Belajar Matematika Seru dengan Game Online Ringan Berikut

Muhammad Anas adalah founder Pendidikanpedia. Anas merupakan lulusan terbaik SMKN 1 Karawang jurusan RPL tahun 2019 dan finalis 100 besar duta bahasa pelajar Jawa Barat 2017. Follow ig @muhammadanas.id

Perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi mengubah beberapa aspek kehidupan, termasuk hal pembelajaran. Kini, berbekal gawai dan koneksi internet, kita bisa belajar secara mandiri di luar jam pelajaran sekolah. Model pembelajarannya pun tidak melulu hanya membaca materi saja.

Kita dapat melakukan pembelajaran dengan cara yang lebih interaktif, menggunakan media yang kreatif, seperti game atau permainan. Cara ini juga kian dilirik dan diaplikasikan oleh banyak lembaga pendidikan dan kursus.

Bukan tanpa alasan, pasalnya belajar dengan game berpeluang membuat kita memahami materi lebih cepat dan tidak mudah bosan. Apalagi jika untuk mempelajari mata pelajaran yang terkenal melelahkan seperti matematika.

Dengan game, belajar matematika akan terasa jauh lebih seru dan menyenangkan. Kemudian, kita juga tidak perlu mengorbankan penyimpanan internal perangkatnya, karena sekarang sudah banyak game online berbasis web yang bisa dimainkan tanpa harus diunduh dan diinstal.

Salah satu platform penyedia game online edukatif yang saya temukan adalah plays.org. Lantas, ada game online matematika apa saja yang mereka sediakan? Simak selengkapnya ulasan Pendidikanpedia berikut ini!

1. Math Signs Game: Timed Mixed Operations Game for Kids

Game online matematika math signs game

Game online matematika pertama yang menarik perhatian saya adalah Math Signs Game. Kendati judulnya bertuliskan “untuk anak-anak”, tapi saya rasa orang dewasa pun masih cocok memainkan game ini untuk mengasah kemampuan otaknya berpikir.

Yup, sesuai namanya, di dalam game ini kamu harus memilih operator matematika yang cocok untuk soal yang tampil.

Contoh soalnya adalah sebagai berikut:

1 … 7 = 7

Maka, kamu perlu menjawab operator mana kah yang cocok untuk soal tersebut, apakah +, -, x, atau ÷

Kamu mempunyai waktu 1 menit untuk menjawab semua soal yang tampil. Dalam waktu 1 menit tersebut, berapa banyak soalkah yang mampu kamu jawab? Setiap soal akan bernilai 10.

High Score Pendidikanpedia Math Signs Game
High score Pendidikanpedia

High score saya pada game ini adalah 210 atau saya berhasil menjawab 21 soal. Bisakah kamu mengalahkan skor tertinggi saya? Coba jawab di kolom komentar ya!

2. Aliens vs Math Quiz Game Online

Game online matematika aliens vs math

Game matematika kedua yang saya mainkan adalah Aliens vs Math Quiz Game Online. Pada permainan ini, diceritakan ada alien yang akan membawa sapi jika pemain salah menjawab soal.

Soalnya sendiri tergantung dari mode yang dipilih. Terdapat empat mode game berdasarkan empat bidang aritmatika dasar, yaitu pertambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Atau pemain juga bisa memilih mode game campuran yang mengandung semua mode lainnya.

Pemain akan diberikan sejumlah waktu untuk menjawab soal. Jika salah, maka alien akan membawa sapi pemain. Dan pemain hanya memiliki tiga sapi sebelum permainan berakhir. Jika pemain juga tidak mampu menjawab soal sampai waktu habis, alien juga akan membawa sapinya.

Seiring permainan berjalan, maka tingkat kesulitannya juga akan meningkat. Masih sama seperti game pertama tadi, game ini juga bisa dibilang sebuah endless game atau permainan tanpa akhir yang menciptakan high score.

High Score Pendidikanpedia Aliens vs Math Quiz Game Online
High score Pendidikanpedia

High score saya pada permainan kali ini adalah 553 dengan 29 jawaban benar dan tingkat kesulitan mencapai Hard. Apakah kamu bisa mengalahkan high score saya?

3. Guardians Defenders of Mathematica

Game online matematika, Guardians Defenders of Mathematica

Dan game online matematika terbaik yang saya sarankan terakhir adalah Guardians Defenders of Mathematica. Bagi saya pribadi, ini merupakan game matematika the next-level. Bukan tanpa alasan, pasalnya game ini mampu menggabungkan cara belajar matematika sekaligus bahasa Inggris melalui game bergenre RPG.

Yap, kamu tidak salah baca, game ini bertemakan RPG yang mana genre ini cukup digemari para gamers anak muda. Jadi, buat kalian penggemar game RPG maka game ini cocok sekali.

Layaknya game RPG pada umumnya, di Guardians Defenders of Mathematica kamu dapat memilih karakter dari beberapa role yang tersedia, meningkatkan EXP dan level, untuk mendapatkan senjata dan equipment.

Gameplay Guardians Defenders of Mathematica

Untuk gameplay-nya sendiri, kamu akan bertarung melawan monster. Dan untuk mengalahkan monster tersebut, kamu harus menjawab soal-soal matematika cerita dalam bahasa Inggris dengan benar. Tapi, jangan khawatir, tidak seperti dua game sebelumnya, pada game ini tidak ada batas waktu ketika menjawab soalnya.

Jadi, selain menambah kemampuan matematika, game ini juga akan mengasah kemampuan berbahasa Inggris kamu.

Nah itulah setidaknya tiga game online matematika seru rekomendasi Pendidikanpedia. Masih kurang puas dengan tiga game di atas? Kamu bisa menemukan lebih banyak lagi game matematika di plays.org.

Kini, dengan game-game online tadi, belajar matematika dasar jadi lebih seru dan interaktif. Main, yuk!

Game Matematika Terbaik

Game Matematika Terbaik

Rekomendasi ⭐ game matematika ⭐ untuk anak-anak belajar pertambahan ☑️ pengurangan ☑️ perkalian ☑️ dan lain-lain.

Selengkapnya

Tinggalkan komentar