku dalam menulis isi pidato. Hal ini akan mempermudah pendengar dan tamu dalam memahami teks pidato yang kamu baca.

3. Bagian Penutupan

Kini kita masuk ke bagian terakhir dalam cara membuat pidato, yaitu bagian penutupan. Umumnya, bagian penutupan ini diawali dengan kesimpulan singkat mengenai isi dari pidato yang terlalu panjang.

Tapi jika isi pidatonya tidak banyak, kamu bisa melewati bagian kesimpulan singkat ini.

Kemudian, lanjutkan ke penulisan kata-kata penutup ucapan maaf kepada hadirin yang datang. Contohnya seperti :

Demikianlah pesan-pesan yang ingin saya sampaikan dalam pidato kali ini. Saya ucapkan mohon maaf bila ada salah-salah kata yang disengaja maupun tidak disengaja.

Sebagai penutupan, kamu juga bisa memberi sedikit pantun atau kutipan kata-kata bijak sebelum memberi salam.

Namun sesuaikan pantun atau kutipan ini dengan tema dan situasi pidato ketika akan dibacakan. Terakhir, tuliskan salam penutupan seperti :

  • Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
  • Terima kasih atas perhatiannya dan selamat malam

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Membuat Pidato

Cara membuat pidato yang singkat
Berpidato di luar ruangan

Demi membuat teks pidato yang baik, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan seperti :

1. Penggunaan Bahasa dan Penulisan

Cara membuat pidato yang baik adalah dengan menggunakan bahasa dan penulisan yang baku namun tidak kaku. Artinya, teks harus ditulis dengan tata bahasa yang benar sesuai dengan KBBI namun tetap terdengar santai dan mudah dimengerti.

2. Penggunaan Tanda Baca Dalam Teks

Untuk mempermudah pembacaan pidato, penggunaan tanda baca dalam teks tersebut juga harus diperhatikan. Khususnya tanda baca titik dan koma yang bisa mengubah pesan dalam kalimat bila diletakan dengan tidak tepat.

3. Tema dan Durasi Acara Pembacaan Pidato

Yang terakhir dan paling penting, kamu juga harus perhatikan tema acara sebelum pidato dibuat. Pastikan isi dari pidato tersebut berhubungan dengan acara yang sedang berlangsung.

Ketahui juga durasi acara tersebut. Bila dirasa waktunya singkat, maka buatlah pidato yang pendek saja.

Itulah cara membuat pidato yang baik dan benar. Mulai sekarang, pastikan teks pidato yang ditulis sesuai dengan kerangka pidato agar pesannya bisa dimengerti dengan mudah oleh pendengar.

Ada pertanyaan? Tulis saja di kolom komentar. Dan jangan lupa share artikel ini ke media sosial kamu, ya!

Tinggalkan komentar